5 Cara Ampuh Berhemat Untuk Berkeliling Dunia

Wisata keliling dunia adalah impian semua orang. Siapa yang tidak ingin menikmati keindahan alam dan buatan yang ditawarkan dunia ini? Tentu...

Wisata keliling dunia adalah impian semua orang. Siapa yang tidak ingin menikmati keindahan alam dan buatan yang ditawarkan dunia ini? Tentu tidak akan ada yang menolak.

Masalah yang utama saat ingin bepergian keliling dunia adalah masalah finansial. Tidak dipungkiri bahwa wisata keliling dunia akan menghabiskan banyak uang. Oleh sebab itu Berkuliah.com akan membantumu untuk mengatur keuangan sehingga kamu bisa keliling dunia dengan budget yang tidak terlalu mahal.


1. Tentukan destinasinya dulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tempat mana saja yang akan kamu datangi. Nah, hal ini bukan hanya sekedar menentukan negara mana saja yang akan kamu datangi tapi juga tempat-tempat yang akan kamu kunjungi di negara tersebut. Sebelum pergi, kamu harus memastikan bahwa itinerary kamu sudah jelas.

Kalau bisa, kamu urutkan perjalanan dari yang paling dekat dengan negara asal kamu sampai yang paling jauh. Contohnya bila kamu berangkat dari Indonesia, mungkin kamu bisa mengeksplorasi dulu negara-negara Asia, lalu dilanjutkan ke Eropa, Afrika, Amerika, dan Australia. Jangan sampai kamu melakukan perjalanan yang bolak-balik; misalnya dari Singapura, kamu langsung ke Amerika Serikat, lalu setelah itu kamu kembali ke Asia untuk mengunjungi Kamboja, dan terakhir kamu ke Dubai.

Kalau bisa, kamu eksplor terlebih dahulu satu bagian di negara tersebut, bagian barat misalnya. Bila tempat-tempat di bagian tersebut sudah dikunjungi, barulah kamu pindah ke bagian yang lain.


2. Budgeting

Setelah menentukan tempat apa saja yang akan kamu datangi, selanjutnya kamu harus membuat perencanaan keuangan untuk perjalanan kamu. Perencanaan ini dimulai dari kamu keluar rumah kamu sampai kamu kembali ke rumah kamu. Rencanakan pengeluaran dari rumah ke bkamura, tiket pesawat, airport tax, biaya bagasi dan asuransi keamanan, biaya makanan dan akomodasi, biaya transportasi kamu di negara-negara yang hendak kamu tuju, sampai ke biaya masuk untuk tempat-tempat wisata yang akan kamu datangi.


Untuk membeli tiket pesawat, coba kamu bandingan dari berbagai website dan maskapai. Kalau bisa, kamu subscribe di semua website, sehingga kamu tahu saat ada harga promo. Pastikan juga mata uang apa saja yang berlaku untuk negara yang kamu tuju sehingga kamu tahu akan membawa mata uang apa dan jumlahnya berapa.

Hal-hal seperti pengeluaran untuk oleh-oleh juga harus diperhitungkan, lho. Pastikan oleh-oleh apa yang unik dari negara tersebut, cari tahu harga paling murahnya, dan dimana kamu bisa menemukan barang tersebut. Data juga berapa jumlah oleh-oleh yang akan kamu beli karena ini bisa membantu kamu mengatur pengeluaran kamu. Kalau kamu sampai lupa untuk mendata hal-hal kecil seperti tadi, kamu tidak akan sadar kalau uang kamu semakin lama semakin menipis.

Jangan lupa menyiapkan ekstra uang untuk biaya tak terguda. Ada banyak skenario buruk seperti contohnya passportmu hilang, maka kamu tentunya harus mengeluarkan uang lagi. Atau misalnya untuk biaya tip di restoran atau tempat makan, tentunya itu termasuk kedalam biaya yang tak terguda.

Semakin banyak tempat yang kamu kunjungi, biaya tak terguda yang kamu siapkan tentunya juga tidak sedikit.

Jangan lupa untuk melakukan research transportasi yang paling mudah dan murah untuk mengunjungi tempat-tempat yang ingin kamu datangi.


3. Pastikan keuangan sehari-hari tidak terganggu

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa keuangan kamu positif beberapa bulan sebelum memulai perjalanan. Bila beberapa bulan sebelum perjalanan kamu belum mempunyai pendapatan yang tetap, jangan berharap banyak untuk bisa mewujudkan keinginan kamu berkeliling dunia.

Pastikan bahwa kamu mempunyai pendapatan yang tetap sampai pada kamu akan melakukan perjalanan. Karena sebelumnya kamu tahu berapa jumlah uang yang akan kamu keluarkan untuk perjalanan tersebut, mulailah menabung jauh-jauh sebelum keberangkatan.

Apalagi jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan yang panjang dan jauh. Bila kamu ingin mengunjungi benua Eropa dan Afrika, menabung enam bulan bahkan rasanya belum cukup. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk merencanakan ini beberapa tahun sebelumnya agar tabungan kamu sudah mencukupi sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi.



4. Jangan sampai berhutang

Selain itu, beberapa waktu sebelum kamu melakukan perjalanan, pastikan kamu tidak terbelit hutang. Kalau bisa, jangan sampai kamu membeli barang-barang yang tidak terlalu diperlukan menggunakan uang tabungan atau kartu kredit kamu. Pastikan selalu bahwa keuangan kamu positif mulai dari beberapa bulan, atau bahkan tahun, sebelum kamu pergi.

Cara paling mudah untuk mengurangi pengeluaran kamu sebelum pergi adalah mengurangi keinginan untuk jalan-jalan dan hang out di tempat-tempat mahal. Tahan keinginan kamu untuk menikmati tempat-tempat ‘wah’ dan mahal di dalam negeri karena nantinya banyak tempat-tempat yang jauh lebih menarik saat kamu melakukan perjalanan wisata kamu ke luar negeri.

Mengurangi jalan-jalan dan hang out di tempat-tempat mahal, bukan hanya sesuatu yang harus ditahan saat sedang menabung untuk bepergian ke luar negeri. Tetapi, saat melakukan perjalanan ke luar negeri minimalisir juga bepergian ke tempat-tempat yang mahal.

Karena rata-rata, tempat-tempat wisata di luar negeri banyak yang murah dan gratis. Kalau bisa, kurangi bepergian ke tempat yang mahal apalagi bila tempat-tempat tersebut hanya tempat makan atau kafe-kafe.


5. Cari penginapan yang murah

Cara lain untuk mengurangi pengeluaran kamu adalah mencari akomodasi yang murah. Banyak website yang menawarkan tempat-tempat menginap yang murah contohnya airbnb.com, couchsurfing.com, hostelworld.com, dan lain-lain. Untuk menekan biaya, lebih baik memang menginap di hostel atau sharing room dibandingkan menginap di hotel.


Biaya hostel yang murah rata-rata sudah termasuk sarapan pagi yang porsinya lumayan. Lagipula, saat menginap di hostel, kamu akan banyak bertemu dengan orang-orang dari luar negeri yang bisa menjadi kenalan kamu.

Mereka bisa diajak untuk bertukar pikiran; mengobrol tentang tempat-tempat unik yang ada di sekitar tempat kamu menginap atau negara yang kamu tempati. Apabila ternyata tempat-tempat kamu selanjutnya sudah mereka datangi sebelumnya, kamu bisa banyak bertanya meminta tips dari mereka.

Bila kamu berkujung di negara asal mereka, kamu bisa numpang menginap di rumah mereka. Begitu juga sebaliknya juga mereka berkunjung ke negara kamu. Sangat banyak keuntungan yang didapat bila kamu memilih untuk menginap di hostel dibandingkan dengan di hotel.

Di atas sudah dijelaskan lima cara mudah dan ampuh untuk menghemat keuangan saat kamu berwisata ke luar negeri. Sekarang, bukan hal yang sulit bagi kamu untuk mulai merencanakan wisata berlibur kamu keliling dunia.

Nah, sekarang tunggu apa lagi? Ayo ambil pena dan kertas, buka laptop, hidupkan koneksi internet, dan susun itinerary. Dunia sudah menunggumu!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 5 Cara Ampuh Berhemat Untuk Berkeliling Dunia
5 Cara Ampuh Berhemat Untuk Berkeliling Dunia
https://1.bp.blogspot.com/-LLKVnOVC4vk/U7tJqNxKqLI/AAAAAAAACGk/XPzNZr1CBAU/s1600/travelling.png
https://1.bp.blogspot.com/-LLKVnOVC4vk/U7tJqNxKqLI/AAAAAAAACGk/XPzNZr1CBAU/s72-c/travelling.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/5-cara-ampuh-berhemat-untuk-berkeliling-dunia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/5-cara-ampuh-berhemat-untuk-berkeliling-dunia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy