50 Fakta Menarik Tentang Cina

Menelusuri hal – hal menarik dari negeri tirai bambu, Cina, memang tidak ada habisnya. Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, Cina me...

Menelusuri hal – hal menarik dari negeri tirai bambu, Cina, memang tidak ada habisnya. Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, Cina menyimpan berbagai bentuk sejarah yang berpengaruh pada kehidupan negaranya saat ini. Pada ulasan kali ini, Berkuliah.com akan menjelaskan mengenai berbagai keunikan dan hal menarik lainnya dari negeri asal hewan lucu Panda ini. Yuk, kita simak bersama – sama :



1. Cina adalah salah negara terbesar di dunia dengan wilayah 3.719.275 m2, yang kemudian disusul oleh           Rusia, Kanada dan Amerika.

2. Cina memiliki 5000 lebih pulau yang letaknya terpisah dari pantai Cina.

3. Cina memiliki bahasa tulisan yang unik dan menarik. Proses dan peradabannya berlangsung sangat lama.

4. Sebutan Cina berasal dari nama dinasti  yaitu Dinasti Qin yang pelafalannya “chin”. Qin adalah kaisar             pertama dari Dinasti Qin yang menyatukan Vina pada tahun 221 SM. Wah, lama sekali ya!

5. Kenalkah Kamu dengan Beijing? Ya, kota tersebut merupakan Ibu kota Cina. Ternyata, Beijing pernah           berganti nama hingga beberapa kali, antara lain dnegan nama Yanjing, Dadu, Beiping dan Peking.

6. Bendera nasional Cina berwarna dasar merah dengan hiasan 5 bintang kuning. Bendera ini pertama kali         dikibarkan di lapangan Tiananmen pada tanggal 1 Oktober 1949.

7. Meski wilayahnya sangat luas, Cina menerapkan zona waktu yang sama pada setiap wilayahnya. Hal ini         tentu berbeda dengan Indonesia, yang memiliki 3 zona waktu yaitu WIB, WIT dan WITA.

8. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di negara Cina adalah pukul 10 pagi. Hal ini     dikarenakan Cina memiliki sistem satu zona waktu.

9. Kota Shanghai, merupakan kota terpadat di Cina, mengalahkan ibukota Cina yaitu Beijing.

10. Populasi keturunan Cina sangat tinggi.

11. Kue keberuntungan atau fortune cookies, bukanlah tradisi dari negeri Cina, namun kue keberuntungan           pertama kali ditemukan oleh pekerja pabrik Key Heong Noodle di San Fransisco.



12. Minuman wajib di Cina adalah teh.

13. Sejarah teh di Cina bermula ketika sehelai daun teh terjatuh ke dalam cangkir berisi air panas milik                 Kaisar Shennong pada tahun 2737 SM.

14. Dalam tata cara makan, penduduk Cina lebih sering menggunakan sumpit. Sekitar 45 miliar batang               sumpit diproduksi dalam satu tahun.



15. Negara Cina merupakan produsen jamur terbesar di dunia. Sekitar 600.000 ton jamur diproduksi oleh         negeri tirai bamboo ini.

16. Cina sangat identik dengan penghasil produk – produk imitasi bahkan palsu. Apapun dapat dipalsukan di       negara ini, bahkan telur dan beras pun dipalsukan dan diedarkan di Cina.

17. Hewan kuda dianggap sebagai simbol kejantanan di negara Cina.

18. Panda adalah hewan langka yang benar – benar berasal dari Cina.

19. Panda raksasa sudah ada di Cina sejak berjuta – juta tahun yang lalu. Pada masanya dulu, panda                   dipelihara oleh kaisar – kaisar di Cina sebagai penangkal hal butuk, seperti roh jahat dan bencana alam.

20. Cina memiliki mitologi yang erat kaitannya dengan beberapa hewan. Beberapa diantaranya adalah naga,       kura – kura dan harimau.

21. Di negara Cina, banyak sekali beredar software bajakan.



22. Binatang panda yang berada di seluruh kebun binatang di dunia bukanlah milik resmi negara ataupun             kebun binatang tersebut, melainkan masih sepenuhnya milik negara Cina. Cina hanya meminjamkan               panda ke kebun binatang seluruh dunia. Jika ada panda yang melahirkan di luar negara Cina, maka anak       panda tersebut harus segera dikirimkan ke Cina.

23. Ikan mas dianggap sebagai lambang kekuatan dan ketekunan. Bentuk sisik dan janggut ikan emas yang         menyerupai naga, disebut – sebut sebagai simbol kekuatan terhebat di Cina.

24. Kelelawar dianggap sebagai simbol keberuntungan.

25. Cina memiliki hutan buatan terbesar di dunia untuk mengantisipasi perluasan Gurun Gobi.

26. Sekitar 1/3 polusi di San Fransisco berasal dari Cina.

27. Cina adalah produsen sepeda terbesar di dunia.

28. Sungai terpanjang ke – 4 di dunia, Sungai Yangtze terletak di Cina.

29. Bahasa Cina digunakan oleh 90% penduduk Cina.

30. Tahun Baru Cina atau Imlek, adalah festival yang paling dinantikan di China. Beragam pementasan dan         karnaval turut meramaikan perayaan Tahun Baru Cina.



31. Mengoleksi perangko adalah hobi yang paling digemari di negara Cina.

32. Cina memiliki kota yang memproduksi kaos kaki secara besar – besaran, yaitu kota Zhuji. Kota ini pun         dijuluki “kota kaos kaki”.

33. Budaya di Cina menunjukkan bahwa gaya rambut seseorang menentukan status pernikahan.

34. Menurut kepercayaan kuno, cermin dinilai dapat menangkal roh jahat yang mengganggu manusia serta           dapat memperlihatkan masa depan.

35. Tembok Besar Cina adalah bangunan terbesar dan terpanjang di dunia yang dibangun oleh manusia.             Panjang Tembok Besar Cina ini mencapai 8.850 km, lho!



36. Mall terbesar di dunia pun terletak di Cina. Mall tersebut bernama New South China Mall. Namun,               tahukah Kamu, bahwa 99% dari area mall tersebut kosong sejak didirikan tahun 2005? Nampaknya               strateginya kurang berhasil.

37. Kalender Cina merupakan kalender tertua di dunia. Hal ini semakin menguatkan bahwa Cina adalah             negara yang hidup dengan peradaban yang lama.

38. Cina adalah negara yang pertama kali menemukan kertas toilet. Pada akhir tahun 1300-an, kertas toilet         telah digunakan di Cina, meski pada waktu itu hanya digunakan di kalangan kekaisaran.

39. Permainan layang – layang telah berada di Cina sekitar 3000 tahun yang lalu. Layang – layang pada               masanya berupa burung kertas yang besar, digunakan untuk menakut –nakuti musuh dalam peperangan.       Marco Polo (1254 – 1324) juga menyatakan bahwa layang – layang juga dipakai untuk membantu               pelayaran.

40. Warna putih adalah simbol tanda berduka cita bagi orang Cina, termasuk dalam acara pemakaman.



41. Penggunaan kincir air pertama kali adalah oleh negara Cina, yang memanfaatkan tenaga air pada 31 M,         yaitu 1200 tahun sebelum orang Eropa menemukan kincir air.

42. Tradisi kaum kaya di Cina pada akhir masa kekaisaran, baik perempuan maupun laki – laki adalah              memanjangkan kuku jari kelingking mereka sebagai ciri dari tingkatan status mereka. Bahkan, mereka          sering melapisi kuku yang panjang tersebut dengan perak dan emas.

43. Kertas, kompas, serbuk mesin dan alat cetak, ditemukan di Cina.

44. Menurut para sejarawan, karena pertumbuhan penduduk Cina sangat banyak, untuk menghemat bahan        bakar dan bahan makanan saat memasak, orang Cina memotong makanannya menjadi kecil – kecil. Hal        inilah yang menjadikan sumpit lebih banyak digunakan.

45. Es krim pertama kali ditemukan oleh penduduk Cina. Begitu juga dengan olahan berbagai jenis resep             mie. Marco Polo diduga menyadur resep tersebut kemudian membawanya ke wilayah Eropa.

46. Alat pendeteksi gempa bumi di Cina ternyata sudah ditemukan sejak tahun 130M. Penemu alat tersebut      adalah Zhang Heng, seorang astronom yang berhasil menemukan mesin pendeteksi dan penunjuk arah          gempa bumi.



47. Penggunaan sistem angka decimal sudah digunakan oleh Cina sejak abad ke 14, jauh sebelum sistem             angka decimal ini digunakan dalam matematika Eropa.

48. Mesin jam di Cina pertama kali dibuat oleh seorang pegawai pemerintahan bernama Su Song pada tahun      1088 hingga 1092. Pembuatan jam tersebut ditentukan berdasarkan peredaran dan rasi bintang, yang            juga berkaitan dengan penentuan ramalan bintang yang cukup akurat.

49. Pada abad ke -2 SM, Cina telah mengetahui bahwa di dalam tubuh ada darah yang terus mengalir dan          dipompa oleh jantung. Di Eropa, teori tentang sirkulasi darah baru ditemukan pada awal abad ke- 17            oleh William Harvey.

50. Cina banyak menemukan dasar – dasar ilmu pengetahuan secara logis. Tak heran bila ada pepatah mengatakan “tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina”, dengan filosofi menuntut ilmu setinggi – tingginya.

demikian 50 fakta menarik tentang negeri tirai Bambu ini, semoga kulaih Kamu di Cina semakin krasan. 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 50 Fakta Menarik Tentang Cina
50 Fakta Menarik Tentang Cina
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPPTk1OwaX87K0dUWJDNoGzLeRa6YDhtAanlHJngnBWQFTFaAkFAEmtTPIAnCNk4Qg-FCnA5OFjQ8TFpJ9HBdWjIf69vZ6TnmQn8Xunwegp6OgyAgRi-Nh_1NgIPF0AxyM4a0Dt5ISePo/s1600/china+flag.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPPTk1OwaX87K0dUWJDNoGzLeRa6YDhtAanlHJngnBWQFTFaAkFAEmtTPIAnCNk4Qg-FCnA5OFjQ8TFpJ9HBdWjIf69vZ6TnmQn8Xunwegp6OgyAgRi-Nh_1NgIPF0AxyM4a0Dt5ISePo/s72-c/china+flag.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/50-fakta-menarik-tentang-cina.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/50-fakta-menarik-tentang-cina.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy