50 Fakta Menarik tentang Swedia

Swedia merupakan negara asal bangsa Viking, bangsa yang terkenal sebagai perompak. Namun di balik itu, Swedia adalah negara yang memperdulik...

Swedia merupakan negara asal bangsa Viking, bangsa yang terkenal sebagai perompak. Namun di balik itu, Swedia adalah negara yang memperdulikan kenyamanan sehingga memberikan perlakuan yang baik terhadap rakyatnya. Negara asal Roxxette dan ABBA ini juga menyimpan banyak fakta unik yang belum diketahui banyak orang. Berikut ini adalah 50 fakta menarik tentang Swedia:


1. Meskipun terbilang sebagai negara maju, pada abad ke-19 Swedia merupakan salah satu negara termiskin di Eropa karena konsumsi alkoholnya yang tinggi.

2. Swedia tidak memiliki bahasa resmi, namun secara de facto, bahasa resminya adalah bahasa Swedia atau Svenska ditambah 5 bahasa minoritas lain.

3. Swedia terletak di belahan bumi utara dan di utara, terdapat wilayah di dalam Lingkaran Arktik namun beriklim sedang.

4. Negara ini menempati urutan ke-155 dalam kepadatan penduduk di dunia dengan penduduk sebanyak 9 juta jiwa

5. Setelah Perang Dunia II, Swedia banyak menerima pendatang, terutama karena perang dengan negara lain, seperti Irak, Iran, Palestina dan Yugoslavia.

6. Kelompok imigran terbesar yang datang ke Swedia setelah PD II adalah suku Finn dari Filandia.

7. Penduduk asli Swedia adalah Orang Sami.

8. Swedia adalah negara terbesar ke-56 di dunia.

9. Dulu, Swedia merupakan negara yang bergantung pada hasil sumber daya alamnya. Sekarang, Swedia merupakan negara berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi serta mendorong ekspor manufaktur.

10. Swedia menolak mata uang Euro dan mempertahankan mata uangnya sendiri, yaitu Krona Swedia (SEK)


11. Swedia telah menjadi sebuah kerajaan selama hampir satu milenium

12. Swedia merupakan satu dari beberapa negara yang tidak pernah dijajah

13. Pada tahun 2004, warga Swedia diijinkan untuk membayar pajak melalui SMS

14. Retsleting, teropong bintang, lemari es, dan mouse komputer merupakan barang-barang yang ditemukan di Swedia

15. Rambu jalan “rusa menyebrang” merupakan salah satu ikon paling terkenal di Swedia dan banyak dicuri oleh para pemburu souvenir

16. Prostitusi merupakan sesuatu yang legal di Swedia, namun menggunakan jasa “wanita bayaran” merupakan tindakan yang ilegal.

17. Di Desa Jukkasjarvi terdapat hotel es pertama di dunia yang hinigga kini terus diperbarui setiap tahun dengan 10.000 ton es dan 30.000 ton salju.

18. Swedia menduduki peringkat ke-8 dalam urutan negara paling romantis di dunia. Pria-pria di Swedia terkenal karena kepandaiannya dalam bertutur kata dan tidak segaan dalam mengerjakan apa yang biasanya menjadi tanggung jawab wanita.

19. Swedia berada pada urutan ke-6 negara dengan koneksi internet tercepat dengan kecpatan 18 Mbps dengan bayaran terendah di Eropa.

20. Negara ini mendapat peringkat kedua untuk inovasi.


21. Warga Swedia tidak suka ketika ada orang yang tidak dapat membedakan antara Swedia dan Swiss.

22. Orang Swedia rata-rata memakan 90 kg kentang atau produk-produk yang terbuat dari kentang dalam setahun.

23. Rata-rata kopi yang diminum tiap orang dalam setahun, yaitu sebanyak 152 liter.

24. Lordagsgodis adalah aturan di Swedia yang hanya memperbolehkan anak-anaknya untuk memakan permen di hari Sabtu

25. Orang Swedia biasanya tidak pernah lupa untuk membicarakan cuaca dan kopi dalam kartu pos yang mereka kirim ketika berlibur.

26. Absolut Vodka yang diproduksi di Kota Ahus, bagian selatan Swedia, merupakan merk minuman beralkohol terbesar di dunia sebelum Bacari dan Smirnoff.

27. The Pirate Bay, sebuah situs yang didirikan oleh organisasi anti-hak cipta milik Swedia, berada pada posisi ke-85 sebagai situs paling populer di dunia.

28. Swedia menempati posisi negara dengan masyarakat paling bahagia ke-6 dilihat dari perspektif demokrasi dan kebebasan berpendapatnya.

29. Reputation Institute, sebuah perusahaan konsultasi manajemen reputasi internasional, baru-baru ini menyatakan Swedia sebagai negara kedua yang memiliki reputasi paling baik di dunia. Swedia juga merupakan negara pertama di Eropa yang mendapatkan kedudukan tinggi dalam penilaian ini.

30. Menurut Global Peace Index, Swedia merupakan salah satu negara paling damai di dunia. Tingkat perampokan di negara ini hanya sekitar 9.000 perampokan dalam satu tahun.


31. Terlepas dari fakta bahwa Swedia merupakan salah satu eksportir terbesar di Eropa dan dunia, Swedia belum berperang atau ikut berpartisipasi dalam pertempuran selama dua abad.

32. Jika Anda berpuasa di Swedia dan mengikuti waktu terbit dan terbenamnya matahari, Anda harus menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 21 jam. Namun, di sini umat muslim diperbolehkan untuk berbuka mengikuti waktu di Arab Saudi.

33. Ketika Hari Paskah, anak-anak akan berdandan dan mendatangi rumah-rumah untuk meminta permen seperti ketika Halloween.

34. Swedia adalah negara dengan warga paling sehat dan paling minim polusi sehingga Swedia masuk ke dalam kategori salah satu negara yang paling nyaman untuk dihuni versi Organization for Economic Cooperation and Developments (OECD).

35. Swedia termasuk negara dengan harga bensin tertinggi di dunia. Namun, apabila di Swedia tidak ada pajak bahan bakar minyak yang diberlakukan oleh Uni Eropa, Swedia akan menjadi negara dengan harga minyak bensin termurah di Eropa.

36. Rata-rata jumlah sampah yang menjadi limbah di Eropa adalah 38%, sedangkan di Swedia sendiri hanya 1%.

37. Karena aturan kebersihan yang ada di sana, Swedia kini kekurangan sampah untuk dikelola dan dijadikan bahan bakar pembangkit energi sehingga tiap tahun Swedia mengimpor 800 ribu ton sampah dari negara-negara di Eropa.

38. Di Swedia ada larangan untuk mengecat rumah tanpa ijin dari pemerintah dan ada aturan untuk menggunakan cat yang sudah mendapat sertifikat/ijin dari pemerintah.

39. Swedia termasuk dalam negara yang bersih dan bebas dari korupsi

40. Penduduk laki-laki di Swedia memiliki rata-rata tinggi badan 5 kaki 11,5. Rata-rata ini membuat Swedia berada di peringkat kedua penduduk dengan tinggi badan tertinggi di dunia


41. Penghasilan rata-rata warga Swedia sebesar US$48,800 dengan rasio pajak penghasilan 56%

42. Swedia merupakan salah satu negara dengan pajak tertinggi di dunia. Seluruh penghasilan pajak dialokasikan untuk keamanan sosial

43. Menurut OECD, Swedia menghabiskan sebagan besar PDB-nya pada pelayanan sosial yang paling banyak dibandingkan dengan negara lain

44. Di Swedia, pendidikan diberikan secara gratis kepada rakyatnya

45. Selain pendidikan, pemerintah juga menanggung fasilitas kesehatan bersubsidi, transportasi publik, dan pensiun dasar.

46. Keju paling mahal berasal dari Swedia dengan harga USD 500 per pon.

47. Sebuah badan di Swedia pernah menyatakan Indonesia sebagai negara dengan penduduk paling murah senyum dan sering mengucapkan salam kepada orang.

48. Swedia memiliki salah satu sistem perawatan kesehatan terbaik sehingga memiliki harapan hidup yang tinggi

49. Di Swedia, kendaraan umum seperti bis, taksi, dan kereta sebagian besar dikelola oleh pemerintah sehingga jumlahnya terbatas sesuai kebutuhan dan tidak menyebabkan kepadatan serta kemacetan.

50. Dalahast, kuda kayu berwarna merah, merupakan suvenir khas dan favorit dari Swedia
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 50 Fakta Menarik tentang Swedia
50 Fakta Menarik tentang Swedia
http://2.bp.blogspot.com/-LnCkAwAWJsI/U8CLmirmEnI/AAAAAAAACns/9MhEh8aGCa8/s1600/swedia4.png
http://2.bp.blogspot.com/-LnCkAwAWJsI/U8CLmirmEnI/AAAAAAAACns/9MhEh8aGCa8/s72-c/swedia4.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/50-fakta-menarik-tentang-swedia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/50-fakta-menarik-tentang-swedia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy