55 Fakta Menarik Tentang Meksiko

1. Nama resmi Meksiko adalah Estados Unidos Mexicanos (Meksiko Serikat). 2. Di Meksiko pernah dibuat tamale (makanan tradisional sejeni...


1. Nama resmi Meksiko adalah Estados Unidos Mexicanos (Meksiko Serikat).

2. Di Meksiko pernah dibuat tamale (makanan tradisional sejenis tortilla) dengan panjang tiga meter dan berat sekitar 150 pounds.

3. Meksiko memperkenalkan cokelat, jagung, dan cabai kepada dunia.

4. Meksiko adalah tempat tinggal bagi spesies kelinci langka bernama Volcano Rabbit yang tinggal di dekat gunung berapi.

5. Macan terbesar di Amerika Utara adalah jaguar yang banyak ditemukan di hutan-hutan di selatan Meksiko.

6. Mesin cetak pertama di Amerika Utara digunakan di Mexico City pada 1539.

7. The National University of Mexico didirikan pada tahun 1551 oleh Charles V dari Spanyol dan merupakan universitas tertua di Amerika Utara.

8. Jutaan kupu-kupu Monarch bermigrasi ke Meksiko setiap tahun dari Amerika Serikat dan Kanada. Penebangan dengan cepat menghancurkan habitat mereka.

9. Tanaman kastuba atau poinsettia disebut sebagai simbol duta besar pertama Amerika di Meksiko

10. Perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat adalah perbatasan terbesar kedua di dunia (hanya perbatasan AS-Kanada yang lebih luas).




11. Meksiko adalah negara dengan penganut agama Katolik terbanyak kedua setelah Brazil.

12. Tanaman poinsettia merah (yang disebut cuetlaxochitl oleh orang Aztec) berasal dari Meksiko. Tanaman ini dinamai berdasarkan nama Joel Roberts Poinsett, duta besar Amerika Serikat pertama di Meksiko (tahun 1820-an).

13. Anak-anak Meksiko tidak menerima hadiah pada Hari Natal. Mereka menerima hadiah pada tanggal 6
Januari, saat orang Meksiko merayakan kedatangan Three Wise Men.

14. Meksiko terletak di daerah "Cincin Api" yaitu daerah dengan salah satu gempa bumi paling keras dan banyak gunung berapi.

15. Mexico City dibangun di atas reruntuhan besar sebuah kota Aztec, Tenochtitlán. Karena dibangun di atas danau, Meksiko tenggelam hingga 6 sampai 8 inci setahun dengan bertambahnya jumlah populasi penduduk.

16. Bendera Meksiko terdiri tiga garis-garis vertikal. Garis hijau kiri melambangkan harapan, garis putih di tengah melambangkan kesucian, dan garis merah melambangkan darah dari orang-orang Meksiko. Gambar elang memakan ular didasarkan pada legenda Aztec.

17. Anjing Chihuahua diberi nama berdasarkan salah satu negara bagian Meksiko.

18. Chihuahua adalah anjing terkecil di dunia yang dapat dengan mudah ditemukan di Meksiko.

19. Ukuran Meksiko adalah 756.066 mil persegi, yang hampir tiga kali lebih besar dari Texas.

20. Hanya sepuluh negara di dunia memiliki populasi yang lebih besar dari Meksiko yaitu 109.955.400 jiwa.


21. Mexico City merupakan kota tertua di Amerika Utara dan juga salah satu kota terbesar di dunia.

22. Meksiko adalah negara terbesar ke-14 di dunia dengan luas 1,972,550 km2

23. Meksiko di era modern adalah perpaduan unik dari berbagai peradaban kuno, termasuk Olmec,
Zapotec, Toltec, Maya, Aztec, Inca, Afrika, Perancis, dan Spanyol.

24. Peradaban besar pertama di Meksiko adalah Olmecs (1400 - 300 SM). Peradaban ini mendirikan
banyak kota di sepanjang pantai timur Meksiko.

25. Peradaban Zapotec (600 - 800 SM) mendirikan kota-kota besar di sepanjang Meksiko selatan dan mengembangkan sistem penulisan pertama di Amerika.

26. Salah satu senjata suku Maya paling aneh adalah "bom lebah". Senjata ini berupa sarang lebah yang dilemparkan pada musuh selama berperang.

27. Simbol-simbol pada bendera Meksiko yang berdasarkan mitologi Aztec

28. Pada abad keempat belas, sekelompok Chichmecas (prajurit nomaden) dari Aztec menetap di Meksiko. Mereka melihat elang (mewakili matahari) berdiri di atas kaktus (simbol hati) sambil mencengkeram ular (simbol bumi). Gambaran kejadian suku Aztec itu menjadi simbol di bendera Meksiko hingga sekarang.

29. Ular muncul berulang kali dalam mitologi Meksiko. Ular dewa Kukulcan dapat ditemukan di sisi piramida Chichen Itza.

30. Suku Aztec melakukan ritual pengorbanan manusia berdasarkan budaya sebelumnya (seperti Olmec) karena mereka percaya alam semesta akan berakhir dan matahari akan berhenti bergerak tanpa darah manusia.


31. Di Meksiko ada banyak patung kuno dewa yang mengulurkan lidah mereka, seperti Huitzilopochtli. Lidah yang mengulur menjadi isyarat suci yang menunjukkan kehausan dewa untuk akan darah manusia.

32. Selama pengorbanan manusia oleh suku Aztec, lima imam dengan wajah yang dicat warna-warna berbeda memotong lengan dan kaki korban korban. Jantung yang disebut sebagai "buah kaktus elang berharga," dipotong dari korban yang masih hidup dan dibakar di atas api kuil.

33. Kerang dan batu pada pisau ritual Aztec melambangkan wajah para dewa yang memakan jantung korban. Suku Aztec mengorbankan antara 10.000 sampai 50.000 korban per tahun. Di bawah pemerintahan Montezuma II, 12.000 korban dikorbankan dalam sehari.

34. Suku Aztec memainkan permainan bola yang dikenal sebagai ritual tlachtli. Pemain bola yang kalah sering dikorbankan untuk dewa.

35. Ketika penjelajah Spanyol bernama Hernan Cortés tiba pada tahun 1519, suku Aztec percaya bahwa ia adalah dewa mereka yang bernama Quetzalcoatl. Mereka memberikannya minuman para dewa berupa cokelat panas.

36. Keturunan suku Aztec berbicara dalam bahasa Aztec yang disebut Nahuatl. Banyak kata-kata untuk berbagai jenis makanan diadaptasi ke dalam bahasa Inggris seperti tomat (tomatl), coklat (cokolat), dan alpukat (ahuacatl).

37. Hernan Cortés memiliki gundik sekaligus penerjemah bernama Marina (La Malinche). Ia melahirkan anak pertamanya, yang dianggap etnis mestizo pertama (campuran India-Spanyol).

38. Sekitar 60% dari penduduk Meksiko modern adalah etnis mestizo (India-Spanyol), 30% etnis India, 9% etnis Kaukasia, dan 1% etnis lainnya.

39. Bangsa Kreole adalah keturunan dari orang-orang Spanyol yang pertama kali tiba di Meksiko.

40. Meksiko tetap berada di bawah kekuasaan Spanyol selama hampir 300 tahun sampai adanya pemberontakan Meksiko yang dipimpin oleh seorang pendeta bernama Father Hidalgo hingga mencapai kemerdekaan pada tanggal 16 September 1810.


41. Pendeta Hidalgo dianggap sebagai bapak Meksiko modern dan bapak kemerdekaan Meksiko. Hingga sekarang hari kemerdekaan Meksiko dirayakan pada tanggal 15-16 September.

42. Olahraga nasional Meksiko berupa adu banteng dengan matador awalnya dibawa oleh penjajah Spanyol.

42. Adu banteng berlangsung di Meksiko dari bulan November sampai April. Plaza Mexico adalah arena
adu banteng terbesar di dunia.

43. Meskipun adu banteng adalah olahraga nasional Meksiko, saat ini sepak boal lebih populer di kalangan masyarakat.

44. Meskipun lebih dari 50 bahasa asli masih digunakan di lokasi pedesaan, Spanyol adalah bahasa nasional Meksiko. Bahkan, Meksiko adalah negara berbahasa Spanyol paling padat di dunia.

45. Texas adalah provinsi Meksiko yang menyatakan kemerdekaannya dari Meksiko pada tahun 1836 selama berperang dengan Amerika Serikat (1836-1838).

46. Di bawah bimbingan Emiliano Zapata dan Pancho Villa pada tahun 1910, petani Meksiko memberontak melawan kediktatoran Porfirio Díaz untuk mendapatkan kesetaraan dan lahan. Perang saudara berlangsung 10 tahun dan menewaskan lebih dari satu juta orang.

47. Sebelum tahun 1958, perempuan tidak bisa memilih dalam pemilihan presiden.

48. Perempuan memainkan peran penting dalam revolusi Meksiko di tahun1910 sebagai mata-mata, penyelundup senjata, dan tentara.

49. Pada tahun 1994, sekelompok petani Meksiko dan petani yang disebut Zapatista (dijuluki dari nama Emiliano Zapata) memulai pemberontakan lain akibat kesenjangan sosial antara orang kaya dan miskin.

50. Aktor Anthony Quinn adalah orang Meksiko pertama yang memenangkan Academy Award untuk perannya dalam film 1952 Viva Zapata.


51. Piramida Chichen Itza di Meksiko adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia versi baru.

52. Meksiko adalah negara asal bagi lebih dari 30 Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia.

53. Artefak alat-alat batu yang ditemukan di Meksiko menunjukkan adanya manusia di sana sekitar 23000 tahun yang lalu.

54. Gunung tertinggi di Meksiko adalah Pico de Orizaba, sebuah gunung berapi aktif yang mencapai tinggi
5.636 meter (18.491 kaki) di atas permukaan laut.

55. Makanan Meksiko terkenal dengan rasa dari rempah-rempah yang khas. Hidangan paling populer di Meksiko adalah taco, burrito dan enchilada.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 55 Fakta Menarik Tentang Meksiko
55 Fakta Menarik Tentang Meksiko
https://3.bp.blogspot.com/-AXjMEByXDzA/U8ofX08Fb8I/AAAAAAAADj8/KvGUvm19HLs/s1600/mexico.png
https://3.bp.blogspot.com/-AXjMEByXDzA/U8ofX08Fb8I/AAAAAAAADj8/KvGUvm19HLs/s72-c/mexico.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/55-fakta-menarik-tentang-meksiko.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/55-fakta-menarik-tentang-meksiko.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy