7 Prospek Kerja untuk Sarjana Hubungan Internasional

Mempelajari studi Hubungan Internasional, tentu berkaitan erat dengan bagaimana menjalin hubungan antar negara – negara dengan baik dan ha...

Mempelajari studi Hubungan Internasional, tentu berkaitan erat dengan bagaimana menjalin hubungan antar negara – negara dengan baik dan harmonis, menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan mengedepankan isu – isu umuum seperti sosial, ekonomi, hukum, dan politik. Ya, untuk mempelajari hubungan internasional, kita tidak hanya sebatas mempelajari budaya dan nilai – nilai yang dianut oleh negara lain saja, melainkan juga mengenai bagaimana isu – isu yang sedang berkembang di dalamnya.
    
Tidak hanya berkaitan dengan negara, studi Hubungan Internasional juga mempelajari tentang hubungan antara aktor – aktor politik, bisnis, hukum, sosial dan lain  sebagainya, yang bersifat antar negara. Misalnya menjalin hubungan antar organisasi internasional, perusahaan multinasional ataupun individu yang jam terbangnya sudah internasional. Hal tersebut juga merupakan ranah kajian dari dunia Hubungan Internasional.
    
Dalam pembelajarannya, studi Hubungan Internasional mengedepankan bagaimana cara menjalin hubungan dalam ruang lingkup internasional yang baik, dengan memperhatikan nilai – nilai yang dianut oleh kedua belah pihak / negara yang bersangkutan. Cara berdiplomasi dan bernegosiasi dengan baik dan benar sangat diperhatikan, karena keahlian tersebutlah yang dapat membawa anda untuk membentuk hubungan yang saling menguntungkan antara dua kubu dalam ruang lingkup internasional. 

Tentu, studi Hubungan Internasional juga memiliki beberapa mata kuliah penunjang yang dikembangkan dalam taraf internasional seperti, bisnis internasional, hukum internasional, politik luar negeri, dan lain sebagainya. Terbayang, betapa luasnya pengetahuanmu tentang segala isu – isu yang berkembang dari berbagai macam negara. Wah!

Image Credit
Kedengarannya memang mengasyikkan. Tapi, apa sih yang menjadi prospek kerja dari studi Hubungan Internasional ini? Berikut berkuliah.com akan memaparkannya.

1. Duta besar / Diplomat    
Menjadi duta besar untuk mewakili Indonesia di suatu negara? Atau menjadi diplomat? Ya! Betul sekali. Profesi ini ialah prospek kerja terbaik dari lulusan Hubungan Internasional. Kompetensi utama dari lulusan Hubungan Internasional memang diarahkan kesini, baik dari segi menjadi duta besarnya secara langsung ataupun sebagai staf. Memahami isu – isu internasional, khususnya bagi negara yang sedang dibawahinya, menjadi satu bekal utama bagi seorang duta besar ataupun diplomat yang ditugaskan di suatu negara.
    
Pada stereotipnya, anggapan kebanyakan orang, menjadi duta besar adalah satu – satunya prospek kerja yang paling menjanjikan dari lulusan Hubungan Internasional. Ternyata tidak, lho! Masih banyak prospek kerja lain yang bisa diraih, yang selanjutnya akan berkuliah.com jelaskan pada nomor berikutnya.

2. International Officer  
Bekerja khusus untuk menangani kasus ataupun permasalahan internasional, adalah bentuk kerja dari profesi International Officer. Seorang International Officer bisa bekerja di beberapa instansi antara lain Departemen Luar Negeri, Kementrian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat ataupun Atase. Begitu juga dengan LSM – LSM yang bergerak di dunia internasional, atau yang disebut dengan INGO (International Non Governmental Organization). Untuk bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal, maka posisi yang paling tepat untuk profesi ini ialah lulusan Hubungan Internasional, yang dapat menerapkan seluruh materi dan hal – hal praktis yang telah dipelajarinya dengan dalam selama kuliah.

3. Peneliti    
Tumbuhnya sikap kritis akan isu – isu internasional yang menghinggapi berbagai negara, tentu menjadikan lulusan Hubungan Internasional tergelitik untuk selalu mencari jalan keluar dari permasalahan dan isu – isu tersebut. Demi kemajuan bangsa yang adil dan beradab, tentu lulusan Hubungan Internasional mampu menjadi seorang peneliti yang handal di bidangnya dalam ruang lingkup internasional. Baik dari bidang bisnis, politik, hukum ataupun sosial, seorang lulusan Hubungan Internasional dapat berpeluang menjadi seorang peneliti yang meneliti permasalahan ataupun kasus – kasus internasional. Hasilnya, bukan hal yang tidak mungkin bila hasil dari penelitian anda dipakai di dunia internasional sebagai pemecah masalah dan pemberi solusi yang tepat atas isu – isu yang ada.

4. Politisi 
Selalu peka dan dituntut aktif terhadap isu – isu politik yang erat kaitannya dengan persoalan negara, membuat seorang lulusan Hubungan Internasional memiliki kemampuan politik yang baik. Kesadaran dalam berpolitik pun akan terus meningkat. Berbekal kepedulian terhadap bangsa serta didukung dengan ilmu – ilmu hubungan internasional yang dimiliki, seorang lulusan hubungan internasional juga memilki kesempatan menjadi politisi. Dengan keilmuan dan keahliannya dalam dunia praktik membina hubungan internasional, diharapkan seorang lulusan Hubungan Internasional dapat menjadi politisi yang dapat mengkritisi kebijakan – kebijakan baik di dalam negerinya sendiri, ataupun kebijakan yang berasal dari lingkup internasional yang sekiranya dapat mempengaruhi negaranya.

5. Jurnalis atau Wartawan    
Menjadi jurnalis atau wartawan, baik dalam tingkat nasional maupun internasional tentu juga bisa menjadi bagian dari prospek kerja seorang lulusan Hubungan Internasional. Terbiasa berpikir kritis dalam melihat suatu permasalahan, kasus ataupun isu yang bertaraf internasional, setidaknya dapat menjadi modal awal bagi lulusan Hubungan Internasional untuk menjadi seorang wartawan internasional. Ya, semua orang tentu membutuhkan informasi yang terkait dengan kenegaraan serta isu – isu yang berkembang dalam ranah internasional, bukan? Untuk itu, dengan dasar – dasar pembelajaran mengenai analisis isu internasional, profesi wartawan ataupun jurnaliss menjadi salah satu prospek kerja yang cukup diincar bagi lulusan Hubungan Internasional.

6. Akademisi / Dosen    
Bila anda benar – benar menguasai segala hal yang berkaitan dengan teori ataupun praktik dari suatu bidang keilmuan, anda tentu akan memiliki peluang sebagai seorang akademisi atau tenaga pengajar atau dosen. Begitu juga dengan bidang ilmu Hubungan Internasional. Dengan segala teori dan praktik yang dipahami dan dikuasai dengan  baik, seorang lulusan Hubungan Internasional juga berkesempatan menjadi akademisi yang unggul di bidangnya.

7. Konsultan Internasional    
Menjalin hubungan dalam ruang lingkup internasional, tentu membutuhkan keahlian yang tidak sembarangan. Selain terkendala oleh bahasa, kendala – kendala lainnya bisa ditemui dari masalah isu – isu yang sedang berkembang, begitu juga dengan perbedaan nilai – nilai yang dianut oleh negara – negara yang bersangkutan. Untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan dalam sebuah hubungan internasional, maka diperlukan adanya konsultan internasional yang sekiranya benar – benar mengerti permasalahan antar negara yang sesungguhnya terjadi. 

Konsultan internasional dapat berperan sebagai penasihat, pendamping ataupun pemerhati dalam segala hal yang berkaitan dengan Hubungan Internasional. Untuk menjadi konsultan internasional, dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai dunia Hubungan Internasional beserta seluk beluknya. Untuk itu, menjadi konsultan internasional juga merupakan prospek kerja yang baik bagi lulusan Hubungan Internasional.
    
Dari ketujuh prospek kerja terbaik dari lulusan Hubungan Internasional tersebut, anda bisa memilihnya di instansi manapun. Perguruan Tinggi, Partai Politik, LSM/ NGO, Lembaga Penelitian, Media Massa, Perusahaan Multinasional, dan Lembaga Pemerintahan, adalah beberapa contoh instansi yang dapat anda pilih untuk berkontribusi di dalamnya. Tertarik?

=================================================================

Beli buku "Baca Ini Kamu Pasti Kuliah ke Luar Negeri", bonus langsung senilai 3 JUTA]


Ayo saatnya #SelamatkanMimpimu dengan membaca dan mempraktikkan buku "Baca Ini Kamu Pasti Kuliah ke Luar Negeri". Kami mengadakan PROMO SPESIAL dalam rangka menyambut "Hari Guru Dunia".

Kenapa? Karena selain dijamin PASTI kuliah ke luar negeri 100%, khusus pemesanan tgl 4-10 Oktober 2016, setiap pemesanan 1 JKLN berhak mendapatkan SEMUA BONUS berikut ini:

1. DVD TOEFL KILLER (Panduan pasti mendapat skor TOEFL 600, dengan video tutorial 40 JAM lebih)

2. ROADMAP (peta unik yang menjaga mimpimu kuliah ke luar negeri)

3. DIGITAL CHECKLIST Kuliah ke Luar Negeri (satu lagi alat eksklusif agar kamu tetap on the track kuliah ke luar negeri)

4. Essay LPDP Asli (Esai yang sudah terbukti mampu menembus ketatnya seleksi beasiswa LPDP. Tinggal amati, tiru, dan modifikasi sesuai kebutuhanmu).

5. Motivation Letter Asli (Satu lagi dokumen kunci yang akan membantumu menembus tes beasiswa apapun!)

6. Video Tutorial Membuat Motivation Letter (Kalau ini, panduan eksklusifnya!)

7. Free ongkir ke seluruh Indonesia (Ya, pesan sekarang, bebas ONGKOS KIRIM)

8. 33 Ebook Eksklusif dari Inspira
-Kunci Inggris (Panduan PASTI belajar bahasa Inggris dalam waktu singkat)
-"Jurus Kuliah ke Luar Negeri Amerika (Panduan spesifik, kuliah di negara tujuanmu. Mulai dari profil universitas, sampai CARA AMPUH untuk menembus beasiswa di sana)
-JKLN Seri Australia
-JKLN Seri Belanda
-JKLN Seri Finlandia
-JKLN Seri Inggris
-JKLN Seri Italia
-JKLN Seri India
-JKLN Seri Jerman
-JKLN Seri Jepang
-JKLN Seri Malaysia
-JKLN Seri Kanada
-JKLN Seri Korsel
-JKLN Seri Malaysia
-JKLN Seri Mesir
-JKLN Seri Perancis
-JKLN Seri Rusia
-JKLN Seri Singapura
-JKLN Seri Turki
-JKLN Seri Selandia Baru
-JKLN Seri Spanyol
-Kompilasi Beasiswa Luar Negeri
-Kompilasi Beasiswa Dalam Negeri -Inspiring Story Mahasiswa
-JAMU UI (Panduan eksklusif menembus tes masuk UI)
-JAMU UGM (Panduan eksklusif menembus tes masuk UGM)
-Traveling Hemat (Panduan ASYIK dan hemat traveling ke berbagai dunia dengan budget minim)
-JALUCE (Jurus Ampuh "Lulus CEPAT". Panduan SUPER EKSKLUSIF agar kamu bisa lulus kuliah dengan CEPAT dan MEMUASKAN)
-Jamu Exchange (Panduan eksklusif mengikuti program Pertukaran Pelajar)
-Kitab Hitam Kuliah di Jogja
-Kitab Hitam Blackberry (Panduan bisnis, menghasilkan omzet besar dengan Blackberry)
-Strategi Manajemen Bisnis
-Olshop Booster (Panduan ampuh meledakkan omzet onlineshop-mu)

Semua ebook di atas LENGKAP banget. Masing-masing tebalnya antara 200-300 halaman!

Nah, total bonus senilai 3 JUTA RUPIAH ini bisa kamu dapatkan hanya dengan membayar157,000 saja. WOW!

Promo ini hanya berlaku dalam periode 4-10 Oktober 2016 saja, menyambut "Hari Guru Dunia".

So, segera isi dan kirim format order berikut ini untuk amankan jatahmu!

Nama:
Alamat:
No.HP:
Pesanan:1 JKLN

TERTARIK? Kirim via SMS/WA/TELP ke 0815-7357-1433 / 0823-0016-6669

atau klik di inspirabook.com/penawaran-sekali-saja

Jumlah stok buku dan bonus terbatas. Siapa cepat, dia dapat!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 7 Prospek Kerja untuk Sarjana Hubungan Internasional
7 Prospek Kerja untuk Sarjana Hubungan Internasional
https://2.bp.blogspot.com/-_fJOLwfkEGc/U8YZQkwIooI/AAAAAAAADFE/QsXOT1mLgjI/s1600/Snap+2014-07-16+at+13.17.11.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_fJOLwfkEGc/U8YZQkwIooI/AAAAAAAADFE/QsXOT1mLgjI/s72-c/Snap+2014-07-16+at+13.17.11.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/7-prospek-kerja-untuk-sarjana-hubungan.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/7-prospek-kerja-untuk-sarjana-hubungan.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy