Artikel Terbaru

Berbagi Cerita Kuliah di Cina Bersama Beny

Cina merupakan salah satu Negara yang terletak di Asia Timur. Seperti umumnya penduduk Asia Timur, mereka memiliki karakter yang kuat, etos kerja tinggi, motivasi dan semangat yang tinggi pula. Namun Cina memiliki perbedaan dengan Negara Asia Timur lainnya. Bahasa, sejarah, dan yang paling mencengangkan dunia adalah pencapainnya dalam hal kemajuan ekonomi. Hampir semua produk di dunia, khususnya di Indonesia kebanjiran produk buatan Cina. Berikut ini sedikit cerita dari Beny, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Cina.


Beny Arief Hidayat saat ini kuliah di salah satu universitas di kota Nanchang, ibu kota provinsi Jiangxi, Cina. Ia kuliah di jurusan Budidaya Perikanan atau yang sering disebut dengan Aquaculture and Fisheries. Semasa tiga tahun di Cina, ia banyak mengikuti kegiatan kuliah yang berhubungan dengan Indonesia. Proses kuliahnya baru dapat diselesaikan dalam jangka waktu empat tahun, dengan tambahan belajar di kelas kursus bahasa Mandarin di Jiangxi Normal University selama satu tahun.

Saat masjid Agung Jawa Tengah mendapat kunjungan dari duta besar Cina, mereka menawarkan beasiswa kuliah di luar negeri kepada para pemuda yang aktif di sana. Beasiswa ia dapatkan melalui jalur masjid tersebut dengan mengikuti program Chinese Government scholarship. Pada tahun 2011, saat ia mendaftar terdapat kuota penerima beasiswa sebanyak tujuh orang. Fasilitas yang ia dapatkan di kampusnya saat ini cukup lengkap.


Budaya dan biaya

Biaya tempat tinggal dan biaya kuliahnya selama di Cina mendapat subsidi dari beasiswa yang diperolehnya. Biaya hidup dapat dipenuhi dengan beasiswa secara berkecukupan layaknya hidup di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan dasar, biaya sejumlah 1000 CNY atau sekitar Rp 2 juta dapat mencukupi biaya makan dan transportasi dengan gaya hidup yang sederhana.

Menurut Beny, karakter masyarakat Cina di tempatnya mempunyai persamaan dan perbedaan dengan masyarakat di Indonesia. Jadi proses adaptasi dalam pergaulan tidak terlalu susah untuk dijalani. Kehidupan dalam kampusnya juga menyenangkan dan sering mengadakan berbagai aktivitas. Ia hingga saat ini menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia di Cina untuk cabang Nanchang.


Tips dan saran

Untuk dapat kuliah di Cina, Beny menyarankan agar calon mahasiswa harus mampu mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet dan berbagai sumber informasi lain. Ada banyak cara dan berbagai tes dasar yang harus diikuti untuk dapat kuliah di Cina. Bahkan ada ribuan mahasiswa asing yang menjadi saingan untuk mendapatkan beasiswa di Cina setiap tahunnya. Setiap universitas menetapkan waktu pendataran yang berbeda-beda setiap tahun. Jadi persiapan harus matang dan dilakukan jauh-jauh hari sebelum mulai mendaftar.

Beny mendapatkan banyak kesan menarik selama kuliah di Cina. Mahasiswa Indonesia biasanya tidak akan mudah merasa kesepian karena ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di kampus bersama teman-temannya dari berbagai negara. Semangat belajar orang Cina sangat tinggi sehingga dapat memotivasi mahasiswa asing untuk berkompetisi dan mencapai prestasi lebih baik.

Cina hingga saat ini masih menjadi Negara yang menarik untuk dikunjungi. Latar belakang sejarah, perbedaan budaya, bahasa, dan perkembangan ekonominya yang pesat menjadi keeksotisan tersendiri bagi pengunjung.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top