Gambaran Umum Kuliah di Kosta Rika

Pantai, hutan hujan tropis, dan masyarakat yang sangat maju merupakan hal yang identik dengan Kosta Rika. Bidang pendidikan pada umumnya ...

Pantai, hutan hujan tropis, dan masyarakat yang sangat maju merupakan hal yang identik dengan Kosta Rika.
Bidang pendidikan pada umumnya kurang menjadi perhatian baik oleh pemerintah maupun oleh masyaraktanya. Hal ini dibuktikan melalui peringkat dari lembaga QS. Pada tahun 2012 berdasarkan peringkat QS, Kosta Rika hanya memiliki tiga universitas yang berhasil masuk dalam 250 besar dunia. Relatif sedikit bila dibandingkan dengan negara-negara seperti Brazil dan Meksiko.

Meskipun demikian, ada kabar positif yang menarik. Universidad de Costa Rica (UCR) berhasil naik ke peringkat 29 dari peringkat 59 di tahun sebelumnya. Pencapaian yang sangat luar biasa. UCR bukan merupakan universitas negeri melainkan unversitas swasta.



Universitas di Kosta Rika

Ada lebih dari 60 perguruan tinggi negeri dan swasta di Kosta Rika. Berikut ini lima perguruan tinggi negeri di Kosta Rika.
• Universidad de Costa Rica (UCR),
• Universidad Nacional Costa Rica,
• Universidad Estatal a Distancia (untuk pembelajaran jarak jauh),
• Instituto Tecnologico de Costa Rica (ITCR),
• Universidal Tecnica Nacional.

Selain sebagai universitas terbaik di Kosta Rika, UCR juga merupakan universitas tertua di negara itu, dan yang terbesar dalam hal pendaftaran mahasiswa. Sementara itu, beberapa universitas swasta Kosta Rika adalah Universidad de Latinoamericana Ciencia y Tecnología (ULACIT), Universidad Fidelitas, Universidad Hispoamericana, Universidad Latina de Kosta Rika, dan Universidad Veritas.


Hidup di Kosta Rika

Pecinta alam dan orang-orang yang suka berpetualangan akan menemukan banyak untuk dieksplorasi di Kosta Rika. Dari gunung berapi aktif, arung jeram, hingga laut untuk surfing. Setiap tahunnya tidak kurang dari 1,5 juta wisatawan berkunjung kemari. 


Nah, untuk satu hal, tampaknya - seperti 1,5 juta wisatawan yang berkunjung setiap tahun - penduduk setempat juga setuju ini adalah tempat yang bagus untuk menjadi. Menurut Happy Planet Index dari New Economist Foundation tahun 2012, Kosta Rika adalah salah satu negara yang paling bahagia, sehat dan ramah lingkungan bagi manusia.

Kosta Rika memiliki kualitas hidup yang tinggi. Hal ini menyebabkan dia mendapat julukan sebagai 'Swiss dari Amerika Tengah'. Namun hal ini berbeda dengan keadaan masyarakatnya. Kondisi masyarakat di sini sedikit berbanding terbalik dengan keadaan alam. Lingkungan masyarakatnya cenderung kumuh dan memiliki tingkat kejahatan yang tinggi.

Sepertiga penduduk Kosta Rika terpusat di kota besar. Bagi para pengunjung baru, hal ini nampaknya mengherankan namun demikianlah keadaannya. Uniknya, tidak semua universitas terletak di kota besar. Beberapa di antaranya terletak di Cartago dan Heredia. Universitas yang terletak di Cartago yaitu Instituto Tecnologico de Kosta Rika. Sedangkan universitas yang terletak di Heredia yaitu Universidad Nacional Kosta Rika.


Pendidikan tinggi di Kosta Rika

Bank Dunia telah berjanji untuk membantu meningkatkan pendidikan tinggi di Kosta Rika. Bank Dunia memberikan dana sebesar US $ 400 juta antara tahun 2012 dan 2015. Dana ini digunakan untuk mendukung program perguruan tinggi negeri, meningkatkan fasilitas, dan memperkuat pengajaran dan penelitian.

Sistem penerimaan mahasiswa bervariasi antaruniversitas, tergantung pada institusi tersebut. Selain menunjukkan riwayat pendidikan, hal lain yang sebaiknya dicantumkan adalah sertifikat bahasa Spanyol. Bahasa resmi negara ini adalah bahasa Spanyol. Calon mahasiswa sebaiknya sedikit banyak juga menguasai bahasa ini. Dokumen lain yang diperlukan mungkin termasuk catatan polisi, catatan kesehatan, dan akte kelahiran.

Pendidikan memberikan pengetahuan tentang dunia dan manusia di dalamnya. Pendidikan tidak hanya diperoleh di dalam kampus, melainkan juga di luar kampus. Meskipun pengetahuan bisa diperoleh di luar kampus, kampus tetap menjadi salah satu sistem terbaik untuk meningkatkan pengetahuan. Pengetahuan yang didapatkan bisa digunakan seumur hidup jika mampu memanfaatkannya dengan baik.

Pendidikan perguruan tinggi di Kosta Rika tidak hanya menjanjikan pendidikan yang sangat baik, tetapi juga biaya kuliah yang terjangkau. Negara ini memiliki perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, dari yang sangat disegani seperti University of Costa Rica Universitas yang diakui secara internasional hingga universitas swasta lainnya. Biaya kuliah umumnya sekitar 50% kurang dari biaya di negara untuk sebagian besar sekolah di AS, dan mahasiswa masih mendapatkan nilai tambah karena belajar di luar negeri. Selain itu, calon mahasiswa secara otomatis akan mampu memahami bahasa Spanyol dengan baik.

Perguruan tinggi negeri mempunyai reputasi yang tinggi di Kosta Rika yaitu sebagai perguruan tinggi terbesar dan lebih bergengsi daripada universitas swasta. Saat ini ada empat perguruan tinggi negeri di negara itu, masing-masing ditugaskan untuk fokus disiplin akademis tertentu. Sebuah universitas kelima yang dikenal sebagai UTCR, Technical University baru-baru ini didirikan di kota Valenzuela. Semua perguruan tinggi negeri adalah anggota dari Konsensus Nasional DE Rektor.


Universitas negeri di Kosta Rika

Instituto Tecnológico de Costa Rica (ITCR, Kosta Rika Institute of Technology), juga dikenal sebagai TEC, terletak di Cartago, Kosta Rika. Tujuannya adalah untuk berkontribusi pada pengembangan integral dari negara, melalui pembentukan sumber daya manusia, penelitian dan ekstensi, meningkatkan kepemimpinan ilmiah-teknis, keunggulan akademik, keunggulan etika, lingkungan dan norma humanis, dari perspektif universitas negeri, kualitas dan daya saing di tingkat nasional dan internasional. ITCR memiliki kemitraan dengan Intel yang memungkinkan Institute untuk meng-upgrade kurikulum dan menempatkan siswa yang terbaik dalam perusahaan.


Universidad de Costa Rica (UCR, Universitas Kosta Rika) kampus utamanya terletak di San Pedro, Kosta Rika, di provinsi San Jose. UCR merupakan universitas tertua, terbesar, dan paling bergengsi  di Kosta Rika. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke 1832. Sekitar 40.000 siswa saat ini terdaftar di UCR. Ini adalah sebuah lembaga penelitian dengan lebih dari 25 unit penelitian yang berbeda.


Perguruan tinggi swasta

Meskipun universitas negeri dianggap lebih bergengsi, tidak ada salahnya mencari informasi mengenai universitas swasta. Berikut merupakan profil beberapa universitas swasta di Kosta Rika.

Universidad BUMI terletak di Pocora, Limon. Spesialisasi yang dimiliki ada di bidang Pertanian dan Lingkungan serta memiliki sekitar 400-500 siswa. Siswanya berasal dari berbagai macam kebangsaan termasuk Amerika Utara dan Inggris yang sering belajar di universitas selama satu semester sampai satu tahun. 

Universidad Hispanoamerica adalah sebuah universitas swasta yang berbasis di San Jose dan memiliki kampus di beberapa kota lain, termasuk Cartago dan Heredia. Seperti perguruan tinggi swasta lainnya, universitas ini hanya menerapkan metode pengajaran, tanpa diimbangi dengan penelitian.

Universidad Empresarial de Costa Rica (Unem) atau Bisnis University of Costa Rica adalah sebuah universitas swasta. Unem sudah memiliki akreditasi yang cukup baik. Universitas ini saat ini terdaftar di International Association of UNESCO. Unem diberi wewenang oleh Asesoria Hukum del Ministerio de Educación No ATJ-167-CONESUP untuk beroperasi secara internasional dan menawarkan program internasional. Jenjang pendidikannya meliputi jenjang sarjana, magister, dan doktor. Unem juga bekerja sama dengan universitas asing. Namun sayangnya, Unem hanya menerapkan sistem pengajaran bagi mahasiswanya dan tidak mengakomodasi kegiatan penelitian.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Gambaran Umum Kuliah di Kosta Rika
Gambaran Umum Kuliah di Kosta Rika
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJDMLT34UO5kCseT7hpWNwqy498_i4w6HSE-lktDUsz-6bcetkI15aLKKgwpgc4kumuFDzcqcmI0t-cSHLzpBRmKgR-gWuzkFRTZGsRjA3uF_DWygMMI3F-oLnDxq8RtnB6V-xYW793z0/s1600/Snap+2014-07-20+at+13.38.17.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJDMLT34UO5kCseT7hpWNwqy498_i4w6HSE-lktDUsz-6bcetkI15aLKKgwpgc4kumuFDzcqcmI0t-cSHLzpBRmKgR-gWuzkFRTZGsRjA3uF_DWygMMI3F-oLnDxq8RtnB6V-xYW793z0/s72-c/Snap+2014-07-20+at+13.38.17.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/gambaran-umum-kuliah-di-kosta-rika.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/gambaran-umum-kuliah-di-kosta-rika.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy