Kamu Jurusan Teknik Informatika? Inilah 10 Daftar Prospek Pekerjaannya

Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat, baik sistem ataupun alat, yang dapat menyebarkan, menyampaikan ataupun mendistr...

Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat, baik sistem ataupun alat, yang dapat menyebarkan, menyampaikan ataupun mendistribusikan informasi. Ya, informatika sangat erat kaitannya dengan informasi. Bukan terletak pada penyampaiannya, namun lebih tertuju pada bagaimana cara menghasilkannya. 
Lantas, apakah kajian utama dari informatika?

Ya, informatika yang secara jelas diartikan sebagai perangkat yang menghasilkan informasi, lebih menunjuk pada jaringan ataupun telekomunikasi. Komputer, menjadi salah satu contoh di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi membuat jaringan telekomunikasi dan komputer menjadi bidang yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Perkembangannya tidak dapat dihentikan, apalagi menyurut. Perkembangan teknologi informasi terus berkembang menuju ke atrah yang lebih baik, maksimal, canggih dan efektif.

Pada dasarnya, jurusan teknik informatika membimbing seseorang untuk dapat mengembangkan berbagai program informatika dengan menggunakan bahasa pemograman. Program – program komputer dirancang sedemikian rupa, untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan sesuatu. Maka dari itu, dalam pembelajarannya, jurusan teknik informatika juga mempelajari berbagai mata kuliah pendukung seperti matematika, ekonomi, entrepreneur, hingga sains. Hal ini ditujukan agar program yang nantinya dirancang dan dihasilkan oleh lulusan Teknik Informatika, menjadi program yang berguna untuk mengembangkan kemajuan bangsa secara utuh.


Kelihatannya sangat menarik, ya? Tapi, apa sih sebenarnya prospek kerja terbaik dari lulusan jurusan yang bergelar S.Kom ini? Berikut berkuliah.com akan memaparkannya sedikit. Yuk, kita bahas bersama – sama!


1. Programmer
Ya, seperti pada tugas dan pembelajaran dasarnya, bahwa menjadi lulusan teknik informatika erat kaitannya dengan pembuatan program. Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan,  media, instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya, dapat menjadi prospek kerja terbaik bagi lulusan teknik informatika.

2. Software Engineer 

Masih terkait dengan program, ada juga profesi software engineer yang bekerja dengan mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Ya, siapapun klien anda, anda harus dapat menyesuaikannya dengan yang klien anda butuhkan. Misalnya, mengembangkan software untuk pendidikan untuk bisnis, untuk hiburan, untuk games, dan lain sebagainya. Perangkat lunak yang dikembangkan ini biasanya juga digunakan untuk simulasi – simulasi, lho! Ya, itu dia tugas dari software engineer, yang menjadi salah satu prospek kerja dari lulusan teknik informatika.

3. IT Consultant
Mendalami  bidang IT atau Teknologi Informasi tentu menjadikan seseorang menjadi fasih dan paham akan teori – teori teknologi, bahasa – bahasa pemograman, serta kelihaiannya membuat program berbasis komputer yang efektif untuk dijalankan. Atas asumsi ini, lulusan teknik informatika pun dapat menjadi seorang IT Consultant! Ya, dengan menjadi konsultan IT, seorang lulusan teknik informatika dapat menerapkan ilmu – ilmunya secara nyata dalam suatu organisasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dalam menerapkan teknologi dan informasi di dalamnya. Keren!

4. Web Engineer / Web Administrator
Website adalah salah satu wujud nyata dari berkembangnya teknologi dan informasi sampai saat ini. Website menjadi media dan lahan untuk menyampaikan informasi yang berbasis komputer. Namun, untuk membuat website, tentu haruslah memahami rincian – rincian teori dari pemrograman, yang pada nyatanya hal ini ialah ranah pembelajaran dari lulusan teknik informatika. Ya! Menjadi perancang website lengkap dengan basis domain, fitur, fasilitas dan layanan yang diberikan di dalamnya, menjadi salah satu tugas dari web engineer ataupun web administrator. Selain merancangnya, web engineer atau web administrator juga memiliki tanghung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan mengembangkannya lebih luas lagi jika dibutuhkan.

5. System Analyst / System Integrator
Masih terkait dengan perangkat lunak atau program yang berbasis komputer, lulusan teknik informatika juga memiliki prospek kerja sebagai System Analyst. Tugas dari seorang system analyst ialah melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dari hasil analisis yang didapat, seorang system analyst berusaha menemukan jalan keluar da membuat solusi yang lebih mengedepankan teknologi dengan memanfaatkan software atau perangkat lunak yang direkomendasikannya.

6. Database Engineer / Database Administrator

Meski masih terkait dengan program beserta pengembangannya, namun pada pekerjaan sebagai Database Engineer atau Database Administratorhanya terfokus pada pengembangan basis data saja. Data – data yang terdapat dalam sebuah instansi atau perusahaan, dirancang dan dipelihara sebaik mungkin agar teratur, tidak berantakan sehingga kehilangan ataupun pencurian – pencurian data tidak terjadi. Untuk mengerjakan hal ini, lulusan teknik informatika tentu adalah orang yang sangat tepat.

7. Software Tester
Dari berbagai program ataupun perangkat lunak yang dibuat, lulusan teknik informatika juga dapat menjadi penguji dari perangkat – perangkat lunak tersebut. Menguji perangkat lunak dalam arti bertanggung jawab atas kebenarannya serta fungsinya sebagai perangkat lunak yang diciptakan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan sesuatu. Kepekaan dan rasa tanggung jawab yang tinggi merupakan bekal utama bagi lulusan Teknik Informatika untuk menjalankaan profesi ini.

8. Game Developer
Mempelajari Teknik Informatika, terkadang juga dibekali dengan keahlian komputer grafis. Dengan adanya perpaduan dari dua keahlian ini, seorang lulusan teknik informatika juga dapat menjadi seorang game developer. Ya, membuat dan mengembangkan perangkat lunak untuk multimedia game, merupakan prospek kerja yang cukup menjanjikan bagi lulusan teknik informatika. Terlebih lagi, jika games yang dilempar ke pasaran tersebut menjadi games yang fenomenal dan membuat siapapun yang memainkannya menjadi addicted. Dijamin, pundi – pundi uang akan terus mengalir ke dalam rekening anda.

9. Computer Network / Data Communication Engineer
Menjadi seorang computer network juga menjadi salah satu prospek kerja yang terbaik bagi lulusan teknik informatika. Seorang computer network bertugas untuk merancang arsitektur dan pembangunan  jaringan. Selain itu, computer engineer juga berperan dalam melakukan perawatan serta pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan. Apapun fungsinya, jaringan sangat penting dalam era teknologi seperti sekarang ini, bukan?

10. Intelligent System Developer
Salah satu prospek terbaik dari lulusan Teknik Informatika antara lain sebagai Intelligent Ssytem Developer. Ya, profesi ini bertugas untuk megembangkan perangkat lunak yang bersifat intelejen , seperti sistem pakar, sistem prediksi, dan lain sebagainya. Terdengar sulit? Namun hasilnya sangat memuaskan.

Itulah 10 prospek kerja terbaik dari lulusan Teknik Informatika. Anda tertarik untuk terjun di dalamnya? :D
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Kamu Jurusan Teknik Informatika? Inilah 10 Daftar Prospek Pekerjaannya
Kamu Jurusan Teknik Informatika? Inilah 10 Daftar Prospek Pekerjaannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEliffxcrorHNL56MEKLOCQVYXdHWMIDpVnUNHyjP5EhAzNpSfkpLI0adkQ8uNXapWB9BmXqw2hnZd67bsqognHLpAV-eNYPnxHHsaHimlsPsTA9_CrCDJwDabzqFQi3Hqw4ZE3bX0WZI/s1600/Snap+2014-07-16+at+13.28.58.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEliffxcrorHNL56MEKLOCQVYXdHWMIDpVnUNHyjP5EhAzNpSfkpLI0adkQ8uNXapWB9BmXqw2hnZd67bsqognHLpAV-eNYPnxHHsaHimlsPsTA9_CrCDJwDabzqFQi3Hqw4ZE3bX0WZI/s72-c/Snap+2014-07-16+at+13.28.58.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/kamu-jurusan-teknik-informatika-inilah.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/kamu-jurusan-teknik-informatika-inilah.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy