Macam-Macam Beasiswa Kuliah di Singapura

Republik Singapura itu nama resminya, tapi banyak orang biasanya menyebut dengan Singapura saja. Singapura merupakan negara pulau yang kecil...

Republik Singapura itu nama resminya, tapi banyak orang biasanya menyebut dengan Singapura saja. Singapura merupakan negara pulau yang kecil, dan terletak di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya. Singapura berada diperingkat keempat dunia karena memiliki kestabilan ekonomi yang baik dan memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Singapura adalah bekas jajahan Inggris, dan memperoleh kedaulatan pada 9 Agustus 1965. Presiden pertamanya adalah Yusof bin Ishak dan menteri pertamanya adalah Lee Kuan Yew.

Pemerintah Singapura sangat memperhatikan dunia pendidikan di negara tersebut. Bagi mereka, pendidikan adalah kunci utama Singapura meraih sukses dan selalu tumbuh serta berkembang sejak tahun 1965. Fokus memperhatikan dunia pendidikan menjadikan Singapura sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di Asia.


Jumlah mahasiswa asing yang belajar di Singapura saat ini kurang lebih 80.000 siswa, dan menempuh berbagai level pendidikan di Singapura. Untuk Sistem pendidikan dibagi menjadi beberapa tingkatan, mulai dari Kindergartens (Taman kanak-kanak), Primary Education (Sekolah dasar), Secondary Education (SMP+SMA), Pre-University Education (Pendidikan Pra-Univesitas), Polytechnics (Politeknik), Singapore Universities (Universitas Singapura).

Apa yang kamu pikirkan setelah memahami tulisan di atas? Apakah kamu tertarik untuk pergi berkuliah di Singapura? Mungkin alasan ini bisa membantu kamu untuk menentukan tujuanmu. Singapura adalah negara tetangga yang paling dekat dan memiliki kondisi ekonomi dan politik yang stabil. Budaya dan masyarakat Singapura bersifat multikultural, dan pendidikan yang ditawarkan juga bertaraf internasional serta memiliki mutu yang tinggi. Singapura juga merupakan negara dengan tata kota yang sangat indah, rapi, bersih, dan aman, serta memiliki teknologi dan fasilitas kelas dunia.

Sungguh menggiurkan bukan? Persiapkan diri kamu utuk belajar di Singapura. Jika kamu tidak memiliki biaya janganlah khawatir, karena dari pihak pemerintah menawarkan banyak sekali beasiswa untuk mahasiswa asing yang ingin kuliah di Singapura. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.


1. Singapore Government Scholarships for Southeast Asians

Beasiswa ini berasal dari pemerintah khusus untuk siswa yang berasal dari negara anggota Asean kecuali Singapura. Beasiswa ini bersifat penuh sampai meraih gelar sarjana di universitas yang ada di Singapura yaitu National University of Singapore, Nanyang Technological University, dan Singapore Management University. Beasiswa ini tidak memiliki ikatan apapun, akan tetapi setelah menyelesaikan studinya diharapkan mahasiswa segera kembali dan berkonstribusi pada pembangunan negara asal mereka. Selain biaya kuliah penuh juga akan diberikan biaya tunjangan sebesar S$ 4.300 per tahun dan biaya akomodasi harga kamar di setiap universitas pada tiap semesternya. Di tambah lagi dengan satu tiket pesawat kelas ekonomi pada saat akan berangkat ke Singapura.


2. NUS Graduate Student Scholarship for ASEAN

Beasiswa ini ditujukan dari National University of Singapore untuk mahasiswa yang ingin mengambil gelar Master atau PhD dan bekerja di Humaniora dan Ilmu Sosial di tingkat Asia Tenggara. Nilai beasiswa yang akan diterima oleh calon mahasiswa adalah tunjangan bulanan sebesar SG$ 1.000, tunjangan perumahaan bulanan SG$ 250, lain-lain SG$ 250.


3. Science and Technology Undergraduate Scholarship

Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa baru dari berbagai negara di Asia yang ingin berkuliah di Singapura. Beasiswa ini dimaksudkan untuk mendukung mahasiswa yang benar-benar berprestasi. Kandidat mahasiswa akan terpilih berdasarkan nilai dan keterangan-keterangan yang berada dalam surat lamaran kamu.

Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa meliputi semua biaya kuliah setelah (MOE Tuition Grant Subsidy) dan biaya wajib. Mahasiswa penerima beasiswa juga akan menerima dana untuk tunjangan hidup tahunan sebesar S$ 6.000, dan tunjangan satu kali menetap saat pendaftaran S$ 200. Penerima beasiswa juga akan difasislitasi dua buah tiket pesawat kelas ekonomi, satu saat akan berangkat ke Singapura untuk kuliah dan satu ketika hendak kembali ke negara asal setelah menyelesaikan kuliah.

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang hendak mengambil jurusan Teknik Komputer, Teknik Elektro, Ilmu Teknik, Teknik Lingkungan, Ilmu Komputer, Analisis Bisnis, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Biomedis, Studi Lingkungan Hidup, Teknik Mesin, Industri Mesin, dan Sains (tidak termasuk Farmasi). Beasiswa ini berdurasi sesuai yang ditentukan oleh pihak NUS, dan memiliki IPK minimal 3,5.


4. The Dr Goh Keng Swee Scholarship

The Dr Goh Keng Swee Scholarship merupakan salah satu beasiswa swasta yang dikelola oleh  Asosiasi Bank yang ada di Singapura. Beasiswa ini deberikan oleh sebuah lembaga keuangan di Singapura sebagai bentuk penghormatan kepada mantan Wakil Perdana Menteri yang berhasil membangun perekonomian Singapura dengan baik. Beasiswa ini biasa disebut sebagai The Dr GKS.
Setiap tahun hanya dikeluarkan 3 sampai 4 beasiswa saja untuk calon mahasiswa yang benar-benar berprestasi dasri 15 negara Asia Pasifik. Indonesia menjadi salah satu negara yang ada di dalamnya, selain itu ada Malaysia, RRC, Filipina, Taiwan, Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Jepang, Hongkong, India, Korea, Kamboja, dan Brunei.

Beasiswa ini bedurasi selam 4 tahun. Sedangkan penerima beasiswa akan mendapatkan dana dengan rincian sebagai berikut :
- Tunjangan tahunan S$ 6.500
- Selama pendaftaran dan penyisihan saat tiba di Singapura sebesar S$ 200
- Tunjangan Hostel berdasarkan kampus yang dipilih
- Tiket pesawat saat berangkat dan kembali ke negara asal
- Biaya kuliah dan biaya wajib lainnya

Setelah lulus, mahasiswa diminta untuk bekerja selama 3 tahun di salah satu perusahaan Singapura yang berada di Singapura maupun berada di negara asal mahasiswa.



5. Temasek Education Foundantion (TEF) Sunburst Scholarships

Yayasan ini menawarkan beasiswa gratis untuk pelajar dari Asia yang hendak berkuliah di Singapura. Yayasan ini memberikan beasiswa dan bekerja sama dengan beberapa kampu dan politeknik di Singapura. Beberapa untivesitas dan politeknik tersebut diantaranya adalah :
- Nanyang Polytechnic
- Singapore Polytechnic
- Temasek Polytechnic
- National University of Singapore
- Nanyang Technological University
- Singapore Management University
- Singapore Institute of Technology
- Ngee Ann Polytechnic
- Republic Polytechnic
- Yale-NUS
- Singapore University of Technology

Beasiswa ini bersifat penuh sampai mahasiswa menyelesaikan studi baik itu Diploma maupun Sarjana. Lama durasi untuk beasiswa ini sekitar 3 sampai 4 tahun. Beasiswa ini mencakup :
- Biaya kulaih
- Tunjangan hidup sebesar S$ 500 per bulan
- Tunjangan tempat tinggal S$ 350 per bulan
- Tiket pesawat kelas ekonomi berangkat ke Singapura S$ 1.800

Kiranya baru ini yang dapat Berkuliah.com informasikan, semoga semua ini bisa membantu kamu untuk menemukan jalan menuju cita-citamu.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,299,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,442,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Macam-Macam Beasiswa Kuliah di Singapura
Macam-Macam Beasiswa Kuliah di Singapura
http://3.bp.blogspot.com/-GsFW-NpJlQI/U73_L5dfVZI/AAAAAAAACV0/EQQXDbGLS30/s1600/singapore2.png
http://3.bp.blogspot.com/-GsFW-NpJlQI/U73_L5dfVZI/AAAAAAAACV0/EQQXDbGLS30/s72-c/singapore2.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/macam-macam-beasiswa-kuliah-di-singapura.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/macam-macam-beasiswa-kuliah-di-singapura.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy