Serunya Kuliah di Brunei, Negara Tetangga nan Makmur

Meskipun Brunei Darussalam adalah salah satu negara terkecil di Asia Tenggara,  banyak pengalaman yang dapat diperoleh mahasiswa asing deng...

Meskipun Brunei Darussalam adalah salah satu negara terkecil di Asia Tenggara,  banyak pengalaman yang dapat diperoleh mahasiswa asing dengan berkuliah di negara ini. Percampuran budaya tradisional dan modern di lingkungan masyarakat Brunei mempunyai eksotisme dan daya tarik tersendiri. Brunei juga mempunyai kekayaan alam yang melimpah dengan tambang minyak bumi dan gas alam yang luas. Program studi yang populer di Brunei berkonsentrasi pada studi dan penelitian mengenai flora, fauna dan masyarakat adat di daerah hutan hujan yang luas di Borneo. 



Iklim 

Fluktuasi suhu di Brunei rata-rata 79 derajat Fahrenheit. Suhu terendah saat musim dingin rata-rata kurang dari 75 F. Sebagian besar daerah di Brunei terletak di daerah dataran rendah hutan hujan di Borneo. Beberapa bagian lain berada di daerah pegunungan hutan hujan. Curah hujan tahunan rata-rata 113 inci. 


Penduduk

76% penduduk Brunei tinggal di daerah perkotaan. 66,3%  penduduk merupakan keturunan Melayu, sedangkan sisanya keturunan Cina, pribumi, dan expatriat dari seluruh dunia. 
Agama resmi kesultanan Brunei adalah Islam dan sekitar dua-pertiga penduduk Brunei adalah Muslim. Hukum Syariah sepeti larangan perdagangan alkohol sehingga ilegal ditetapkan di Brunei. Namun mahasiswa asing dan wisatawan tetap dapat membawa minuman beralkohol dari negara asal mereka untuk konsumsi pribadi selama mereka tinggal di Brunei. 


Kekayaan Negara



Brunei yang kaya dengan minyak menikmati produk domestik bruto (PDB) yang sangat tinggi mencapai $ 50.440 per kapita. Sembilan puluh persen dari PDB ini berasal dari minyak mentah dan gas alam. Brunei menempati posisi ke-9 sebagai eksportir gas alam tertinggi di dunia. 10% dari PDB lain berasal dari wisata asing dan domestik, pajak pemerintah, dan barang-barang kerajinan dari desa tradisional penduduk pribumi. 
Impor penting bagi Brunei 60% dari produk makanan nasional. Impor lainnya termasuk produk pertanian, ternak, dan mobil dan peralatan elektronik.


Biaya Kuliah



Variasi biaya kuliah di Brunei tergantung dari jenis universitasnya seperti institusi, publik atau swasta. Bidang studi dan tingkatan sarjana juga menentukan tinggi-rendahnya biaya yang dibutuhkan. Misalnya di Brunei Institute of Technology (ITB), biaya kuliah per semester pada tingkat S1 adalah $ 1.426 - $ 1.782, sementara program gelar S2 biayanya $ 3.169 dan program gelar S3 biayanya mencapai $ 9.505. Masih ada biaya tambahan termasuk biaya penerimaan mahasiswa baru, deposito, biaya kunjungan lapangan / situs, biaya ujian, dan lain-lain.

Beberapa universitas di Brunei tidak memiliki fasilitas tempat tinggal di kampus. Pihak kampus tidak akan membantu mahasiswa asing menemukan tempat tinggal yang cocok dengan akomodasi hidup terjangkau. 

Universitas-Universitas Terkenal di Brunei

Bandar Seri Begawan:

Universiti Brunei Darussalam Faculty of Science (FOS)
Universiti Brunei Darussalam, PAPRSB Institute Of Health Sciences
Universiti Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah Institute of Education

Gadong:

Universiti Brunei Darussalam Faculty of Business, Economics and Policy Studies (FBEPS)


Bidang Studi

Saat ini tidak ada universitas khusus untuk bidang studi kedokteran di Brunei, tetapi ada sekolah khusus untuk pengajaran keperawatan dan kebidanan. Dengan melimpahnya minyak bumi dan gas alam sebagai sumber kekayaan bangsa, sangat ideal untuk mempelajari geologi, teknik, dan disiplin lain yang terkait dengan sumber daya alam. 

Sebagian besar lahan di luar daerah perkotaan di Brunei adalah hutan hujan yang kaya dengan  spesies flora dan fauna unik. Faktor geografis ini merupakan peluang studi bagi mahasiswa yang tertarik mempelajari bidang ini. Kekayaan budaya penduduk pribumi di Brunei memberikan kesempatan belajar yang unik bagi mahasiswa yang tertarik mempelajari budaya kuno, evolusi, arkeologi, dan sejarah manusia secara umum. 
Komunikasi, bisnis internasional, dan hubungan luar negeri merupakan bidang-bidang studi yang patut jadi pertimbangan penting bagi mahasiswa asing di Brunei. Letak Brunei di tengah-tengah beberapa negara yang paling kosmopolitan di Asia membuat hubungan komunikasi dan bisnis di Brunei relatif mudah dan murah.


Beasiswa pemerintah 

Jika Kamu ingin melanjutkan studi di Brunei, pertimbangkan untuk melamar beasiswa yang didanai pemerintah federal untuk program studi internasional. Pemerintahan Sultan Agung dan Yang Di-Pertuan di Brunei Darussalam menawarkan beasiswa tahunan bagi mahasiswa asing. Tujuan dari penghargaan beasiswa ini untuk menyediakan kesempatan kuliah di Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Aii (UNISSA) dan Institut Teknologi Brunei (ITB). Tentu saja, pelamar harus memiliki catatan akademik di atas rata-rata, dan lebih inovatif program studi yang diusulkan, semakin baik. Rincian lengkap tentang beasiswa ini tersedia diwebsite resmi Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Darussalam.


Dana swasta 

The Kuala Belalong Field Centre Studies merupakan bagian dari University of Brunei yang melakukan berbagai studi internasional dan penelitian di hutan hujan Borneo. The Kuala Belalong hanya terbuka untuk para ilmuwan penelitian dan asisten, pejabat pemerintah, dan sarjana dan pasca-sarjana siswa yang memiliki program atau proyek yang disetujui. Beasiswa tersedia melalui departemen ilmu pengetahuan, botani, biologi atau bidang terkait erat lainnya. 


Mendapatkan Visa 

Konsultasikan dengan kedutaan tanah air Kamu untuk memperoleh bantuan memperoleh visa selama kuliah di Brunei. Mahasiswa asing harus menyerahkan tiga set lengkap formulir aplikasi dan salinan resmi sertifikasi akademik. UBD memiliki batas waktu akhir Maret untuk mengirimkan dokumen-dokumen ini.

Paspor yang masih berlaku minimal enam bulan dari tanggal keberangkatan diperlukan untuk semua wisatawan asing di Brunei. Karena mereka berkewajiban kembali ke negara asal, bukti tiket pulang diperlukan selama perjalanan bebas visa. Semua wisatawan juga harus memiliki dana yang cukup untuk membiayai kebutuhan mereka sendiri selama di Brunei. Aplikasi visa akan tergantung pada kebijakan negara asal Kamu dengan Brunei. Jadi untuk mendapatkan informasi, Kamu harus mengunjungi website Kedutaan Brunei. Warga Israel mungkin tidak diberikan masuk ke Brunei karena ada peraturan tertentu. Umumnya, biaya visa untuk kunjungan singkat adalah £ 10 (single-entry) dan £ 15 (multiple-entry). Visa tunggal dan multiple entry berlaku selama tiga bulan. Visa bisa diperpanjang di Brunei. 

Tempat Tinggal

Berikut adalah link untuk hotel-hotel yang dapat Kamu booking sebelum memperoleh tempat tinggal tetap di Brunei: 

Bed and breakfast (B & B): 


Kesehatan

Semua mahasiswa asing harus memberikan bukti asuransi kesehatan saat pendaftaran. Masa berlaku visa harus efektif selama seluruh jangka waktu kuliah. Asuransi kesehatan dan fasilitas medis standar disarankan selama kuliah di Brunei. Administrasi kesehatan Brunei berhak untuk melakukan vaksinasi pada mahasiswa asing yang mempunyai risiko kesehatan. 


Pertukaran Uang

American Express, Diners Club, MasterCard dan Visa adalah kartu kredit yang umumnya diterima oleh hotel, department store dan perusahaan besar. Untuk menghindari tambahan biaya nilai tukar, Kamu disarankan untuk mengambil cek perjalanan dalam Dollar AS atau Poundsterling. 


Transportasi

Banyak taksi dan kendaraan umum yang tersedia di Bandar Seri Begawan. Surat Izin Mengemudi Internasional diperlukan untuk menyewa mobil. Lisensi sementara untuk mengemudi di Brunei didapatkan pada pembuatan lisensi mengemudi yang sah dari negara pengunjung asal. Harga bensin di Brunei sekitar setengah harga bensin pada umumnya di Amerika Serikat.


Jasa Telepon      
                    
Ada beberapa perusahaan ponsel yang beroperasi di Brunei. Akan lebih mudah bagi Kamu untuk mendapatkan telepon disesuaikan dengan jaringan lokal.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Serunya Kuliah di Brunei, Negara Tetangga nan Makmur
Serunya Kuliah di Brunei, Negara Tetangga nan Makmur
https://3.bp.blogspot.com/-vlXBBZx0O54/U7oqV7xVUUI/AAAAAAAACB0/9QS34V2PMJI/s1600/96.png
https://3.bp.blogspot.com/-vlXBBZx0O54/U7oqV7xVUUI/AAAAAAAACB0/9QS34V2PMJI/s72-c/96.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/07/serunya-kuliah-di-brunei-negara.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/07/serunya-kuliah-di-brunei-negara.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy