Artikel Terbaru

10 Jurusan Paling Diminati di IAIN RAden Fattah

Institut Agama Islam Negeri Raden Fattah Palembang merupakan Perguruan Tinggi Islam Negeri di Palembang, Sumatra Selatan. IAIN Palembang diberi Raden Fatah, karena Raden Fatah merupakan salah satu ulama dari Palembang dan pendiri Kerajaan Demak. Kampus IAIN Raden Fatah berlokasi di Jl. Jend Sudirman km 3,5 , Palembang, Sumatra Selatan. Apa sajakah jurusan-jurusan yang paling diminati di IAIN Raden Fatah? Berikut ulasannya: 


1. Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)

Jurusan ini merupakan salah satu program studi di dalam Fakultas Tarbiyah. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang universal untuk berkomunikasi di sebagian besar negara di dunia. Untuk itu, tidak heran jika program studi ini merupakan jurusan yang paling diminati bagi para calon peserta didik. Karena lulusan dari jurusan PBI ini diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang handal dan ahli di bidang Bahasa Inggris sehingga dapat menghasilkan banyak generasi-generasi muda yang terbaik.


2. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Program studi PBA ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan-lulusan sebagai tenaga pendidik di bidang Bahasa Arab, yang saat ini masih jarang ditemukan. Jurusan ini khusus mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan Bahasa Arab. Baik huruf hijaiyahnya, maupun tata bahasanya. 


3. Perbankan Syariah

Jurusan ketiga yang diminati adalah Jurusan Perbankan Syariah yang berjenjang D3. Program studi ini merupakan program yang paling diminati di Fakultas Syariah. Perbankan Syariah atau Perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum islam atau syariah. Pembentukan sistem ini berdasarkan adanya larangan dalam agama Islam untuk meminjamkan atau memungut pinjaman dengan mengenakan bunga pinjaman (riba), serta larangan untuk berinvestasi pada usaha-usaha berkategori terlarang (haram). Sejalan dengan perkembangan, saat ini sudah semakin banyak didirikan bank-bank yang berbasis sistem syariah ini. Karena sistem perbankan konvensional tidak dapat menjamin absennya hal-hal yang dilarang (haram) dalam investasinya, misalnya dalam usaha makanan dan minuman haram, usaha media atau hiburan yang tidak islami, dan yang lainnya.


4. Ekonomi Islam

Jurusan berikut ini juga masih merupakan program studi dari Fakultas Syariah  yang terdapat di IAIN Raden Fatah. Jurusan ini hampir sama dengan jurusan Perbankan Syariah, hanya saja ilmu ini sifatnya lebih umum. Ekonomi syariah atau ekonomi Islam merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai islam. Ekonomi syariah berbeda kapitalisme, sosialisme, maupun negara kesejahteraan. Berbeda dari kapitalisme, karena dalam islam melarang eksploitasi oleh pemilik modal terhadap buruh yang miskin. Ilmu ekonomi dalam islam harus  mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha.


5. Bahasa Dan Sastra Arab

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di IAIN Raden Fatah merupakan salah satu program studi di Fakultas Adab. Program studi ini dibagi menjadi dua konsentrasi, yaitu konsentrasi Ilmu Politik dan konsentrasi Ilmu Perpustakaan. Bahasa Arab merupakan bahasa resmi di 25 negara di dunia dan merupakan bahasa peribadatan dalam agama islam karena bahasa Arab juga dipakai sebagai bahasa di Al-Quran. Bahasa Arab baku (sering disebut sastra Arab) diajarkan secara luas di sekolah dan universitas, serta digunakan di tempat kerja, pemerintahan dan media massa. 



6. Sejarah Dan Kebudayaan Islam

Jurusan ini mempelajari tentang sejarah agama islam dan kebudayaannya. Sama halnya dengan jurusan Bahasa dan Sastra Arab, program studi ini juga dibagi menjadi 2 konsentrasi, yaitu konsentrasi Ilmu Politik dan konsentrasi Ilmu Perpustakaan. 


7. Komunikasi Penyiaran Islam

Program studi ketujuh yang palling diminati oleh beberapa calon mahasiswa adalah jurusan Komunikas Penyiaran Islam yang merupakan cabang dari Fakultas Dakwah. Komunikasi dalam islam dinilai sangat penting karena adanya kewajiban berdakwah kepada setiap orang-orang yang beriman sehingga nilai-nilai Al-quran dan Hadist harus selalu dikomunikasikan kepada seluruh umat khususnya keluarga. Cara berkomunikasi dalam islam tentu tidak sama dengan cara komunikasi pada umumnya. Di jurusan ini hal itu akan di ajarkan. Program studi ini terbagi menjadi 2 konsentrasi, yaitu konsentrasi Jurnalistik dan konsentrasi Publik Relation (Humas)


8. Sistem Informasi

Jurusan ini berkenaan dengan segala macam sistem informasi dalam islam. Seiring berkembangnya teknologi,  media informasi pun mengalami perkembangan. Sistem penyampaian informasi dalam islam tentu berbeda dengan sistem penyampaian informasi secara umum. Umat islam sangat perlu menumbuhkan kesadaran akan pentingnya teknologi tanpa mengesampingkan Al-Quran dan Hadist, karena kedua hal itu menjadi tolak ukur dalam kehidupan. Kepentingan ini tidak lain hanyalah untuk meninggikan kalimah Allah, karena tanpa disadari jeleknya citra umat islam saat ini disebabkan kesalahan informasi dan penyalahgunaan teknologi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, lulusan dari jurusan ini diharapkan dapat meluruskan segala kesalahan dan penyalahgunaan tersebut.

9. Jurnalistik

Jurnalistik merupakan aktivitas mencatat kejadian sehari-hari atau bisa juga surat kabar. Saat ini Ilmu Jurnalistik sudah mengalami banyak perkembangan. Tetapi tidak jarang bagi para jurnalis yang melakukan aktivitas jurnalistiknya tanpa berbasis kepada agam islam. Banyak jurnalis Indonesia yang kadang tidak bisa dipertanggungjawabkan isi dari berita yang mereka peroleh. Untuk itu, sangat diperlukan banyak jurnalis yang bekerja sesuai dengan syariat islam. 


10. Psikologi Islam

Ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Namun, dalam jurusan ini ilmu yang dipelajari berkenaan dengan ilmu psikologi menurut dan berlandaskan pada syariat islam. Diharapkan para lulusan dari program studi ini dapat menjadi para psikolog yang handal yang tetap berbasis agama islam.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top