Artikel Terbaru

10 Jurusan Paling Diminati di UNJ

Kuliah di jurusan yang inginkan merupakan impian semua orang. Bermimpi agar dapat diterima di jurusan favorit, tentunya harus diimbangi dengan semangat belajar yang tangguh juga. Banyak yang bermimpi ingin masuk jurusan ini dan itu akan tetapi gagal ketika mengikuti tes masuk lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Mengapa demikian? Ini dapat terjadi salah satunya dikarenakan kurangnya mengerti dan mencari informasi bahwa jurusan favorit juga tentunya memiliki peminat yang banyak. Maka dari itu, salah satu strateginya adalah dengan meningkatkan usaha Kamu dalam mencapai tujuan demi mendapatkan jurusan tersebut. Usaha bisa dilakukan dengan belajar lebih keras lagi, seperti memperbanyak latihan soal, memperbanyak jam belajar, yang tadinya cukup 4 jam sehari kini minimal harus 8 jam sehari, kemudian diimbangi dengan doa yang tulus kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memperbanyak ibadah. Jangan sampai menyesal karena tidak mendapatkan jurusan yang kamu inginkan itu. 



Universitas Negeri Jakarta merupakan satu-satunya Universitas Negeri yang ada di Jakarta yang tentunya banyak juga peminatnya dari tahun ke tahun. Universitas ini memiliki 7 fakultas dan berbagai macam jurusan yang ada didalamnya. Dari banyaknya jurusan  tersebut, tentunya ada jurusan yang menjadi primadona pada saat tes masuk universitas melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Persaingan keras dalam memperebutkan satu kursi kuliah di UNJ terjadi di kesepuluh jurusan ini. 10 jurusan ini yaitu:


1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau biasa kita singkat PGSD merupakan salah satu jurusan yang paling diminati untuk saat ini. Jurusan ini mencetak para guru-guru SD yang handal di profesinya. Suka mengajari anak kecil? Nyaman dengan anak-anak? Jurusan ini cocok untuk Kamu yang menyukai anak-anak. Profesi guru SD sendiri dikenal sebagi profesi yang berprospek bagus untuk kedepannya. Bagaimana tidak, menjadi Guru SD sekarang sudah disediakan banyak tunjangan oleh pemerintah, seperti tunjangan keluarga dan tunjangan pensiun. 


2. Manajemen

Tidak hanya di UI,UGM,UNY dan banyak universitas Jurusan Manajemen pasti masuk dalam jajaran jurusan terfavorit. Bahkan berdasarkan SBMPTN 2014 jurusan ini menjadi peringkat pertama jurusan dengan peminat paling banyak. Jurusan manajemen ini mempelajari cara mencapai tujuan perusaan secara lebih efektif dan efisien. Jurusan ini dibagi menjadi 4 ranah yakni: marketing, finance, SDM, dan operasional research. Lulusan jurusan manajemen dapat bekerja di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri atau membuka usaha sendiri. 


3. Akuntansi

Akuntansi merupakan seni dalam mengukur dan menginterpretasikan aktivitas dalam keuangan. Tujuan akuntansi sendiri adalah suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Laporan keuangan tersebut dapat berupa neraca lajur, laporan laba rugi, laporan perubahan modal tiap tahunnya dari perusahaan. Lulusan akuntansi bisa bekerja sebagai akuntan di perusahaan atau akuntan publik. 


4. Pendidikan Matematika

Jurusan Pendidikan matematika juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di UNJ. Jurusan ini mengajarkan ilmu matematika dengan ciri khas yakni diajari keterampilan sebagai guru matematika, psikologi siswa, dan manajemen pendidikan. 


5. Psikologi


Jurusan Psikologi menekankan pada aspek tingkah laku manusia, memahawi perwatakan, karakter, dan kebiasaan dari seorang individu itu sendiri. Dapat dismpulkan bahwa Ilmu Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok. Lulusan Psikologi dapat bekerja di perusahaan di bagian HRD atau menjadi psikolog maupun sebagai tenaga medis. 


6. Matematika

Berbeda dengan jurusan pendidikan matematika, Jurusan Matematika adalah jurusan non-kependidikan yang dibuka oleh UNJ. Jurusan ini menekankan pada bagaimana merumuskan masalah dalam model matematika. Kata matematika sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno yakni ‘mathema’ yang berarti pengkajian. Lulusan matematika bisa bekerja di perusahaan, bank, sebagai peneliti, dosen. 


7. Kimia 
Jurusan Kimia mempelajari tentang interaksi materi-materi antar zat, reaksi kimia, biokimia, serta sifat dan struktur zat. Lulusan kimia dapat berkarir sebagai ahli kimia di perusahaan makanan, obat, sebagai peniliti, serta dapat berwirausaha. 


8. Pendidikan Biologi 

Jurusan Pendidikan Biologi adalah jurusan di bidang kependidikan di UNJ. Jurusan ini mengajarkan kamu sebagai guru biologi yang handal dalam bidangnya. Tentunya lulusan akan dibekali ilmu tentang biologi dan ilmu mengajar sebagai  guru seperti psikologi siswa, manajemen pendidikan, dan lain sebagainya. Lulusan pendidikan biologi pada umumnya berkarir sebagai akademisi di sekolah. 


9. Biologi

Berbeda dari jurusan Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi murni mempelajari tentang makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungan sekitar kita. Dalam biologi murni lebih dalam mempelajari tentang hewan dan tumbuhan. Lulusan jurusan bilogi dapat bekerja sebagai peneliti, bekerja diperusahaan, dosen, dan masih banyak lagi. 


10. Pendidikan Fisika

Jurusan Pendidikan Fisika mempelajari tentang perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos seperti hukum kekekalan energi. Lulusan jurusan pendidikan fisika dapat bekerja sebagai ilmuwan, peneliti, guru, dan berwirausaha. 


Setelah membaca berbagai jurusan yang paling banyak peminatnya di UNJ, adakah diantara kesepuluh jurusan tadi yang menjadi favorit Kamu? Ingat! Untuk mendapatkan jurusan favorit Kamu harus berusaha lebih kerasdalam belajar dan berdoa. Melalui hasil survei, rata-rata jurusan favorit dari UNJ ini kebanyakan dihuni oleh kelompok IPA, terutama dalam bidang kependidikan. 

Prospek kerja jurusan kependidikan di Indonesia memang rasanya kini sudah menjadi trend dan favorit banyak orang. Lulusan jurusan pendidikan biasa bekerja sebagai guru. Profesi guru selain sangat mulia karena mencerdaskan umat, selain itu juga sangat menjanjikan dalam segi finansialnya. Tunjangan-tunjangan yang diberikan oleh pemerintah telah menjadi motivasi sendiri bagi lulusan ini. Akan tetapi, mari luruskan niat. Sebarkan kebaikan dengan berbagi lmu dengan iklas ya ! Good Luck !  

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top