Artikel Terbaru

10 Jurusan Paling Diminati di UNPAD

Ketika menjalani persaingan saat menempuh Ujian Nasional (UN) di masa Sekolah Menengah, yang seringkali menjadi ‘momok’ yang begitu ditakuti oleh kebanyakan siswa, pada dasarnya bukanlah hal yang menentukan segalanya. Walaupun memang, Ujian Nasional menjadi patokan bagi kelulusan, namun persaingan dan ujian yang sebenarnya ada adalah ketika menjalani seleksi SBMPTN dan SNMPTN, khususnya bagi siswa yang akan melanjutkan kejenjang yan lebih tinggi, yaitu universitas. Dua jalur masuk inilah yang akan sangat menentukan nasib para siswa untuk masuk di universitas yang diimpikan. Kedua jalur seleksi inilah yang memiliki kuota terbanyak untuk menerima mahasiswa baru ditiap universitas. 



Berdasarkan tingkat persaingan SBMPTN dan SNMPTN, disini Kami telah merangkum salah satu universitas yang begitu diminati oleh para calon mahasiswa selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Ialah Universitas Padjadjaran atau UNPAD, yang merupakan salah satu Universitas Negeri di Bandung. Universitas Padjadjaran merupakan salah satu universitas favorit di Indonesia yang membuka bayak sekali program studi. Dari sekian banyak program studi yang ada di UNPAD, berikut 10 program studi yang paling banyak diminati.


1. Jurusan Pendidikan Dokter

Tidak hanya di universitas lainnya, jurusan yang satu ini juga sangat diminati di UNPAD. Jurusan Pendidikan Dokter itu sendiri mempelajari tentang segala hal yang terkait dengan penyakit serta proses menyembuhkan penyakit manusia. Prospek kerja lulusan dari Pendidikan Dokter, tentunya akan bekerja sebagai dokter yang ditempatkan baik di sebuah institut rumah sakit ataupun membuka praktik sendiri.  Untuk mendapatkan dan berhasil masuk di jurusan ini, kedepannya apabila sudah diterima sebagai mahasiswa kedokteran, ilmu yang akan banyak digunakan adalah ilmu yang berkenaan dengan bidang Biologi dan Matematika. Semasa SMA, apakah Kamu ahli dalam kedua bidang ini? Jika iya, maka Kamu merupakan salah satu calon mahasiswa yang cocok dan memiliki kesempatan yang besar untuk masuk di jurusan ini.


2. Jurusan Statistika

Jurusan ini mempelajari tentang hal yang berkenaan dengan pengolahan data dan angka, serta bagaimana menafsirkan data-data khususnya angka ke dalam bahasa tulisan  yang dapat dimengerti oleh manusia. Prospek kerja lulusan Statistika dapat bekerja diperusahaan-perusahaan retail, peneliti, berwirausaha, dan masih bayak lagi. Agar dapat lancar kuliah di jurusan ini, tentunya Kamu adalah orang yang harus ahli dalam bidang Matematika. Jangan pernah menyerah atau merasa takut dengan angka,  karena keseharianmu akan ditemani dengan angka-angka cantik yang berisi data yang begitu banyak . Apakah Kamu siap? 


3. Jurusan Pendidikan Dokter Gigi

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi. Sudah pernah kedokter gigi? Menambal gigi, membersihkan karang gigi, serta mencabut gusi dan hal-hal lain yang terkait dengan masalah gigi adalah contoh dari yang akan kamu pelajari dan temukan di ilmu ini. Satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang dokter gigi adalah tidak mudah menyerah dan merasa jijik dengan kebersihan mulut pasien. Karena, disinilah peran utama dari seorang dokter gigi, yaitu membuat sehat semua gigi yang tentunya membuat sehat pasien itu sendiri. Lulusan kedokteran gigi dapat bekerja di rumah sakit bagian gigi dan mulut atau membuka praktik sendiri dirumah. 


4. Jurusan Farmasi

 Jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu dalam meramu obat. Dituntut untuk hafal tentang hal-hal yang berkenaan dengan istilah-istilah obat. Kimia dan Bilogi merupakan bidang pelajaran yang harus Kamu kuasai dari awal agar bisa menjalani dengan lancar selama berada di jurusan ini. Lulusan farmasi bisa bekerja sebagai apoteker ataupun berwirausaha.


5. Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan jurusan yang mempelajari tentang pengolahan data dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. bidang ilmu yang lebih banyak dikaji dalam Teknik Informatika adalah bidang pemograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer. Apakah kamu pernah melihat aplikasi-aplikasi di Smartphone Android? Nah, beberapa dari aplikasi tersebut seperti Alarm, Instagram, atau Line dibuat oleh lulusan dari Teknik Informatika. Arahnya lebih menjurus ke Software. Peluang kerja dari jurusan ini juga sangat bagus dan cocok mengingat zaman yang modern dan sangat dinamis ini. Ada profesi Programer, Technopreneur, Konsultan, dan masih bayak lagi yang dapat dilakoni oleh lulusan dari jurusan ini. 


6. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI)

 HI mempelajari tentang hal yang berkenaan dengan pembuatan kebijakan internasional, teori hubungan internasional, keamanan dan perdamaian internasional, regionalisme, organisasi internasional, globalisasi dan isu-isu global, ekonomi politik internasional, hubungan internasiona kawasan Eropa, Amerika, Australia dan Pasifik, Timur Tengah, Asia, dan banyak lagi. Lulusan HI dapat bekerja sebagai PR (Public Relation), Diplomat, Akademisi, dan Konsultan. 


7. Jurusan Manajemen


Ilmu yang berasal dari dunia ekonomi ini menjadi sangat populer dalam 10 tahun terakhir. Bisa jadi, hal ini dikarenakan oleh ‘demam’ berwirausaha yang terjadi di Indonesia dengan banyaknya pengusaha-pengusaha sukses, yang kemudian menjadikan jurusan ini kian bersinar dan favorit. Jurusan Manajemen mempelajari proses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, serta mengontrol seluruh proses yang ada di perusahaan. Intinya, tentang bagaimana mencapai tujuan perusahaan dengan cara paling efektif dan efisien. Lulusan manajemen dapat bekerja di Bank, perusahaan swasta, atau langsung mendirikan perusahaan sendiri. 

8. Jurusan akuntansi

Lagi-lagi, ilmu yang berasal dari rumpun ekonomi. Para lulusan akuntan sekarang ini dituntut untuk lebih detail dalam membuat laporan keuangan yang meliputi neraca lajur, laporan laba rugi, dan laporan perubahan modal. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di bank dan perusahaan sebagai akuntan. 


9. Jurusan Ilmu Hukum

Ilmu Hukum merupakan jurusan yang mempelajari praktik-praktik hukum. Ilmu Hukum sendiri mencakup bidang yang luas, yang meliputi Hak Asasi Manusia, hukum kepemilikan, hingga hukum perdagangan. Hukum mengatur ketertiban hidup bermasyarakat dengan memberikan peraturan jelas mengenai apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Lulusan hukum dapat bekerja sebagai advokat, pengacara, peneliti hukum ataupun sekretaris hukum. 


10. Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi ini mempelajari tentang hal yang berkenaan dengan tingkah laku serta kejiwaan manusia. Lulusan psikologi dapat bekerja di bagian HRD sebuah perusahaan, akademisi, peneliti, atau konsultan. 


Nah, itu dia kesepuluh jurusan yang menjadi jurusan terfavorit di UNPAD. Adakah dari jurusan-jurusan tersebut yang merupakan jurusan favoritmu? Jika ada, maka kamu wajib merasa was-was karena yang mengincar jurusan tersebut sangat banyak ! So, good luck!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top