Artikel Terbaru

10 Tempat Wisata di Sumatera Barat

Setiap traveller yang memiliki Hobi jalan-jalan memang berbeda-beda dari segi minat dan kepuasannya. Ada yang hobi travelling di dalam negeri, ada yang hobi keluar negeri, ada juga traveler nekad alias mereka yang memiliki biaya dan budget yang minim. Pada dasarnya, tujuan dari travelling itu sendiri tetap sama yakni menemukan hal-hal baru dengan jalan-jalan. Hal-hal baru yang sangat fresh ini tidak usah jauh-jauh Kamu cari.  Kamu bisa temukan itu semua di bumi ‘zamrud khatulistiwa’, Indonesia. Indonesia dikenal dengan banyak pulau yang memiliki pesona unik di tiap pulaunya. Salah satu pulau terbesar di Indonesia adalah Sumatera. Sumatera Barat terdiri dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.



Pada kesempatan ini, admin akan mengajak Kamu untuk mengetahui lebih dalam pesona wisata dari pulau Sumatera, khusunya Sumatera Barat. Di situs berkuliah.com ini, telah Kami rangkum wisata-wisata di Sumatera Barat dari segi paling eksotik dan yang paling sering dikunjungi para wisatawan. Kesepuluh wisata tersebut yaitu : 


1. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan bangunan menara jam dinding yang tinggi menjulang dengan megahnya dengan atap rumah khas Minangkabau di atasnya. Bangunan ini terletak pusat kota Bukittinggi. Nama Jam Gadang itu sendiri berasal dari bahasa Minangkabau yang berarti jam besar. Sejarahnya dulu bangunan megah ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker. Romatis ya? Dari puncak menara Jam Gadang Kamu dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam di sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. 

Ada yang unik di jam ini, yakni angka 4 dalam jam ini ditulis dengan IIII. Disekitar wisata kamu bisa membeli beberapa cinderamata seperti kaos bergambar Jam gadang, ukiran-ukiran unik, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Hal yang harus tidak Kamu lewatkan adalah berfoto di tengah bangunan ini persis. Konon katanya, jika ada burung yang menjatuhkan kotoran ketika Kamu berada di tengah bangunan, maka calon istri/suami Kamu berasal dari kota ini! 


2. Museum Goedang Ransum

 Wisata sejarah yang satu ini wajib kamu kunjungi di Sumatera Barat. Apalagi kalau bukan Museum Goedang Ransum. Museum ini terletak di Jalan Abdul Rahman Hakim, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Awalnya museum ini adalah kompleks bekas bangunan untuk pekerja tambang batu bara di Kota Sawahlunto yang merupakan kota penghasil batubara pada tempo dulu yang dibangun pada tahun 1918 oleh Belanda. Di museum ini kamu bisa membeli aneka macam cinderamata dengan  harga sangat terajangkau yang dibuat langsung dari bahan tambang batu bara. 


3. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau yang terletak di kabupaten Agam, Sumatera Barat.  Danau Maninjau yang merupakan danau vulkanik karena terjadi karena letusan gunung berapi. Danau ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Pernah mendengar kisah Bujang Sembilan? Nah, Danau Maninjau ini sangat erat sekali dengan legenda tersebut.


4. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan wisata yang patut Kamu kunjungi. wisata ini sebenarnya adalah lembah curam yang terdapat di perbatasan kota Bukittinggi. Ngarai Sianok kaya akan flora dan fauna termasuk bunga Rafflesia dan hewan langka seperti Tapir dan Macan Tutul. Di lembah tersebut terdapat sungai Batang Sianok yang dapat diarungi dengan menggunakan kayak atau kano.


5. Danau Singkarak 

Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatera dengan luas mencapai 107,8 km2 . Danau ini terkenal dengan danau yang dihuni oleh spesies ikan Mystacoleucus padangensis atau biasa dikenal dengan Ikan Bilih, yang konon katanya  hanya hidup di danau ini. Nah, Ikan Bilih ini merupakan salah satu hidangan khas bila Kamu berwisata di Danau Singkarak. Jangan sampai kelewatan yah! 


6. Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock merupakan tempat wisata berupa benteng yang didirikan oleh Kapten Bouer pada zaman Belanda di tahun 1825. Dahulu kala benteng ini digunakan Belanda  sebagai benteng pertahanan dari serangan rakyat Minangkabau pada tahun 1821-1837, yakni ketika dulu pecahnya Perang Paderi. Kini kawasan benteng sudah dipugar oleh pemerintah dan disulap menjadi taman yang dipenuhi pohon-pohon rindang di dalamnya. 


7. Pantai Carocok Painan


Pantai Carocok Painan merupakan pantai yang terletak di kota Painan, Sumatera Barat. Pantai ini bersih dan mempunyai pasir putih yang sangat menawan. Sekitar 20 meter dari pantai ini terdapat Pulau Cingkuk yang luar biasa indah. Pantai ini memiliki keindahan  terumbu karang, ikan, birunya air pantai serta pasir pantai yang berwarna kecoklatan. 


8. Pandai Sikek

Pandai Siket dikenal sebagai pusat kerajinan ukir dan tenun dari Kain Songket. Pandai Sikek terletak di kaki Gunung Singgalang lebih kurang 10 km sebelum memasuki kota Bukittinggi. Disini kita juga dapat melihat kehidupan masyarakat yang bertani secara tradisional. Desa ini memiliki 1000 buah alat tenun. 


9. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera, dan hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang. Pulau ini dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari Dermaga Airud Bungus. Di sepanjang perjalanan menuju ke pulau tersebut, pengunjung akan disambut dengan tarian ikan Lumba-Lumba yang serasa senang dengan kehadiran pengunjung. Di sini juga memiliki warna air laut yang sangat jernih sehingga pengunjung bisa melihat isi dari perut laut tersebut  yang terdapat banyak sekali terumbu karang dan aneka binatang laut yang sangat indah.


10. Istano Basa

Istano Basa terletak  di kota Batusangkar, Sumatera Barat. Istana ini lebih dikenal dengan nama Istana Pagaruyung. Luas Istana ini sekitar 11,4 hektar dimana istananya sendiri menjadi museum untuk mengenalkan sejarah kerajaan tempo dulu, adat dan budaya Minangkabau. 


Oke, itu tadi kesepuluh tempat wisata yang wajib Kamu kunjungi bila berjalan-jalan ke Sumatera Barat. Tertarik untuk mengunjungi? Happy Traveling,  bagi Kamu, Traveler !!!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top