12 Bangunan Bersejarah di Jawa Barat

Yuk bekunjung ke Jawa Barat dan nikmati wisata bersejarahnya. Bagi kamu yang ingin berlibur ke Jawa Barat. Kami punya daftar tempat wisata ...

Yuk bekunjung ke Jawa Barat dan nikmati wisata bersejarahnya. Bagi kamu yang ingin berlibur ke Jawa Barat. Kami punya daftar tempat wisata bersejarah yang menakjubkan. Simak artikelnya berikut ini.


1. Museum  Palagan  Bojong Kokosan

Museum ini merupakan kebanggan warga Sukabumi. Didirikan untuk menghormati jasa para pejuang dalam melawan tentara Inggris dan sekutu. Pertempuran pertama terjadi pada tanggal 9 hingga 12 Desember 1945, korban yang ditimbulkan sedikit. Pertempuran ke II terjadi pada tanggal 10 hingga 14 Maret 1946, kali ini menimbulkan banyak korban dari kedua belah pihak. Peristiwa Bojongkokosan memicu terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api, 24 Maret 1946. Terletak di jalan Siliwangi no 75, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Sukabumi. Buka setiap hari Senin hingga Jumat. 


Memiliki 2 ruang pameran yang menyimpan koleksi museum:
- Ruang Pameran I menyimpan 4 vitrin, baling-baling, kaca jendela pesawat, foto-foto dan nama-nama para pejuang.
- Ruang Pameran II pada tengah ruangan terdapat miniatur masterplan Bojong Kokosan. Terdapat 7 minirama yang menggambarkan peristiwa Bojong Kokosan yaitu:
1. Pertempuran Bojong Kokosan
2. Penyusunan kekuatan
3. Penyerbuan ke Perkebunan Cirohani
4. Musyawarah untuk melakukan tindakan 
5. Pemboman Cibadak oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris
6. Pengusungan jenazah dan yang luka-luka akibat perang
7. Pemakaman jenazah para pahlawan 


2. Museum Telaga Manggung

Museum ini banyak menyimpan bukti sejarah Kerajaan Telaga Manggung. Berlokasi di hutan kecil membuat suasana menjadi sejuk dan hijau. Di depan halaman terdapat batu besar peninggalan kerajaan Telaga Manggung. Museum dibagi menjadi 3 ruangan yaitu ruangan pertama berisi silsilah keluarga kerajaan Telaga Manggung, untuk ruang kedua terdapat benda-benda peninggalan seperti gamelan, benda-benda dari  keramik, senjata yang digunakan waktu dulu, baju perang, meriam dan yang lainnya. Berlokasi di Jalan Raya Selatan no 140, Telaga Manggung Sukabumi.


3. Situs Gunung Padang

Peninggalan megalitikum ini akan membuatmu terpukau. Situs yang besar ini merupakan punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Ada yang unik dari batu di Situs Gunung Padang. Bila kamu memukulnya maka batu akan mengeluarkan bunyi. Batu ini bagaikan not-not nada yang bisa bermain musik. Ada beberapa fakta yang menarik setelah dilakukannya penelitian terhadap tempat tersebut yaitu Situs gunung Padang lebih tua dari Piramida Giza, pada uji karbon di BATAN sedalam 5 meter hingga 12 meter berusia 14.500-25.000 tahun, dengan metode LSC C14 kedalaman 4 meter di lokasi bor coring 1 usia material paleosoil adalah 5500 + 130 BP, uji pasir kedalaman -8 hingga -10 meter lokasi cor boring 2 berusia 11000 + 150 tahun. Teras-teras gunung padang mirip dengan struktur di Machu Pichu, Peru. Berlokasi di perbatasan dusun Gunung Padang dan Panggulan, desa Karyamukti, kecamatan Cempaka, kabupaten Cianjur. 


4. Museum Zoologi Bogor

Terletak di Jalan Ir. H Juanda No. 9, terbuka untuk umun. Senin hingga Minggu dibuka dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB, untuk hari Jumat tutup jam 11.00 WIB. Pengunjung dikenakan biaya Rp. 9.500. Banyak menyimpan kerangkan hewan dari zaman prasejarah dan hewan asli Indonesia baik yang sudah punah maupun yang masih hidup. Bermacam hewan seperti serangga, Reptil, burung, badak bercula satu, bahkan ada kerangka ikan paus yang besar dan panjang, dan masih banyak lainnya yang telah diawetkan. Di sini kamu bisa mengetahui wujud hewan-hewan yang belum pernah dilihat sebelumnya. 


5. Istana Bogor

Istana ini hanya terbuka untuk umum dan hanya saat ulang tahun Bogor. Kamu bisa berkeliling ke dalam istana yang penuh sejarah. Di halaman Istana terdapat rusa yang dibiarkan begitu saja. Kamu bisa memberi makan langsung kepada rusa-rusa tersebut. Bila ingin mengunjungi selain hari ulang tahun Bogor harus melalui persetujuan sekertariat istana. Banyak para pengunjung yang berjalan-jalan di sekitar Istana, apalagi jika menjelang malam hari. 


6. Rumah pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta 

Bung Karno dan Bung Hatta ditangkap oleh Belanda kemudian dipenjarakan di rumah tahanan Bantjeuj terletak di tengah kota Bandung di jalan Bantjeuj. 


7. Rumah penculikan Rengasdengklok

Bung Karno dan Bung Hatta diculik oleh golongan muda dan dibawa ke Rengasdengklok untuk segera merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan. Banyak foto yang menggambarkan peristiwa zaman dahulu. Sebenarnya lokasi yang asli bukan berada di sini namun tepatnya 200 meter dari rumah tersebut. Hal ini terjadi akibat penggerusan sungai Citarum, pada akhirnya diputuskan dilakukannya pemindahan. Suasana rumah begitu nyaman dan sejuk.


8. Situs Ciung Wanara Karangmulyan

Merupakan situs Hindu-Budha dan jejak peninggalan Kerajaan Galuh Pusaka. Di dalam situs ini terdapat Batu Pangcalikan, Panyabungan Ayam, Sanghiyang Bedil, Lambang Peribadatan, sumber mata air Ceteguh dan Cirahayu, Makam Adipati Panaekan, Pamangkonan, Panyandaran, Cikahuripan. Disana juga terdapat jalan kuno sebagai penghubung Padjajran Majapahit dengan Situs Karangmulyan. Situs arkeologi ini terdapat di Desa Karangmulyan, Cijeunjing, Ciamis, Jawa Barat dengan tiket masuk Rp. 2.300 Per orang. 


9. Monumen rawa Gede

Monumen ini didirikan untuk memperingati para pejuang yang tewas ketika perang demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa Rawa Gede terajdi pada tahun 1947 dengan dilakukannya pembantaian masal oleh Belanda yang menewaskan 431 warga sipil. Berlokasi di Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang.


10. Bosscha

Dibangun oleh Netherland Indische Sterrenkundige demi memajukan astronomi di Hindia Belanda. Kamu bisa melihat keindahan bintang-bintang. Di sebelah monumen tersebut terdapat makam Karel Albert Ardolf  Bosscha seorang warga belanda yang mendirikan observatorium sekaligus pemilik tanah ini. Untuk datang mengunjunginya 
Kamu harus mendaftarkan diri. Waktu yang paling tepat untuk melihat bintang adalah malam hari.


11. Museum Pos Indonesia

Terletak di Jalan Cilaki no 73 Bandung, Jawa Barat. Dibangun tahun 1933 oleh pemerintahan Hindia Belanda. Disini kamu dapat melihat benda-benda bersejarah Belanda dan berbagai koleksi Perangko Hindia-Belanda. Awal berdirinya pos juga diceritakan dalam bentuk maket. Selain itu kamu dapat melihat foto-foto mengenai  masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. 


12. Taman Purbakala Cipatri Kuningan

Di depan pintu masuk disusun oleh batu tipis yang berdiri tegak, pada kanan gerbang berdiri menhir. Kamu akan melihat batu-batu megalithikum yang tersusun rapi, peti kubur batu, kapak batu, gelang batu, gerabah, dan menhir. Sayangnya tidak ada penjelasan yang tertulis dari setiap batu yang ada. Tempat itu disusun untuk pemujaan nenek moyang dan penyimpanan sesaji. Belum banyak orang yang megetahui taman yang sejuk dan rindang ini. Terletak di kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 12 Bangunan Bersejarah di Jawa Barat
12 Bangunan Bersejarah di Jawa Barat
https://1.bp.blogspot.com/-RLiZvQ_pbZ4/U_GlFm7ylII/AAAAAAAAAkU/p3O6iCRWw-k/s1600/Snap%2B2014-08-18%2Bat%2B14.00.22.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RLiZvQ_pbZ4/U_GlFm7ylII/AAAAAAAAAkU/p3O6iCRWw-k/s72-c/Snap%2B2014-08-18%2Bat%2B14.00.22.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/12-bangunan-bersejarah-di-jawa-barat.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/12-bangunan-bersejarah-di-jawa-barat.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy