15 Kota Tujuan Kuliah di Luar Negeri

Bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri, tentu sudah memiliki gambaran mengenai kota mana yang akan dituju. Beragam alasan dikemukakan k...

Bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri, tentu sudah memiliki gambaran mengenai kota mana yang akan dituju. Beragam alasan dikemukakan ketika ditanya mengenai kota impian tersebut. Ada yang tertarik karena keindahannya, pemandangannya, bahasanya, penduduknya, atau bahkan makanannya. Nah, apakah kota impianmu termasuk dalam kota sebagai tujuan kuliah? Yuk simak daftarnya di bawah.


1. Paris

Paris memiliki sekitar 17 universitas yang masuk dalam 2013/14 QS World University Rankings. Jumlah ini lebih banyak daripada kota-kota lain di seluruh dunia, kecuali London yang memiliki 18 universitas dalam ranking tersebut. Meskipun untuk tinggal di Paris membutuhkan biaya tinggi, namun biaya kuliah di sana relatif rendah. Jadi kota ini benar-benar merupakan tujuan studi yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota populer lainnya. Para mahasiswa lulusan Paris biasanya direkrut oleh berbagai macam perusahaan di seluruh benua. Banyak universitas elit di Paris seperti ENS Paris, Ecole Polytechnique, Sciences Po dan Sorbonne yang telah menghasilkan beberapa lulusan penting seperti filsuf, ahli teori, ilmuwan, dan matematikawan selama 100 tahun terakhir. Belum lagi kemajuannya yang pesat dalam sastra, film dan seni. Siswa di Paris dapat menikmati akses studi yang luas dan pengajaran intensif. Paris sering dinilai sebagai salah satu kota paling layak huni di Eropa. Paris juga merupakan salah satu kota paling bersejarah dengan budaya yang indah di dunia.


2. London


London adalah kota yang menjadi magnet bagi mahasiswa dan peneliti di seluruh dunia. Selain sebagai pusat akademis, kota ini adalah salah satu pusat budaya dan seni. London juga merupakan salah satu pusat finansial terpenting di dunia, sehingga sangat menarik bagi lulusan yang ingin segera bekerja di perusahaan. Pekerjaan di bidang media dan seni, serta sejumlah industri lainnya banyak pula ditawarkan di London. Untuk mahasiswa internasional, biaya kuliah di London hampir sama dengan di Amerika Serikat. Biaya hidup di London pada umunya lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Inggris. Namun dengan banyaknya universitas kelas dunia, fasilitas penunjang studi yang sangat baik, peluang kerja yang luas, dan budaya yang kaya membuat kuliah di London sangat layak dipertimbangkan bagi setiap calon mahasiswa.


3. Singapura

Reputasi Singapura sebagai pusat pendidikan unggul terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. National University of Singapore (NUS) sekarang bearada di peringkat ke-24 menurut 2013/14 QS World University Rankings berkat keberhasilannya dalam menarik para akademisi dan mahasiswa internasional. Selain semakin menonjol di sektor pendidikan tinggi, Singapura terkenal makmur serta memiliki tingkat kejahatan dan pengangguran yang rendah. Para lulusan Singapura yang banyak dicari oleh perusahaan internasional, terutama di seluruh Asia. Budaya Singapura merupakan percampuran budaya Cina, Melayu dan India dengan pengaruh empat bahasa resmi. Jadi akan sangat menarik bagi mahasiswa asing untuk dapat belajar mengenai keberagaman di sini. Kuliah di Singapura juga sangat menyenangkan karena dikelilingi oleh pemandangan tropis dan berdekatan dengan negara-negar eksotis lainnya seperti Malaysia, Indonesia, Kamboja, Vietnam dan Filipina.


4. Sydney

Sydney adalah salah satu tujuan studi paling populer di Australia. Di kota ini ada banyak pilihan universitas yang baik dengan standar internasional yang tinggi. Selain sebagai pusat keuangan dan ekonomi Australia, Sydney juga dikenal karena memiliki panorama yang menakjubkan seperti pelabuhan, tempat pertunjukan opera, taman-taman kota, dan pantai. Kota ini termasuk salah satu dari sepuluh kota paling layak huni di bumi menurut survey yang dilakukan Mercer dan The Economist. Seperti Melbourne, Sydney juga memiliki komunitas siswa yang besar dan beragam. Ada lima universitas yang masuk dalam QS World Universitas Rankings antara lain adalah University of Sydney (peringkat ke-38 dunia) dan University of New South Wales (peringkat 52).


5. Zurich

Zurich terkenal karena kemakmuran, ketertiban dan pajak rendah yang diterapkan di kota ini. ETH Zurich adalah universitas dengan peringkat tertinggi di benua Eropa. The University of Zurich juga berada dalam peringkat top 100 pada 2013/14 QS World University Rankings. Zurich adalah kota terbesar di Swiss dan terkaya di Eropa. Kota ini bersih, aman dan rapi sehingga sering masuk peringkat di antara kota-kota paling baik untuk ditinggali di dunia. Meskipun biaya hidupnya relatif tinggi, biaya kuliah bagi mahasiswa internasional relatif dibandingkan dengan kota-kota di Inggris, Amerika Serikat atau Australia. Kota ini juga dekat dengan beberapa pemandangan alam yang paling indah di Eropa seperti Danau Zurich dan Pegunungan Alpen Swiss.


6. Melbourne

Melbourne adalah kota kedua di Australia yang masuk dalam 2014 QS Best Student Cities. The University of Melbourne adalah universitas dengan peringkat tertinggi ke-2 di Australia, sedangkan Monash University juga masuk dalam top 100 dunia. Melbourne dikenal sebagai kota dengan masyarakat yang memiliki kualitas hidup baik dan sebagai pusat budaya Australia. Kota ini berulang kali termasuk sebagai salah satu kota paling baik untuk ditinggali di dunia menurut berbagai survey. Gaya hidup di kota ini sangat menarik karena ada pantai yang indah, kehidupan malam yang dinamis, acara budaya, dan iklim yang bersahabat. 


7. Hong Kong

Hong Kong mempunyai posisi tinggi dalam ranking universitas-universitas terbaik di dunia. Kota ini telah lama dianggap sebagai titik pertemuan Timur dan Barat sehingga lingkungannya benar-benar terasa global. HKU, HKUST dan Universitas Cina Hong Kong berada dalam peringkat top 40 dunia karena keunggulan pendidikan tingginya. Hong Kong juga memiliki populasi mahasiswa yang paling beragam di dunia, sehingga orang-orang yang memilih untuk belajar di luar negeri di sini akan mudah beradaptasi. Biaya pendidikan bagi mahasiswa internasional di Hong Kong jauh lebih rendah daripada di Amerika Serikat tetapi lebih tinggi daripada di Perancis atau Jerman. Bagi mahasiswa asing yang benar-benar ingin mengalami kehidupan kota dinamis, Hong Kong salah satu tujuan studi yang paling tepat.


8. Boston

Boston adalah salah satu kota paling bersejarah di Amerika Serikat. Kota ini menggabungkan keramaian dan hiruk pikuk kota metropolitan dengan seni, politik, budaya dan keindahan alam yang menakjubkan. Di Boston juga terdapat lebih lima universitas bergengsi dunia seperti Boston University (masuk dalam top 100) dan Tufts University (masuk dalam top 200). Kota ini juga mendapatkan peringkat yang sangat tinggi bagi lulusannya di jenjang pascasarjanan. Dengan banyaknya beasiswa dan bantuan keuangan dari pemerintah dan berbagai lembaga, biaya kuliah di Boston tidak terlalu tinggi bagi mahasiswa asing.


9. Montréal

Montréal adalah tempat bagi beberapa lembaga peringkat tertinggi di Kanada, termasuk McGill University (saat ini menduduki peringkat ke-21 dunia). Kota ini dijuluki sebagai pusat budaya Kanada dan merupakan salah satu kota paling baik untuk ditinggali di dunia menurut berbagai survey. Sebagai kota berbahasa Perancis di negara yang sebagian besar berbahasa Inggris, kota ini telah mengalami imigrasi massal dari seluruh dunia dalam dekade terakhir. Kota ini merupakan tuan rumah dari beberapa festival internasional ternama seperti Montréal International Jazz Festival dan festival komedi terbesar di dunia, Just for Laughs. Dengan populasi mahasiswa yang relatif besar dan beragam, Montréal menjadi salah satu tujuan studi paling menarik di dunia.


10. Munich

Munich adalah kota terbesar ke-3 di Jerman dan digolongkan sebagai kota yang paling diinginkan sebagai tempat hidup. Bagi banyak orang di luar Jerman, Munich dikenal sebagai kota bir dunia karena menjadi tuan rumah untuk festival bir terbesar di dunia yang disebut dengan Oktoberfest. Universitas dengan peringkat tertinggi kota ini adalah Technische Universität München dan Ludwig-Maximilians-Universität München yang menempati posisi ke-53 dan ke-65 pada QS World Universitas Rankings. Seperti semua perguruan tinggi di Jerman, biaya kuliah di Munich sangat rendah untuk mahasiswa domestik dan internasional. Meskipun biaya hidup di Munich cenderung lebih tinggi daripada di Berlin, kota ini masih menjadi salah satu kota pelajar yang paling terjangkau di Eropa.


11. Berlin

Selama dekade, Berlin telah berkembang menjadi kota pusat desain, fashion, musik dan seni yang dapat menyaingi New York  atau  London. Berlin adalah pusat keuangan global yang menarik mahasiswa asing berkuliah di sana agar dapat segera bekerja di perusahaan ternama. Biaya hidup di Berlin tergolong rendah dengan biaya kuliah gratis bagi siswa domestik dan internasional. Tiga universitas yang masuk pada 2013/14 QS World University Rankings adalah Freie Universität Berlin (peringkat ke-109), Humboldt-Universität zu Berlin (peringkat 126) dan Technische Universität Berlin (peringkat ke-183). Universitas-universitas di Berlin juga menawarkan perkuliahan dalam bahasa Inggris terutama di tingkat pascasarjana. Kota ini menjadi salah satu tujuan studi terbaik dunia karena memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, keterjangkauan yang mudah dan suasana liberal yang menyenangkan.


12. San Francisco

San Francisco terkenal dengan inovasi teknologi di California Silicon Valley. Kota ini adalah tempat bagi dua universitas paling bergengsi di dunia yaitu Stanford dan Berkeley yang menduduki peringkat ke-7 dan ke-25 pada 2013/14 QS World University Rankings. San Francisco adalah salah satu kota yang paling ikonik dan paling sering dikunjungi di Amerika Serikat. Dengan gaya hidup pantai terkenal nyman dan iklim yang cerah, kota ini dikenal dengan biaya hidup yang rendah jika dibandingkan dengan dengan kota-kota besar lain seperti New York. San Francisco termasuk sebagai salah satu dari sepuluh pusat keuangan terkemuka di dunia. Bay Area San Francisco adalah tempat bagi ratusan perusahaan mutakhir di sektor teknologi seperti Apple, Facebook dan IBM.


13. Toronto


Toronto adalah kota terbesar di Kanada yang memiliki komunitas masyarakat beragam, budaya dinamis, pemandangan alam menakjubkan dan perguruan tinggi terkemuka dunia. Dalam 2013/14 QS World University Rankings, University of Toronto berada di peringkat ke-17 dan mengalahkan McGill University di Montréal yang hanya berada di peringkat ke-21. Berbagai acara budaya ternama banyak diselenggarakan di kota ini seperti Toronto International Film Festival, Sunday Serenades dan berbagai acara pameran bergengsi di galeri-galeri seni. 


14. Seoul

Seoul merupakan salah satu pusat pendidikan tinggi yang paling unggul di Asia. Seoul National University Korea berada di peringkat ke-35 pada 2013/14 di QS World University Rankings. Meskipun telah berkembang pesat, Seoul tetap menjadi ibu kota bersejarah kuno dengan empat situs Warisan Dunia UNESCO yang mengagumkan. Kota ini terkenal karena kehidupan malamnya yang dinamis. Distrik Hongdae di sekitar Hongik University memiliki ratusan bar, restoran, butik dan klub malam. Meskipun biaya tempat tinggal di Seoul cukup tinggi, namun dari segi ritel dan konsumen sebenarnya terhitung sangat murah.


15. Wina

Wina mempunyai dua universitas peringkat tertinggi yaitu Universität Wien dan Technische Universität Wien. Kota ini juga sering terpilih sebagai salah satu kota terbaik untuk ditinggali di dunia dengan biaya kuliah murah untuk mahasiswa internasional. Wina dibanjiri dengan kekayaan budaya seperti teater dan ruang konser yang menyajikan pertunjukan karya Mozart, Beethoven dan Schubert serta berbagai galeri menampilkan karya-karya seniman dunia seperti Gustave Klimt dan Egon Schiele. Meskipun masih kalah pamor dari kota-kota seperti London atau Paris, Wina adalah tujuan studi yang baik karena memiliki kualitas hidup tinggi dengan kegiatan budaya yang kaya dan biaya kuliah yang terjangkau.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 15 Kota Tujuan Kuliah di Luar Negeri
15 Kota Tujuan Kuliah di Luar Negeri
https://2.bp.blogspot.com/-Zmg0MJkavMo/U-HQBELPqfI/AAAAAAAAEps/svZZ9MB23J0/s1600/Snap+2014-08-06+at+13.41.46.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Zmg0MJkavMo/U-HQBELPqfI/AAAAAAAAEps/svZZ9MB23J0/s72-c/Snap+2014-08-06+at+13.41.46.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/15-kota-tujuan-kuliah-di-luar-negeri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/15-kota-tujuan-kuliah-di-luar-negeri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy