37 Fakta Menarik Tentang Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki daratan seluas 42.297,30 km² yang setara dengan 2,17% luas Indonesia. Provinsi i...

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki daratan seluas 42.297,30 km² yang setara dengan 2,17% luas Indonesia. Provinsi ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi,dan Bengkulu. Iklim Sumatera Barat secara umum bersifat tropis dengan suhu udara yang cukup tinggi, yaitu antara 22,6°C sampai 31,5°C. Provinsi ini juga dilalui oleh Garis khatulistiwa, tepatnya di Bonjol, Pasaman.

Dengan beragam kekayaannya, berikut merupakan wajah Sumatera Barat yang memiliki kekayaan budaya, kekayaan hayati, dan kekayaan yang begitu luar biasa. Hal tersebut terangkum dalam “37 Fakta Menarik Tentang Sumatera Barat”:

Image Credit

1. Bunga Bangkai

Di Sumatera Barat, berbagai spesies langka masih dapat dijumpai, misalnya Rafflesia arnoldii (bunga terbesar di dunia). Hal yang menjadi keunikan bunga ini adalah hanya mekar setahun sekali pada bulan November. Jika kebanyakan bunga berbau wangi, maka berbeda dengan bunga ini yang mengeluarkan bau busuk.  Thomas Stamford Raffles merupakan orang pertama yang mempatenkan bunga ini pada tahun 1818.


2. Harimau Sumatera

Harimau sumatera, siamang, tapir, rusa, beruang, dan berbagai jenis burung dan kupu-kupu merupakan bukti masih asri dan terjaganya wilayah hutan Sumatera Barat. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) menjadi salah satu Harimau khas Indonesia yang dilindungi pemerintah Indonesia dan Dunia. Saat ini diperkirakan jumlah dari harimau sumatera hanya sekitar 400-500 ekor sebagaimana dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN. 


3. Taman Nasional Siberut

Taman Nasional Siberut yang terdapat di pulau Siberut (Kabupaten Kepulauan Mentawai), merupakan salah satu dari duaTaman Nasional yang terkenal di Sumatera Barat, selain Taman Nasional Kerinci. Taman Nasional Siberut memiliki luas 190.500 ha dan berjarak sekitar 155 km dari kota Padang. Dengan pesisir yang terjaga dan 65% dari area ini merupakan hutan hujan yang akansemakin memberi nuansa asri Taman Nasional Siberut. 


4. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah taman nasional terbesar di Sumatera dengan luas wilayah sebesar 13,750 km². Taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci(3.805 m). Taman nasional ini juga terdiri dari berbagai mata air panas, sungai beraliran deras, gua, air terjun, dan danau Kaldera, serta gunung Tujuh yang merupakan gunung  tertinggi di Asia Tenggara.


5. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok di Bukit Tinggi, yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ngarai Sianok merupakan sebuah jurang yang berkelok dengan kedalaman jurangnya sekitar 100 m dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m.

Image Credit


6. Danau Maninjau

Salah satu tempat menarik lainnya di Sumatera Barat adalah Danau Maninjau. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padangdan 36 kilometer dari Bukittinggi. Maninjaumerupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda diRanah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.


7. Gunung Talamau

Gunung Talamau, yang berdampingan dengan Gunung Pasaman, merupakan gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat yangmemiliki ketinggian 2,920 meter. Gunung Talamau  termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif. Di bawah puncak gunung pada ketinggian sekitar 2.750 m terdapat 13 telaga. Nama-nama telaga diambil berdasarkan beberapa cerita legenda yang diyakini oleh penduduk di sekitar.


8. Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan sebuah danau yang membentang di dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitukabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera. 


9. Air terjun di Lembah Anai

Salah satu dari pesona alami yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat adalah Air Terjun Lembah Anai. Orang Padang biasa memanggilnya dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai.


10. Ikan Bilih

Ikan Bilih merupakan spesies ikan endemik (khas) yang hanya terdapat di Danau Singkarak. Ukurannya kira-kira 6-12 cm, sebesar ikan teri ukuran sedang dan pemakan plankton. keunikannya adalah tidak bisa dikembangbiakkan di daerah manapun. 


11. Jembatan Hidup

Jika jembatan yang biasa kita lewati terbuat dari beton, beda halnya dengan jembatan ini yang berada di Sungai Batang Bayang yang terbuat dari akar beringin dari dua tepian sungai yang dianyam dan dihubungkan. Dibangun oleh seorang ulama bernama Pakiah Sokan, jembatan ini mulai dikerjakan tahun 1890 dan selesai dibangun pada tahun1916 dengan menghabiskan waktu 26 tahun.


12. Cagar Alam Rimbo Panti

Cagar Alam Rimbo Panti ini memiliki beraneka fauna dan flora. Uniknya, di sini kita dapat merebus telur dengan tungku alam karena terdapat sumber mata air panas yang alami dari perut bumi. Letak Cagar Alam Rimbo Panti dari ibukota Padang sekitar 5 jam, tepatnya di Panti Kabupaten Pasaman Sumatera Barat.


13. Danau di Ateh dan di Bawah

Danau ini terletak sekitar 65 km dari Padang dan berada di ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut. Hal unik yang melekat pada kedua danau ini ialah posisi keduanya. Salah satu danau berada lebih rendah dari danau satunya. Menariknya, danau yang ada lebih rendah dinamakan ‘danau diateh’, dan danau yang lebih tinggi posisinya disebut ‘danau di bawah’.


14. Limpapeh Rumah nan Gadang

Lambang kebesaran wanita Minangkabau disebut “Limpapeh Rumah nan gadang”. Limpapeh artinya tiang tengah pada sebuah bangunan dan tempat memusatkan segala kekuatan tiang-tiang lainnya. Apabila tiang tengah ini ambruk maka tiang-tiang lainnya ikut jatuh berantakan. Hal ini menunjukkan dengan kata lain bahwa perempuan di Minangkabau merupakan tiang kokoh dalam rumah tangga.


15. Cagar Alam Air Putih

Cagar Alam Air Putih di daerah Kelok Sembilan. Jalan Kelok 9 ini dibangun semasa pemerintahan Hindia-Belanda antara tahun 1908–1914. Jalan ini meliuk melintasi Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan Pulau Sumatera. Jika direntang lurus panjang Kelok Sembilan hanya 300 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi sekitar 80 meter. 


16. Cagar Alam Lembah Harau

Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter. Lembah Haraudilingkupi batu pasir yang terjal berwarna-warni.


17. Tari Piring

Tari Piring atau dalam bahasa minang disebut ‘piriang’ merupakan salah satu tarian tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, Provinsi Sumatera Barat. Untuk melakukan tarian ini dibutuhkan ritme kecepatan dan ayunan yang sesuai agar piring tidak jatuh.


18.  Banyak Peninggalan Pra Sejarah

Peninggalan pra sejarah,yang terdapat di Kabupaten 50 Koto, di daerah Solok Selatan dan daerah Taram. Sisa-sisa peninggalan tradisi barn besar ini terwujud dalam berbagai bentuk seperti: bentuk barn dakon, barn besar berukir, barn besar berlubang, barn rundell, kubur barn, dan barn altar. Namun, bentuk yang paling dominan adalah bentuk menhir. Peninggalan zaman prasejarah lainnya yang juga ditemukan adalah gua-gua alam yang dijadikan sebagai tempat hunian.


19.Istana Pagaruyung

Istana yang pernah terbakar pada tahun 1804 ini menjadi simbol kerajaan Pagaruyung. Tiap ukiran dan penempatan merepresentasikan falsafah Minangkabau.


20. Jam Gadang

Hal yang istimewa dari Jam Gadang adalah tentang mesinnya yang hanya ada dua di dunia. Pertama di Big Ben, Inggris dan kedua di Bukittinggi, Indonesia. Salah satu hal menarik lain dari jam yang merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota) ini adalah mengenai penulisan angka Romawi pada jarum empat yang biasanyatertulis IV tapi malah tertulis IIII. Jam ini didirikan tahun 1926 dan diarsitekioleh Yazin dan Sutan Gigi Ameh yang memakan biaya 3000 Gulden. 


20.Gua Jepang

Jepang yang pernah menduduki Indonesia dari tahun 1942 sampai 1945 banyak meninggalkan jejak-jejak saksi bisu penjajahan yang sampai saat ini masih bisa dijumpai. Salah satunya adalah Bunker Jepang yang terletak di kota Bukittinggi. Dibangun melalui kerja paksa di bawah tekanan tentara Jepang, bunker bawah tanah ini memiliki panjang 1.470 meter dan berjarak 40 meter di bawah Ngarai Sianok dengan 21 terowongan yang digunakan untuk menyimpan amunisi, tempat tinggal, ruang pertemuan, dan ruang tahanan.


22. Alat Musik Saluang

Saluang adalah seruling khas Minang yang berbentuk panjang dengan hanya 4 lubang, dan memiliki cara meniup yang unik yaitu meniup sambil tetap menarik dan menghembuskan napas sehingga pemain yang ahli bisa bermain tanpa berhenti.


23. Rumah Gadang

Rumah beratap mirip tanduk kerbau ini cukup unik. Rumah ini ditinggali bersama dan jumlah kamar yang ada di bangunan disesuaikan dengan jumlah penghuni wanitanya.

Image Credit

24.Pantai Pariaman 

Dengan desir ombaknya yang silih berganti, ditambah eloknya nuansa senja, semakin menjadikan indah pantai Pariaman yang tiap tahun dijadikan tempat menggelar ritual tabuik. Tabuik merupakan keranda yang dilarung di laut dengan bahan kayu, rotan, dan bambu. Tabuikmemiliki bentuk seperti kuda besar, bersayap lebar, dan berkepala perempuan cantik berambut panjang. Ritual yang digelar tiap bulan Muharram ini semakin memberikan warna wisata budaya di pantai ini sebagai destinasi bahari.


25. Pantai Painan

Salah satu pantai yang terletak di ujung Sumatera Barat, yaitu Pantai Carocok merupakan pantai yang terdapat di Painan. Orang banyak melupakan dan tidak tahu bahwa pantai yang sekarang memiliki beragam fasilitas modern ini dulunya merupakan saksibisu pertama kalinya Portugis datang ke Nusantara.


26.Batu Malin

Di Pantai Air Manis terdapat sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil. Hal yang cukup unik bahwa di Pantai ini terdapat batu yang mirip laki-laki yang sedang bersujud yang dikaitkan legenda Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi batu karna durhaka.


27. Pantai Pasumpahan

Pantai ini terletak di Pulau Pasumpahan yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Di pantai ini terdapat bukit yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai haluan kapal Malin Kundang.


28. Pantai Pagang

Seolah menjadi milik sendiri, dengan berjalan kaki di pantai ini wisatawan dapat menyaksikan panorama alam sekeliling pulau yang begitu memanjakan mata. Tidak salah jika Pulau Pagang ini disebut sebagai salah satu Pantai terindah di Sumatera Barat.


29.Teluk Bungus 

Di teluk ini terdapat pantai Carolina dan Karang Tinta yang banyak diakui sebagai dua tempat diving terindah di dunia.


30.Sistem Keturunan Matrilineal

Sistem keturunan di Minangkabau adalah sistem matrilineal, dimana garis ibu lebih dominan yang mungkin hanya satu-satunya daerah yang menggunakan sistem tersebut.


31. Rendang

Masakan khas Sumatera Barat initermasuk 50 makanan ternikmat dunia (World’s Delicious Food) versi CNN.


32.Jajang Koto Gadang

Sebagaimana Tiongkok yang memiliki Great Wall, yang memanjang di Ngarai Sihanok.


33.Penduduknya Perantau

Pada umumnya laki-laki Minang yang sudah cukup umur akan merantau. Pada zaman dulu, jika tidak merantau ke luar daerah, paling tidak mereka sudah tidak lagi tinggal di rumah keluarganya. 


34. Pantai Gandoriah

Asal-usul nama Pantai Gandoriah memiliki kisah tersendiri. Gandoriah merupakan nama seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau. Kisah tersebut menceritakan perjalanan cinta seorang pemuda bernama Anggun Nan Tongga dengan Puti Gandoriah, yang tak lain adalah sepupunya.


35.Lubang Mbah Soero

Lubang Mbah Soero merupakan salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lobang Mbah Soero ini merupakan lorong di bawah tanah atau di bawah perkampungan penduduk yang memiliki lorong-lorong yang panjang.


36.Pantai Mentawai

Dengan ombaknya yang tinggi, pantai ini menjadi magnet bagi para peselancar dari penjuru dunia.Selain itu, terdapat Pulau Nyang Nyang menambah kesempurnaan pantai ini, dan terdapat desa Katurei yang pantainya memiliki ombak hingga 4 meter yang disebut-sebut sebagai ombak tertinggi di dunia.


37.Puncak Langkisau 

Dari atas bukit ini, pemandangan hijau nan asri segera membasahi mata di pagi hari. Malam hari pun bertambah semarak dengan lampu-lampu bagai bintang jatuh di permukaan bumi. Paralayang merupakan olah raga yang menambah nilai plus bagi tempat ini. Keramaian tempat ini dimanfaatkan masyarakat untuk menjual barang kerajinan lokal, berbagai pernak-pernik dan cindera mata khas daerah yang bisa menjadi pengingat historis bagi pengunjung dalam dan luar negeri yang pernah menjejakan kaki di bukit ini.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 37 Fakta Menarik Tentang Sumatera Barat
37 Fakta Menarik Tentang Sumatera Barat
https://1.bp.blogspot.com/-cgWiWoFBs_E/U_rqSObU03I/AAAAAAAAApI/P029FcY-NwU/s1600/Snap%2B2014-08-25%2Bat%2B14.41.10.png
https://1.bp.blogspot.com/-cgWiWoFBs_E/U_rqSObU03I/AAAAAAAAApI/P029FcY-NwU/s72-c/Snap%2B2014-08-25%2Bat%2B14.41.10.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/37-fakta-menarik-tentang-sumatera-barat.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/37-fakta-menarik-tentang-sumatera-barat.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy