37 Fakta Menarik Tentang Universitas Ahmad Dahlan

Universitas yang biasa disebut UAD ini merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Yogyakarta. Universitas ini mengembangkan bi...

Universitas yang biasa disebut UAD ini merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Yogyakarta. Universitas ini mengembangkan bidang keahlian atau program studi-program studi dalam bidang teknologi (technological sciences) dan bidang sosial dan humaniora (social sciences). Untuk mengetahui lebih jauh mengenai universitas ini, mari disimak fakta-fakta menariknya!



1. Asal mula UAD tidak dapat dilepaskan dari sejarah IKIP dan FKIP Muhammadiyah. UAD merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta dimana IKIP sendiri sebagai pendidikan tinggi merupakan pengembangan dari FKIP Muhammadiyah cabang Jakarta di Yogyakarta.

2. FKIP Muhammadiyah di Yogyakarta didirikan pada tanggal 18 November 1960.

3. IKIP Muhammadiyah Yogyakarta beralih fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 19 Desember 1994 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No: 102/D0/1994.

4. UAD memiliki pedoman Qo’idah Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

5. Sebagai universitas, tujuan dari UAD merupakan penjabaran dari tujuan pendidikan nasional dan pendidikan tinggi serta didasarkan pada Al-Qur’an dan As-Sunnah.

6. Tujuan universitas secara khusus ditetapkan dengan pengembangan kelompok ilmu sejenis di mana pengembangannya didasarkan pada aqidah Islam dan berdasarkan Pancasila.

7. Visi dari UAD adalah menjadi perguruan tinggi Muhammadiyah berkelas internasional berbasis pada nilai ke-Islaman.

8. Pola ilmiah pokok universitas adalah integritas Iptek-Seni, antisipasi layanan yang akademik, kepemimpinan Islam dan pengembangan ilmu menjadi Islam.

9. Moto dari UAD adalah “Moral and Intellectual Integrity”.

10. Jika kamu ingin mendaftar sebagai mahasiswa Program Sarjana (S1), kamu akan diberi pilihan sebanyak 10 fakultas, yaitu Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Farmasi (F Far), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Psikologi (F Psi), Fakultas Sastra, Budaya, dan Ilmu Komunikadi (FSIBK), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

11. Program studi di UAD rata-rata memiliki akreditas B.

12. Program studi Farmasi  (F Far) dan Bimbingan Konseling (FKIP) terakreditasi A.

13. Untuk Program Pascasarjana (S2), UAD menawarkan lima program studi, yaitu Magister Pendidikan Fisika, Magister Psikologi, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Farmasi, dan Magister Manajemen Pendidikan.

14. Tidak hanya Program S1 dan S2, UAD juga menawarkan Program Profesional Diploma III (D3).

15. Lulusan program D3 UAD diharapkan dapat menjadi orang yang memiliki kemampuan dalam bidang kerja yang bersifat rutin atau pun tidak rutin secara mandiri, mampu melakukan pengawasan dan bimbingan, serta mempunyai keterampilan manajerial.

16. Setiap awal bulan Mei hingga akhir Agustus, UAS menyelenggarakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dan pindah program atau alih jenjang dari D3 ke S1.

17. Tahun akademik dimulai dari bulan September hingga bulan Juni tahun berikutnya.

18. Kampus UAD tersebar di lima daerah. FAI, Fpsikologi, dan FE di Semaki, FKIP, FH, dan Fsastra di Sidikan, FTI, FMIPA, Ffarmasi, dan FKM di S.H. Janturan, Rusunawa Persada di Ringroad Selatan, serta PGSD dan PGPAUD di Ki Ageng Pemanahan.

19. Organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan UAD terhimpun dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) UAD. Keberadaan KBM didasarkan pada Keputusan Rektor UAD.

20. Organisasi kemahasiswaan dibentuk sebagai wahana dan sarana penyaluran aspirasi dan pengembangan diri, baik pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, maupun spiritual keagamaan mahasiswa UAD ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas pribadi.

21. Organisasi kemahasiswaan UAD dibagi menjadi dua, yaitu Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

22. LKM UAD terdiri dari Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU), Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEMU), Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

23. UKM UAD terdiri dari UKM Pramuka, UKM Resimen Mahasiswa (MENWA), UKM Fotografi “Lensa UAD”, UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA), UKM Seni Musik, UKM Mahasiswa Ahmad Dahlan Pecinta Alam (MADAPALA), UKM KSR – PMI, UKM Pers Mahasiswa, UKM Sepak Bola, UKM Basket, UKM Tae Kwondo, UKM Bola Volley, UKM Karate, dan UKM Paduan Suara UAD.

24. Setiap UKM yang ada di UAD, diberikan fasilitas berupa kantor di komplek Student Center yang ada di Jalan Kapas Semaki, Yogyakarta.

25. Sebagai bentuk keseriusannya dalam proses belajar mengajar, UAD menyiapkan fasilitas bagi mahasiswa dan dosennya berupa laboratorium sebanyak 33 laboratorium yang tersebar di tiap fakultas dan program studi.


26. Perpustakaan UAD yang juga dikenal sebagai UPT Perpustakaan memiliki jumlah koleksi buku (tahun 2011) sebanyak 23.473 judul (71.899 eksemplar). Selain buku, perpustakaan UAD dilengkapi dengan koleksi majalah, surat kabar, skripsi, dan laporan penelitian.

27. UAD juga menyediakan poliklinik yang memberikan layanan setiap hari pada jam kerja dan fasilitas Dana Sehat Muhammadiyah sebagai fasilitas layanan kesehatan yang dapat digunakan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

28. Jika ingin mendapatkan pemeriksaan dokter gratis, mahasiswa dapat mendatangi apotek UAD.

29. Apotek UAD memiliki tujuan, yaitu sebagai tempat pengabdian profesi apoteker, tempat dan media pembelajaran calon apoteker Fakultas Farmasi UAD, tempat penyediaan obat yang bermutu guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tempat pemberian informasi tentang kesehatan, serta tempat pemberian peluang kerja bagi masyarakat.

30. Koperasi Mahasiswa (KOPMA) dibuka setiap hari di jam kerja guna meningkatkan kesejahteraan anggota dan ikut membina dan mengembangkan gerakan koperasi dalam rangka pembangunan perekonomian nasional.

31. Selain memberikan fasilitas selengkap mungkin, UAD juga berupaya memberikan motivasi kepada mahasiswanya dalam bentuk beasiswa.

32. Beasiswa UAD terdiri dari dua macam, yaitu beasiswa bagi mahasiswa baru dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

33. UAD juga memberikan beasiswa khusus bagi mahasiswa yang kurang mampu. Beasiswa tersebut disebut dengan jalur BSU.

34. Tidak hanya beasiswa dari UAD, sebagai mahasiswa, kamu dapat mencoba beasiswa dari luar UAD seperi BPPA (Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik), BBBM (Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa), bank rekanan, BPPS (Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana), Supersemar, Pemerintah Daerah, dan lain-lain.

35. Sebagai universitas yang memiliki komitmen moral untuk membina ruh keislaman pada seluruh sivitas akademiknya, UAD menyediakan tiga buah masjid bagi mahasiswanya.

36. UAD menyediakan sarana akses internet melalui jalur LAN dan hotspot area di masing-masing unit kampus.

37. Untuk mempermudah mahasiswanya, seluruh mahasiswa UAD dapat membayar SPP secara online.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,303,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,36,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 37 Fakta Menarik Tentang Universitas Ahmad Dahlan
37 Fakta Menarik Tentang Universitas Ahmad Dahlan
http://1.bp.blogspot.com/-0K6IkzFLxdM/U_V6dlO30hI/AAAAAAAAAlo/LO98Ka5q20g/s1600/Snap%2B2014-08-21%2Bat%2B11.49.10.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-0K6IkzFLxdM/U_V6dlO30hI/AAAAAAAAAlo/LO98Ka5q20g/s72-c/Snap%2B2014-08-21%2Bat%2B11.49.10.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/37-fakta-menarik-tentang-universitas.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/37-fakta-menarik-tentang-universitas.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy