5 Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Dilihat...

Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Dilihat dari jumlah peminatnya, rupanya banyak sekali pelajar yang bercita-cita menjadi seorang psikolog. Data yang diambil dari hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2014, jurusan Psikologi nampaknya masuk ke dalam daftar “Sepuluh Jurusan Kuliah Paling Diminati di Perguruan Tinggi”. Jurusan yang satu ini berada di urutan ke-7 dengan total peminat mencapai 59.133 orang, hampir menyamai Pendidikan Dokter yang diminati oleh 60.870 orang. Bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliahnya di jurusan Psikologi, namun masih bingung tempatnya, di bawah ini adalah 10 universitas dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia.



1. Universitas Indonesia

Fakultas Psikologi di universitas yang satu ini memang terkenal karena keketatan ujian saringan masuknya. Tingkat kesulitan masuknya pun berbanding lurus dengan kualitas dan akreditasinya yang tidak diragukan lagi. Visi dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia adalah menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, pengembangan, dan penerapan Psikologi yang berorientasi pada psikologi perkotaan. Sebagai salah satu jurusan favorit, jumlah mahasiswa aktif di fakultas ini pun cukup  banyak. Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa laki-laki yang aktif berjumlah 177 orang dan mahasiswa perempuan aktif berjumlah 722 orang sehingga total mahasiswa aktifnya berjumlah 899 orang.

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia juga menawarkan program lintas kampus dengan Universitas Queensland di Australia melalui Program Kelas Internasional. Dalam program ini, mahasiswa menempuh studinya selama dua tahun di Indonesia dengan kurikulum yang telah diselaraskan. Selanjutnya, mereka akan meneruskan studinya selama dua tahun terakhir di Australia. Fakultas ini juga telah mengirimkan mahasiswa-mahasiswanya untuk menjadi mahasiswa internasional di Macquarie University, Australia, dan University of Foreigners of Perugia, Italia.


2. Universitas Gadjah Mada


Fakultas Psikologi di Universitas Gadjah Mada memiliki visi untuk menjadi Fakultas Psikologi berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa dan Pancasila. Fakultas yang resmi pada tanggal 19 Desember 1964 ini memiliki misi untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan Ilmu Psikologi serta pelestarian ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Sasaran dan program tahun 2012 hingga 2016 Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, yaitu menjadi Good Faculty Governance, mengembangkan budaya fakultas, mengintegrasi antarunit, melakukan penjaminan mutu, menguatkan unit stratejik/penguatan fungsi dan peran unit-unit stratejik (CPMH, Lab PAUD, UKP, CICP, UP4, UPAP), serta mengintegrasi SIT.

Di sini, mahasiswa sebagai unsur civitas akademika dalam perguruan tinggi didorong untuk mengembangkan dan mendewasakan dirinya agar menjadi manusia yang dapat mewujudkan masa depan bangsa dan negara lebih baik. Tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi mahasiswa diharapkan dapat beraktivitas dalam mengembangkan kepribadiannya agar menjadi pemimpin yang berkualitas di masa yang akan datang. Selain itu, mahasiswa juga dibina untuk mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan yang lebih menekankan academic exercises sehingga mahasiswa juga memiliki keterampilan memimpin dan berorganisasi.


3. Universitas Padjadjaran

Tidak seperti kebanyakan Fakultas Psikologi lainnya, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran menggunakan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai landasannya. Fakultas Psikologi ini didirikan pada tanggal 18 Agustus 1961 dan diresmikan pada tanggal 2 September di tahun yang sama. Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang menggunakan perilaku dan kejadian lain untuk memahami proses dalam diri manusia yang menyebabkan manusia dan anggota kelompok lain bertingkah laku. Sebagai penyelenggara pendidikan psikologi yang terkemuka di Indonesia, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran—selain melakukan pendidikan psikologi tentunya—juga bertujuan untuk mengembangkan ilmu dan metode yang dirasakan perlu untuk mengaplikasikan ilmu psikologi kepada masyarakat.

Fakultas berakreditasi A ini berupaya untuk mencetak lulusan-lulusannya menjadi ilmuwan-praktisi (scientist-practitioner) dalam bidang psikologi yang handal. Mahasiswa di fakultas ini akan mendalami konsep-konsep dasar psikologi (fungsi-fungsi psikologi, teori-teori kepribadian, psikologi perkembangan, dan psikologi sosial), pembelajaran tentang metode ilmiah psikologi dalam studi perilaku, dan penilaian untuk menjelaskan tingkah laku manusia. Untuk program Pascasarjana, fakultas yang terletak di Jatinangor ini menawarkan program Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi SDM, Psikologi Klinis (Dewasa dan Anak), Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Kerekayaan.


4. Universitas Pelita Harapan

Dengan enam konsentrasi pilihan (Pendidikan Psikologi, Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Perkembangan, serta Psikologi Konseling), Universitas Pelita Harapan memiliki tujuan menghasilkan profesional dengan integritas dan kemampuan dalam membuat kemajuan yang diperlukan di bidang psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan memberi mahasiswanya gambaran tentang studi dasar kontemporer dari psikologi dan bentuk aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan perspektif yang luas dalam bidang psikologi, kemampuan luar biasa untuk melakukan penelitian di bidang teknologi perilaku dan konseling, serta dedikasi yang tinggi dalam pelayanan kesehatan mental sesuai dengan profesionalisme.

Untuk mengoptimalkan proses belajar dan mengajar, mahasiswa akan diberi penjelasan langsung oleh dosen bergelar master dan doktor dari universitas terkemuka di Indonesia dan luar negeri serta tenaga profesional di bidang psikologi. Universitas Pelita Harapan memberikan fasilitas berupa laboratorium percobaan konseling, laboratorium kreativitas, laboratorium pengembangan, dan laboratorium psikologi yang dapat digunakan sebagai tempat workshop.



5. Universitas Airlangga

Mulai berdiri—sebagai Studi Penjajagan Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga—sejak 25 September 1981, fakultas ini memiliki visi menjadi salah satu Fakultas Psikologi yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, serta pelopor pengembang ilmu dan teknologi berbasis psikologi berdasarkan moral agama.

Fakultas yang terletak di Jalan Airlangga No. 4-6, Surabaya ini memiliki gedung tiga lantai. Selain itu, pihak fakultas menyiapkan berbagai fasilitas seperti ruang kuliah umum/aula—yang dapat menampung hingga tiga ratus orang—yang dilengkapi dengan sound system, proyektor, LCD, komputer, dan penyejuk ruangan. 

Fasilitas lainnya yaitu laboratorium psikologi yang dilengkapi dengan alat tes/diagnostik modern berupa alat tes kemampuan intelegensi (WAIS, WISC, APM, CPM, SPM, IST, CFIT, WPPSI, Stanford-Binet),  alat tes untuk mengungkap minat dan bakat (DAT, GATB, FACT,Kuder, RMIB), dan alat tes pengungkap kepribadian (Rorscahch, CAT’TAT, SSCT, Wartegg, EPPS, 16 PF, Pauli/Kraeplin). 

Laboratorium lainnya yaitu laboratorium statistika dan eksperimen yang terdiri dari 40 unit komputer dengan perangkat lunak untuk perhitungan statistika dan bebas dipergunakan oleh tiap mahasiswa; ruang belajar S2/S3; ruang Pusat Media Pembelajaran Mandiri (PMPM), ruang santai yang dilengkapi sarana multimedia audio/video mini theatre; serta Wi-fi hotspot di seluruh gedung fakultas.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 5 Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia
5 Universitas Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpawSe9gGVWQ4_OAix7AUORvMYVWw73OwhCnCfF2OTAiyeDqgUij2SkmFtqD83WGPbfyTNulTroJk5pu4fnzAPFA1DoQ18OA6qpJphVvdCyD64Cczm9suRCE6DVXt0A1emBsk_Hnl3SRQ/s1600/Snap+2014-08-21+at+12.09.29.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpawSe9gGVWQ4_OAix7AUORvMYVWw73OwhCnCfF2OTAiyeDqgUij2SkmFtqD83WGPbfyTNulTroJk5pu4fnzAPFA1DoQ18OA6qpJphVvdCyD64Cczm9suRCE6DVXt0A1emBsk_Hnl3SRQ/s72-c/Snap+2014-08-21+at+12.09.29.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/5-universitas-dengan-jurusan-psikologi.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/5-universitas-dengan-jurusan-psikologi.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy