Artikel Terbaru

6 Jurusan Paling Diminati di Universitas Palembang

Universitas Palembang merupakan salah satu universitas swasta di Palembang, yang didirikan pada tahun 1982. Kampus ini terletak di wilayah strategis yaitu di Bukit Lama Palembang. Lokasi kampus sangat dekat dengan Bukit Siguntang, Jembatan Musi 2, dan Griya Agung-Istana Gubernur Sumatra Selatan. Jika Kamu ingin melanjutkan pendidikan di kampus ini, berikut ulasan tentang beberapa jurusan di Universitas Palembang ini.

ind
1. Manajemen Perusahaan


Ilmu Manajemen perusahaan ini merupakan program studi dari Fakultas Ekonomi. Jurusan ini dibagi menjadi 3 konsentrasi, yaitu konsentrasi SDM , Konsentrasi Pemasaran, dan Konsentrasi Keuangan. Fakultas ekonomi Unpal ini memiliki visi, yaitu ‘menjadi fakultas ekonomi yang unggul dan berwawasan entrepreneur dalam mendukung pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi’. Sedangkan misi secara umum dari fakultas ini adalah: ‘melakukan proses pembelajaran, pengembangan dan peningkatan sumber daya pembelajaran , serta melakukan kegiatan keorganisasian dan kemahasiswaan’. Program studi ini juga memiliki tujuan, yakni menghasilkan lulusan yang handal di bidang ekonomi khususnya bidang manajemen perusahaan. Fakultas dan program studi ini telah mendapatkan status Terdaftar pada tahun 1985. 


2. Ilmu Hukum

Program studi dengan jenjang S1 ini merupakan satu-satunya program studi dari Fakultas Hukum di kampus Unpal. Program studi ini memiliki 3 aktivitas laboratorium, yaitu:
- Menyelenggarakan pendidikan dan latihan kemahiran hokum
- Menerbitkan majalah ilmiah yang berjudul ‘SOLUSI’
- Menjalin kerjasama dengan instansi lain

Hukum sendiri adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan dalam rangkaian kekuasaan kelembagaan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan tindakan. Hukum dapat dibagi menjadi beberapa bidang, antara lain : hukum pidana/hukum publik, hukum perdata/ hukum pribadi, hukum acara, hukum tata Negara, hukum administrasi negara / hukum tata usaha negara, hukum internasional, hukum adat, hukum agraria, hukum bisnis dan hukum lingkungan. Kamu berminat untuk mempelajari ilmu ini lebih lanjut? Pilihlah Fakultas Hukum dengan Program Studi Ilmu Hukum, tentu nya di Universitas Palembang.


3. Budi Daya Pertanian

Jurusan atau program studi yang satu ini merupakan cabang dari Fakultas Pertanian. Pertanian adalah serangkaian aktivitas yang mengubah lingkungan untuk produksi hewan dan tumbuhan agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. Ilmu ini mencakup budidaya tumbuhan dan hewan baik di darat maupun di laut. Ilmu pertanian bertujuan untuk memberi makan pupulasi dunia sambil mencegah masalah keamanan hayati yang mampu mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan. Hal ini membutuhkan manajemen yang baik terhadap sumber daya alam dan menghargai lingkungan. 


4. Hama dan Penyakit Tumbuhan

Jurusan selanjutnya yang masih merupakan cabang dari Fakultas Pertanian. Ilmu ini khusus mempelajari tentang hama dan penyakit pada tumbuhan. Hama adalah organisme yang dianggap merugikan dan tak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari manusia. Walaupun dapat digunakan untuk semua organisme, dalam praktik istilah ini paling sering dipakai hanya kepada hewan. Tetapi dalam pertanian hama adalah organisme pengganggu tanaman yang menimbulkan kerusakan secara fisik, yang di dalamnya adalah semua hewan yang menyebabkan kerugian dalam pertanian. Beberapa contoh hama yang dapat menganggu pertanian antara lain, tikus, babi hutan, ulat, wereng dan masih banyak lain. 

Selain mempelajari tentang hama yang merusak pertanian, ilmu ini pun juga mempelajari tentang penyakit pada tumbuhan. Studi ilmu penyakit tumbuhan meliputi studi tentang penyebab penyakit, interaksi antara penyebab penyakit tumbuhan inang dan lingkungan dan studi tentang fisiologi tanaman sakit. Berdasarkan penyebabnya, penyakit pada tumbuhan dikelompokkan dalam : penyakit yang disebabkan oleh penyebab non hidup (abiotik) penyakit ini bersifat tidak menular,  dan penyakit yang disebabkan oleh penyebab hidup (biotik) bersifat menular. Penyebab penyakit dari abiotik adalah kekurangan unsur hara, suhu yang tidak stabil, pencemaran /polusi. Sedangkan penyakit tumbuhan biotik antara lain, jamur(fungi), bakteri, fitoplasma, virus, dan tumbuhan parasit. 
Ingin tahu pembahasan lebih lanjut dari ilmu ini? Maka pilihlah Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian di Universitas Palembang

5. Teknik Sipil

Ilmu teknik sipil tentu saja terdapat di Fakultas Teknik. Ilmu Teknik Sipil merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi, yang disini tidak hanya berlaku untuk gedung dan infrastruktur saja, tetapi juga termasuk lingkungan untuk kemakmuran manusia. Ilmu teknik sipil memiliki beberapa cabang, antara lain : 
- Struktural : mempelajari tentang masalah structural dari materi yang digunakan untuk pembangunan
- Geoteknik : mempelajari struktur dan sifat macam-macam tanah dan bebatuan dalam menopang suatu bangunan di atasnya.
- Manajemen konstruksi : mempelajari masalah dalam proyek konstruksi .
- Hidrologi : mempelajari tentang permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan.
- Transportasi : mempelajari tentang system transportasi dalam pelaksanaan dan perencanaannya
- Informatika teknik sipil : mempelajari tentang penerapan komputer untuk perhitungan / permodalan sebuah sistem dalam proyek pembangunan atau penelitian.



6. Teknik Elektro

Untuk jurusan terakhir ini masih merupakan program studi dari Fakultas Teknik, yakni Teknik Elektro. Teknik Elektro adalah satu bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang aplikasi-aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ilmu ini melibatkan konsep, perancangan, pengembangan dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Lulusan dari program studi ini akan menjadi seorang insinyur listrik yang professional yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia komputer, laser, penjelajahan angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik. Ada 2 kegunaan utama dari kelistrikan, antara lain : sarana untuk mengirimkan daya listrik dari suatu tempat ke tempat yang lain, dan sebagai sarana untuk mengirimkan informasi.


Di dalam kehidupan sehari-hari listrik memegang peranan yang begitu penting. Bisa dibayangkan seandainya di dunia ini tidak ada listrik, maka kita akan hidup dalam kegelapan. Tidak ada lampu, televisi, bahkan semua alat komunikasi pun tetap membutuhkan listrik. Mengingat betapa pentingnya peranan listrik di dalam hidup kita, maka adanya insinyur listrik akan sangat bermanfaat bagi orang banyak. 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top