7 Kuliner Lezat Khas Bangka Belitung

Berbicara seputar kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Berbagai cita rasa makanan ada di sini, baik yang manis sampai pedas, mulai yang diolah dengan dibakar sampai yang diolah dengan cara diasap, dari yang berkuah sampai yang berminyak, semuanya ada.

image credit
Salah satu daerah yang tidak dapat ditinggalkan di buku kuliner Anda adalah Bangka Belitung. Daerah yang bertajuk ‘Laskar Pelangi’ ini terkenal dengan pesisir indahnya yang dihiasi batu halus yang artistik yang menjadi ciri khas daerahnya. Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari 2 pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik. Total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah, sedangkan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Berlokasi di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. 


Selain keindahan berbagai tujuan wisata yang ada di Bangka Belitung, hal lain yang perlu anda lirik untuk tidak dilewatkan adalah kulinernya. Berikut merupakan 7 Makanan Lezat yang perlu anda coba ketika anda berkunjung ke Bangka Belitung:


1. Lempah

Merupakan masakan berkuah yang biasanya berbahan dasar makanan laut atau daging sapi yang dibumbui rempah-rempah yang beraroma kuat. Dalam bahasa Belitung lempah disebut gangan. Mengenai kuliner Lempah, biasanya masyarakat Bangka Belitung menyajikanya dengan beragam jenis dan bahan. Salah satu jenis Lempah adalah Lempah Kuning, dinamai demikian karena Lempah jenis ini berbahan dasar nanas yang di iris-iris dan disajikan dengan kuah kuning kunyit. 

Selain itu, Lempah jenis lain juga memiliki bahan bahan yang tidak kalah unik yakni Lempah Darat. Lempah darat memadukan sayuran dengan kacang-kacangan seperti kacang kedelai. Lempah jenis lain yang bisa kita jumpai yaitu Lempah Kulat yang berbahan dasar Jamur.


2. Rusip 

Bangka Belitung memiliki suatu makanan unik dengan rasa yang unik. Makanan tersebut adalah Rusip. Makanan ini dapat dikatakan sebagai makanan yang mencerminkan perkawinan antara budaya Belitung dengan budaya Jawa. Dikatakan demikian karena makanan ini selain meggunakan ciri khas Bangka Belitung, ternyata juga berbahan baku khas Jawa yakni Gula Jawa.

Makanan ini tergolong unik karena dalam prosesnya membutuhkan waktu lama untuk melakukan proses fermentasi. Ikan Teri sebagai bahan baku utama akan dimasukan ke dalam pot atau guci dalam proses fermentasi tersebut. setelah itu dalam proses selanjutnya akan dicampur dengan Gula Jawa.


3. Kecalo

Makanan yang satu ini mungkin hampir sama dengan rebon abon. Dengan berbahan dasar udang yang difermentasikan dengan ditambahkan garam, membuat kuliner yang satu ini berasa asin gurih. Kecalo biasanya ditambahkan sebagai bumbu saat membuat telur kocok dan juga bisa digunakan sebagai pelengkap berbagai kuliner.


4. Balacan

Merupakan sejenis pasta ikan atau udang fermentasi yang dipadatkan dan memiliki bau khas yang agak menusuk. Belacan dijadikan bumbu untuk banyak masakan lain. Sambal ini dibuat dengan cara memanggang terasi tersebut terlebih dahulu. Kemudian terasi yang sudah dipanggang dimasukkan ke lumpang atau ulekan dan dimasukkan beberapa cabe kecil dan cabe besar, bawang, gula, dan garam secukupnya. Kemudian bahan-bahan tersebut diulek atau dilumatkan menjadi satu hingga halus dan tercampur rata. Yang membuat khas-nya disini, selain terasinya adalah dengan dicampurkannya dengan perasan jeruk kunci, yaitu jeruk yang sangat asam atau biasa disebut juga dengan jeruk sambal atau jeruk calong. Sensasi asam dari jeruk kunci yang beda, manis, pedes, asin, dan gurih akan terasa ketika mencocolkan lalapan atau kemplang ke sambel belacan ini.


5. Pantiaw

Pantiau merupakan salah satu makanan berkuah khas Bangka Belitung yang sayang jika dilewatkan. Dengan suiran ikan makanan ini terasa sangat nikmat, dipadu dengan kuah ragam rasa dari bawang, seledri dan bumbu-bumbu lainnya, membuat makanan ini terasa akrab di lidah masyarakat dan bagi yang telah pernah mencoba akan merasa kangen untuk mencoba lagi. Rasa yang tergambar di Pantiau adalah pedas gurih manis. Masakan yang satu ini bisa juga ditambah bakso maupun mie sebagai pelengkap yang mempernikmat dan semakin menambah sensasinya. Secara keseluruhan makanan ini hampir sama dengan sup ikan, cap cay, soto, dan kuliner berkuah lainnya. Bagi anda yang suka makanan-makanan tersebut, maka anda wajib juga mencoba Pantiaw jika anda mampir ke Bangka Belitung.


6. Lakso

Kuliner yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai di rumah menikmati sajian televisi. Makanan ini hampir sama dengan mie bakso dengan tekstur kenyal dan dibentuk seperti mie berwarna putih ditambahi kuah santan yang guris yang akan sangat memanjakan lidah anda. Bahan utamanya merupakan tepung beras dengan kekenyalannya, dan rasa kuah yang gurih membuat makanan ini juga bisa ditambahi abon udang, kerupuk, sosis dan teman makan lainnya.


7. Kericu

Kericu merupakan salah satu kuliner sea food yang cukup enak. Tidak hanya enak, kericu juga merupakan makanan dengan gizi tinggi. Makanan ini berbentuk lonjong kering sebagai camilan seperti kerupuk. Makanan ini berbahan utama telur cumi-cumi dan sagu. Cara pembuatan kuliner ini adalah telur cumi-cumi dihaluskan sampai lembut. Adonan telur cumi-cumi yang sudah lembut kemudian ditambah tepung sagu (tapioka). Setelah itu, adonan ditambahi bumbu lainnya seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, serta bumbu-bumbu lainnya. Setelah adonan dibentuk lonjong-lonjong dengan masing-masing ujung runcing, maka adonanpun siap di masak.

Cara memasak kuliner yang renyah ini ialah dengan digoreng sampai kering. Agar makanan ini menjadi awet, anda bisa menaruh makanan ini diwadah tertutup. Makanan ini dapat anda jumpai di tempat-tempat yang menyediakan oleh-oleh kuliner Bangka Belitung.



Demikian merupakan tujuh makanan khas yang patut anda coba jika anda mampir ke Bangka Belitung. Sebagian makan bahkan bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh seperti Kalaco maupun Kericu. Makanan-makanan ini tentunya menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang kaya akan ragam budaya dan sumber daya alamnya yang patut untuk terus dijaga dan dilestarikan, seiring banyaknya makanan import yang simpel dan murah, yang namun tidak jarang memiliki dampak buruk pada kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang. 
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.