Artikel Terbaru

7 Makanan Lezat dari Riau

Berbincang mengenai kuliner, rasanya Indonesia memiliki beragam menu istimewa yang tak ada habisnya. Dari Sabang sampai merauke terseji dalam sudut pesisir makanan khas lautan nusantara, dari kedalaman hutan tersaji resep rempah yang berlimpah, dan dari tingginya gunung tersaji berbagai sayuran dan hasil tanam yang segar. Dengan kekayaan ini, Indonesia menjadi Negara dengan warna-warni rasa di tiap daerahnya. Salah satu daerah yang perlu anda catat sebagai destinasi wisata kuliner adalah Riau.



Riau adalah sebuah provinsi  yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Hingga tahun 2004, provinsi ini juga meliputi Kepulauan Riau, sekelompok besar pulau-pulau kecil (pulau-pulau utamanya antara lain Pulau Batam dan Pulau Bintan) yang terletak di sebelah timur Sumatera dan sebelah selatan Singapura. Kepulauan ini dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada Juli 2004. Ibu kota dan kota terbesar Riau adalah Pekanbaru. Kota besar lainnya antara lain Dumai, Selat Panjang, Bagansiapiapi, Bengkalis, Bangkinang dan Rengat. Mengenai kuliner khasnya, di bawah ini merupakan beberapa menu yang patut untuk anda coba jika berkunjung ke Riau:


1.    Gulai Ikan Patin


Di Riau terdapat beberapa sungai seperti Siak, Rokan, Kampar dan Indragiri yang mengapit kota Pekan Baru. Hal ini mengakibatkan suplai ikan patin di Riau tergolong sangat memenuhi kebutuhan. Ikan patin dapat diolah dengan beragam menu, salah satunya adalah Gulai ikan patin. Gulai ini terasa nikmat dengan kuah kuning yang beraroma harum dengan bumbu-bumbu rempah ditambah bawang yang sedap, dicampur dan diolah hingga kental dan setelah itu kuah yang telah kental dengan aroma menggugah disiramkan melumuri ikan patin yang telah di masak bumbu untuk kemudian disantap sebagai hidangan yang memanjakan lidah anda. Berikut merupakan bahan-bahan yang perlu anda siapkan:

1 Kg ikan Patin
1 ons belimbing wuluh
1 sd teh garam
Penyedap rasa secukupnya
2 sd makan minyak goreng
1 buah tomat iris
1 lembar daun kunyit
3 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas memarkan
1 batang serai
air 2 gelas


Bumbu-Bumbu :
1 ons cabe merah
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
2 Ikan Selais Asap

Ikan selan merupakan salah satu ikan khas Riau. Jumlahnya yang terbatas membuat makanan ini terasa istimewa. Untuk menghasilkan masakan ikan Selais, biasanya masyarakat Riau mengolahnya dengan proses pengasapan. Pengasapan dilakukan dalam jangka waktu sekitar delapan jam. Selain diasapi, salah satu cara lain untuk mengolah ikan yang satu ini adalah dengan dibakar kecap, dengan selalu diolesi minyak dan kecap dalam proses pembakaran dengan disajikan ber taburkan bawang merah dancabai iris, kerenyahan kuliner ini akan membuat lidah anda termanjakan. Mengenai Ikan selai Asap, biasanya disajikan dengan sambal merah pedas yang tentunya akan membuat anda berkeringat.


2.    Asam Pedas Baung

Baung adalah nama segolongan ikan yang termasuk ke dalam marga Hemibagrus, suku Bagridae. Ikan yang menyebar luas di India,Cina selatan dan Asia Tenggara. Di Riau baung biasanya dijadikan santapan nan nikmat berkuah. Santapan berkuah ikan baung ini biasa disebut Asam Pedas Baung. Dengan rasa ikan baung yang gurih dengan tekstur lembut di lidah dan dipadukan rasa kuah yang beraroma nikmat kaya bumbu, makanan ini terasa sangat istimewa. Bagi anda yang ingin mengetahui bahan dan bumbu Asam pedas Baung, berikut merupakan daftar yang perlu anda catat:

•    1 kg ikan baung. Jika tidak tersedia maka ikan baung juga bisa diganti dengan ikan patin. Bersihkan organ dalam ikan dan potong-potong menjadi 5 bagian. Cuci bersih lalu sisihkan.
•    1 liter air
•    1 tangkai serai yang dimemarkan
•    1 lembar daun kunyit
•    3 buah asam kandis


Bahan bumbu halus:
•    3 cm lengkuas
•    2 cm jahe
•    2 cm kunyit
•    10 buah cabe merah
•    5 butir bawang merah
•    ½ sdm garam


 
3.    Es Laksamana Mengamuk

Es ini merupakan es buah yang perlu anda coba. Buah yang digunakan dalam pembuatannya adalah buah kuini. Merupakan buah berwarna kuning yang ketika dicincang akan mirip bentuknya seperti buah nangka. Buah kuini yang sudah dicincang kemudian dimasukan kedalam mangkuk, dituangi susu, santan, gula dan jika mau bisa ditambah dengan sirup. Terakhir, es yang telah diparut dimasukan menggunung dan jadilah minuman segar yang menyejukan dahaga.

Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang menggunakan buah kuini sebagai bahan utama. Konon, keberadaan minuman ini berawal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini. Laksamana tersebut mengamuk lantaran istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini tersebut. Sang laksamana menebas-nebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya ini. Usai sang laksamana menuntaskan kemarahannya dan pulang, orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang dan terhampar di rumput. Pada awalnya, orang-orang tersebut bingung, akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut. Hingga salah seorang wantia, mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan air santan dan gula merah. Jadilah minuman segar, yang pada waktu itu, langsung dinikmati oleh orang sekampung.


4.    Roti Canai

Roti yang empuk ini dibuat dengan cara diputar dan ketika telah tipis kemudian dilipat dan dibakar sehingga mengakibatkan tekstur renyah di luar namun lumer di dalam, waaaa,, Enak banget tentunya. Roti ini biasa disajikan dengan dicocolkan ke kari daging. Rasa gurih berpadu manis ini cocok untuk sarapan atau teman saat bersantai baik di dalam maupun di luar rumah.


5.    Mie Sagu
Mie sagu adalah kuliner selingan makanan khas masyarakat di Riau khususnya masyarakat Selat Panjang, di Pulau Tebing Tinggi dan sekitarnya, Kab. Kepulauan Meranti (pecahan Kab. Bengkalis), Provinsi Riau, Indonesia. Mie ini sebagaimana namanya berhan sagu, berbeda dengan mie lainnya yang berbahan tepung kanji dan mentega. Dengan bahan yang berbeda ini, rasanya anda perlu mencoba untuk mencicipinya.



6.    Sup Tunjang

Sup tunjang merupakan makanan khas riau yang tentunya perlu anda ketahui. Sup ini berbahan dasar tulang sapi yang masih dibalut dengan dagingnya yang direbus hingga teksturnya lembut dan kemudian dibumbui dengan rempah dan bawang, seledri dan bahan-bahan lain yang membuat aromanya semakin juara. Sumsum tulang yang turut serta dalam proses pemasakan manambah gurih pada masakan ini dan juga menambah aroma semakin menggugah selera.


Demikian tujuh kuliner yang patut anda coba ketika anda berkunjung ke Riau, mulai dari Gulai, Roti Canai, Hingga Sup Tunjang. Jika anda berkunjung ke Riau, jangan segan-segan untuk berhenti sejenak untuk mencicipinya.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top