9 Fakultas Pertanian Terbaik di Dunia

Indonesia merupakan salah satu negara agraris di ASEAN yang telah dikenal, di mana sudah barang tentu rakyatnya banyak yang berkerja di bidang pertanian. Berbagai program pendidikan yang berhubungan dengan bidang pertanianpun telah banyak dan tersebar luas di berbagai universitas di Indonesia. Lulusan dari pendidikan di bidang pertanian tampaknya juga akan semakin dibutuhkan, mengingat semakin diperlukannya masyarakat untuk lebih mengembangkan Sumber Daya Alam dan hal-hal lain di bidang pertanian dan lingkungan. Selain dalam negeri, program studi ini pada kenyataannya juga banyak dimiliki oleh kampus yang berada di luar negeri. Kamu tertarik ingin mengetahui atau menjadi salah satu pemilik program studi pertanian tingkat internasional? Berikut  9 universitas terbaik di dunia di bidang pertanian :



1. UC Davis, College of Agriculture and Environmental Sciences

UC Davis College of Agriculture and Environmental Sciences, atau di dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Sekolah Pertanian dan Ilmu Lingkungan adalah salah satu lembaga pendidikan di bidang pertanian dan lingkungan di bawah University of California, Davis yang berlokasi di Amerika Serikat. Sekolah ini merupakan sekolah terbaik di bidang pertanian dan kehutanan. Memiliki tujuan untuk dunia yang lebih baik, peningkatan standar hidup dan hidup yang lebih sehat, Sekolah Pertanian dan Ilmu Lingkungan yang berdiri pada tahun 1922 ini mengoptimalkan pendidikan di bidang penelitian. Di bawah sekolah ini masih dipecah menjadi 2 bagian, yaitu bagian pertanian dengan jurusan seperti Entomologi, Nematologi, Ilmu Hewan, Agronomi dan Ilmu Jarak, dan lain-lain serta di bagian lingkungan terdapat jurusan seperti Ilmu dan Aturan Alam, Arsitektur Lanskap dan lainnya. 


2. Wageningen University and Research Centre 

Wageningen UR adalah universitas yang menyelenggarakan pendidikan sarjana, master hingga doktoral di bidang ilmu hayati yang lebih terkonsentrasi di penelitian. Lebih jauh lagi, penelitian di Wageningen UR ini mendalami permasalahan sosial, saintifik dan komersial mengenai ilmu dan Sumber Daya Alam. Wageningen UR menampung setidaknya 10 ribu mahasiswa yang tersebar di 100 negara. Universitas ini adalah universitas pertama di Belanda yang menggunakan label ECTS yang merupakan jaminan dari European Commission untuk jaminan kualitas pendidikan. Ada sekitar 10 lembaga penelitian yang merupakan bagian dari Wageningen UR. Di tingkat sarjana, terdapat beberapa cabang yaitu Alam dan Lingkungan, Teknologi, Sosial Ekonomi, Kesehatan dan Hewan dan Tumbuhan. Alumni dari kampus ini ada yang menjadi akademisi, botanis, menteri dan lainnya.


3. College of Agriculture and Social Science, Cornell University 

Dengan sekitar 3100 mahasiswa tingkat sarjana dan 1000 mahasiswa pascasarjana, College of Agriculture and Social Science atau biasa disingkat CALS yang merupakan bagian dari Cornell University merupakan sekolah tinggi terbesar ke-3 di Amerika Serikat dan ke-2 terbesar di Cornell. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah pertanian yang tergabung di Ivy League, dan program bisnisnya merupakan satu dari tiga sekolah Ivy League yang terakreditasi oleh Association to Advance Collegiate Schools of Business atau AACSB. Cornell University memiliki The Cornell University Esbaran Amazon Field Laboratory yang baru diresmikan tahun 2001. Laboratorium ini merupakan fasilitas penilitan yang dibangun dengan kerjasama dengan Amazon Yarapa River Lodge. Laboratorium ini terletak di hutan hujan Amazon yang terletak di bantaran sungai Yarapa. Alumni dari kampus ini ada yang bekerja sebagai botanis ataupun bidang lain yang kebanyakan berkarir di bidang pertanian.


4. University of Wisconsin – Madison College of Agriculture and Life Science

Sekolah Pertanian dan Ilmu Hayati yang merupakan bagian dari Universitas Wisconsin – Madison ini memiliki lebih dari 2000 mahasiswa sarjana dan lebih dari 1000 mahasiswa pascasarjana. Universitas yang berdiri pada tahun 1889 memiliki 25 bidang studi meliputi Ekonomi Terapan, Pertanian, Biokimia, Biologi an sebagainya. Sekolah ini setiap tahun melakukan lebih dari 6000 peneliitian seputar tantangan mendasar terhadap ilmu pengetahuan untuk mengatasi masalah dan memaksimalkan peluang yang ada di Peternakan dan Bisnis Wisconsin. Sekolah ini juga menjalankan 12 tempat penelitian berskala nasional dengan 65 ribu are tanah yang digunakan untuk penelitian. Beberapa peraih Penghargaan Nobel juga punya hubungan dengan CALS Universitas Wisconsin – Madison. 


5. Texas A&M University, College of Agriculture and Life Science 

Dahulu sekolah ini bernama Agricurtural and Mechanical College of Texas pada tahun 18766. Sekolah ini saat ini merupakan yang terdepan di berbagai disiplin ilmu dengan berbagai pengalaman di bidang agronomi dan ilmu hewan sampai ke program yang baru seperti ilmu jarak dan forensik. Para dosen disini telah melakukan penelitian di bidang-bidang seperti bensin di masa depan, membuka kunci misteri gen untuk menyembuhkan penyakit dan memastikan keamanan, nilai nutrisi dan lain-lainnya. Sekolah ini memiliki sekitar 7200 mahasiswa di tingkat sarjana dan pascasarjana. Sekolah ini juga memiliki lebih dari 400 dosen. Ternyata, melalui College of Agriculture and Liife Science, Texas A&M University ini telah meluluskan sarjana terbanyak di bidang pertanian dan sekitarnya. Alumni dari sekolah ini banyak yang menjadi pemimpin di bidang industri, pemerintahan, bisnis dan bidang non-profit di seluruh dunia. 


6. Purdue University College of Agriculture 

Purdue University College of Agriculture yang berlokasi di Amerika Serikat ini merupakan salah satu kampus terbaik duni di bidang makanan, hayati, pertanian dan juga Ilmu Sumber Daya Alam. Sekolah Pertanian Universitas Purdue memiliki beberapa program untuk menunjang pendidikan mahasiswa seperti :

- Purdue Agriculture’s Office of Academic Programs yang akan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pimpinan di bidang makanan, hayati, pertanian dan juga ilmu Sumber Daya Alam.
- Agricultural Research at Purdue yang bertujuan untuk membuat pertanian menjadi lebih bermanfaat, khususnya untuk masyarakat Indiana, Amerika Serikat bahkan dunia.
- The College of Agriculture’s International Programs in Agriculture yang mengkombinasikan pendidikan dan organisasi di tingkat dunia untuk membantu mengembangkan Sumber Daya Alam, pertanian dan sistem makanan.
Lalu masih ada lagi program-program penunjang mahasiswa di Purdue University College of Agriculture, yang hampir semuanya bertujuan untuk meningkatkan penggunaan pertanian untuk kemudahan hidup manusia. 


7. School of Agricultures and Food Science, University of Queensland 

Di School of Agricultures and Food Science, yang berada di bawah University of Queensland merupakan sekolah yang fokus di disiplin ilmu seputar Agribisnis, Ilmu Hewan, Ilmu Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Makanan dan Ilmu Kehidupan Alam.

8. College of Agricultural Science, Oregon State University 

Sekolah ini merupakan sekolah utama dibawah Oregon State University dalam pendidikan dibidang pertanian, sistem pangan, kualitas lingkungan, Sumber Daya Alam dan kehidupan alam. Penelitian di kampus ini mendorong mahasiswa untuk mampu menyelesaikan masalah dan membangun pengetahuan sebagai dasar untuk masa depan. Mahasiswa dan dosen disini tidak sedikit yang menerima penghargaan di bidang pertanian.



9. College of Agricultural Science, Pennsylvania State University 

College of Agricultural Science merupakan salah satu fakultas di Pennsylvania State University dengan 12 program pendidikan. Ini merupakan salah satu lembaga pendidikan dan penelitian terbaik di Amerika Serikat. Salah satu prestasi dari sekolah ini adalah melakukan penelitan Colony Collapse Disorder yang menjadi jalan bagi sekolah ini untuk mendapat suntikan dana sebesar 100 ribu dolar AS.
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.