9 Fakultas Pertanian Terbaik di Dunia

Indonesia merupakan salah satu negara agraris di ASEAN yang telah dikenal, di mana sudah barang tentu rakyatnya banyak yang berkerja di bid...

Indonesia merupakan salah satu negara agraris di ASEAN yang telah dikenal, di mana sudah barang tentu rakyatnya banyak yang berkerja di bidang pertanian. Berbagai program pendidikan yang berhubungan dengan bidang pertanianpun telah banyak dan tersebar luas di berbagai universitas di Indonesia. Lulusan dari pendidikan di bidang pertanian tampaknya juga akan semakin dibutuhkan, mengingat semakin diperlukannya masyarakat untuk lebih mengembangkan Sumber Daya Alam dan hal-hal lain di bidang pertanian dan lingkungan. Selain dalam negeri, program studi ini pada kenyataannya juga banyak dimiliki oleh kampus yang berada di luar negeri. Kamu tertarik ingin mengetahui atau menjadi salah satu pemilik program studi pertanian tingkat internasional? Berikut  9 universitas terbaik di dunia di bidang pertanian :



1. UC Davis, College of Agriculture and Environmental Sciences

UC Davis College of Agriculture and Environmental Sciences, atau di dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Sekolah Pertanian dan Ilmu Lingkungan adalah salah satu lembaga pendidikan di bidang pertanian dan lingkungan di bawah University of California, Davis yang berlokasi di Amerika Serikat. Sekolah ini merupakan sekolah terbaik di bidang pertanian dan kehutanan. Memiliki tujuan untuk dunia yang lebih baik, peningkatan standar hidup dan hidup yang lebih sehat, Sekolah Pertanian dan Ilmu Lingkungan yang berdiri pada tahun 1922 ini mengoptimalkan pendidikan di bidang penelitian. Di bawah sekolah ini masih dipecah menjadi 2 bagian, yaitu bagian pertanian dengan jurusan seperti Entomologi, Nematologi, Ilmu Hewan, Agronomi dan Ilmu Jarak, dan lain-lain serta di bagian lingkungan terdapat jurusan seperti Ilmu dan Aturan Alam, Arsitektur Lanskap dan lainnya. 


2. Wageningen University and Research Centre 

Wageningen UR adalah universitas yang menyelenggarakan pendidikan sarjana, master hingga doktoral di bidang ilmu hayati yang lebih terkonsentrasi di penelitian. Lebih jauh lagi, penelitian di Wageningen UR ini mendalami permasalahan sosial, saintifik dan komersial mengenai ilmu dan Sumber Daya Alam. Wageningen UR menampung setidaknya 10 ribu mahasiswa yang tersebar di 100 negara. Universitas ini adalah universitas pertama di Belanda yang menggunakan label ECTS yang merupakan jaminan dari European Commission untuk jaminan kualitas pendidikan. Ada sekitar 10 lembaga penelitian yang merupakan bagian dari Wageningen UR. Di tingkat sarjana, terdapat beberapa cabang yaitu Alam dan Lingkungan, Teknologi, Sosial Ekonomi, Kesehatan dan Hewan dan Tumbuhan. Alumni dari kampus ini ada yang menjadi akademisi, botanis, menteri dan lainnya.


3. College of Agriculture and Social Science, Cornell University 

Dengan sekitar 3100 mahasiswa tingkat sarjana dan 1000 mahasiswa pascasarjana, College of Agriculture and Social Science atau biasa disingkat CALS yang merupakan bagian dari Cornell University merupakan sekolah tinggi terbesar ke-3 di Amerika Serikat dan ke-2 terbesar di Cornell. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah pertanian yang tergabung di Ivy League, dan program bisnisnya merupakan satu dari tiga sekolah Ivy League yang terakreditasi oleh Association to Advance Collegiate Schools of Business atau AACSB. Cornell University memiliki The Cornell University Esbaran Amazon Field Laboratory yang baru diresmikan tahun 2001. Laboratorium ini merupakan fasilitas penilitan yang dibangun dengan kerjasama dengan Amazon Yarapa River Lodge. Laboratorium ini terletak di hutan hujan Amazon yang terletak di bantaran sungai Yarapa. Alumni dari kampus ini ada yang bekerja sebagai botanis ataupun bidang lain yang kebanyakan berkarir di bidang pertanian.


4. University of Wisconsin – Madison College of Agriculture and Life Science

Sekolah Pertanian dan Ilmu Hayati yang merupakan bagian dari Universitas Wisconsin – Madison ini memiliki lebih dari 2000 mahasiswa sarjana dan lebih dari 1000 mahasiswa pascasarjana. Universitas yang berdiri pada tahun 1889 memiliki 25 bidang studi meliputi Ekonomi Terapan, Pertanian, Biokimia, Biologi an sebagainya. Sekolah ini setiap tahun melakukan lebih dari 6000 peneliitian seputar tantangan mendasar terhadap ilmu pengetahuan untuk mengatasi masalah dan memaksimalkan peluang yang ada di Peternakan dan Bisnis Wisconsin. Sekolah ini juga menjalankan 12 tempat penelitian berskala nasional dengan 65 ribu are tanah yang digunakan untuk penelitian. Beberapa peraih Penghargaan Nobel juga punya hubungan dengan CALS Universitas Wisconsin – Madison. 


5. Texas A&M University, College of Agriculture and Life Science 

Dahulu sekolah ini bernama Agricurtural and Mechanical College of Texas pada tahun 18766. Sekolah ini saat ini merupakan yang terdepan di berbagai disiplin ilmu dengan berbagai pengalaman di bidang agronomi dan ilmu hewan sampai ke program yang baru seperti ilmu jarak dan forensik. Para dosen disini telah melakukan penelitian di bidang-bidang seperti bensin di masa depan, membuka kunci misteri gen untuk menyembuhkan penyakit dan memastikan keamanan, nilai nutrisi dan lain-lainnya. Sekolah ini memiliki sekitar 7200 mahasiswa di tingkat sarjana dan pascasarjana. Sekolah ini juga memiliki lebih dari 400 dosen. Ternyata, melalui College of Agriculture and Liife Science, Texas A&M University ini telah meluluskan sarjana terbanyak di bidang pertanian dan sekitarnya. Alumni dari sekolah ini banyak yang menjadi pemimpin di bidang industri, pemerintahan, bisnis dan bidang non-profit di seluruh dunia. 


6. Purdue University College of Agriculture 

Purdue University College of Agriculture yang berlokasi di Amerika Serikat ini merupakan salah satu kampus terbaik duni di bidang makanan, hayati, pertanian dan juga Ilmu Sumber Daya Alam. Sekolah Pertanian Universitas Purdue memiliki beberapa program untuk menunjang pendidikan mahasiswa seperti :

- Purdue Agriculture’s Office of Academic Programs yang akan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pimpinan di bidang makanan, hayati, pertanian dan juga ilmu Sumber Daya Alam.
- Agricultural Research at Purdue yang bertujuan untuk membuat pertanian menjadi lebih bermanfaat, khususnya untuk masyarakat Indiana, Amerika Serikat bahkan dunia.
- The College of Agriculture’s International Programs in Agriculture yang mengkombinasikan pendidikan dan organisasi di tingkat dunia untuk membantu mengembangkan Sumber Daya Alam, pertanian dan sistem makanan.
Lalu masih ada lagi program-program penunjang mahasiswa di Purdue University College of Agriculture, yang hampir semuanya bertujuan untuk meningkatkan penggunaan pertanian untuk kemudahan hidup manusia. 


7. School of Agricultures and Food Science, University of Queensland 

Di School of Agricultures and Food Science, yang berada di bawah University of Queensland merupakan sekolah yang fokus di disiplin ilmu seputar Agribisnis, Ilmu Hewan, Ilmu Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Makanan dan Ilmu Kehidupan Alam.

8. College of Agricultural Science, Oregon State University 

Sekolah ini merupakan sekolah utama dibawah Oregon State University dalam pendidikan dibidang pertanian, sistem pangan, kualitas lingkungan, Sumber Daya Alam dan kehidupan alam. Penelitian di kampus ini mendorong mahasiswa untuk mampu menyelesaikan masalah dan membangun pengetahuan sebagai dasar untuk masa depan. Mahasiswa dan dosen disini tidak sedikit yang menerima penghargaan di bidang pertanian.



9. College of Agricultural Science, Pennsylvania State University 

College of Agricultural Science merupakan salah satu fakultas di Pennsylvania State University dengan 12 program pendidikan. Ini merupakan salah satu lembaga pendidikan dan penelitian terbaik di Amerika Serikat. Salah satu prestasi dari sekolah ini adalah melakukan penelitan Colony Collapse Disorder yang menjadi jalan bagi sekolah ini untuk mendapat suntikan dana sebesar 100 ribu dolar AS.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 9 Fakultas Pertanian Terbaik di Dunia
9 Fakultas Pertanian Terbaik di Dunia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgW_d4c2iMYfxF4xg0Tx1QcHE1wZY_2_L_3r0CE0V5cBG76PYc6Dxl0cgOu4-u_gQYOVabZVQeChAxSNvrpyqLyqHxsGBGkDxjl41Iwrbg-CWpbCWBXeKVT8A5mkIDKJng1a7FJ1J7_Ysc/s1600/Snap+2014-08-28+at+23.50.49.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgW_d4c2iMYfxF4xg0Tx1QcHE1wZY_2_L_3r0CE0V5cBG76PYc6Dxl0cgOu4-u_gQYOVabZVQeChAxSNvrpyqLyqHxsGBGkDxjl41Iwrbg-CWpbCWBXeKVT8A5mkIDKJng1a7FJ1J7_Ysc/s72-c/Snap+2014-08-28+at+23.50.49.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/9-fakultas-pertanian-terbaik-di-dunia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/9-fakultas-pertanian-terbaik-di-dunia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy