9 Hal Tentang Filipina Yang Wajib Kamu Tahu

Perpaduan dari budaya timur dan barat telah membuat Filipina berkembang menjadi sebuah bangsa yang unik. Karakter Filipina merupakan perpad...

Perpaduan dari budaya timur dan barat telah membuat Filipina berkembang menjadi sebuah bangsa yang unik. Karakter Filipina merupakan perpaduan dari budaya yang dicampur bersama-sama untuk menciptakan masyarakat yang menarik. Semangat kekeluargaan atau “Bayanihan” datang dari nenek moyang Melayu mereka, sikap religius dari pengaruh bangsa Spanyol dan hubungan keluarga yang erat dari bangsa Cina.

Campuran beragam budaya ini pasti akan terasa berbeda bagi kebanyakan orang asing yang pindah ke Filipina sehingga akan menimbulkan beberapa culture shock. Namun dengan sedikit waktu dan usaha, orang-orang asing akan segera dapat mengerti dan menghargai karakter yang berbeda dari penduduk Filipina beserta pandangan positif mereka tentang kehidupan. Berikut ini beberapa culture shock yang mungkin dihadapi orang-orang asing saat berada di Filipina.



1. Bahasa di Filipina

Dua bahasa resmi yang digunakan di Filipina adalah bahasa Filipina dan Inggris. Bahasa filipina adalah bahasa nasional negara itu, sedangkan bahasa Inggris secara luas digunakan sebagai pengantar dalam pendidikan tinggi dan bisnis formal.

Selain bahasa Inggris, Spanyol adalah bahasa asing lainnya yang digunakan oleh sejumlah orang Filipina. Bahasa-bahasa lainnya adalah Arab, Cina, dan Jepang. Ada juga delapan dialek utama lainnya yang dituturkan oleh banyak orang Filipina yaitu Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray, Pampango, dan Pangasinense.


2. Komunikasi di Filipina

Komunikasi di Filipina sering menggunakan gerakan mata, bibir, dan tangan untuk menyampaikan berbagai pesan. Alis terangkat dan senyum mengartikan kata "halo" atau "ya" dalam menjawab pertanyaan. Kontak mata yang konstan antara laki-laki dianggap sebagai gerakan yang agresif. Filipina mempunyai penekanan penting untuk menggunakan bahasa yang sopan dan percakapan yang lembut. Nada suara hampir selalu lembut dan pelan. Pertanyaan-pertanyaan tidak sopan harus dihindari dalam kehidupan sehari-hari.

Orang-orang Filipina menghormati harga diri orang lain, sehingga mereka tidak pernah mengkritik atau berdebat dengan orang secara terbuka. Kebanyakan laki-laki Filipina ketika diremehkan akan selalu berjuang mempertahankan kebanggaan mereka atau harga diri mereka. Hindari topik-topik pembicaraan provokatif seperti politik, agama, korupsi dan bantuan luar negeri. Orang-orang Filipina menyukai percakapan sehari-hari tentang keluarga mereka.

Sebagai tanda hormat, orang-orang Filipina akan menyebut orang yang jauh lebih tua dari mereka dengan “po” dan “opo”. Mereka tidak menyebut orang yang lebih tua dengan nama kecil mereka, tetapi menggunakan kata-kata seperti “Kuya”, “Ate”, “Manong” atau “Manang” yang menunjukkan rasa penghormatan.


3. Birokrasi di Filipina

Filipina adalah negara yang memiliki birokrasi paling tidak efisien ke-3 di dunia menurut survei yang dilakukan oleh Dewan Kebijakan dan Riset Ekonomi (PERC). PERC melakukan survei pada lebih dari 1.300 eksekutif asing yang dinilai menggunakan skala perhitungan antara 1 sampai 10, dengan skor 10 adalah nilai terburuk yang ditetapkan. Filipina mencetak skor 8.37 dari 10. Survei melaporkan bahwa pemerintah Filipina sering tampak mencoba untuk mengatasi masalah ini, tetapi birokrasi yang rumit membuat masalah tidak benar-benar dapat diselesaikan. Korupsi juga merupakan salah satu masalah utama penyebab buruknya birokrasi di Filipina.


4. Pakaian di Filipina

Masyarakat Filipina pada umumnya berpakaian tanpa aturan tertentu pada berbagai keadaan dan cuaca. Dalam dunia bisnis di Filipina, pakaian biasanya cukup formal dan konservatif. Laki-laki harus mengenakan setelan pakaian bisnis berwarna gelap dengan dasi dan perempuan harus mengenakan setelan pakaian bisnis atau rok dan blus.


5. Perempuan di Filipina

Filipina mempunyai masyarakat matriarkal yakni sangat menghormati perempuan dalam kehidupan keluarga. Perempuan memiliki hak-hak sosial dan politik yang sama dengan laki-laki dan sering memegang posisi tinggi di dunia politik dan bisnis.


6. Pertemuan dan salam di Filipina

Dalam pertemuan formal, orang asing harus selalu menyapa orang tertua atau terpenting terlebih dahulu. Jabat tangan adalah bentuk salam yang paling umum di Filipina.


7. Agama di Filipina

Dengan segudang pengaruh asing, aspek spiritual di Filipina juga telah menerima adanya diversifikasi. Dua agama utama di Filipina adalah Islam dan Kristen. Hingga saat ini, mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma. Umat Islam banyak tinggal di bagian selatan Filipina.



8. Kebiasaan sosial dan kesopanan di Filipina

Orang-orang asing di Filipina sering mendapat pemakluman karena kurangnya pengetahuan mereka tentang kebiasaan dan kesopanan penduduk setempat. Jadi sangat dianjurkan untuk membaca buku-buku tentang kebiasaan masyarakat Filipina karena topik ini penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu juga dapat meminta teman asli Filipina untuk menjelaskan permasalahan ini. Di Filipina, menjaga kehormatan adalah salah satu isu yang paling penting dalam kehidupan sosial. Ketika berada dalam situasi yang memalukan atau menyinggung kehormatan mereka, orang Filipina biasanya hanya tertawa atau mencoba untuk mengubah obyek pembicaraan untuk menyembunyikan kecanggungan.


9. Makan di Filipina

Orang-orang Filipina sangat menyukai budaya makan dan minum bersama. Selama berada di Filipina, orang asing pasti akan diundang untuk jamuan makan. Kebiasaan makan masyarakat Filipina sangat mirip dengan orang-orang Spanyol dan Cina. Dalam beberapa jamuan makan di restoran, secara umum orang-orang Filipina akan memesan berbagai menu makanan dan berbagi lauk pauk yang ada di meja makan. Pastikan untuk mengambil beberapa jenis lauk dan memberitahu penjamu makan bahwa rasanya lezat.

Kebanyakan orang Filipina di daerah pedesaan masih terbiasa makan dengan tangan mereka. Kebiasaan ini sering disebut “Kamay” atau “Kamayan”. Empat jari digunakan sebagai sendok dan ibu jari digunakan untuk mendorong makanan ke dalam mulut. Jangan menempatkan makanan di telapak tangan karena dapat dianggap kurang sopan. Jangan menempatkan siku di atas meja saat makan karena menunjukkan rasa tidak hormat kepada makanan dan tuan rumah.

Jika orang asing menjamu tamu Filipina atau teman-temannya, jangan meninggalkan meja sampai semua orang telah selesai makan. Apabila orang asing diundang oleh keluarga Filipina untuk makan malam bersama di rumah mereka, pastikan untuk tidak duduk di ujung meja karena biasanya posisi tersebut diperuntukkan bagi tuan rumah. Ketika makan di restoran, orang yang duduk di ujung meja biasanya membayar makanan semua orang.


Itulah sembilan culture schock di Filipina yang wajib diketahui. Tentunya hal ini sedikit berbeda dengan Indonesia. Mengingat bahwa Filipina merupakan salah satu bangsa Timur, pasti mereka masih menjunjung tinggi budaya sopan santun.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,290,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 9 Hal Tentang Filipina Yang Wajib Kamu Tahu
9 Hal Tentang Filipina Yang Wajib Kamu Tahu
http://1.bp.blogspot.com/-aDrpi2srwb8/U99C7wBn_5I/AAAAAAAAAeQ/L_zkH29Z0Bg/s1600/Snap+2014-08-04+at+15.20.28.png
http://1.bp.blogspot.com/-aDrpi2srwb8/U99C7wBn_5I/AAAAAAAAAeQ/L_zkH29Z0Bg/s72-c/Snap+2014-08-04+at+15.20.28.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/9-hal-tentang-filipina-yang-wajib-kamu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/9-hal-tentang-filipina-yang-wajib-kamu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy