9 Universitas Dengan Fakultas Ilmu Sosial Terbaik di Dunia

Seiring dengan menguatnya kesadaran masyarakat tentang urgensi ilmu pengetahuan, saat ini, jenjang perguruan tinggi menjadi destinasi studi...

Seiring dengan menguatnya kesadaran masyarakat tentang urgensi ilmu pengetahuan, saat ini, jenjang perguruan tinggi menjadi destinasi studi lanjut yang membudaya. Selain itu, dengan berbagai kebutuhan masyarakat modern akan perubahan dan pembaruan, dalam spesifikasinya, tujuan tridarma yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diharapkan akan menjawab kebutuhan-kebutuhan yang terus berkembang seiring masa dalam berbagai aspeknya baik sosial, budaya, kesehatan, agama, teknologi, dan lain sebagainya. 

Berbagai universitas seiring masa telah berkembang pesat dalam mengembangkan dan bahkan terus meregenerasi berbagai cabang ilmu pengetahuan. Hal ini sebagaimana teori Thomas Kuhn bahwa ilmu akan terus beregenerasi dengan runtuhnya teori lama yang digantikan teori baru atas anomalinya. Dengan maraknya permasalahan interaksi dunia global yang melibatkan hubungan antar manusia dengan berbagai kepentingannya. Ilmu sosial merupakan salah satu di antara banyak cabang ilmu yang muncul ke permukaan. Untuk itu, jika mengintip dunia perguruan tinggi, berikut merupakan Sembilan universitas dengan ilmu sosial terbaik di dunia.



1. Columbia University

Universitas yang berada di tengah dinamika kota New York yang terus berkembang pesat ini didirikan pada tahun 1754 sebagai universitas yang mengantongi izin resmi kerajaan dari raja Britania Raya, George II. Universitas ini pernah tiga kali berganti nama, yakni pada tahun pertama 1754 dengan nama King’s College, pada tahun 1784 pasca revolusi dengan nama Columbia Colege, dan terakhir pada tahun 1896 dengan nama yang dikenal sebagaimana saat ini, Columbia University. 

Dalam segi pendidikan sosial, Jurusan Sosiologi Columbia University memiliki dua acuan utama yakni teoritis dan praktis dalam pendidikan kesarjanaan. dengan menawarkan pelatihan teori klasik, metodologi, dan mengedepankan nilai disiplin lapangan, mahasiswa dilatih secara seimbang dalam menyelaraskan nilai pengetahuan ontologi, epistemologi, sampai nilai praktis aksiologi.

Di Universitas ini juga terdapat program pasca sarjana yang cukup bonafit dibidang pekerjaan sosial baik jenjang Master of Science (M.S.), maupun Doctor of Philosophy (Ph.D.) dengan mengembangkan berbagai riset, diantaranya: Cultural Sociology, Economic Sociology, Ethnography, Globalization, Health and Population, Historical Sociology, Inequality, Organizations, Political Sociology, Race, Ethnicity And Migration, Science, Knowledge and Technology, Urban Poverty and City.


2. University of California, Los Angeles (UCLA)

Universitas tertua kedua di kalifornia ini berdiri pada tahun 1919. Terletak di kawasan Los Angeles, Universitas ini tertata dengan asri sebagai hutan pohon di tengah padatnya hutan beton kota. Dengan 150 Jurusan, Universitas ini mengusung misi tiga kata yakni pendidikan (edukation), penelitian (research),dan pengabdian (service).

Dari segi prestasi, University of California, Los Angeles (UCLA), didaulat sebagai universitas terbaik kedelapan oleh Times Higher Education World Reputation Rankings (2013), menepati urutan ke 12 oleh THE World University Rankings (2013-2014), dan juga menepati urutan ke 12 berdasarkan riset Shanghai Jiao Tong University.

Dalam bidang sosial, Beberapa jurusan yang tersedia di antaranya adalah pemikiran sosial (Social Thought), kesejahteraan sosial (Social Welfare), masyarakat dan keturunan (Society and Genetics), dan ilmu sosial (Sociology) yang berdasarkan ASA conference, Mathematical Sociology Section of the American Sociological Association dan lembaga lainnya, pada tahun 2009 sembilan dosen dari jurusan tersebut mendapat penghargaan dibidang sosiologi, lima dosen pada tahun 2010, empat dosen pada tahun 2011, dua puluh tiga dosen pada tahun 2012, lima belas dosen pada tahun 2013, dan enam dosen pada tahun 2014.


3. University of Oxford

Universitas yang sudah berdiri sejak 1096 ini menjadi universitas tertua di Inggris. Universitas ini telah melahirkan berbagai pemikiran-pemikiran yang mendunia. John Locke, seorang filsuf yang terkenal dengan tabularasa dan semboyan bahwa pemikiran anak bagaikan selembar kertas putih juga merupakan tokoh oxford. 

Universitas yang tahun ini mendapatkan penghargaan Royal Society Award ini memiliki empat belas fakultas yang berada di bawah divisi Social Sciences Division. Tiga di antaranya secara intensif mengkaji cabang ilmu sosial, yakni School of Anthropology and Museum Ethnography, Department of Sociology, Department of Social Policy and Intervention.


4. University of Chicago

Tahun 1892 merupakan tahun awal dibukanya universitas ini, universitas yang terletak tidak jauh dari pantai ini memiliki beberapa jurusan dibidang social science di antaranya ilmu sosial (sociology) dan (social thought). Sedangkan jurusan sosiologi sendiri memiliki sejarah unik yang mewarnai 110 tahun lebih usianya, hal ini dikarenakan bahwa jurusan sosiologi selalu memberikan warna dan pengaruh besar dalam memberikan visi di setiap perubahan generasi baru. Dibandingkan dengan jurusan lain, jurusan ilmu sosial menjadi pionir seiring nilai sejarahnya yang menjadi salah satu jurusan pertama di University of Chicago.

Seiring dengan usia, Beberapa penghargaan dan capaian banyak diraih oleh University of Chicago. Selain beberapa nobel dibidang sastra, di bidang sosial, universitas ini pernah meraih President Medal of Freedom, National Humanities Medal. Sedangkan secara umum,medali lain yang pernah diraih diantaranya adalah John Bates Clark Medal, Fields Medal dan beberapa penghargaan nasional maupu internasional.


5. University of Cambridge

Humanities and Social Sciences merupakan salah satu divisi yang terdapat di University of Cambridge. Universitas yang menjadi satu di antara universitas-universitas tua di dunia ini memiliki lebih dari 100 jurusan. Salah satu keunggulan Universitas ini di Faculty of Human, Social and Political Science (HSPS) terdapat beragam fasilitas, salah satu fasilitas unggulan adalah museum yang mengoleksi beragam fosil dan benda purbakala. 


6. University of Toronto


Universitas yang memiliki delapan belas fakultas ini dengan fakultas Social Work, Factor-Inwentash Faculty yang menjadi salah satunya didirikan pada tahun 1827. Universitas  yang terletak di Toronto, Ontario, Canada ini memiliki 1000 lebih ekstra kulikuler aktif.

Dalam jurusan sosiologi, terdapat beragam beasiswa yang bisa diakses oleh mahasiswa untuk dapat mengikuti studi, di antara beasiswa-beasiswa tersebut adalah S.D. Clark Scholarship, Ann Marie Sorenson Scholarship, Raymond Breton Scholarship, The Robert Brym and Rhonda Lenton Scholarship, Faculty Legacy Scholarship Fund, dan beragam beasiswa lainnya. 


7. Princeton University

Merupakan satu di antara universitas yang ada di Amerika, Universitas ini terkenal dengan program humanities, social sciences, dan natural sciences. Didirikan tahun 1746 universitas ini memiliki empat puluh enam jurusan. Universitas ini memiliki beberapa prestasi dibudang sosial humaniora, beberapa diantaranya adalah:
2012 William Bowen, Natalie Zemon Davis
2011 Kwame Anthony Appiah, Robert Darnton
2010 Stanley Katz, Joyce Carol Oates
2006 Robert Fagles, Bernard Lewis
2000 Toni Morrison


8. University of Bath

Universitas ini didirikan pada tahun 1856. Universitas yang berada di Inggris ini terletak di kota Bath yang oleh UNESCO diakui sebagai salah satu warisan dunia dibidang natural dan warisan budaya.Universitas ini pada tahun 2011 mendapat penghargaan sebagai University of the Year oleh the Sunday Times. Pada tahun ini Department of Social and Policy Sciences turut mendapat penghargaan pula. Beberapa program di bidang sosial yang dapat diakses di Universitas ini adalah: Sociology, Social Policy, Social Sciences, Sociology and Social Policy, dan Social Work and Applied Social Studies. 


9. University of Wisconsin-Madison


Universitas yang didirikan pada tahun 1848 ini terletak di kota Madison, Wisconsin, Amerika Serikat. Universitas yang memiliki luas 378 ini, memiliki 21 fakultas. Beberapa prestasi yang pernah diraih adalah pada tahun 2014. Universitas ini mendapat penghargaan dari The ASA Social Psychology, Monica Grant awarded NAEd, dan Fieldwork of Total Immersion: Alice Goffman's book featured in the New York Times. Beberapa program bidang sosiologi yang dapat diakses di universitas ini adalah pekerjaan sosial (social work) dan ilmu sosial (sociology). 


Demikian beberapa universitas-universitas terkemuka yang memiliki keunggulan-keunggulan dibidang sosiologi. beberapa universitas memiliki kelebihan dan karakter masing-masing yang tentunya menjadi warna-warni dan menambah kekayaan dunia pendidikan yang semakin hari kian berkembang pesat.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,297,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,58,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 9 Universitas Dengan Fakultas Ilmu Sosial Terbaik di Dunia
9 Universitas Dengan Fakultas Ilmu Sosial Terbaik di Dunia
https://2.bp.blogspot.com/-P5qA1pd9QzM/U_Ro6bwyPKI/AAAAAAAAFAI/gGtDlhOY3Uk/s1600/Snap%2B2014-08-20%2Bat%2B16.22.27.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-P5qA1pd9QzM/U_Ro6bwyPKI/AAAAAAAAFAI/gGtDlhOY3Uk/s72-c/Snap%2B2014-08-20%2Bat%2B16.22.27.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/9-universitas-dengan-fakultas-ilmu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/9-universitas-dengan-fakultas-ilmu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy