Aku dan Kampusku, Universitas Negeri Yogyakarta

Hai Guys! Pada kesempatan kali ini, Kita akan mendengar cerita pengalaman dari seorang mahasiswa tentang kampusnya kepada Kamu yang sedang ...

Hai Guys! Pada kesempatan kali ini, Kita akan mendengar cerita pengalaman dari seorang mahasiswa tentang kampusnya kepada Kamu yang sedang membaca di berkuliah.com ini. Mau dengar? Sebenarnya, ini merupakan sesuatu yang Kamu perlu tahu, apalagi ketika Kamu baru lulus SMA dan masih merasa bingung dimana akan meneruskan pendidikan selanjutnya. Artikel kali ini berisi tulisan dan kisah  dari seorang mahasiswa yang yang ingin berbagi tentang pengalamannya menempuh kuliah di salah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta. Pernahkah Kamu mendengarnya? Atau, Kamu sudah sering mendengarnya, namun belum terlalu mengetahui informasi kampus ini secara lebih mendalam? Jika Kamu penasaran dengan kampus yang satu ini, maka sebaiknya Kamu menyimak beberapa hal yang akan dibahas berikut ini.


Kampus ini memang kurang begitu terkenal namanya di wilayah secara nasional jika dibandingkan dengan UGM, UI, ataupun UNPAD. Namun, kampusku adalah yang nomor satu dalam bidang pendidikan. Mau tahu seperti apa? Berikut adalah gambaran singkat tentang kampusku.


1. Profil

Universitas Negeri Yogyakarta atau sering disebut UNY terletak di Provinsi D.I. Yogyakarta. Dulu, kampus ini bernama IKIP Yogyakarta, tapi karena berkembang dengan sangat pesat, maka selanjutnya kampus ini berubah nama dan bentuk lembaganya. UNY sendiri lebih mengarah ke bidang pendidikan, yakni dengan mencetak para pendidik yang kompeten. Selain itu, kampus ini memiliki fasilitas yang lengkap, melebihi kata lumayan, dan bahkan mendekati kata sempurna menurutku. Nah, bagi Kamu yang tertarik untuk menjadi seorang guru, jangan ragu-ragu untuk menjadikan kampus yang satu ini sebagai pilihan pertama. Banyak kelebihan yang akan Kamu dapatkan  di kampus ini yang tidak akan ada dan tidak kalah dari kampus lainnya. Mau? 


2. Fasilitas

Kamu bisa melihat fasilitas-fasilitas yang ada dengan mengelilingi kampus yang luas ini, dan  dijamin, Kamu pasti akan capek! Fasilitas yang ada seperti perpustakaan universitas, perpustakaan fakultas, pusat komputer, jaringan internet 24 jam, sarana olahraga berstandar internasional, pusat bahasa, laboratorium penelitian modern, dan yang tidak kalah penting adalah lingkungan yang asri, yang membuat kampus ini dijuluki The Green Campus. Karena fasilitasnya inilah kampus ini menjadi salah satu universitas terfavorit dan layak di perhitungkan!


3. Fakultas dan Program Studi

Ada 8 fakultas dan 53 program studi yang dibuka di Universitas Negeri Yogyakarta. Yah, karena saking banyaknya, maka Saya tidak bisa menjelaskannya satu per satu. Untuk itu Saya akan menjelaskan tentang prodi atau jurusan yang saat ini sedang saya ambil saja. OK?!

Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Jurusan yang Saya ambil yaitu PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Belakangan, jurusan ini menjadi favorit pertama di kampus ini yang begitu banyak dipilih oleh para pendaftar atau mahasiswa baru. Ya, lebih dari 23 ribu orang mendaftar dalam jurusan ini, tapi yang diterima hanya 240 orang saja! Bayangkan, benar-benar ketat persaingannya untuk bisa masuk di sini, bukan?  


4. Warga Kampus

Universitas Negeri Yogyakarta ini memiliki 2 buah kampus, yang berlokasi di tempat yang berbeda, yakni kampus pusat yang berlokasi di jalan Kolombo, dan kampus UPP yang berada di jalan Bantul. Tetapi, kuliah utama Saya adalah di jalan Bantul. Memang jaraknya cukup jauh. Namun, ada beberapa keunggulan di dalam kampus kami. Jauhnya kampus Saya dengan kampus pusat membuat hiruk pikuk kampus pusat tidak sampai ke telinga kami yang berada di kampus UPP. Kampus ini mempunyai iklim belajar yang tenang dan damai.

Hal lainnya yang bisa Kamu temukan di kampus ini adalah sebagian besar warga kampus adalah mahasiswa yang relijius! Setiap sore di hari rabu, Saya dan teman-teman sering mengikuti kajian yang dibimbing oleh seorang Ustad. Kami diajarkan ilmu agama yang cukup mumpuni, yang biasa dikerjakan sehari-hari. Harapannya, mahasiswa di kampus ini akan punya pengetahuan agama yang tidak kalah dengan para mahasiswa yang kuliah di jurusan keagamaan, seperti yang ada di Universitas Islam misalnya. 


5. Lingkungan

Lingkungan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Kita dalam mengembangkan potensi yang ada. Lingkungan juga berpengaruh dalam pembentukan jati diri Kita. Kebanyakan, Kita pergi jauh-jauh meninggalkan rumah dan merantau di Jogja adalah untuk belajar, mencari ilmu tentunya, bukan?  Buat Kamu yang ingin mengembangkan potensi yang ada pada dirimu, maka Kamu tidak salah memilih tempat ini,  Yogyakarta. Di sini, suasananya sangat nyaman dan kondusif untuk belajar. Tempat yang seperti apapun nyaman untuk memulai belajar mencari ilmu disini.  Semuanya ada, mulai dari perpustakaan kota, sampai taman hiburan. Kamu dijamin tidak akan bosan belajar di kota ini karena banyak hal mengasyikkan yang dapat dilakukan dalam mengisi waktu atau refreshing ketika sedang merasa bosan belajar.


6. Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang bisa Kamu dapatkan saat menempuh pendidikan di kampus ini. Salah satunya adalah kualitas pendidikan itu sendiri. Disini,  para pengajar atau dosen minimal sudah menempuh pendidikan S2 (Magister). Selain itu, sudah banyak sekali dosen yang sudah menyandang gelar sebagai guru besar dan sudah tersebar merata ke semua fakultas yang ada. 

Di Yogyakarta sendiri, pemerintah juga sangat mendukung dengan proses pendidikan bagi anak bangsa. Mulai dari daerah di Bagian Barat Indonesia seperti Aceh, sampai ujung Bagian Timur mempunyai “utusan” masing-masing untuk menempuh pendidikannya di Jogja. Pemerintah sangat mendukung dan memberi kebebasan terhadap semua orang yang menuntut ilmu di kota ini. 
Selain itu, disini Kita juga bisa mengambil manfaat dalam keanekaragaman suku budaya yang ada. Kita bisa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai daerah dengan pengalaman serta kelebihan dan keunikan mereka masing-masing.


7. Kekurangan

Selain ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Ada beberapa kekurangan, tapi Saya rasa itu tidak begitu berpengaruh dalam kuliah yang saya jalani. Seperti jarak yang jauh Antara kampus pusat dengan kampus UPP. Namun, itu hanya belaku bagi jurusan PGSD. Jika Kamu memilih jurusan yang lain, maka masalah tersebut tidak menjadi hambatan sama sekali. 


8. Alasan Memilih UNY 

Lalu, kenapa Kamu mesti memilih UNY? Banyak sekali jawaban yang bisa Saya berikan. Bukanya bermaksud untuk sombong karena terlalu melebihkan kampus yang Saya masuki, tetapi Saya hanya ingin berbagi dan memberi informasi agar Kamu mengetahui seperti apa kampusku ini. Sehingga, ketika Kamu sudah mengetahuinya, maka kamu tidak akan menyesal dengan pilihan yang kamu buat.

1. Cita-cita menjadi seorang guru


Guru merupakan sebuah profesi yang selama ini memiliki gelar sebagai ‘pahlawan tanpa tanda jasa’.  Guru adalah profesi yang mulia. Jika Kamu ingin menjadi seorang guru, maka sebaiknya Kamu tidak usah ragu-ragu memilih Universitas ini. Disini, Kamu akan dididik untuk menjadi guru yang profesional!

2. Beasiswa

Jika Kamu memiliki hambatan biaya untuk melanjutkan pendidikan, sedangkan Kamu ingin kuliah, Kamu bisa berusaha mewujudkannya dengan masuk ke kampus ini. Banyak beasiswa dari kampus ini yang diberikan, beberapa diantaranya seperti Bidikmisi, beasiswa prestasi, Dan juga BBM.


Seperti inilah gambaran singkat tentang kampusku. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Tapi, Saya rasa lebih banyak kelebihannya. Seperti itulah yang Saya rasakan setelah 4 semester kuliah di kampus ini. Bagi Kamu yang berminat dengan Universitas Negeri Yogyakarta ini, maka tidak ada salahnya Kamu mencoba. Untuk masuk ke kampus ini, sebenarnya tidak begitu sulit kok! Kamu hanya membutuhkan kemauan dan kesungguhan untuk mencapainya. Jika Kamu sudah menemukan kampus yang tepat, atau Kamu sedang kuliah di kampus lain, seperti apakah kampusmu?
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Aku dan Kampusku, Universitas Negeri Yogyakarta
Aku dan Kampusku, Universitas Negeri Yogyakarta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDslOlftFkCkoM90xQbBIXPs_uGvaazrgsq3fzth_tXMERPxeNSPYTbO53MumXcpmsn2IzP9P-Y4xQvkBDR4C_fQ9fk-7kkVMRTQoRSe-PMy2kovewrgkwZ6-umumWjSmAVD_MM0Y9Csk/s1600/Snap+2014-09-01+at+11.34.03.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDslOlftFkCkoM90xQbBIXPs_uGvaazrgsq3fzth_tXMERPxeNSPYTbO53MumXcpmsn2IzP9P-Y4xQvkBDR4C_fQ9fk-7kkVMRTQoRSe-PMy2kovewrgkwZ6-umumWjSmAVD_MM0Y9Csk/s72-c/Snap+2014-09-01+at+11.34.03.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/aku-dan-kampusku-universitas-negeri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/aku-dan-kampusku-universitas-negeri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy