Fakta Menarik Tentang Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas negeri ini adalah satu dari sekian banyak universitas yang berada di Yogyakarta. Universitas ini juga cukup dipertimbangkan, ti...

Universitas negeri ini adalah satu dari sekian banyak universitas yang berada di Yogyakarta. Universitas ini juga cukup dipertimbangkan, tidak hanya bagi masyarakat Yogyakarta, tetapi oleh masyarakat di Indonesia. Apa yang membuat Universitas Negeri Yogyakarta berbeda dari universitas-universitas lain di Yogyakarta? Mari disimak bersama-sama.


1. Universitas Negeri Yogyakarta atau yang sering disebut UNY didirikan pada tanggal 21 Mei 1964 dengan nama awal Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta).

2. Perkembangan IKIP Yogyakarta—yang merupakan sejarah dari UNY—tidak lepas dari sejarah UGM.


3. Dalam perkembangan UGM, ada beberapa fakultas yang menjadi cikal bakal lahirnya IKIP Yogyakarta, seperti Fakultas Pendidik (FIP), Fakultas Pendidikan Jasmani (FPD), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

4. Pada tahun 1962 berdiri Institut Pendidikan Guru (IPG) yang kemudian pada tanggal 3 Januari 1963 bergabung dengan FKIP menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) berdasarkan Keputusan Presiden RI No.1 tahun 1963.

5. Pelaksanaan Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 menetapkan berdirinya IKIP Jakarta, IKIP Bandung, IKIP Yogyakarta, dan IKIP Malang.

6. Pada tahun 1982, IKIP Yogyakarta memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), dan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK).

7. Banyaknya alumnus IKIP Yogyakarta yang bekerja di dunia pendidikan dan nonkependidikan memunculkan sebuah gagasan untuk mengembangkan IKIP Yogyakarta menjadi sebuah universitas.

8. Pada tahun 1996, akhirnya IKIP Yogyakarta—dan 3 IKIP lainnya (IKIP Medan, IKIP Padang, dan IKIP Malang)—diberi perluasan tugas ke arah perubahan kelembagaan menjadi universitas.

9. Universitas Negeri Yogyakarta telah sah menjadi lembaga pendidikan tinggi negeri yang berkedudukan di Yogyakarta pada tanggal 14 Agustus 1999.

10. Enam fakultas pertama yang ada ketika UNY sah menjadi lembaga pendidikan tinggi negeri adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

11. Pada tahun 2011, FISE berkembang menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan Fakultas Ilmu Ekonomi (FE).

12. Kini, terdapat tujuh fakultas yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta.

13. UNY memiliki lambang universitas berupa bunga teratai bersegi lima dengan warna dasar biru yang bertuliskan “Universitas Negeri Yogyakarta” yang dibuat melingkar dengan tulisan kaligrafi UNY. Di lambang tersebut juga terdapat gambar sayap garuda berwarna kuning dengan gambar tugu di tengahnya.

14. Lambang UNY ditampilkan pada Duaja Universitas, Fakultas, Pascasarjana, Busana Akademik, dan Tongkat Pedel.

15. Bentuk bunga teratai dalam lambang digambarkan dalam padma persegi lima yang melambangkan Pancasila sebagai filosofi dasar gerak, sedangkan warna kuning kontur untuk menyatakan kejayaan.

16. Warna dasar biru pada lambang merupakan warna netral yang melambangkan kedalaman jiwa, keteguhan jiwa, kewibawaan, dan kemantapan langkah. 

17. Tulisan “Universitas Negeri Yogyakarta” pada lambang dibuat melingkar degan maksud melambangkan globe dunia bersambung dengan tulisan “UNY”.

18. Gambar sayap berwarna kuning pada lambang berarti pengembangan program-program universitas—baik nasional, regional, maupun internasional. Sayap tersebut diberi rangka berbentuk harpa (alat musik tradisional) dengan maksud pengembangan kebudayaan.

19. Gambar tugu di tengah lambang adalah bentuk deformasi Tugu Yogyakarta sebagai ciri khas Kota Yogyakarta sendiri. Selain itu, tugu juga menggambarkan arsitektur (teknologi) dan melambangkan keteguhan civitas akademika dalam melaksanakan tridarma.

20. Jika diperhatikan dengan seksama, pada gambar tugu di lambang universitas terdapat mustaka berbentuk api terbilah tiga dengan warna merah yang melambangkan tridarma; tangga, dada, dan tubuh tugu yang berbentuk pena dan melambangkan pendidikan; serta kaki tugu berbentuk tangga yang melambangkan jenjang pendidikan.

21. Pada tahun 2012 dibentuk Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) Universitas Negeri Yogyakarta.

22. Sebelumnya, KUIK UNY dikenal sebagai Kantor Internasional (KI) UNY.

23. KUIK UNY dibentuk sebagai keinginan UNY untuk memantapkan sistem kelembagaan dan jejaring kerja yang menunjang fungsi dan otonomi UNY menuju World Class University.

24. Visi dari KUIK diantaranya adalah membantu mewujudkan cita-cita Universitas Negeri Yogyakarta menjadi salah satu universitas kependidikan berkelas dunia yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan, serta meningkatkan perang Universitas Negeri Yogyakarta dalam pergaulan nasional dan internasional.

25. Menurut pekerjaannya, KUIK dibagi menjadi tiga, yaitu Bidang Kemitraan Luar Negeri (KLN), Bidang Kemitraan Dalam Negeri (KDN), dan Bidang Pengembangan Internasionalisasi Lembaga (PIL).

26. Karena lingkungannya yang asri, UNY dijuluki sebagai The Green Campus.

27. Untuk menunjang pendidikan mahasiswanya secara optimal, UNY menyediakan banyak tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai yang profesional, perpustakaan universitas dan fakultas yang lengkap, pusat komputer, jaringan internet 24 jam, sarana olahraga berstandar internasional, pusat bahasa, dan laboratorium penelitian modern.


28. Dalam misinya menjadi World Class University, UNY telah berhasil mendapatkan sertifikasi di bidang kegiatan manajemen berupa Standar Manajemen Mutu (SMM) International Organization for Standardization (ISO) 9000:2008.

29. Proses sertifikasi ini telah dirintis sejak tahun 2006, dimulai dari Fakultas Teknik (FT) Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Elektro pada tahun 2007.

30. Karena memiliki sertifikasi, tidak sedikit lembaga mitra yang menjalin kerjasama dengan UNY dan ada juga beberapa perguruan tinggi negeri yang datang ke UNY khusus untuk melakukan studi banding mengenai sertifikasi ISO.

31. Visi pada tahun 2025 UNY adalah menjadi universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

32. Dalam RJP UNY disebutkan bahwa pada tahun 2025, UNY telah mampu mencapai peningkatan kolaborasi, daya saing kompetitif, dan daya saing komparatif pada tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat dengan tetap berjati diri lokal dan nasional Indonesia.

33. Sejak tahun 2007, UNY telah mengembangkan paradigma pembelajaran online terpadu yang disebut E-learning UNY dan berlangganan jurnal elektronik dari ProQuest yang memuat tidak kurang dari tujuh ratus jurnal internasional di bidang pendidikan.

34. UNY juga menyediakan akses LAN di area kampus melalui hotspot wifi di 43 titik strategi dengan coverage area mencapai 80% wilayah kampus.

35. Kini UNY sedang membangun networking dengan berbagai universitas dan pusat riset di seluruh dunia.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,291,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Fakta Menarik Tentang Universitas Negeri Yogyakarta
Fakta Menarik Tentang Universitas Negeri Yogyakarta
http://3.bp.blogspot.com/-v8UIiCfMu2Q/U_V-gjlFZgI/AAAAAAAAAmQ/XcItosLvWmM/s1600/Snap%2B2014-08-21%2Bat%2B12.06.20.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-v8UIiCfMu2Q/U_V-gjlFZgI/AAAAAAAAAmQ/XcItosLvWmM/s72-c/Snap%2B2014-08-21%2Bat%2B12.06.20.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/fakta-menarik-tentang-universitas.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/fakta-menarik-tentang-universitas.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy