Ini Dia 9 Fakultas Teknik Terbaik di Dunia!

Menuntut ilmu di Fakultas Teknik merupakan impian bagi banyak orang, khususnya untuk para laki-laki. Sebenarnya, itu hal yang wajar jika me...

Menuntut ilmu di Fakultas Teknik merupakan impian bagi banyak orang, khususnya untuk para laki-laki. Sebenarnya, itu hal yang wajar jika mereka memilih Fakultas Teknik, karena ilmu yang mereka pelajari merupakan ilmu praktis yang bisa langsung diterapkan di dunia kerjanya kelak. Di Indonesia terdapat banyak sekali Peguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta yang menyelenggarakan pendidikan teknik di dalam program studi yang disediakan. Bahkan, universitas-universitas di Indonesia saling bersaing dan berusaha untuk menjadi yang terbaik di bidang teknik. Namun bagaimana dengan kuliah teknik terbaik di tingkat dunia? Berikut penjelasannya:  


1. School of Engineering Massachusetts Institute of Technology – Amerika Serikat

Sekolah Teknik MIT ini merupakan salah satu dari lima sekolah yang bernaung dibawah Massachusetts Institute of Technology. Sebagai universitas yang menggunakan nama ‘Institut Teknologi’, dan dengan reputasi tingkat dunia yang dimilikinya, tidak perlu lagi untuk meragukan keunggulan Institut Teknologi Massachusetts di bidang teknologi. Sekolah teknik Institut Teknologi Massachusetts merupakan yang terbesar diantara fakultas lain. Sudah banyak prestasi internasional yang diraih MIT. Walau begitu, dengan banyaknya program studi yang disediakan, MIT juga mampu memenuhi kebutuhan non-teknik pada masa ini. Sekolah Teknik MIT yang menyediakan program pendidikan dari sarjana hingga doktor di bidang filosofi dan sains ini juga memiliki kerja sama dengan sekitar 8 laboratorium dan pusat penelitian. 


2. Stanford University – Amerika Serikat


Dalam berbagai penilaian kampus terbaik di seluruh dunia, Stanford University hampir selalu tampil di papan atas, termasuk di dalamnya adalah fakultas teknik. Penilaian kesuksesan yang didapatkan Stanford University tidak hanya untuk pengajaran di kampusnya, namun di bidang penelitian. Kampus yang berpusat di Palo Alto ini juga sangat terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik, sehingga kebutuhan akan mahasiswa lulusan teknik yang berkualitas bisa tercapai. Tidak salah ketika pendiri Google, Hewlett-Packard, Yahoo dan Sun Microsystem adalah alumni dari universitas ini. Selain itu, setidaknya ada 58 orang peraih Penghargaan Nobel yang pernah memiliki ‘urusan’ dengan kampus ini.


3. University of Cambridge - Inggris

University of Cambridge memiliki fakultas teknik sebagai fakultas terbesar. Fakultas teknik disini mewakili sekitar 10% dari kegiatan universitas. Fakultas yang didirikan pada 1875 ini tumbuh berkembang menjadi fakultas teknik terintegrasi dan terbesar di Inggris dan bahkan di Eropa. Setidaknya pada saat ini ada sekitar 132 dosen dan 1000 mahasiswa yang melakukan kegiatan belajar mengajar di kampus ini. Dengan pencapaian standar tinggi di dalam pengajaran dan penelitian, serta reputasi internasionalnya, pantas jika calon mahasiswa terbaik dari seluruh dunia berlomba untuk bisa menuntut ilmu disini.


4. University of California, Berkeley – Amerika Serikat

Anda pernah mendengar menteri-menteri jaman kemerdekaan yang disebut Mafia Berkeley? Disinilah tempat mereka belajar. Universitas ini juga merasakan saat-saat dimana perkembangan ilmu fisika, kimia dan biologi pada awal tahun 1900-an. Setidaknya ada 19 profesor yang masih aktif saat ini yang telah menerima penghargaan nobel. Bila ditambah dengan yang sudah tidak aktif, setidaknya ada 53 nama peraih nobel yang pernah ‘terlibat’ di dalam kegiatan kampus ini. Di kampus yang biasa disebut ‘UC Berkeley’ ini juga mengembangkan beberapa pokok teknologi yang berkaitan dengan Unix, Internet dan Open Source Software.


5. ETH Zürich - Swiss

Eidgenössische Technische Hochschule Zürich atau yang dalam Bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai Institut Teknologi Konfederasi Zürich ternyata juga merupakan tempat belajar teknik yang memiliki sejarah yang kuat. Merupakan satu dari dua Institut Teknologi Federal Swiss, universitas ini memimpin pembelajaran di bidang teknologi di Swiss dan bahkan di dunia. Sebut saja nama-nama seperti Albert Einstein, Wolfgang Pauli dan Wilhelm Conrad Röntgen yang pernah ‘berurusan’ dengan kampus di daerah Swiss dengan bahasa dasar Jerman ini. Walau begitu, saat ini ETH Zürich juga berprestasi di bidang bioteknologi dan biologi molekular di tingkat dunia.


6. Imperial College London - Inggris

London tidak hanya menyajikan kota yang damai, tapi juga tempat kuliah papan atas dunia, terutama bidang penelitian. Pembelajaran di Imperial College London ini lebih ditekankan kepada penggunaannya di bidang industri, perdagangan dan kesehatan. Walau biasa dikenal dengan ICL, sebenarnya kampus ini memiliki nama resmi ‘The Imperial College of Science, Technology and Medicine’. Kampus yang merupakan kampus riset ini juga hampir selalu menduduki kampus dengan predikat ‘terbaik’ di seluruh dunia. Bahkan New York Times menilai bahwa kampus ini merupakan salah satu kampus yang paling berharga di dunia. Setidaknya kampus ini pernah ‘mengirimkan’ 15 nama sebagai peraih penghargaan nobel.


7. The California Institute of Technology (Caltech) – Amerika Serikat

Terletak di Pasadena, California, Institut Teknologi California atau Caltech merupakan universitas yang fokus di bidang penelitian sains dan teknik. Setidaknya ada 31 orang peraih penghargaan Nobel yang ‘dilahirkan’ di Caltech. Ratusan penghargaan, terutama di tingkat internasional telah diraih Caltech. Universitas negeri ini juga ikut membantu dalam manajemen Jet Propulsion Laboratory (JPL) untuk NASA dan mengoperasikan jaringan yang berada di tingkat global untuk keperluan riset dan penelitian astronomi.


8. Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) - Swiss

Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne atau dalam bahasa Indonesia disebut Institut Teknologi Federal Lausanne merupakan satu dari dua Institut Teknologi Federal Swiss yang merupakan universitas yang dikelola oleh Pemerintah Federal Swiss. Seperti namanya, kita tahu bahwa kampus ini terletak di Lausanne, dimana bahasa dasarnya adalah menggunakan bahasa Prancis. Kampus ini mengoperasikan reaktor nuklir CROCUS, super-komputerGENE/Q dan fasilitas Biohazard P3. Sebagai kampus yang memiliki fasilitas penelitian yang sangat maju, sangat tidak salah bila kampus ini mendapat ‘tempat’ untuk kampus terbaik di dunia versi beberapa lembaga penilai.


9. Princeton University – Amerika Serikat


Universitas swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1746 ini terletak di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Universitas ini terkenal dengan pendidikannya di bidang arsitektur dan teknik. Penelitian di universitas ini dikembangkan di banyak bidang, diantaranya adalah fisika plasma dan propulsi jet. Laboratorium Nasional Brookhaven juga erat hubungannya dengan kampus yang memiliki slogan ‘berkembang di bawah kekuatan Tuhan’ ini. Walau begitu, saat ini Universitas Princeton tidak menginginkan muridnya memeluk agama tertentu.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,304,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Ini Dia 9 Fakultas Teknik Terbaik di Dunia!
Ini Dia 9 Fakultas Teknik Terbaik di Dunia!
https://1.bp.blogspot.com/-Qm8qmjP5dQg/U_w9_vmqNVI/AAAAAAAAAs8/CHqxhyvPRRk/s1600/Snap%2B2014-08-26%2Bat%2B14.57.16.png
https://1.bp.blogspot.com/-Qm8qmjP5dQg/U_w9_vmqNVI/AAAAAAAAAs8/CHqxhyvPRRk/s72-c/Snap%2B2014-08-26%2Bat%2B14.57.16.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/ini-dia-9-fakultas-teknik-terbaik-di.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/ini-dia-9-fakultas-teknik-terbaik-di.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy