7 Makanan Lezat Bengkulu Yang Wajib Dicoba!

Indonesia terkenal dengan beragam kuliner yang kaya akan rasa dengan beragam bumbu racik dan rempah. Tiap daerah memiliki kekhasan kulinern...

Indonesia terkenal dengan beragam kuliner yang kaya akan rasa dengan beragam bumbu racik dan rempah. Tiap daerah memiliki kekhasan kulinernya masing-masing yang sekaligus menjadi makanan ikon daerah dan kebanggaan masyarakatnya. Beragam kuliner tersebar mulai dari ujung barat sampai ujung timur Nusantara. Salah satu dari daerah yang memiliki makanan yang menarik untuk dicoba adalah Bengkulu. 


Bengkulu terletak di bagian barat daya pulau Sumatera. Kota Bengkulu berbatasan dengan Sumatera Barat yang berada di sebelah utaranya. Di sebelah timur Bengkulu merupakan Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan, sedangkan di sebelah selatan Bengkulu adalah Lampung.

Dengan beragam budaya yang berada di sekitarnya, kota Bengkulu kaya akan kuliner dengan perpaduan rasa yang beragam. Dengan kekayaan kuliner tersebut yang mungkin sulit dijumpai di daerah manapun, maka Kamu perlu mencoba beberapa sajian yang sayang untuk dilewatkan jika berdarma wisata ke kota tersebut. Berikut merupakan “7 Makanan Lezat Khas Bengkulu”.


1. Rebung Asam Undak Liling

Jika melihat seuntai bambu, mungkin tidak pernah terbayang oleh kita untuk sekedar mencicipinya. Namun di Bengkulu, masakan bambu menjadi salah satu kuliner yang sedap untuk dinikmati. Rebung adalah tunas bambu. Karena teksturnya yang masih lunak, rebung bisa diiris-iris tipis seperti sayuran mentimun dan pepaya muda.

Proses pengolahannya diawali dengan merendam rebung. Proses perendaman ini dilakukan selama berhari-hari untuk mendapatkan rasa keasaman dan kelembutan yang pas. Wah, butuh kesabaran ekstra memang ya. Setelah itu rebung digulai dan ditambah liling. Liling merupakan sejenis siput sawah yang berwarna hitam. Rasa gurih didapat setelah rebung dan liling dilumuri kuah asam, bawang, santan, cabai, tomat dan serai. Perpaduan bumbu-bumbu ini dimasak dengan air hingga mendidih dan kenikmatan rebung asam undak liling siap mengguncang lidahmu. 


2. Gulai 

Gulai merupakan sejenis masakan yang bahan utamanya menggunakan santan kelapa dan isinya bisa sayuran, ikan, udang dan lain-lain. Sedangkan bumbu-bumbunya menggunakan bumbu gulai biasa seperti cabe, kunyit, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih dan dedaunan seperti daun salam, daun kunyit, daun jeruk dan serai.

Di Bengkulu, ada beragam jenis gulai, di antaranya adalah: gulai teghung (terong), gulai lepang (timun) masak, gulai rebung manis, gulai kambas, gulai ikan palau, gulai bungo sesilo (bunga pepaya) dan banyak lagi yang lainnya. Berikut akan dijelaskan secara singkat tentang gulai-gulai tersebut.


3. Pendap

Jika melihat bentuk dari pendap, kita akan teringat makanan khas Jawa yakni botok. Botok dan pendap memiliki bentuk yang sama karena dibungkus daun, memiliki bahan yang sama yakni kelapa, dan sama-sama menggunakan daging. Hanya saja pendap lebih berasa asam yang didapat dari proses lama waktu perebusan dan bumbu racikan yang bervariasi.

Masakan ini terkenal dengan rasa yang kuat. Hal ini wajar jika melihat bumbu-bumbunya yang beraneka ragam, beberapa racikan yang perlu disiapkan adalah bawang putih, bawang merah, kencur, kelapa, cabai giling, dan tentunya daging ikan segar. Bahan-bahan tersebut kemudian di duk dengan kelapa yang telah diparut. Setelah proses pencampuran merata, bumbu-bumbu tersebut, dimasukkan sepotong ikan, lalu direbus selama 8 jam. 


4. Tempoyak

Unik, satu kata yang menggambarkan makanan satu ini. Tempoyak merupakan fermentasi dari buah durian. Rasanya yang asam menjadi ciri khas lidah Bengkulu. Makanan ini juga bisa diolah menjadi sambal dan saus. Sebenarnya, tempoyak merupakan makanan khas dari tiga daerah sekaligus, yakni, Jambi, Palembang, dan Bengkulu. 

Kuliner yang satu ini dapat dimakan langsung. Namun hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Bagaimana? Apakah Kamu berani mencoba?

Sajian gulai tempoyak ini bisa ditemui di sebuah rumah makan di daerah Marola, Teluk Segara, Bengkulu, atau tepatnya 3 kilometer dari pusat kota. Di tempat tersebut, Kamu juga bisa menjumpai makanan khas Bengkulu lainnya, seperti bagar asam palak.


5. Lapek binti

Lepek binti adalah makanan sejenis kue khas Bengkulu. Untuk membuatnya, kita perlu mempersiapkan dua bagian kue ini, yakni bagian adonan kulit dan isian yang nantinya siap diselimuti adonan kulit. Untuk adonan kulit, kuliner ini terbuat dari tepung ketan, garam, dan santan. Sedangkan untuk isian adalah gilingan daging sapi yang diolah dengan dicampur bumbu santan, lengkuas dan daun salam. Semua bahan tersebut dibungkus daun pisang dan direbus. Seiring masa, kuliner ini diolah dengan cara yang berbeda dan isinya pun bervariasi. 


6. Bagar hiu

Bagar hiu merupakan resep makanan khas Bengkulu pertama yang berbahan dasar dari ikan hiu. Sesuai dengan namanya, masakan ini menggunakan daging ikan hiu dan biasanya jenis yang digunakan adalah hiu punai atau hiu tanduk karena tidak terlalu amis dan memiliki kulit yang lembut dan cita rasa yang tidak terlalu amis. Konon, bagar hiu merupakan salah satu makanan terfavorit mantan Presiden Soekarno selama masa pengasingan pada 1938-1942.

Bumbu-bumbu yang perlu disiapkan adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas, aneka bumbu-bumbu dasar lainnya, melengkapi cita rasa makanan ini. Kelapanya tidak dibuat santan. Jadi, bagar hiu itu tidak menggunakan santan meskipun ada kelapanya.

Ada perlakuan khusus dalam pembuatan bagar hiu. Ketika proses pengolahan hiu, waktu dan kesabaran ekstra sangat dibutuhkan. Hal ini karena bau amis yang juga sedikit anyir pada daging hiu sulit dihilangkan. Biasanya masyarakat membersihkan daging hiu secara berulang-ulang dengan merendam dalam air, menambah perasan daun pisang dan jeruk nipis.


7. Lema

Lema adalah sebuah nama makanan khas Rejang. Komposisinya terdiri dari rebung yang dicincang-cincang dan dicampur ikan air tawar seperti ikan mujair, sepat, maupun ikan-ikan kecil yang hidup di air tawar. Setelah cincangan rebung yang dicampur dengan ikan tersebut diaduk-aduk, maka adonan tersebut disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat-rapat. Proses fermentasi ini membutuhkan waktu minimal selama tiga hari. Setelah itu, baru adonan lema tadi dimasak dan dimakan dengan nasi. Efeknya, makanan khas daerah Rejang ini memiliki keasaman dan aroma yang cukup kuat. Namun, banyak yang menyukai rasanya dan menjadikannya sebagai lauk bersamaan dengan nasi dan lalapan.

image credit

Demikian beberapa kuliner khas Bengkulu yang patut dicoba ketika Kamu berkunjung ke kota tersebut. Beberapa makanan tentunya sulit dibuat sendiri karena melalui proses yang lama dan cukup rumit dalam pembuatannya. Kalau Kamu ingin membuat sendiri mungkin bisa dengan sedikit mengintip cara pembuatannya, namun hal ini tidak menjamin rasa dan aromanya sama seperti olahan masyarakat lokal. Heeem.. Bagaimana? Apakah Kamu tertantang untuk berkunjung ke Bengkulu? Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin melancong ke kota berjuluk ‘Bumi Raflesia’ tersebut.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,303,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,36,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,444,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,59,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 7 Makanan Lezat Bengkulu Yang Wajib Dicoba!
7 Makanan Lezat Bengkulu Yang Wajib Dicoba!
https://2.bp.blogspot.com/-4qtiysVDAmY/U_r_YUC_oMI/AAAAAAAAAqY/cxraZYa6bio/s1600/Snap%2B2014-08-25%2Bat%2B16.03.18.png
https://2.bp.blogspot.com/-4qtiysVDAmY/U_r_YUC_oMI/AAAAAAAAAqY/cxraZYa6bio/s72-c/Snap%2B2014-08-25%2Bat%2B16.03.18.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/nikmati-7-makanan-lezat-ini-jika-kamu.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/nikmati-7-makanan-lezat-ini-jika-kamu.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy