Profil IAIN Raden Fatah Palembang

Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Sebagai kota terbesar ke-2 setelah Medan di Sumatera, Palembang sekaligus menjadi acuan utama sebagai tempat pendirian industrid dan lembaga-lembaga mulai lembaga pemerintahan hingga lembaga pendidikan. Hal ini pula yang menjadikan suatu wacana bahwa Palembang diisukan menjadi nominasi tempat perpindahan ibu kota Indonesia karena daya tamping Jakarta yang kian hari-kian sesak. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1,7 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km².

Sebagai salah satu kota sentral dalam berbagai bidang di Sumatera Selatan. Palembang juga diharuskan memiliki unsur pendidikan yang baik yang bisa dilihat dari kualitas perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi yang sedang dalam proses pertumbuhan di Palembang, IAIN Raden Fatah menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang cukup diminati, terutama bagi lulusan madrasah di bawah naungan Kementrian Agama. Berikut kami sajikan beberapa ulusan mengenai Profil IAIN Raden Fatah Palembang: 



A. Sejarah

Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Raden Fatah Palembang  diresmikan  pada tanggal 13 Nopember 1964 . di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat  Propinsi Sumatera  Selatan. berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 1964 tanggal 22 Oktober 1964. Berdirinya Institut ini tidak lepas dari tiga tokoh yakni K.H.A. Rasyid sidik, K.H. Husin Abdul Mu’in dan K.H. Siddik Adim pada saat berlangsung muktamar Ulama se-Indonesia di Palembang tahun 1957. Gagasan tersebut mendapat sambutan  luas baik dari pemerintah  maupun peserta muktamar.  Pada hari terakhir muktamar , tanggal 11 September 1957 dilakukan peresmian pendirian Fakultas Hukum Islam dan  pengetahuan Masyarakat yang diketuai oleh K.H. A. Gani Sindang Muchtar Effendi sebagai Sekretaris.  Setahun  kemudian dibentuk  Yayasan Perguruan Tinggi Islam Sumatra  Selatan (Akte Notaris No. 49 Tanggal 16 Juli 1958).

Dengan berdirinya Yayasan Perguruan Tinggi Sumatera Selatan ini, proses pendidikan yang berjalan ternyata berkembang cukup pesat sehingga pada tahun 1975 sampai dengan tahun 1995 IAIN Raden Fatah memiliki 5 Fakultas. Dengan kapasitas dan kualitas yang memenuhi, akhirnya pada tahun 1997 Yayasan Perguruan Tinggi Sumatera Selatan berhak menyandang nama STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) dan semakin memperluas sayap pendidikannya.


STAIN yang baru berdiri ini mulai mendirikan beberapa fakultas tidak hanya di Palembang, namun juga di Bengkulu dan Curup. Dalam perkembangannya kedua fakultas yang berada di kedua kota tersebut beralih menjadi STAIN baru yang berdiri sendiri secara mandiri. Pendirian Program Pascasarjana pada tahun 2000 mengukuhkan IAIN Raden Fatah sebagai institusi pendidikan yang berhasil membawa nama Palembang ke kancah nasional.


Visi dan Misi

Visi: 

“Menjadikan IAIN Raden Fatah sebagai pusat pengembangan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang unggul dan kompetitif.”

Misi :

a. Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman, yang memiliki keunggulan dan daya saing internasional;
b. Mengembangkan riset ilmu-ilmu keislaman, yang relevan dengan kebutuhan masyarakat; dan
c. Mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat muslim.



Prestasi

Berkat komitmen dan kerja keras bersama, IAIN Raden Fatah telah berhasil mendapatkan pengakuan sebagai salah satu lembaga yang berkomitmen kuat untuk memperbaiki manajemen secara terus menerus. Pada tanggal 17 April 2013 IAIN Raden Fatah telah ter- Sertifikasi ISO 9001:2008 dalam bidang Quality Management System dengan ruang Lingkup : 

1. Bagian Kepegawaian IAIN Raden Fatah
2. Bagian Akademik IAIN Raden Fatah 
3. Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga IAIN Raden Fatah 
4. Bagian Perencanaan 
5.Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan 

Kelima bagian yang telah mendapat pengakuan sebagai lembaga yang mampu memperbaiki system manajemen secara terus menerus sesuai dengan standar international ini telah ter- register secara international dengan sertifikat No FS 594451 oleh badan sertifikasi ISO yang memiliki standar international Bristish Standard International berpusat di United Kingdom.

B. Fakultas-Fakultas

Terdapat 5 fakultas yang dapat anda jumpai di Institut ini, yang masing-masingnya memiliki beragam spesifikasi pendidikan. Berikut kelima fakultas tersebut:


1. Fakultas Syari’ah

Fakultas ini mengkaji berbagai macan hukun yurisprudensi dalam perspektif hukum islam dan hukum ketatanegaraan.

2. Fakultas Tarbiyah

Fakultas ini mengkaji berbagai bidang kependidikan, mulai dari pendidikan islam hingga pendidikan dalam bidang tertentu.

3. Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam

Fakultas ini mengkaji bidang dasar-dasar agama sebagai fondasi sentral. Fikih ushul fikih dengan berpedoman utama pada al-Qur’an dan al-Hadis.

4. Fakultas Adab

Fakultas ini mengkaji bidang sastra dan kebudayaan yang berkaitan dengan nilai historis. Di dalamnya terdapat kajian bahasa arab dan sejarah kebudayaan islam sebagai salah satu konsentrasi kurikulumnya.

5. Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Fakultas ini mengkaji seluk-beluk penyiaran Islam dan tata cara komunikasi public sebagai institusi dalam menyiapkan kader yang siap terjun di Masyarakat yang siap menghadapi kebutuhan public dengan segala keluhannya. Di fakultas ini juga dibuka sebuah sistem tentang tata cara melakukan interaksi baik dengan media manual maupun media elektronik dan teknologi komunikasi yang saat ini mulai berkembang pesat.



Selain kelima fakultas, IAIN Raden Fatah juga memiliki Pasca Sarjana yang memiliki 3  prodi sebagaimana berikut:

Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I)
a. Konsentrasi Pemikiran pendidikan Islam (PPI) b. Konsentrasi Metodologi Pendidikan Islam (MTPI) c. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam (MJPI)
Magister Hukum Islam (M.H.I)
a. Konsentrasi Ekonomi Syariah (ES) b. Konsentrasi Islam dan Tata Negara (ITN) c. Konsentrasi Peradilan Agama (PA)
Magister Humaniora (M.Hum)/Sejarah Peradaban Islam (SPI)
a. Konsentrasi Islam di Indonesia (II) b. Konsentrasi Politik Islam (PI) c. Konsentrasi Tafsir Hadis (TH)


Demikian ulasan singkat mengenai IAIN Raden Fatah, sebuah Institut yang menggunakan nama seorang pendiri kerajaan Demak di Jawa. Semoga bermanfaat bagi Kamu yang ingin sekedar mengetahui, dan terkhusus bagi Kamu yang berniat menimba ilmu di Perguruan Tinggi tersebut.
Share on Google Plus

About Inspira Nina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.