Artikel Terbaru

Profil Universitas Balikpapan

Universitas Balikpapan atau yang sering disebut UNIBA, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di di Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini mulai berdiri pada tahun 1981, tepatnya pada pada tangal 1 Juli. Pada tahun 2006-2011 kampus ini pernah dipimpim oleh seorang Rektor yaitu Prof. Dr. Ellyano S. Lasam, SE., M.Si, dan kemudian digantikan oleh Rektor yang sekarang yaitu Dr. H. Suhartono, SE., MM.



Demi pengembangan dan kemajuan selanjutnya berdasarkan sumber-sumber yang ada, tepatnya pada tanggal 24 Maret 1982, Universitas Balikpapan ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur berdasarkan Akte Notaris Muhammad Rasjid Umar, SH Nomor : 162 tahun 1982, yang kemudian ditandatangani oleh 3 unsur, yaitu :

1. Ketua Dewan Pimpinan Daerah PEPABRI Kalimantan Timur yang bertindak untuk dan atas nama Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) Kalimantan Timur. 
2. Ketua Harian DPD Kosgoro mewakili DPD Kesatuan Organisasi Gotong Royong Tingkat I Kalimantan Timur. 
3. Wakil Ketua Yayasan Dharma Wirawan Kalimantan Timur. 


Universitas Balikpapan ini memiliki 7 macam fakultas yang di antaranya adalah :

1. Fakultas Ekonomi 
2. Fakultas Hukum 
3. Fakultas Sastra Inggris 
4. Fakultas Teknik Sipil 
5. Fakultas Teknik Industri 
6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
7. D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja 


Pada awal berdirinya, Universitas Balikpapan memiliki 2 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Hukum (FH).  Dalam perkembangan selanjutnya, Uniba kemudian telah memiliki 5 Fakultas, yang  bahkan saat ini telah mencapai 7 macam fakultas yang semuanya memiliki banyak peminat. Kemudian, selain mengadakan program Diplomat 3 (D3) serta Strata 1 (S1), pada tahun 2008 UNIBA mulai menyelelengarakan Program Pascasarjana untuk Program Studi Ilmu Hukum dan Magister Manajemen.


Jumlah mahasiswa yang diterima tiap tahunnya di Universitas ini  mencapai angka ribuan, yang juga menghasilkan banyak lulusan sarjana dan lain-lainnya. Di sinilah para mahasiswa yang telah lulus akan memulai perjalanan baru dengan mencari pekerjaan sesuai bidang yang telah ditekuni semasa menjalani perkuliahan di kampus. Selain itu, Universitas Balikpapan ini memiliki visi dan misi serta tujuan yang tentunya memberi manfaat bagi para pelajar yang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi ini, yaitu :

Visi

“Sebagai Pusat  Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni (IPTEKS) Berbasis Riset Terdepan Di Kalimantan Timur Yang Mendukung Sektor Industri Jasa.”

Misi

1. Mengembangkan dan memperkuat organisasi perguruan tinggi yang sehat dan dinamis berbasis IT.

2. Menyelenggarakan pendidikan  berkualitas pada program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi  berbasis riset dan IT.

3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa mandiri dalam mengembangkan IPTEK di bidang  industri jasa.

4. Melaksanakan dan meningkatkan mutu penelitian untuk pengembangan IPTEK serta menyebarkan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan.

5. Meningkatkan dan mengembangkan program pengabdian pada masyarakat dalam upaya mencerdaskan  masyarakat.


Tujuan

1. Mengelola Organisasi  secara akuntabel dan transparan berbasis IT.

2. Menjalankan Organisasi berorientasi pada perkembangan lingkungan.

3. Menyelenggarakan program pendidikan akademik, vokasi, dan  profesi sesuai dengan kebutuhan stakeholders.

4. Menghasilkan  lulusan yang mampu bersaing  di pasar kerja dan mampu menciptakan lapangan kerja berbasis IPTEK yang mendukung sektor industri jasa.

5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di bidang IPTEK dan   menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada pihak yang berkepentingan (stakeholders).

6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan program  pengabdian pada masyarakat  bagi kesejahteraan  masyarakat.


Di tiap fakultas yang berada di Universitas Balikpapan ini juga memiliki dekan-dekan yang sangat produktif dalam mendidik para mahasiswa di fakultas mereka, yang diantaranya yaitu :

- Dekan Prof. Dr. Ellyano S. Lasam, SE., M. Si
- Dekan M. Nasir, SH., M. Hum
- Dekan Drs. Sumardjo, MA
- Dekan Rahmat, ST., MT
- Dekan Ir. Manaseh, M.Eng
- Dekan Casmudi, S.Pd., M.Pd
- Ketua Maslina

Ketujuh nama di atas merupakan para Dekan dari tiap fakultas yang terdapat di universitas Balikpapan ini. Berkenaan dengan pencapaian prestasi, tidak jarang mereka para mahasiswa Universitas Balikapan ini memiliki pencapaian yang begitu luar biasa dalam meraih prestasi dan tidak kalah dengan universitas-universitas lain yang berada di daerah Kalimantan. 

Para mahasiswa dari kampus ini memiliki cukup banyak pendatang yang berasal dari daerah lain demi mengenyam pendidikan di universitas tersebut. Beberapa mahasiswa pendatang yang paling banyak diantaranya mereka yang berasal dari pulau daerah Sumatra, Sulawesi dan Jawa. Ini membuktikan bahwa universitas inipun merupakan universitas yang bertaraf tinggi dan cukup diakui di Indonesia, karena sebagian orang tidak mementingkan arti dari sebuah nama Universitas yang meskipun jarang didengar, namun yang dilihat adalah  kualitas pendidikan yang ada pada universitas tersebut. Hal ini berkaitan dengan baik itu  berupa fasilitas, kurikulum dan materi-materi perkuliahan yang juga tidak kalah dengan universitas lain, sehingga dapat mengangkat nama dan menjadi salah satu Universitas yang Top dan diakui di Indonesia.



Tidak sedikit kalangan-kalangan muda mendaftarkan diri di universitas ini yang kemudian bersaing untuk meraih posisi di Universitas Balikpapan ini, baik itu melalui jalur SNMPTN, maupun jalur lainnya. Bagi mereka yang tidak lulus jalur pertama yaitu SBMPTN, yang kemudian menjadi keunikan dan kehebatan dari  universitas ini, yaitu dimana para pengurus serta elemen-elemen universitas akan mengkaji dan meneliti tiap-tiap individu yang mendaftar, yaitu mereka di perbolehkan untuk memasuki universitas ini, dan menjadi mahasiswa, serta bagi mereka yang belum berkenan diterima di universitas yang dikarenakan adanya pemeriksaan ketat dari nilai Rapor dari pendaftar keseluruhan.

Banyaknya persaingan dalam meraih posisi di perguruan tinggi menyebabkan banyaknya lulusan SMA bahkan terpaksa sampai menganggur di Kalimantan. Maka dari itu tentunya, Universitas Balikpapan menyediakan dan memiliki daya tampung yang begitu besar sesuai fakultas dan jurusan yang ada, sehingga kemungkinan ketidaklulusan para pendaftar di universitas tersebut menjadi minim.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top