Profil Universitas Hasanuddin

Perguruan Tinggi atau Universitas selalu menjadi topik hangat dikalangan para pelajar, terutama para calon mahasiswa baru. Banyaknya piliha...

Perguruan Tinggi atau Universitas selalu menjadi topik hangat dikalangan para pelajar, terutama para calon mahasiswa baru. Banyaknya pilihan universitas di Indonesia terkadang membuat para calon mahasiswa bingung dimana mereka akan menempuh pendidikan.
Kali ini kami akan mengulik sedikit tentang salah satu Universitas di Indonesia tepatnya di pulau Sulawesi bagian selatan. Selain kaya akan kuliner dan tempat wisatanya serta sejarah dan budaya khasnya yang apik, Sulawesi Selatan juga mempunyai perguruan tinggi, salah satunya yang terdapat disana adalah Universitas Hasanuddin.


Universitas Hasanuddin berdiri pada tanggal 11 Juni 1956. Universitas yang sering disingkat UNHAS ini memiliki julukan ‘Universitas tertua’ di Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin dipimpin oleh Prof. Dr. Dwia Aries Tina Palabuhu, MA. Perguruan tinggi ini sebenarnya adalah pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ketika waktu itu Bung Hatta masih menjabat sebagai wakil Presiden. Kampus Universitas Hasanuddin sendiri pada awalnya terletak di daerah Baraya, yang oleh karenanya disebut kampus Baraya. Namun, pada awal tahun 1980 kampus Universitas Hasanuddin ini dipindahkan ke Tamanlarea, ketika jabatan Rektor dipegang oleh Prof. Dr. Ahmad Amiruddin. Alasan pemindahan kampus ini adalah karena kampus Baraya berada di tengah kota. Saat ini areal kampus Universitas Hasanuddin sendiri berada diatas tanah seluas 220 Hektar. 


Pada tahun 2006 Fakultas Hasanuddin bertambah satu Fakultas Pertanian dan Kehutanan. Selain penambahan tersebut, terdapat kampus baru yaitu kampus yang dikhususkan untuk Fakultas Teknik, letaknya di Kabupaten Gowa.

Bagi Kamu yang ingin menempuh pendidikan di Universitas Hasanuddin, kampus ini memiliki cukup banyak fakutas, antara lain :

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
2. Fakultas Kedokteran
3. Fakultas Sastra
4. Fakultas Pertanian
5. Fakultas Peternakan
6. Fakultas Hukum
7. Fakultas Teknik
8. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
9. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
10. Fakultas Kedokteran Gigi
11. Fakultas Kesehatan Masyarakat
12. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
13. Fakultas Farmasi
14. Fakultas Kehutanan
15. Fakultas Psikologi


Mengingat ketika ingin masuk ke Universitas Hasanuddin Kamu juga harus bersaing dengan puluhan ribu calon mahasiswa, maka dari sebagai seorang calon mahasiswa Kamu juga harus mempersiapkan diri dan nilai yang cukup baik, sehingga Kamu dapat menjadi mahasiswa terpilih untuk masuk di kampus tersebut. 

Selain memiliki cukup banyak fakultas, kampus ini memiliki puluhan ribu mahasiswa. Universitas ini juga menjadi Universitas yang patut ditiru karena telah memberikan banyak sekali gelar kehormatan ‘doktor honors causa’ kepada beberapa tokoh, antara lain :

1. Ir. Soekarno- Presiden pertama Republik Indonesia
2. Drs. Mohammad Hatta- Wakil Presiden pertama Republik Indonesia
3. Chaerul Saleh- Wakil Perdana Menteri Republik Indonesia
4. Prof. Dr. BJ Habibie- Presiden Republik Indonesia ketiga
5. Nelson Mandela- Presiden Afrika Selatan
6. Tun Najib Tun Razak- Wakil Perdana Menteri Malaysia
7. Jusuf Kalla- Wakil Presiden Republik Indonesia Kesepuluh


Bagi Kamu yang ingin masuk ke Universitas Hasanuddin, universitas ini memiliki 6 jalur yang disediakan, baik dari pemerintah maupun jalur pendaftaran dari Universitas Hasanuddin sendiri. Jalur pendaftaran tersebut antara lain :

1. SNMPTN

Siapa yang tidak mengenal SNMPTN, SNMPTN adalah jalur masuk undangan atau jalur masuk dengan menyerahkan dan menginput nilai Raport. Jalur ini bersifat gratis dan hanya bisa diikut oleh siswa angkatan tahun terakhir. Setelah input nilai maka Kamu tinggal menunggu pengumumannya.

2. SBMPTN

SBMPTN adalah sama dengan SNMPTN. SBMPTN adalah jalur masuk dari pemerintah yang biasa diberatkan biaya kepada para pendaftar. Jalur ini menggunakan ujian tulis, Dan yang bisa menggunakan akses ini adalah angkatan keberapapun. 


3. BIDIKMISI

Bidikmisi adalah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dengan sistem nol rupiah, jadi pendaftar yang bisa mendapatkan fasilitas ini adalah bagi para siswa dengan yang berkategori kurang mampu. Dengan ini calon mahasiswa yang tidak mampu akan bisa berkuliah di Universitas dengan gratis atau nol rupiah.

4. JPPB

Seleksi JPPB ini hampir sama dengan jalur SNMPTN hanya saja ini disediakan langsung oleh Universitas Hasanuddin dengan persyaratan mengajukan nilai raport dan peringkat 20% di kelasnya dengan syarat khususnya adalah bukan siswa pindahan.

5. POSK 

Jalur seleksi mandiri dari angkatan tahun terakhir yang memiliki prestasi di bidang seni dan olahraga, keilmuan ditingkat Nasional dan dibuktikan dengan sertifikat kejuaraan.

6. PMJNS

Jalur masuk ini diperbolehkan untuk angkatan 3 tahun terakhir dari tahun kelulusan saat itu. Calon pendaftar memiliki syarat fisik sehat, potensi bidang akademik dan mampu secara finansial.


Bagi Kamu sebagai calon mahasiswa jangan takut, karena Universitas Hasanuddin memberikan juga memberikan fasilitas yang dapat gunakan dengan bebas, antara lain adalah :

1. Gedung Perpustakaan

Gedung ini berada di sebelah gedung Rektorat Universitas Hasanuddin. Gedung perpustakaan ini memiliki 4 lantai dengan penggunaan yang dimaksimalkan adalah pada lantai 1. Pada lantai satu ini dimanfaatkan untuk bagian pendidikan, bagian kemahasiswaan, bimbingan konseling, dan unit pelayanan umum seperti Kantor Pos, Bank BRI, Koperasi Mahasiswa, Koperasi Univ. Hasanuddin, Toko Buku, dan masih banyak lagi. Jam pelayanan seluruh fasilitas di lantai satu, pada hari senin sampai dengan kamis adalah dimulai dari jam 08.00-16.00 dan pada hari jum'at dimulai 09.00-16.00.

Jenis pelayanan yang diberikan oleh gedung perpustakaan ini adalah :

A. Pelayanan bahan pustaka

Pelayanan bahan pustaka adalah pelayanan dimana buku yang akan dipinjam dapat dibawa pulang dengan syarat civitas akademika ini sudah terdaftar sebagai anggota perpustakaan.

B. Pelayanan Penelusuran Informasi

Pustakawan berusaha mencari bahan atau dokumen ke berbagai pusat dokumen informasi baik di dalam neger maupun luar negeri namu kamu harap bersabar dan persiapka dana untuk pengiriman penelusuran bahan.

C. Pelayanan CD Rom

Pelayanan ini adalah pelayanan yang menyediakan bibliografi dan sebagiannya berbentuk full text yang disediakan dalam bentuk CD Rom.

D. Pelayanan Internet

Perpustakaan ini menyediaan 3 terminal komputer yang dapat digunakan untuk akses internet dimana penggunanya akan dikenai biaya operasional dan pemeliharaan.

E. Pelayanan konsultasi

Sama dengan halnya bimbingan konseling ketika di sekolah, pelayanan ini hadir untuk mendengarkan masalah-masalah baik karyawan maupun mahasiswa.

F. Pelayanan Fotokopi

Pelayanan ini memberikan kemudahan kepada para mahasiswanya untuk memperbanyak atau mengopi file yang sedang mereka butuhkan.

G. Pelayanan Magang

Pelayanan magang ini diberikan kepada mahasiswa yang ingin belajar bekerja, mereka bisa mendaftar magang di perpustakaan ini sebagai pustakawan.


Dari semua penjelasan diatas, apakah kamu tertarik untuk menentukan pendidikanmu di Universitas Hasanuddin? 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil Universitas Hasanuddin
Profil Universitas Hasanuddin
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1gX-BeRw9FcJ-1Q-bBmfWdPRCHBed81Isx6KEQIaOd3V0iZj-ys-BzpgQJ3iibfrTg3HIqzW6z7Cdm4kiiN7Wvj6AL5cvuZqdiifLkrL6MUALHmEYMu9QejfJ6hKX7x9WGgpHGTWlOfA/s1600/Snap+2014-08-28+at+11.46.27.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1gX-BeRw9FcJ-1Q-bBmfWdPRCHBed81Isx6KEQIaOd3V0iZj-ys-BzpgQJ3iibfrTg3HIqzW6z7Cdm4kiiN7Wvj6AL5cvuZqdiifLkrL6MUALHmEYMu9QejfJ6hKX7x9WGgpHGTWlOfA/s72-c/Snap+2014-08-28+at+11.46.27.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/profil-universitas-hasanuddin_27.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/profil-universitas-hasanuddin_27.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy