Artikel Terbaru

Profil Universitas HKBP Nommensen

Universitas HKBP merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Perguruan tinggi Kristen ini memiliki 2 kampus dan 1 kantor yayasan. Kampus 1 terletak di Jln. Sutomo No.4 A Medan Sumatera Utara Indonesia, Kampus 2 terletak di Jln. Sangnaualuh No.4 Pematang Siantar Sumatera Utara Indonesia, dan Yayasan Universitas HKBP Nommensen berada di Jln. Perintis Kemerdekaan No. 21 Medan Sumatera Utara Indonesia. Universitas HKBP merupakan perguruan tinggi yang didirikan oleh Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), sebuah Gereja Protestan. Pendirian perguruan tinggi ini berlangsung pada  tanggal 7 Oktober 1954. 



Universitas HKBP Nommensen merupakan perguruan tinggi Kristen yang semua kegiatannya didasarkan pada kasih Kristiani dan  mempunyai tujuan, visi, misi, falsafah dan motto. ‘Visi’ universitas KHBP Nommensen adalah "Menjadi Perguruan Tinggi terbaik dan terkemuka di Indonesia dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan sumberdaya manusia bermutu, beriman, berakhlak, yang tanggap terhadap tantangan lokal dan global".Visi perguruan tinggi ini dibuat berdasarkan Renstra 2003-2008 dan Program Pengembangan UHN 2006-2010. Untuk mempermudah dalam pelaksanaan visi tersebut, maka visi tersebut dijabarkan dalam 3 pilar utama, yakni:

1. Mengutamakan mutu dalam memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
2. Mengutamakan cara-cara inovatif dan kreatif dalam pelayanan dengan memberi kesempatan luas bagi berkembangnya inspirasi, inisiatif, dan partisipasi civitas akademiknya.
3. Mendorong desentralisasi pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang bersikap profesional (high expertis, high ethic) yang secara sinergis saling bekerjasama dalam semangat tim kerja untuk mencapai tujuan bersama.


Seluruh kegiatan yang dilakukan di UHN berdasarkan kepada kasih Kristiani yaitu:
1. Memberikan imbalan yang adil dan manusiawi bagi seluruh jenis sumberdaya yang digunakannya.
2. Memberlakukan berbagai aturan dan cara untuk menjamin mutu program pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
3. Memperlakukan seluruh manusia yang berhubungan dengan UHN dengan seadil-adilnya tanpa mementingkan pribadi, keluarga, kelompok, atau golongan.
4. Memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dengan pengertian bahwa yang terbaik adalah yang disyaratkan oleh pasar.
5. Mengasihi orang yang berkepentingan terhadap UHN dengan kasih yang benar dan bukan dengan kasih semu.


Dalam melakukan segala aktivitas pengajaran dan pembelajaran, universitas HKBP Nommensen memusatkan segala kegiatan untuk mencapai tujuan-tujuan antara lain:
1. Mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mendekatkan mutu lulusan UHN terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja yang memiliki keahlian sesuai bidangnya dan mampu bersaing di tingkat lokal dan global.
3. Menyeimbangkan pelayanan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan taraf hidup, dan memperkaya khasanah budaya nasional.
4. Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia sesuai bidang keahliannya. 


Falsafah yang dimiliki universitas HKBP adalah ‘Pro Deo et Patria’ (Bagi Tuhan dan ibu pertiwi), yaitu berdasarkan kasih Kristiani dan semangat I.L. Nommensen, UHN memiliki komitmen yang tinggi untuk secara konsisten meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dengan cara yang paling bertanggung jawab tanpa membedakan suku, agama, ras, dan golongan. 

    
Universitas HKBP Nommensen menetapkan Program Pengembangan UHN tahun 2006 -2010 yang dirinci menjadi 9 butir strategis pengembangan yang didasarkan pada visi, misi dan tujuan, yaitu:

1. Bidang Administrasi dan Tata Pamong (Governance)

Untuk menjadi universitas yang berkompetensi tinggi, UHN perlu meningkatkan strategi pengelolaan, perbaikan dalam mekanisme pengambilan keputusan dan pengelolaan administrasi yang professional. Tujuan akhirnya adalah untuk membuat struktur organisasi yang lebih fleksibel, yang merefleksikan sistem pasar pendidikan modern, yang dimulai dari tersedianya ketentuan/aturan dasar yang jelas dan mudah dioperasionalkan dalam kebijakan konkrit untuk diimplementasikan.



2. Bidang Akademik

Pengembangan bidang akademik difokuskan kepada peningkatan pelayanan kepada mahasiswa di bidang akademik dan fleksibilitas prodi dalam menyesuaikan jasa pendidikan yang ditawarkan sesuai kebutuhan dunia kerja dengan tujuan untuk mendekatkan program studi pada nilai tertinggi akreditasi dari BAN PT.

3. Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

Diarahkan untuk menunjang kegiatan akademik dan mendekatkan kegiatan kemahasiswaan dengan lapangan kerja yang akan digelutinya setelah menamatkan perkuliahan tanpa mengabaikan pengembangan kreativitas sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa. Sedangkan alumni diharapkan menjadi sumber umpan balik untuk perbaikan mutu dan kurikulum dan sebagai mitra dalam membangun jaringan dengan berbagai pihak untuk menunjang aktivitas akademik dan penyambung komunikasi dengan lembaga-lembaga penyedia lapangan kerja.

4. Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia

Bertujuan untuk peningkatan kualifikasi, kompetensi, dan professionalitas tenaga akademik dan tenaga administrasi yang dimulai dari perencanaan dan sistim rekrutmen yang dapat dipertanggungjawabkan hingga peningkatan kualifikasi melalui studi lanjut dan pelatihan.

5. Pengembangan Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana untuk mendukung penyelenggaraan proses belajar mengajar dan kegiatan administratif harus terus ditingkatkan, baik jumlah maupun kualitasnya sejalan dengan perkembangan teknologi dan mengikuti perkembangan jumlah mahasiswa.

6. Bidang Income Generating

Untuk mengimbangi semakin meningkatnya biaya penyelenggaraan proses belajar mengajar sementara situasi ekonomi masyarakat masih belum memungkinkan untuk peningkatan uang kuliah, maka kegiatan yang dapat menambah penerimaan akan semakin signifikan memberikan kontribusi finansial Universitas. Kegiatan yang diselenggarakan untuk income generating baik sebagai tujuan utama maupun sebagai ‘by product’ pada dasarnya tidak terlepas dari pengaplikasian ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di Universitas oleh tenaga akademik dengan maupun tanpa bekerjasama dengan pihak lain.

7. Bidang Kemitraan

Tahun 1980-an Universitas HKBP Nommensen mengembangkan kemitraan yang luas dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri. Kemitraan ini memberikan keuntungan bagi UHN berupa terbukanya kesempatan tukar-menukar tenaga akademik (expert exchange) maupun kerjasama pengadaan sarana prasarana penunjang kegiatan akademik. Untuk periode 2006 - 2010 kemitraan yang saling menguntungkan akan menjadi salah satu bidang yang mendapatkan perhatian besar. Kemitraan yang akan dibangun tidak terbatas hanya pada lembaga-lembaga pemerintah maupun lingkungan akademis, tetapi meluas hingga ke lembaga-lembaga keagamaan dalam rangka pengembangan SDM lembaga tersebut maupun dengan SLTA terpilih di Sumatera Utara dalam rangka memperbaiki mutu calon mahasiswa dan memperluas akses kesempatan belajar kepada mereka yang termarginalisasi.

8. Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat

Salah satu sasaran UHN 2006 - 2010 adalah menyeimbangkan aktivitas pelayanan Universitas HKBP Nommensen antara pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Secara ideal dengan cara ini akan dapat diwujudkan pengajaran yang berbasis pada hasil penelitian dan kebutuhan masyarakat (research based and demand need learning). Sementara dari sisi praktis hambatan untuk mencapai akreditasi tertinggi pada semua program studi yang diasuh UHN yaitu rendahnya publikasi ilmiah maupun pendaftaran HAKI yang bersumber dari diabaikannya aktivitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat oleh lembaga maupun tenaga akademik dapat diatasi. Pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bidang yang terintegrasi dengan bidang kemitraan, income generating dan tidak dapat dipisahkan dari bidang akademik.

9. Bidang Pembinaan Mental Spritual

Universitas HKBP Nommensen adalah Perguruan Tinggi milik lembaga keagamaan tetapi sifatnya terbuka dan umum. Sebagai Universitas yang kepemilikannya berlatar belakang keagamaan, pembinaan mental dan spiritual merupakan salah satu pilar UHN yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan dan staf/pegawai yang memiliki effective habits yang merupakan kombinasi ketrampilan (skills), pengetahuan (knowledge), kemauan (desire) serta kualitas akhlak dan moral yang membentuk karakter. Dengan demikian kemajuan intelektual diimbangi dengan kemajuan mental spritual yang memadai.


Motto universitas HKBP Nommensen adalah “Mengejar kecemerlangan dan memberi perhatian kepada golongan miskin dalam arti luas” (to strive for excellence and pay attention to the poor in broad). 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top