Profil Universitas Mulawarman

Di zaman saat ini, sudah tidak dapat ditawar lagi bahwa pendidikan merupakan aset serta prioritas utama untuk merintis kesuksesan, dan tent...

Di zaman saat ini, sudah tidak dapat ditawar lagi bahwa pendidikan merupakan aset serta prioritas utama untuk merintis kesuksesan, dan tentunya juga untuk mendapatkan pekerjaan yang di cita-citakan bagi tiap individu. Namun, persaingan dalam pendidikan yang terutama menyandang sebagai salah satu universitas favorit, sudah menjadi fenomena yang umum terjadi saat menghadapi tahun ajaran baru perkuliahan. Salah satu perguruan tinggi yang ternama di Indonesia, tepatnya di  Kalimantan yaitu Universitas Mulawarman.



Universitas Mulawarman atau UNMUL, merupakan Perguruan Tinggi Negeri di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan, yaitu mencapai lebih dari  35 ribu orang. Kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 1960-an adalah daerah yang masih dihuni oleh sedikit penduduk dan penyebarannya tidak merata, bahkan banyak daerah yang terisolir sehingga sebagian aktivitas tidak dapat dilakukan. Dari kota Balikpapan ke kota Samarinda saja harus ditempuh dalam waktu 1 hari melalui jalan darat dan sungai. Banyak pemudi dari daerah Kalimantan Timur yang melanjutkan pendidikan tinggi harus menuju Banjarmasin, Makassar atau kota-kota di Pulau Jawa. Karena itulah, atas keinginan masyarakat Kalimantan Timur, direncanakanlah pendirian perguruan tinggi di Samarinda. Gubernur Abdoel Moeis Hasan kemudian meminta Bupati Yoeda Soebrata mengundang mengadakan pertemuan dengan para pemuka masyarakat di Samarinda, dan kemudian berdasarkan keputusan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur pada tanggal 7 Juni 1962, maka dibentuklah Perguruan Tinggi Mulawarman di Samarinda.

Demi menopang kebutuhan dana, fasilitas, serta peralatan di Perguruan Tinggi Universitas Mulawarman, ditetapkan juga Yayasan Perguruan Tinggi Mulawarman yang dipimpin oleh Abdul Aziz Samad, serta pengurus-pengurusnya. Di antaranya adalah E. Abdul Samad sebagai sekertaris dan, Dorinawati Samalo sebagai bendahara di yayasan tersebut. Pada tanggal 28 Juni 1962 kemudian ditetapkan pula Presidium untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi Mulawarman dengan Sekretaris Drs. Achmad Dahlan yang dibantu Husein Achutanair dan Syahidin, BA sebagai penyelenggara administrasi yang berkoordinasi dengan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan di Ibukota Jakarta. 

Perguruan Tinggi Mulawarman kemudian ditetapkan sebagai Universitas Kalimantan Timur berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 28 September 1962. Namun, namanya kemudian diubah yang kemudian menjadi Universitas Mulawarman, di mana nama ini diresmikan oleh presiden pertama Indonesia, yaitu Ir.Soekarno pada tanggal 23 April 1963.  Dan di tetapkanlah peresmian berdirinya Universitas Mulawarman ini pada Tanggal 27 September 1962.

Berbicara mengenai simbol, lambang pada Universitas Mulawarman ini berupa perisai dengan warna dasar hijau, yang melambangkan tentang Pengetahuan. Di dalamnya juga terdapat gambaran jalinan rotan dengan warna kuning yang menunjukkan persatuan yang terjalin antara berbagai suku dan aliran yang terdapat di Indonesia khususnya di Kalimantan, dengan perahu yang berwarna hitam putih, melingkari sisi-sisi lingkaran yang membawa guci berwarna putih-cokelat, yang menyatakan akan kewajiban Universitas untuk mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan baik dalam bidang studi yang ditekuni oleh mahasiswa, maupun pengembangan diri yang di aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Guci itu sendiri, khususnya di pedalaman Kalimantan Timur, adalah tempat menyimpan barang-barang keramat atau untuk menyimpan tulang-belulang nenek moyang para pendahulu generasi mereka.



Guci Suci pada lambang Universitas Mulawarman pun melambangkan wadah untuk menyimpan ilmu pengetahuan yang harus dikembangkan dan disampaikan kepada putra-putri Indonesia agar menjadi generasi yang berwawasan ilmu pengetahuan yang baik dan berkarakter serta bermoral. Dan gambar Perahu berlayar pada lambang tersebut terdapat 3 garis putih berombak di bawah perahu, karena seperti diketahui, kota Samarinda tempat Universitas Mulawarman berdiri, terletak di pinggir sungai Mahakam. Dan Roda gigi berwarna kuning yang melingkari perahu menunjukkan zaman berada dalam taraf kemajuan teknik yang luar biasa, namun tetap berkepribadian yang baik.

Universitas Mulawarman pun memiliki fasilitas yang disediakan oleh mahasiswa untuk di pergunakan sebagaimana mestinya, yang begitupun lingkungan yang sangat asri dan nyaman. Universitas Mulawarman juga memilki berbagai fasilitas penunjang perkuliahan, diantaranya fasilitas Ruang kuliah modern yang representatif  serta lengkap dan memudahkan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang memiliki kegiatan studi dan membutuhkan ruangan seperti itu, serta fasiltas hotspot dan internet 24 jam dengan akses yang begitu luas di peruntukkan untuk mahasiswa, fasilitas perbankan yaitu penyedian ATM yang berlaku selama 24 jam, fasilitas olahraga, fasilitas perpustakaan, fasilitas Laboratorium, dan fasilitas-fasilitasnya. 

Di Universitas inipun di sediakan banyak jenis fakultas serta institusi yang begitu lengkap dan tersedia bagi para mahasiswa baru yang mendaftarkan diri di universitas tersebut. Begitupun kegiatan-kegiatan di luar mata kuliah dari mahasiswa yang begitu banyaknya, dan biasanya lebih lumrah disebut sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi mahasiswa yang ingin memasuki baik itu komunitas maupun organisasi-organisasi yang didirikan oleh para pelajar di Universitas Mulawarman ini, baik itu kegiatan peduli lingkungan atau Pramuka, maupun kegiatan yang bergerak di bidang agama. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan berupa fasilitas, prestasi, serta sejarah unik dari Universitas Mulawarman Kalimantan ini. Semuanya adalah lembaga yang bertujuan untuk mendidik anak-anak bangsa agar menjadi penerus yang hebat dan bermoral serta budi pekerti yang luhur. Di dalam suatu pendidikan itu tidak hanya mengajarkan pengetahuan mata pelajaran tetapi juga dididik mental tiap mahasiswanya  agar menjadi lebih semangat dalam berkarya dan mencapai prestasi tertinggi di bidangnya.


Selain itu, berkenaan dengan beasiswa, tentunya bagi kalangan mahasiswa yang kurang mampu maupun yang berprestasi telah di sediakan bagi mereka beasiswa di kampus ini, di antaranya :

1. Beasiswa Bidikmisi
2. Beasiswa Osaka Gas Company
3. Beasiswa PPA (Dikti)
4. Beasiswa BBM (Dikti)
5. Beasiswa Kaltim Cemerlang (Pemprov)
6. Beasiswa Bankaltim
7. Beasiswa BRI
8. Beasiswa Bank Indonesia
9. Beasiswa Supersemar
10. Beasiswa Supersemar Unggulan
11. Beasiswa Eka Tjipta Foundation
12. Beasiswa PT. Pupuk Kaltim
13. Beasiswa Total E & P Indonesia
14. Beasiswa PT. LNG Bontang
15. Beasiswa Djarum
16. Beasiswa PT. Toyota/Astra Internasional
17. Beasiswa PT. TASPEN
18. Beasiswa BUMN
19. Beasiswa Karya Salemba Empat
20. Beasisiwa Bakri Foundation


Di Universitas Mulawarman ini juga telah banyak lahir penerus bangsa dengan prestasi yang gemilang dan membanggakan, serta hasil yang benar-benar memuaskan sesuai perjuangan meraih kesuksesan yang nyata. Di Lembaga ini, para mahasiswa dididik untuk menjadi seorang yang berkarakter, yang berpegang teguh dengan prinsip agar menjadi referensi yang memudahkan nantinya di masa yang akan datang. Semuanya telah tersedia dan tinggal bagaimana mahasiswa memanfaatkan Sumber Daya yang ada sebaik mungkin dan tidak menyia-nyiakannya, karena kerugian itu bukan datang pada pihak universitas, tetapi terhadap pribadi sendiri. Seperti itulah tuntutan prinsip yang dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa yang baik di Universitas ini. Cukup menarik bukan? 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil Universitas Mulawarman
Profil Universitas Mulawarman
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjevtIT-pgq92dPEq1JfnU83bfMOuV7g-y3UEeJJxFgudMBJqgbyhCVJlVyPO_iOblq16-pfKLZLimmaQYeSbDXspqIW9LYm6U9MIdQ9Iqjb9mZoI1Fdit4h0y2IJV8vOPk0PXowY9iqZE/s1600/Snap+2014-08-29+at+15.32.49.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjevtIT-pgq92dPEq1JfnU83bfMOuV7g-y3UEeJJxFgudMBJqgbyhCVJlVyPO_iOblq16-pfKLZLimmaQYeSbDXspqIW9LYm6U9MIdQ9Iqjb9mZoI1Fdit4h0y2IJV8vOPk0PXowY9iqZE/s72-c/Snap+2014-08-29+at+15.32.49.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/profil-universitas-mulawarman.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/profil-universitas-mulawarman.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy