Artikel Terbaru

Profil Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Selain Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor, ada juga Universitas Negeri yang berada di satu wilayah pada ujian masuk SNMPTN dan SBMPTN, yakni Universitas Negeri Jakarta atau sering kita kenal dengan singkatan UNJ. UNJ sendiri didirikan tahun 1964 di Kota Jakarta, Indonesia.  Pada awal kemerdekaan bangsa Indonesia dirasakan bahwa tenaga pengajar di Indonesia sangat kurang. Oleh karena itu, dengan seiring berjalannya waktu dikeluarkanlah Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963, dengan ditetapkannya integrasi Sistem Kelembagaan Pendidikan Guru. Salah satu butir pernyataan Keppres tersebut adalah bahwa surat keputusan ini berlaku sejak 16 Mei 1964, yang kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta.



 IKIP Jakarta yang ada sejak tanggal 4 Agustus 1999, berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, dan peresmiannya dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara. Hari jadi Universitas Negeri Jakarta ditetapkan sama dengan hari jadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang merupakan cikal bakal Universitas Negeri Jakarta yaitu pada tanggal 16 Mei 1964.


Visi dari Universitas Negeri Jakarta secara garis besar adalah ‘menjadi universitas yang memiliki keunggulan kompetitif dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokratis dan sejahtera berdasarkan Pancasila di era globalisasi’. 

Sedangkan Misi dari UNJ sendiri adalah sebagai berikut: 

1. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan.
2. Menyiapkan tenaga akademik dan/atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan dan nonkependidikan guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
3. Mengembangkan ilmu dan praksis kependidikan dalam rangka mempercepat pencapaian pembangunan pendidikan nasional.
4. Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu, teknologi, dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna.
5. Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi kemanusiaan yang optimal dan terintegrasi secara berkesinambungan.
6. Menfungsikan dirinya selaku universitas yang mampu menerapkan prinsip-prinsip entrepreneurship dalam kinerjanya secara berkesinambungan.


Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memiliki 7 Fakultas dan banyak sekali program studi di dalamnya. Program studinya lebih kepada ranah keguruan, walaupun sebenarnya terdapat program studi yang non-kependidikan. Untuk lebih tahu detailnya, simak ya!


1. Fakultas Ilmu Pendidikan

Fakultas Pendidikan di UNJ terdiri dari dari beberapa program studi, yakni: bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, pendidikan luar biasa, pendidikan luar sekolah, pendidikan guru anak usia dini, pendidikan guru sekolah dasar, studi psikologi dan manajemen pendidikan. Dari sekian banyak program studi di fakultas ini ada satu jurusan yang banyak sekali peminatnya yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 


2. Fakultas Bahasa dan Seni

 Fakultas ini terdiri dari beberapa program studi, yakni: bahasa dan sastra Indonesia, bahasa dan sastra Inggris, bahasa Perancis, bahasa Jerman, bahasa dan sastra Arab, bahasa Jepang, seni musik, seni rupa, dan seni tari. Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris adalah jurusan primadona di fakultas ini karena banyak sekali peminatnya! 


3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas ini terdiri dari program studi pendidikan matematika, pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan biologi, matematika, fisika, kimia, biologi, dan sistem komputer. Program Studi Biologi adalah program studi favorit di fakultas ini.  


4. Fakultas Ilmu Sosial 

Fakultas ini terdiri dari: ilmu agama Islam, pendidikan kewargaanegaraan, pendidikan geografi, pendidikan sosiologi, pendidikan sejarah, sosiologi, pendidikan IPS, dan hubungan masyarakat. Hubungan Masyarakat adalah program studi favorit di fakultas ini. 


5. Fakultas Teknik

 Fakultas Teknik ini terdiri dari program studi pendidikan teknik elektronika, pendidikan teknik mesin, pendidikan teknik informatika dan komputer, pendidikan teknik bangunan, pendidikan teknik tata boga, pendidikan tata busana, pendidikan tata rias, pendidikan kesejahteraan keluarga, teknik elektro, teknik mesin,dan teknik sipil. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer adalah program studi favorit di fakultas ini.


6. Fakultas Ilmu Keolahragaan

 Fakultas ini terdiri dari: pendidikan jasmani, pendidikan kesehatan dan rekreasi, pendidikan kepelatihan olahraga, ilmu keolahragaan, dan IKOR KKO.  Pendidikan Jasmani merupakan program studi favorit di fakultas ini. 


7. Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi ini  terdiri dari beberapa program studi, yakni: Program Studi Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi serta Administrasi. Jurusan Manajemen menjadi jurusan paling diminati di fakultas ini. 


Itulah ketujuh fakultas yang ada di UNJ. Adakah satu diantaranya yang menjadi favorit Kamu?

Beasiswa


Beranjak dari pembahasan fakultas, Kita akan menyisiri lebih dalam mengenai  beasiswa apa saja yang di UNJ. Bagi Kamu ‘si pemburu beasiswa’, terutama MABA (Mahasiswa Baru) perlu sekali mengetahui informasi tentang beasiswa. Mahasiswa bisa mengajukan beasiswa dengan beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh UNJ. Well, Beasiswa di UNJ ini beragam, ada yang berasal dari pemerintah ataupun swasta. Beberapa beasiswa yang tersedia di UNJ antara lain PPA, BPP-PPA, Supersemar, Tempo Group, Yayasan Salim, Toyota, dan masih banyak lagi. 


Gaya Hidup (Life Style)

Gaya hidup mahasiswa UNJ sangat beragam. Lokasinya yang berada di Ibukota Jakarta membuat biaya hidup mahasiswa di UNJ cukup mahal dibandingkan perguruan tinggi ditempat lain. Biaya hidup mahasiswa UNJ perbulan berkisar 4 juta  sampai 15 juta. Biaya tersebut sudah meliputi tempat tinggal, makan, fotokopi, print tugas, dan jalan-jalan. Tapi biaya tersebut bisa saja berkurang, ketika apa yang menjadi konsumsimu sehari-hari bisa Kamu tekan seminim mungkin. 

Prestasi

Banyak prestasi ditorehkan oleh civitas akademika  Universitas Negeri Jakarta, mulai dari juara 1 Lomba Pidato Nasional Otoritas Jasa Keuangan, Peraih 3 medali emas dalam ajang Internasional Engineering and Innovation Exhibition 2013, Gold Medal INTEX young Malaysia 2014, dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lainnya. 


Nah, itu tadi profil dari Universitas Negeri Jakarta. Semoga bisa menambah pengetahuan Kamu dan tidak merasa ragu lagi untuk masuk di Universitas ini. Good luck Leaders ! 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top