Artikel Terbaru

Profil Universitas Negeri Makasar

Makassar, yang merupakan daerah dengan Ibu Kota propinsi Sulawesi Selatan ini memang memiliki sejuta hal yang dapat dibanggakan. Kota ini selalu memiliki seribu satu hal untuk dibahas, dengan keanekaragaman daerah, budaya, dan kuliner yang layak dinikmati. Selain itu, sebagai daerah yang cukup terkenal, Makassar juga memiliki perguruan-perguruan tinggi yang pantas untuk dipertimbangkan.

image credit

Salah satu perguruan tinggu negeri yang memiliki pesona dan pemikat tersendiri bagi para mahasiswa adalah Universitas Negeri Makassar. Universitas yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1961 ini selalu mendapati peminat yang meningkat setiap tahunnya. Sampai dengan tanggal 31 Agustus 1964, Universias ini masih berstatus Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Hasanuddin.


Universitas yang sering disingkat menjadi UNM ini dipimpin oleh seorang rektor yang memiliki nama Prof. Dr. Arismundar, M. Pd. Selain itu universitas ini memiliki motto ‘Tetap Jaya Dalam Tantangan’, yang berarti bahwa ‘semua orang didalamnya akan mempertahankan sekuat tenaga kejayaan yang sudah dimiliki oleh Universitas Negeri Makassar’. Universitas ini memiliki 9 Fakultas di Diploma Tiga (D3), 58 fakultas di Strata Satu (S1), 12 Fakultas di Strata Dua (S2), 5 Fakultas di Strata Tiga (S3). 


Universitas Negeri Makasar termasuk kampus yang tergolong besar karena telah memiliki 6 buah kampus. Kampus I, Gunung Sari yang terletak di kota Makassar. Kampus II, Parang Tambung di Kota Makassar. Kampus III, Banta Bantaeng terletak di kota Makassar. Kampus IV, Tidung terletak di kota Makassar. Kampus PGSD, terletak di kabupaten Bone dan di kabupaten Pare-Pare. Dengan jumlah kampus yang cukup banyak,  sampai saat ini tercatat mahasiswa yang ditampung oleh Kampus ini adalah lebih dari 30.000 mahasiswa.


UNM atau Universitas Negeri Makassar ini memiliki Organisasi Kemahasiswaan antara lain:

1.MAPERWA.

MAPERWA ini adalah Majelis Permusyawaratan Mahasiswa organisasi kemahasiswaan yamg merupakan perwakilan mahasiswa, menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, dan melakukan Penetapan garis besar program kerja (GBPK) yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). 

2. BEM

BEM adalah badan eksekutif mahasiswa lembaga perwakilan mahasiswa untuk menjabarkan dan melaksanakan GBPK yang telah ditetapkan oleh MAPERWA.

3. UKM

Hampir disetiap Universitas UKM adalah sebuah wadah dimana minat bakat mahasiswa tertampung disini. Dengan banyaknya UKM yang ada mereka dapat mengikuti sesuai pilihan dan kesenangan mereka, inilah mengapa dinamakan Unit Kegiatan Mahasiswa.

4. HMJ

HMJ adalah sebuang singkatan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa ditingkat Jurusan.

5. HMPS

HMPS adalah Himpunan Mahasiswa Program Studi. HMPS adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa ditingkat Program studi.


Dengan begitu banyaknya organisasi kemahasiswaan yang ditawarkan, Universitas Negeri Makassar juga memiliki fasilitas yang berlimpah. Fasilitas ini antara lain adalah :

1. Poliklinik

Poliklinik adalah sejenis Rumah Sakit yang bisa digunakan untuk umum dan juga mahasiswa Universitas Negeri Makassar. 

2. Bank 

Banyak sekali fasilitas perbankan yang dapat digunakan, antara lain Bank Mandiri, bank BNI dan masih banya lagi.

3. Auditorium
Auditorium adalah sebuah ruangan besar yang bisanya sering disebut Aula. Ruangan ini biasanya digunakan untuk pertemuan atau acara dalam kapasitas peserta banyak.

4. Masjid

Seperti halnya Universitas lainnya, Universitas ini juga memiliki fasilitas untuk kerohanian.

5. Tempat Peribadatan

Tidak hanya untuk mahasiswa beragama Islam, UNM memiliki tempat khusus peribadatan sesuai dengan agama masing-masing mahasiswa.

6. Asrama Mahasiswa

Bagi kalian yang belum memiliki tempat tinggal di Makassar, jangan takut karena Universitas ini memberikan solusi asrama mahasiswa yang digunakan untuk mahasiswanya.

7. Guest House

Bagi para orang tua wali yang menjenguk anaknya jangan takut tidak kebagian hotel karena Universitas Negeri Makassar ini memiliki sarana guest house yang dapat dimanfaatkan.

8. Sarana olahraga dan seni

Fasilitas umum ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk kegiatan seni dan keolahragaan. 

9. Kantin

Hampir dimanapun letaknya setiap tempat penting memiliki kantin. Termasuk kantin ini, kantin ini memiliki fungsi untuk tempat mengisi perut bagi para mahasiswanya.

10. Koperasi 

Koperasi yang dimiliki Universitas ini memiliki 2 jenis yaitu Koperasi mahasiswa dan Koperasi Pegawai. 

11. Kantong Parkir

Kantong parkir ini dapat menampung kendaraan-kendaraan para mahasiswa dan para pegawai.

12. Wartel

Jika di berbagai daerah wartel sudah ditutup atau tidak memiliki fungsi, di Universitas ini wartel masih difungsikan. Mungkin universitas ini masih menerapkan prinsip hidup hemat.

13. Ikatan Alumni

Ikatan alumni ini adalah wadah bagi para alumni untuk berkumpul.


Selain Universitas ini memiliki segudang fasilitas, Universitas ini memiliki program studi yang begitu banyak, kalian sebagai calon mahasiswa baru tidak perku khawatir minat kalian tidak dapat tertampung disini karena UNM memiliki banyak sekali program studi yang dapat kalian pilih. Tersedia 9 fakultas di D3, 58 program studi di S1, 12 fakultas pada S2, dan 5 fakultas untuk S3. Fakultas-fakultas itu antara lain :

1.Fakultas Ilmu Sosial ,memiliki beberapa pilihan program studi antara lain :

A. Civic Hukum
B. Ekonomi Perusahaan
C. Ekonomi Koperasi
D. Sejarah
E. Ilmu Bumi
F. PPKN
G. Pendidikan Sejarah
H. Pendidikan Administrasi
I. Pendidikan Antropologi
J. Pendidikan Administrasi Perkantoran
K. Sosiologi

2. Fakultas MIPA, yang menaungi Program Studi :

A. Matematika
B. Fisika
C. Kimia
D. Biologi
E. Geografi
Untuk gelar yang dihasilkan oleh fakultas ini ada dua, untuk kependidikan memiliki gelar sarjana pendidikan (S. Pd) dan untuk non kependidikan memiliki gelar sarjana sains (S. Si)

3. Fakultas Teknik, yang memiliki pilihan Program Studi :

A. Teknik Elektro
B. Teknik Elektronika
C. Teknik Mesin
D. Teknik Otomotif
E. Teknik Sipil dan Perencanaan
F. PKK

4. Fakultas Ilmu Keolahragaan, yang hanya memiliki program studi Pendidikan Olahraga

5. Fakultas Ilmu Pendidikan, terdiri dari:

A. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
B. Pendidikan luar sekolah
C. Administrasi Pendidikan
D. Pendidikan Luar Biasa
E. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
F. Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak
G. Psikologi

6. Fakultas Bahasa dan Sastra, yang memiliki pilihan program studi :

A. Bahasa Inggris
B. Bahasa Jerman 
C. Sastra Indonesia

7. Fakultas Ekonomi, terdiri dari: 

A. Ekonomi Koperasi
B. Akuntansi
C. Administrasi Perkantoran

8. Fakultas Seni dan Desain

9. Fakultas Psikologi



Demikian informasi yang bisa didapatkan mengenai Universitas Negeri Makassar, apakah Kamu tertarik ? 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top