Artikel Terbaru

Profil Universitas Palembang

Sebagai langkah untuk menghadapi kerasnya dunia global, tentunya Kamu perlu untuk melakukan berbagai persiapan. Salah satu persiapan yang mungkin perlu dilakukan adalah kuliah di perguruan tinggi. Selain sebagai sarana untuk mencari relasi, kuliah juga merupakan aktifitas untuk meningkatkan kualitas diri individu. Dengan kuliah, orang akan lebih mempertimbangkan sahabat dalam bidang tertentu. Untuk itu, persiapkanlah diri sedini mungkin dan carilah bidang yang sahabat akan tempuh sebagai pilihan.



Saat ini banyak kampus ada di Indonesia, Kamu bisa memilih lokasi di mana ingin tinggal dan menempuh studi. Salah satu kampus yang mungkin bisa menjadi pilihan adalah Universitas Palembang (UNPAL), yang terletak di Palembang. Kota yang sekaligus menjadi ibukota Sumatera Utara ini banyak diminati orang untuk berbondong mencari penghidupan dan pendidikan di Kota tersebut. selain itu, posisi kota Medan yang ada di Pulau sumatera sekaligus menjadikan Kota ini sebagai pintu gerbang Indonesia bagian Barat. Medan juga sekaligus menjadi jalur wisata menuju Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, Danau Toba. Dari serba-serbi kota Palembang ini mari kita menelusuri lebih jauh tentang kampus swasta UNPAL.


UNPAL merupakan salah satu kampus yang ada di kota Palembang yang merupakan kota terbesar ketiga setelah Surabaya. Walau demikian, hidup di Palembang ternyata juga tidak semahal hidup di Jakarta. Menurut lembaga survei SBH, Palembang merupakan daerah dengan biaya hidup sedang dan menempati urutan ke-26 daerah dengan biayah hidup termahal. Jadi Kamu tidak perlu begitu khawatir mengenai biaya hidup. Selain itu, sekarang kuliah menjadi sorotan pemerintah dengan memberikan beragam beasiswa yang diperuntukan bagi Kamu yang berprestasi. Untuk lebih jauh mengenal UNPAL, berikut Kami sajikan untuk Kamu yang ingin tahu lebih banyak informasi tentang UNPAL.


A. Lokasi

Kampus Unpal ini terletak di wilayah yang sangat strategis, yakni di Bukit Lama Palembang tepatnya di Jalan Dharmapala No. 1 A Bukit Besar Palembang (30139). Lokasi kampus sangat dekat dengan Bukit Siguntang, Jembatan Musi 2 dan Griya Agung - istana Gubernur Sumatera Selatan. Lokasinya yang berada di tengah aktifitas kota ini menjadikan Kampus Unpal mudah dijangkau dengan kendaraan umum yakni dari jurusan Ampera-Bukit Besar, dan Trans Musi.


A. Sejarah Universitas Palembang

Pada awalnya, universitas ini tidaklah langsung sebesar sekarang. Bermula dari sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Sriwijaya yang resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 1981. Universitas ini mulai beranjak sedikit-demi sedikit meningkatkan statusnya. Pada tangga 16 Juli 1981 Yayasan ini mendapat Rekomendasi dari Gubernur Sumatera Selatan, kemudian pada tanggal 8 Agustus 1981 nama Yayasan berubah menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Palembang (YPTP), dan selanjutnya terdaftar di Pengadilan Negeri Palembang pada tanggal 11 Agustus 1981.

Pada awalnya yayasan Perguruan Tinggi Palembang mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), selanjutnya pada tahun 1982 bulan Februari didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP), dan Sekolah Tinggi Ilmu Teknik (STIT). Kemudian keempat Sekolah Tinggi tersebut digabung menjadi Universitas Palembang, yang terdiri atas 4 Fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik. Setelah berjalan selama 3 tahun, maka Universitas Palembang berubah status menjadi Terdaftar berdasarkan SK Mendikbud nomor: 0611/O/1985 tanggal 2 Desember 1985. Pada tahun 1992, status Universitas Palembang meningkat menjadi diakui berdasarkan Surat keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor: 139/DIKTI/Kep/1992 tanggal 28 April 1992 untuk Program Sarjana (S1) Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Pertanian, dan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil.


B. Visi

“Menjadi Universitas yang Unggul Dalam Pendidikan Tinggi dan Berwawasan Entrepreneur”


C. Fakultas-Fakultas

Universitas Palembang memiliki 4 Fakultas dan 6 jurusan. Berikut nama fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Palembang.

1. Fakultas Ekonomi
1.1. Program Studi Manajemen Perusahaan
2. FakultasHukum
2.1. Program Studi Ilmu Hukum
3. Fakultas Pertanian
3.1. Program Studi Budidaya Pertanian
3.2. Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan
4. Fakultas Teknik
4.1. Program Studi Teknik Sipil
4.2. Program Studi Teknik Elektro


D. Organisasi

Bagi mahasiswa UNPAL, ada beberapa pilihan untuk memilih organisasi kampus maupun organisasi Fakultas. Paling tidak ada 4 organisasi besar yang ada di kampus swasta ini:

1. MAPALA. 

Merupakan singkatan dari Mahasiswa Pecinta Alam. MAPLA dirintis oleh Soe Hok Gie dkk atas kesadaran bahwa mahasiswa tidak hanya bisa berkutat pada dunia akademisnamun juga mahasiswa perlu cinta lingkungan.

2. BEM. 

Badan Eksekutif Mahasiswa yang terdapat di kampus UNPAL terdiri dari Bem Universitas dan Fakultas

3. Lembaga Penelitian. 

Lembaga ini meliputi:

Bidang penelitian ilmu murni, yaitu penelitian yang memiliki implikasi pengembangan keilmuan pada masing-masing program studi atau fakultas dalam rangka diversifikasi keilmuwan yang bersifat integratif.

Bidang penelitian ilmu terapan, yaitu penelitian yang memiliki implikasi kebijakan pada tingkat UNPAL maupun nasional dan internasional, dalam ikut serta mewujudkan tujuan berdirinya negara  antara lain memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa dan lain-lain.

Lembaga penelitian UNPAL merupakan lembaga yang dibentuk untuk membantu tugas rektor dalam rangka mewujudkan tugas-tugas Tri Dharma perguruan tinggi terutama bidang penelitian.



4. Lembaga Pengabdian

Universitas yang mulai berkembang ini memiliki beberapatenaga pelajar diantaranya adalah:
1. Dosen Yayasan : 58 orang
2. PNSD              : 27 orang
3. Luar Biasa        : 57 orang


Demikian ulasan mengenai Universitas Palembang. Semoga informasi ini bermanfaat  untuk Kamu yang sedang ingin mencari kampus yang tepat dan sesuai dengan minat yang dimiliki. Berbagai fakultas dan jurusan serta unit kegiatan mahasiwa di kampus ini bisa Kamu pertimbangkan, di mana yang tepat dan sesuai dengan kemampuan dan minatmu. 

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top