Profil Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Bandung merupakan kota di Jawa Barat yang penuh dengan keajaiban. Bagaimana tidak, kota yang dikenal sebagai ‘Parisnya Indonesia’ ini menyi...

Bandung merupakan kota di Jawa Barat yang penuh dengan keajaiban. Bagaimana tidak, kota yang dikenal sebagai ‘Parisnya Indonesia’ ini menyimpan banyak daya tarik, mulai dari tempat wisata, dekorasi kota, kampus-kampus keren, dan tentu saja makanannya. Oleh-oleh wajib dari Bandung ialah makanan dan minuman khasnya. Kamu bisa membeli keripik tempe, keripik oncom, brownies kukus Amanda, sale pisang, dodol, peuyeum, pisang bolen Kartika Sari, batagor, ubi cilembu, dan batagor disini! Makanan lezat lainnya bisa Kamu temukan di sekitar jalan Dago, Cihampelas, Riau, Kemuning, Burangrang,  Sulanjana, dan Buah Batu. 



Bandung tidak hanya dikenal sebagai kota Fashion. Disini juga dikenal sebagai gudangnya wanita-wanita cantik yang berpendidikan. Salah satu kampus yang dihuni oleh maahasiswi-mahasiswi cantik dari Bandung adalah UPI.  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), Universitas Pendidikan Indonesia didirikan berdasarkan sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan. Jadi, menyongsong kemerdekaan akan mempunyai makna lebih ketika diimbangi oleh pendidikan. IKIP Bandung dulu  kemudian diubah namanya menjadi Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI melalui Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999. UPI menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN) berdasarkan peraturan Pemerintah No. 6 tahun 2004. 

Kampus utama UPI  sendiri berada di Jalan Setiabudi 229 Bandung dengan. Nah, kampus utama UPI mempunyai 7 fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), serta  Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB). Dalam upaya UPI meningkatkan pelayanan pendidikan. UPI berekspansi mendirikan kampus di beberapa lokasi seperti di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. 
Kehidupan seorang mahasiswa akan gitu-gitu aja tanpa adanya hasrat mencapai tujuan tertentu. Nah, hal inilah yang sering Kita sebut sebagai visi misi hidup. Universitas Pendidikan Indonesia juga Kedepannya UPI akan terus berinovasi menjadi universitas pelopor di Indonesia seperti visi mis UPI kedepan. Visi dan Misi kampus ini adalah :

Visi

“Universitas Pelopor dan Unggul”
(a leading and outstanding university)


Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik profesional dan tenaga profesional lainnya yang berdaya saing global. 
2. Mengembangkan teori-teori pendidikan dan keilmuan lain yang inovatif serta penerapannya, untuk menjadi landasan dalam penetapan kebijakan pendidikan nasional. 
3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah n asional baik dalam bidang pendidikan, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. 
4. Menyelenggarakan internasionalisasi pendidikan melalui pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional, dan internasional. 


Secara garis besar UPI ingin menjadi universitas pelopor dan unggul di masa depan dengan strategi-strategi jangka pendek, yakni mencetak tenaga pengajar yang profesional, mengembangkan teori-teori pendidikan yang inovatif, memberikan layanan pengadian kepada masyarakat, dan mengembangkan jaringan. 


UPI memiliki 7 buah  fakultas, yang terdiri dari:

1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

FIP memliki beberapa jurusan atau program studi yaitu program studi kurikulum dan teknologi pendidikan, psikologi pendidikan dan bimbingan, pendidikan luar sekolah, pendidikan luar biasa, psikologi, dan pedagogik. 


2. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIS)

Fakultas ini terdiri dari program studi ilmu sosial. Jurusan atau program studi di FPIS ini terdiri dari: program studi pendidikan kewarganegaraan, pendidikan geografi, geografi, program survei pemetaan dan informasi geografi (SPIG), pendidikan sejarah, pendidikan IPS, manajemen resort and leisure, program studi kepariwisataan, mata kuliah dasar umum (MKDU), dan ilmu pendidikan agama islam.  


3. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS)

FPBS sendiri terdiri dari jurusan pendidikan dan sastra Indonesia, pendidikan bahasa daerah, pendidikan bahasa inggris, pendidikan bahasa jerman, pendidikan bahasa jepang, pendidikan bahasa arab, pendidikan bahasa perancis, pendidikan seni rupa, pendidikan seni musik, dan pendidikan seni tari. Jika Kamu memiliki minat dan ahli dalam bidang kesenian, maka fakultas ini sangat cocok untuk Kamu pilih. 


4. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA)

FPMIPA terdiri dari jurusan atau program studi seperti: prodi  pendidikan matematika, pendidikan biologi, pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan ilmu komputer, ilmu komputer, dan international program on science education (IPSE). 


5. Fakultas Pendidikaan Teknologi dan Kejuruan (FPTK)

FPTK terdiri dari jurusan atau program studi seperti:  pendidikan teknik sipil, pendidikan teknik arsitektur, pendidikan teknik elektro, pendidkan teknik mesin, pendidikan kesejateraan keluarga, dan pendidikan teknologi agroindustri. Fakultas ini sangat cocok untuk Kamu yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang Teknik. 


6. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) 

Merupakan Fakultas Ilmu Keolahragaan di UPI yang didalamnya terdapat jurusan atau program studi antara lain: jurusan  pendidikan olahraga, pendidikan kesehatan  dan rekreasi, dan pendidikan kepelatihan. 


7. Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB)

FPEB terdiri dari: jurusan  pendidikan ekonomi dan koperasi, pendidikan manajemen bisnis, pendidikan manajemen perkantoran, pendidikan akuntansi, akuntansi, dan manajemen. 


Gaya Hidup (Life Style) Mahasiswa UPI 

Sebagai Mahasiswa, pastinya akan disibukan dengan dunia kampus yang beragam, mulai dari kehidupan di kampus maupun di luar kampus. Bagi kamu mahasiswa baru, tentunya harus menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut pergantian peran dari siswa menjadi mahasiswaa. Hal-hal yang harus diperhatikan meliputi lingkungan tempat tinggal, tempat tinggal, pergaulan sesama teman, dan biaya hidup. Disini, akan diulas seputar gaya hidup mahasiswa UPI. Disimak ya!

Biaya hidup di UPI jika dikalkulasikan berdasarkan kebutuhan standar meliputi kos, makan, sandang, jalan-jalan, naik angkot, fotokopi dan dan print tugas memiliki total sekitar 3 juta perbulan. Jumlah ini adalah yang paling standar, dan tentunya akan jauh berbeda tergantung dengan kebutuhan yang Kamu perlukan. 


Beasiswa 

Beasiswa yang terdapat di UPI sangat beragam. Pada tahun 2010 Pemerintah meluncurkan Program Beasiswa Bidik Misi. Awalnya, program ini bisa di apply untuk orang mampu yang punya prestasi, seperti jebolan kompetisi OSN. Tapi, untuk tahun kedua pPemerintah memperketat penyaringan si calon penerima beasiswa melalui survei tempat tinggal dan seabrek atribut kelengkapan berkas yang mengindikasikan calon penerima layak menerima beasiswa. 
Beasiswa yang lainnya adalah beasiswa PPA dan BPP-PPA untuk Mahasiswa Baru, dengan besaran 350 ribu per bulan. Kamu hanya disuruh untuk melengkapi persyaratan administrasi, seperti fotokopi rapor dan fotokopi ijazah SMA. 



Prestasi  

Urusan prestasi UPI juga tak kalah. Seabrek prestasi sudah ditorehkan civitas akademika kampus ini seperti, mendapat medali perunggu  dalam The International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria dan Juara 2 Kontes Robot Seni Indonesia Nasional dan masih banyak lagi. 


Setelah membaca profil UPI, Bagaimana penilaian Kamu tentang kampus ini? Seperti salah satu misi UPI yaitu ‘mencetak profesional pendidik berdaya saing global’, bila kamu ingin mengubah dunia lewat pendidikan maka UPI merupakan salah satu jalan menuju kesana. Bersiaplah Leaders! 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Profil Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Profil Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv08v2e9QWtaGYCELGPNRKes3njWBHeFI7iTXs0f0gYtjca1eN0xsBip6PP2sZEqefUgJpQ6LB_V0x5Ldew-R_7ZwUAzFBqpujFMyCRMQQKYsYcSNZ442_zhFg-ZMHwCS5aTo_kJepLRc/s1600/Snap+2014-08-27+at+12.23.37.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv08v2e9QWtaGYCELGPNRKes3njWBHeFI7iTXs0f0gYtjca1eN0xsBip6PP2sZEqefUgJpQ6LB_V0x5Ldew-R_7ZwUAzFBqpujFMyCRMQQKYsYcSNZ442_zhFg-ZMHwCS5aTo_kJepLRc/s72-c/Snap+2014-08-27+at+12.23.37.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/profil-universitas-pendidikan-indonesia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/profil-universitas-pendidikan-indonesia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy