Program Studi Favorit Di Universitas Balikpapan

Sebagai negara yang memiliki begitu banyak daerah yang terpisahkan oleh pulau-pulau, tidak heran jika di Indonesia tentunya memiliki ratusa...

Sebagai negara yang memiliki begitu banyak daerah yang terpisahkan oleh pulau-pulau, tidak heran jika di Indonesia tentunya memiliki ratusan perguruan tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri, maupun Perguruan Tinggi Swasta. Salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang akan dibahas kali ini yaitu kampus yang berada di daerah Kalimantan bagian Timur dengan Universitas yang dimilikinya yaitu Universitas Balikpapan. Berbicara tentang Prodi (Program Studi) yang biasanya disediakan di tiap universitas, berikut terdapat 7 Jurusan paling diminati oleh mahasiswa baru di Universitas Balikpapan ini. Jurusan ini antara lain:



1. Jurusan Pendidikan

Jurusan Pendidikan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa biasanya ada pada jurusan Pendidikan Keguruan yang berfokus pada mata pelajaran, seperti IPS, IPA, Matematika, Bahasa dan sebagainya, yang termasuk juga di dalamnya yaitu Pendidikan Keolahragaan. Tingkat persaingan akan semakin sulit, jika semakin sedikit Perguruan Tinggi yang membuka program studi ini. Hal ini dapat disebabkan oleh karena dibutuhkannya orang-orang yang dapat menerima materi praktek dan teori dengan lebih cepat, karena yang dipelajari pada bidang ini yaitu mata pelajaran sekolah, serta teknik mengajar yang benar sebagai persiapan untuk menjadi guru.


2. Teknik

Biasanya, siswa yang menyukai Ilmu Sains yang cukup cerdas kebanyakan akan melanjutkan di jurusan teknik, khususnya bagi siswa laki-laki. Persaingan akan menjadi lebih ketat jika ada banyaknya siswa berkompeten yang mendaftar ke suatu universitas. Apalagi tidak banyak Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta yang membuka Jurusan Teknik.  Prodi yang satu ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk dijalani, dikarenakan bukan hanya teori yang harus dapat dipelajari dan dikuasai, tetapi juga di tindaklanjuti dengan melakukan praktek-praktek yang bersifat teknis.


3. Teknik Informatika

Di abad ke-21 saat ini, Teknik Informatika atau TI menjadi jurusan favorit bagi para peminat di bidang IT. Persaingan untuk masuk jurusan ini cukup mudah, karena cukup banyak Perguruan Tinggi yang membuka program studi ini. Namun, daya tampung dari tiap-tiap universitas untuk program studi ini sangat sedikit, biasanya hanya mencapai 20 orang penerimaan mahasiswa dari sekian ribu orang yang mendaftar pada jurusan.


4. Kedokteran

Hampir 50% siswa Sains ingin melanjutkan studi  ke jurusan Kedokteran. Namun, pada umumnya dan memang benar adanya bahwa jurusan ini membutuhkan biaya yang mahal untuk masuk ke dalamnya. Mereka yang ingin masuk ke Jurusan Kedokteran ini bukan hanya akan bersaing dalam segi kecerdasan, tetapi juga dana yang dikeluarkan hingga ratusan juta rupiah.  Biasanya, siswa yang dapat masuk ke jurusan ini adalah mereka yang memiliki pengetahuan tentang ilmu Sains dengan baik, serta berasal dari keluarga yang ekstrafinansial atau kaya.


5. Kebidanan - Keperawatan

Jurusan kuliah ini yang paling disukai oleh para perempuan. Hampir 70% siswi ingin  melanjutkan studi ke jurusan keperawatan dan kebidanan. Untuk Perguruan Tinggi Negeri, persaingannya yang akan dihadapi cukup sulit. Namun, banyak juga Perguruan Tinggi Swasta yang membuka prodi kebidanan-keperawatan ini.


6. Psikologi

Di Perguruan Tinggi Negeri seperti UGM maupun Unair, Jurusan psikologi sangat banyak diminati oleh mahasiswa baru. Selain itum banyak juga Perguruan Tinggi Swasta yang  membuka Jurusan Psikologi sebagai jurusan alternatif jika ingin sekali menggeluti jurusan ini.


7. Ekonomi, Bisnis, Akuntansi

Ketiga jurusan ini berasal dari  satu rumpun yang sama, dan merupakan bidang favorit bagi mereka yang berasal dari siswa Ilmu Sosial (IPS).


Hampir semua jurusan di atas cukup sulit untuk ditembus di Perguruan Tinggi Negeri, terutama karena faktor peminat yang banyak serta biaya yang cukup tinggi. Sebenarnya, passing grade (standar minimal nilai) hampir sama semua jurusan, namun yang lebih sulit adalah persaingan antar pendaftar yang akan diterima dan yang di tolak setelah mendaftarkan diri pada suatu universitas. Dan jika kamu tertarik dengan beberapa jurusan di atas, memilih Universitas Balikpapan ini merupakan salah satu pilihan yang dapat kamu ambil. 



PENDIDIKAN AKADEMIK 

secara umum, Pendidikan Akademik dimaksudkan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta menyebarluaskan penggunaannya untuk meningkatkan taraf pendidikan kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Pendidikan Akademik yang dimaksud ini adalah Program Sarjana.

Pendidikan program Sarjana bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang :

1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu yang di miliki sehingga mampu menemukan, memahami, serta menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahlian di bidangnnya.

2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama yaitu sopan santun, budi pekerti serta bermoral.

3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam kehidupan bersama masyarakat.

4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuannya, teknologi, kesenian yang merupakan keahlian bidang yang dimiliki.


Para mahasiswa di universitas Balikapapan ini dituntut untuk memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Mempunyai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin maupun yang belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya.

2. Mempunyai kemandirian dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya, serta

3. Mempunyai kemampuan melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.


Jadi, dalam suatu universitas itu tidak hanya mendidik dengan jurusan masing-masing yang telah disediakn, namun juga dididik untuk membangun mental mahasiswa agar menjadi orang terpelajar yang memiliki karakter yang keteladanan, serta dapat dicontoh dari segi cara belajar maupun kegiaan-kegiatan positif yang dilakukan. 


Dari keseluruhan jurusan dengan jumlah peminat terbanyak akan melahirkan lulusan dari rata-rata hingga lulusan terbaik. Masing-masing memiliki kemampuan yang lebih, dan hal tersebut akan mempermudah dalam mencari pekerjaan yang bertujuan mewujudkan cita-cita dari hasil pendidikan serta bakat dari keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa. Banyaknya lowongan perusahaan yang terbuka juga menyebabkan banyaknya lulusan mahasiswa bersaing untuk menjadi pekerja dalam suatu perusahaan. Akibat dari hal tersebut menjadikan banyaknya mahasiswa lulusan sarjana sekalipun tidak mendapatkan pekerjaan dan akhirnya menjadi pengangguran.



Keaktifan, ketekukan, kerja keras, serta kesabaran, merupakan modal yang sangat penting dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, salah satunya seperti di Universitas Balikpapan yang selalu berusaha untuk menanamkan sifat-sifat positif tersebut di dalam diri mahasiswanya.  Hal ini bertujuan agar pendidikan yang telah dijalani selama hidup mereka tidak akan sia-sia, seperti yang terjadi pada para mereka yang pengangguran. Bekerja pada bidang atau jurusan yang dikuasai itu sangat mudah, sedangkan bekerja pada bidang yang tidak dikuasai itu benar-benar sulit. Ada banyak sarjana yang bekerja dengan bidang yang tidak sesuai dengan keahlian maupun jurusan yang pernah di ambil semasa perkuliahannya, sehingga terjadi ketidaknyamanan dan kesulitan. Maka dari itu, cermatilah jurusan dalam universitas yang Kamu pilih dan sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Semoga bermanfaat! 
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,81,Arab Saudi,13,Asia,237,Australia,75,Austria,13,Beasiswa,306,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,14,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,37,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,4,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,313,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,445,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,22,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,17,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,3,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,60,Jerman,46,Kanada,27,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,4,Malaysia,27,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,13,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,150,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,19,Tips,7,Tips Beasiswa,16,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,6,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,105,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Program Studi Favorit Di Universitas Balikpapan
Program Studi Favorit Di Universitas Balikpapan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikdCimoCpJSIf0k-PqSzbUzeeINsIFimoThH4YR7nJqpK-E8DT4jJjupsQVPGcZm5mOfcjXtr3ft2YqUmL6bT1dUmvMxX3SIdklVggzicpxbuw3Ii4o_MCc-kFlCA0NtyyMCIiKCREN5I/s1600/Snap+2014-08-21+at+12.06.20.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikdCimoCpJSIf0k-PqSzbUzeeINsIFimoThH4YR7nJqpK-E8DT4jJjupsQVPGcZm5mOfcjXtr3ft2YqUmL6bT1dUmvMxX3SIdklVggzicpxbuw3Ii4o_MCc-kFlCA0NtyyMCIiKCREN5I/s72-c/Snap+2014-08-21+at+12.06.20.jpg
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/08/program-studi-favorit-di-universitas.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/08/program-studi-favorit-di-universitas.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy