Artikel Terbaru

Sekolah Hakim? Ini 9 Fakultas Hukum Terbaik di Dunia!

Faktanya, dibalik semua kasus-kasus buruk di negeri ini yang merusak citra dunia perhakiman di Indonesia, menjadi hakim masih merupakan ciita-cita bagi sebagian masyarakat kita. Di Indonesia sendiri sudah banyak perguruan tinggi yang menawarkan fakultas hukum ataupun jurusan hukum, bahkan saling bersaing untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan pendidikan hakim bagi mahasiswanya yang sebagian besar merupakan masyarakat Indonesia. Lulusan-lulusan dari pendidikan hakim ini diharapkan mampu menjadi hakim yang berintegritas di Indonesia. Tapi jika ingin jadi hakim di tingkat internasional? Tempat mana sajakah yang direkomendasikan oleh berkuliah.com untuk sekolah kehakiman di tingkat dunia? Berikut ulasannya :


1. Harvard Law School – Harvard University



Berdiri pada 1817, Sekolah Hukum Harvard menjadi sekolah hukum tertua yang hingga saat ini masih melaksanakan pembelajaran di Amerika Serikat. Setidaknya, setiap tahun tercatat kurang lebih 1900 mahasiswa baru memasuki Sekolah Hukum Harvard ini. Kurikulum disini juga menggunakan lebih dari 260 kursus dan seminar yang berkaitan dengan hukum. Selain program pendidikan yang tersedia hingga tingkat doktor, kampus ini juga menyediakan program lainnya seperti program koordinasi, program gelar bersama atau ‘joint degree’ dan juga kesempatan untuk meraih gelar bersama dengan sekolah-sekolah Harvard yang lain. Namun di sekolah ini, tidak hanya permasalahan hukum saja yang dipelajari, tapi kurikulum disini juga didesain untuk mempersiapkan mahasiswa dalam hal bisnis, keguruan dan keahlian lain yang sekiranya dibutuhkan.


2. Yale Law School – Yale University

Sekolah Hukum Yale yang merupakan bagian dari Yale University juga memiliki sekolah hukum yang terbaik di dunia. Terletak di Connecticut, Amerika Serikat, Sekolah Hukum Yale dikatakan sebagai sekolah yang sangat ketat dalam menyeleksi mahasiswanya. Jatah kursi yang sedikit berbanding terbalik dengan jumlah peminat yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Sekolah yang didirikan pada tahun 1824 ini juga memiliki program sarjana, master hingga doktoral. Mulai tahun 2013 juga akan dibuka program doktor filosofi dengan gelar Ph.D. di Sekolah Hukum Yale. Maka tidak heran jika ternyata Sekolah Hukum Yale ini telah meluluskan pemimpin-pemimpin dunia dan hakim-hakim agung Amerika Serikat seperti Bill Clinton, Sonia Sotomayor dan P. Laurel.


3. London School of Economy and Political Science (LSE)

Sebagai salah satu yang terbesar di kampus ini, fakultas hukum di LSE merupakan tempat belajar yang tidak hanya mengajarkan ilmu hukum saja, akan tetapi juga merupakan tempat yang agak ‘istimewa’ di bidang ilmu sosial karena karakter interdisiplinernya. Yang dimaksud interdisipliner adalah gabungan dari dua keilmuan atau lebih, yang berarti Fakultas Hukum LSE siap untuk membantu mahasiswa menjadi seorang yang tidak hanya memandang sesuatu dari sisi hukum, namun juga sisi lain yang berkaitan. Ilmu hukum yang dipelajari disini seperti hukum bank, pajak, keluarga dan lain-lain. Di bidang hukumnya, LSE termasuk menduduki posisi yang tertinggi di dunia


4. Melbourne Law School – University of Melbourne

Didirikan pada 1857, Melbourne Law School merupakan sekolah hukum tertua di Australia. Selain yang tertua, sekolah hukum ini juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Sekolah Hukum Melbourne beberapa kali pernah menjadi tuan rumah dari konferensi-konferensi hukum di tingkat Internasional. Sekolah ini juga pernah meluluskan petinggi-petinggi negara setingkat perdana menteri, menteri, hakim dan juga walikota. MLS hanya menerima sekitar 360 mahasiswa setiap tahunnya yang tesnya berdasarkan hasil pendidikan sebelumnya, nilai LSAT dan sedikit statemen pribadi. Disini tersedia program sarjana hingga doktoral.


5. University of Cambridge

University of Cambridge memiliki fakultas hukum terbesar di  Inggris. Fakultas hukum di Cambridge University ini memiliki 24 profesor. Hampir setiap waktu sekitar 6 persen mahasiswa sarjana disini membaca hukum. Mahasiswa disini sejumlah 700 untuk tingkat sarjana dan 250 untuk tingkat magister. Alumni dari fakultas hukum disini ada yang telah menjadi presiden, hakim internasional, hakim eropa dan lain sebagainya. 


6. University of Oxford

Fakultas Hukum University of Oxford merupakan satu dari 38 fakultas atau sekolah yang ada di University of Oxford. Universitas Oxford memiliki pengalaman lebih dari 800 tahun dalam pengajaran dan penulisan hukum. Fakultas ini juga memiliki 7 pusat penelitian. Alumni dari fakultas hukum di kampus ini banyak yang telah menjadi Hakim Internasional, Hakim HAM Eropa, Hakim Australia, Hakim Kanada, Hakim Amerika Serikat dan lainnya.


7. New York University School of Law



Sekolah Hukum Universitas New York didirikan pada 1835 dan merupakan sekolah hukum tertua di New York. Dikarenakan dedikasinya yang tinggi terhadap studi pemerintahan, menjadikan kampus ini sebagai salah satu yang paling diperhitungkan di Amerika dan bahkan di dunia. Kampus ini menyeleksi dengan sangat ketat calon mahasiswa baru, sehingga hanya tinggal menyisakan 450 orang dari 7000 manusia yang berebut untuk kuliah di kampus yang ada di Manhattan ini. Alumni dari kampus ini antara lain mantan Walikota New York, mantan Direktur FBI dan hakim-hakim ternama di Amerika Serikat. 


8. Columbia Law School

Sekolah Hukum Columbia merupakan sekolah hukum yang hampir selalu menduduki papan atas di dalam setiap penilaian sekolah hukum terbaik di Amerika. Sekolah Hukum Columbia sangat dikenal dengan alumninya yang menduduki tempat-tempat hukum terbaik di Amerika dan hukum korporasinya. Sekolah hukum ini memiliki fokus dalam bidang hukum internasional seperti memiliki pusat studi hukum Cina, Jepang, Korea, Eropa dan pusat studi hukum yang lain. Alumni dari kampus ini ada yang menjadi Presiden Amerika, Wakil Presiden Amerika, Presiden Georgia, Perdana Menteri Italia dan lain-lain.


9. Stanford Law School

Sebagai bagian dari Stanford University, Stanford Law School juga merupakan yang terbaik di Amerika Serikat. Fakultas ini hanya menampung sekitar 170 mahasiswa dan ini merupakan yang terkecil diantara kampus-kampus besar di Amerika. Perpustakaan disini, Perpustakaan Robert Crown Law, kurang lebih memiliki 500.000 buku juga sekitar 360.000 mikroform dan data audiovisual di dalamnya. Dengan pendaftar yang mencapai 5000 orang, seleksi di kampus ini juga cukup ketat. Selain nilai, Sekolah Hukum Stanford juga mempertimbangkan soal pengalaman ekstrakurikuler dan semacamnya. Setidaknya, kampus ini juga memiliki 4 pusat penelitian. Alumni dari kampus ini juga ada yang menjadi Senator Amerika Serikat, Anggota Kongres Amerika Serikat, dan hakim di banyak teampat di Amerika Serikat.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top