Artikel Terbaru

Ternyata, Ini 9 Fakultas Arsitektur Terbaik Dunia

Arsitek sangat dibutuhkan di dunia yang sedang dibangun ini. Pekerjaan arsitek ini sebenarnya lebih dari sekedar menggambar, namun juga merancang bangunan dengan hitungan matematika yang tepat. Selain itu, seorang arsitek bertanggungjawab atas bangunan yang dirancangnya dari sisi estetika dan dari sisi sosial kemasyarakatan. Di dunia internasional, sekolah mana saja yang mengajarkan ilmu arsitek paling ideal? Berkuliah.com mencoba memberikan jawabannya disini :



1. Virginia Polytechnic Institute – Amerika Serikat

Virginia Polytechnic Institute atau biasa disebut VirginiaTech merupakan kampus yang dikenal dengan teknik arsitekturnya yang cukup diakui. Perguruan tinggi yang terletak di daerah Pegunungan Appalachia ini menerapkan sistem pendidikan militer secara penuh bagi mahasiswa. Di kampus ini tersedia 60 jurusan di Program Sarjana dan 140 Program Master dan Doktor. Namun, memang yang terbaik adalah jurusan arsitektur dan lansekap di Sekolah Tinggi Arsitektur dan Studi Perkotaan Virginia Tech, dimana banyak lembaga menilai, jurusan ini termasuk salah satu yang terbaik di Amerika Serikat.


2. Southern California Institute of Architecture (Sci-Arc) – Amerika Serikat

Kampus ini sepertinya merupakan kampus yang tepat buat anda yang menyukai  ilmu arsitek dan ingin berkembang dengan sudut pandang anda sendiri. Sci-Arc didirikan pada tahun 1972 oleh beberapa mahasiswa dan dosen Fakultas Arsitektur di Pomona yang ingin ‘mendobrak’ pemahaman tradisional tentang arsitek dan mengubahnya menjadi eksperimen yang tidak terbatas. Sekolah yang menggunakan motto ‘sekolah tanpa tembok’ ini merupakan lembaga independen di bidang pendidikan tinggi yang menawarkan program sarjana hingga magister. Walau begitu, sekolah ini sudah diakreditasi oleh lembaga penilai di bidang arsitek ataupun di bidang pendidikan bagian barat Amerika.


3. Institute for Advanced Architecture Catalonia (IAAC) – Spanyol

Kampus ini terletak di 22 distrik di Barcelona, salah satu pusat arsitek dan urbanisasi dunia. Di IAAC, selain dibekali kemampuan menata kota, bangunan dan manufaktur, mahasiswa juga diajarkan tentang ekologi, energi dan sejenisnya. IAAC memiliki laboratorium produksi digital terbaik di Eropa Selatan yang memiliki pemotong laser, printer 3D dan lain sebagainya.


4. MIT School of Architecture and Planning – Amerika Serikat

Kampus yang terletak di Cambridge, Masachusetts, Amerika Serikat ini memang merupakan yang terbaik di bidang teknologi. Dan ternyata, di bidang arsitek, MIT memiliki pengajaran yang hampir menyeluruh di setiap sudut arsitektur. Hal ini yang membuat MIT menang di bidang arsitekturnya. Di MIT juga pertama kali dibuka program arsitektur di dunia. Selain itu, kampus ini sangat memperhatikan masalah penelitian, dan hal ini akan membuat mahasiswa bisa berkembang dengan luas di Sekolah Arsitek dan Perencanaan MIT. Alumni dari sekolah ini juga banyak yang menjadi seorang arsitek yang berkarir di luar Amerika Serikat.


5. Architectural Association - Inggris

Architectural Association atau orang-orang biasa disebut AA merupakan sekolah arsitek yang berada di London, Inggris. Kampus yang secara resmi didirikan pada tahun 1890 ini telah melahirkan banyak sekali pemimpin di bidang arsitek di seluruh dunia. Bahkan pimpinan perusahaan arsitek tingkat dunia pada saat ini banyak yang memiliki kecenderungan untuk merekrut alumni AA ini setelah para mahasiswa AA lulus nanti. Sekolah ini termasuk sekolah arsitek yang paling diperhitukan dan paling kompetitif di dunia internasional. Kampus ini juga memiliki toko buku sendiri yaitu AA Bookshop yang menjual berbagai buku arsitektur. Para mahasiswa disini juga ada yang pernah mendapatkan Penghargaan Stirling dan juga Pengargaan Pritzker.


6. Glasgow School of Art - Skotlandia

Glasgow School of Art atau GSA merupakan satu-satunya sekolah seni dan desain setingkat universitas yang independen yang ada di Skotlandia. Kampus GSA pernah beberapa kali menjadi tuan rumah dari konsul penelitian seperti Konsul Penelitian Seni dan Humaniora, Konsul Penelitian Teknik dan Ilmu Fisika, Konsul Penelitian Ekonomi dan Sosial serta penelitian lain sejenisnya. Kampus ini menawarkan program sarjana dan magister, dan merupakan salah satu yang terbaik yang ada di dunia. Alumni dari Sekolah Seni Glasgow juga sering menjadi nominator Penghargaan Turner dan sempat beberapa kali menjadi juara.


7. Technical University Delft - Belanda

Biasa dikenal TU Delft, kampus ini merupakan salah satu kampus yang memiliki program teknik dan arsitek terbaik di dunia. Di Fakultas Arsitek TU Delft ini memiliki 4 jurusan yaitu Arsitektur, Urbanisme, Teknologi Pembangunan dan Perumahan dan Real Estate. Kampus ini menawarkan program Bachelor, Master dan Post-Master di bidang arsitektur. Disamping itu, Kampus yang berada di negeri kincir angin ini juga membantu mahasiswa memahami lanskap arsitektur, membuat rumah, fisika bangunan dan ketahanan iklim.


8. Royal Danish Academy Fine of Arts - Denmark

Royal Danish Academy Fine of Arts adalah sekolah seni yang terletak di Denmark. Sekolah ini adalah lembaga pendidikan yang berorientasi kepada praktek. Royal Danish Academy Fine of Arts ini mencontohkan pemahaman baru tentang arsitektur. Sekolah arsitek disini hanya menerima sekitar 90-140 mahasiswa, dan satu kelasnya hanya terdiri dari 20 mahasiswa.


9. University of Tokyo - Jepang

image credit
University of Tokyo adalah kampus yang berlokasi di Tokyo, Jepang, dimana negeri ini seringkali dilanda gempa bumi. Nah, tentunya pekerjaan arsitek di negeri ini cukup berat, dan itu juga yang menjadi tugas bagi para arsitektur yang belajar di Jepang. Di University of Tokyo, terutama di fakultas teknik, menggunakan sistem belajar yang sesuai dengan pola pikir seorang insinyur yaitu bertanggung jawab di dalam penelitian, pengembangan, perencanaan, produksi, manajemen dan aturan yang berkaitan dengan teknik dan aplikasinya. Namun, tujuan lebih utamanya adalah untuk berkontribusi dalam ketahanan dan pengembangan masyarakat di bidang penelitian untuk pembaruan dan inovasi teknologi. Ilmu yang dipelajari di bidang arsitek disini antara lain bangunan-bangunan kuno dan cagar budaya, karakteristik gedung pencakar langit, produksi rumah, diagnosis gempa, penguatan terhadap gempa dan lain sebagainya.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top