Ke Luar Negeri? 16 Barang yang Wajib Ada di Dalam Tasmu

Jika kamu sudah memutuskan untuk kuliah di luar negeri, maka banyak hal yang harus kamu persiapkan agar nantinya kamu tidak terlalu mendapat...

Jika kamu sudah memutuskan untuk kuliah di luar negeri, maka banyak hal yang harus kamu persiapkan agar nantinya kamu tidak terlalu mendapatkan banyak masalah. Terutama tentang barang-barang yang harus kamu bawa. Untuk saat ini, setiap maskapai biasanya memperlakukan peraturan tentang barang apa saja yang boleh dan yang tidak boleh dibawa. Berat barang bawaanpun sudah tentu dibatasi, jika sampai melebihi kuota tentunya kamu akan mendapatkan denda dan jumlahnya tidak sedikit. Sayang sekali jika harus seperti itu, kan?



Saat ini aspek keamanan juga harus kamu perhatikan, jangan sampai kamu meletakkan barang-barang berharga dan kiranya penting bersama barang yang di bagasi. Karena semua kemungkinan bisa terjadi, entah hilang atau tertukar, atau mungkin juga ada yang tidak bertanggung jawab membobol bagasi kamu. Ini perlu diwaspadai.

Tentunya selain pakaian, sepatu, backpack, sleeping bag, dan banyak lagi, ada beberapa barang yang harus kamu bawa masuk dan benar-benar aman di dalam tasmu. Kamu bisa membawanya bersamamu dan diletakkan di kabin pesawat di atas tempat dudukmu. Nah, kali ini tim berkuliah.com akan menyajika ulasan tentang apa saja barang yang harus ada di dalam tasmu.


Passport

Ini yang namanya kitab suci yang wajib dibawa ketika kamu hendak pergi ke luar negeri. Kamu jangan sampai melupakan passport ini, jangan sampai tertukar tas, hilang, jatuh, atau terbakar. Kalau nggak ada buku kecil ini, kamu bisa-bisa nanti ditangkap petugas bandara, imigrasi, polisi, dan akhirnya kamu di deportasi ke negara asal. Jangan sampai ini terjadi dalam hidupmu, jadi selalu jaga dan rawat passportmu.


Visa

Setelah passport, visa adalah kitab kedua yang harus selalu kamu bawa. Karena tanpa visa ini, kamu akan dianggap ilegal dan ini akan menimbulkan masalah untukmu. Kecuali memang negara yang kamu tuju menerapkan peraturan bebas visa. Visa sendiri adalah dokumen perizinan untuk tinggal di negara lain selama kurun waktu tertentu, misalkan dua minggu, satu bulan, enam bulan, satu tahun, atau mungkin lebih dari satu tahun. Jadi,agar lebih aman visa ini bisa kamu jadikan satu dengan passportmu.


Tiket

Kegunaan dari tiket ini bukan hanya sebagai tanda bayar atau syarat kamu terbang dengan pesawat ke negara lain. Kadang, di beberapa negara memberlakukan diskon untuk para wisatawan atau pelajar asing jika mereka mampu menunjukkan tiket pesawat mereka. Seperti di Singapura misalnya, ada peraturan jika ingin menaiki Singpore Flyer bisa mendapatkan potongan harga bila kamu bisa menunjukkan tiketmu.


Resep obat

Ini penting sekali untuk kamu yang memiliki penyakit yang membutuhkan obat tertentu. Sebaiknya pastikan kamu memiliki resep dokter yang bisa kamu gunakan untuk membeli obat di apotek. Simpan di tempat khusus dan jangan sampai hilang.


Kacamata

Sebenarnya tidak wajib untuk bawa kacamata. Kecuali, untuk kamu yang bermasalah dengan mata memang harus, tapi kalau hanya sekedar kacamata gaul memang tidak terlalu recommended. Kaca mata hitam mungkin sedikit perlu, karena bisa buat foto selfie dan menambah kepercayaan diri.


Uang

Uang adalah hal penting yang harus ada di dalam dompetmu. Sebelum kamu pergi ke negara tujuan, sebaiknya kamu sudah menukarkan uang ke money changer di kota kamu. Kamu harus sudah memiliki mata uang negara tujuan, agar kamu tidak kerepotan ketika hendak membayar taksi ked an dari bandara, telepon, keadaan darurat dan lain-lain. Siapkan juga uang cadangan, agar sewaktu-waktu terjadi apa-apa kamu masih memiliki backup yang cukup.


Gadget

Buat kamu kaum muda khususnya mahasiswa, gadget adalah hal penting dan akrab sekali dan mungkin bisa menjadi sahabat setiamu. Handphone, IPad, tablet, dan laptop adalah barang wajib yang harus dibawa bersamamu dan harus masuk kabin. Karena jika sampai kamu menyimpannya di bagasi, ini akan berbahaya, bisa hilang atau rusak. Soalnya, belum tentu para kru yang memindahkan bagasimu bekerja dengan hati-hati.


Dokumen resmi dan penting lainnya

Dokumen resmi lainnya seperti ijazah, akta kelahiran, sertifikat, dan beberapa dokumen panting lainnya juga wajib kamu bawa. Usahakan bawalah dokumen asli, bukan hanya duplikatnya saja. Karena kalau sampai tertinggal atau hilang, bisa-bisa kamu gagal kuliah di universitas impianmu.


Bukti asuransi

Beberapa negara di dunia mewajibkan untuk setiap mahasiswa asing memiliki asuransi kesehatan. Jadi, jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan yang bertaraf internasional, sebaiknya bawa bukti-bukti asuransi tersebut. Bagaimanapun juga ini demi kebaikanmu dan keselamatanmu di negara tujuan kuliahmu.


Catatan dokter bebas penyakit

Beberapa negara menerapkan peraturan untuk warga negara asing yang ingin memasuki wilayah mereka harus bisa menunjukkan surat keterangan bebas penyakit. Hal ini dilakukan semata-mata untuk melindungi warga negara mereka dari ancaman penyakit menular yang mungkin bisa membahayakan nyawa. Ini juga anitisipasi terhadap penyebaran virus-virus mematikan seperti HIV AIDS, Ebola, dan lain-lain. Jadi, sebelum kamu dimintai surat tersebut, ada baiknya kamu sudah memilikinya dan melakukan cek di negara asalmu.


Kartu pelajar

Kartu pelajar ini penting sekali, karena jika kamu bisa menunjukkan kartu pelajar ketika ingin membeli tiket transportasi atau jalan-jalan. Biasanya ada beberapa negara yang bisa memberikan potongan atau harga khusus pelajar, untuk transportasi, makan, hotel/hostel, dan lain-lain. Jadi, tetap simpan kartu pelajarmu, dan jangan sampai tertukar dengan teman sebelahmu.


Kamera

Buat kamu yang menyukai dunia fotografi, barang ini wajib untuk dibawa. Kamu bisa mengabadikan momen-momen terbaikmu dengan kamera yang kulitasnya jauh lebih baik dari HP. Sebuah foto bisa menjadi kenangan yang tak bisa dihapuskan, apalagi sekarang media penyimpanan sudah berupa digital, jadi tidak takut hilang atau rusak, kecuali terhapus. Bawa selalu kameramu ketika hendak pergi ke luar negeri.


Foto keluarga

Foto keluarga ini berguna banget buat kamu di hari, minggu, atau bulan-bulan pertama tinggal di luar negeri. Pasilah kamu bakalan merasa kangen dan sedih. Jadi, untuk mengobati kekangenanmu itu kamu harus membawa beberapa foto keluarga, dan bisa kamu pandangi dan bisa menemani kamu disaat kamu sedang homesick.


Peta

Luar negeri, tempat yang baru dan belum pernah kamu kunjungi. Pasti memiliki banyak sekali liku dan jalan-jalan yang kamu belum paham sama sekali. Salah satu cara biar kamu nggak kesasar adalah dengan membawa peta kota di mana kamu akan tinggal dan kuliah. Ketika bahasa asingmu kurang bagus, dan mungkin malu untuk bertanya kepada orang, kamu bisa pandangin terus itu peta dan pelajari dengan baik. Dari situ kamu akan bisa memecahkan sedikit masalah yang biasa terjadi ketika hidup di lingkungan yang baru.


Daftar inventaris barang bawaan

Daftar inventaris barang ini harus kamu miliki dan buat sebelum kamu melakukan packing. Kemudian, ketika sudah melakukan packing dan mencatat semua barang bawaanmu, kamu harus simpan dengan baik catatan tersebut. Karena setelah sampai bandara negara tujuan, kamu harus kembali buka catatanmu, dan lakukan cek terhadap barang bawaan. Apakah maish utuh atau ada beberapa yang hilang? Dengan begitu, kamu bisa mengkontrol barang-barangmu.


Daftar nomor telepon penting

Yap, masalah bisa kapan saja datang. Masalah memang tidak pernah kenal sopan santun, bisa datang kapan saja walaupun tidak diudang. Jadi, ketika nanti kamu menemui masalah di negara orang, maka barang ini akan benar-benar berguna. Catatan nomor-nomor telepon penting. Mungkin nomor telepon KBRI, nomor telepon teman di negara tujuan, dan masih banyak lagi. Ketika ada masalah datang, mungkin salah satu dari mereka mampu menolongmu.


Nah, sobat berkuliah.com, itu tadi beberapa tips tentang apa saja yang harus kamu bawa ketika hendak kuliah ke luar negeri. Jauh memang, tapi itu akan menjadi sebuah pengalaman yang akan sedikit merubah jalan hidupmu. Tetap pantau terus berkuliah.com, salam sukses dan sampai jumpa!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,12,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,281,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,5,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,11,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,439,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,10,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,3,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,44,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,144,Studenthack,345,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,3,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,84,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,11,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Ke Luar Negeri? 16 Barang yang Wajib Ada di Dalam Tasmu
Ke Luar Negeri? 16 Barang yang Wajib Ada di Dalam Tasmu
http://4.bp.blogspot.com/-VJxeQB3hMDM/VCqYlzcbwxI/AAAAAAAADCE/DNuf8RLE0OM/s1600/wtwgw.png
http://4.bp.blogspot.com/-VJxeQB3hMDM/VCqYlzcbwxI/AAAAAAAADCE/DNuf8RLE0OM/s72-c/wtwgw.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/16-barang-yang-wajib-ada-di-dalam-tas.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/16-barang-yang-wajib-ada-di-dalam-tas.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy