3 Sistem Train Ticketing di Negeri Sakura

Transportasi Jepang memang tidak ada habisnya untuk dikagumi, karena kecanggihan dan keteraturan sistemnya. Sistem ticketing kereta, atau p...

Transportasi Jepang memang tidak ada habisnya untuk dikagumi, karena kecanggihan dan keteraturan sistemnya. Sistem ticketing kereta, atau pemesanan tiket kereta yang digunakan salah satunya memakai mesin penjual otomatis. Karena itu, pelanggan bisa mendapat tiket kereta tanpa perlu menghadapi pelayanan manual di loket penjualan yang terkadang membuat antrian panjang terjadi. Selain itu bisa juga via internet atau online ticketing service.


Praktis dengan Mesin Penjual Otomatis

Mengetahui tentang tata cara membeli tiket kereta di mesin penjual otomatis juga dirasa perlu. Siapa tahu suatu saat nanti saat berada di Jepang, Anda memerlukan informasi ini. Selain itu, ini bisa menjadi tambahan ide untuk mengembangkan sistem transportasi di Indonesia. 

Berikut adalah tata cara membeli tiket kereta di mesin penjual otomatis:
- Sebelum melakukan pemesanan, tentukan tujuan Kita dengan melihat peta yang tertera pada mesin penjual otomatis. Peta tersebut menunjukkan jenis kereta, stasiun, dan daerah tujuan. Harga tiketpun tertera di peta tersebut.
- Setelah mendapatkan informasi harga tiket yang diinginkan. Masukkan uang sesuai harga tiket tersebut ke dalam mesin. Mesin penjual otomatis menerima uang dengan pecahan 10, 50, 100, 500, sampai 1000 Yen.
- Pilih berapa jumlah tiket yang akan dibeli dengan menekan tombol yang menunjukkan jumlah total pembelian tiket.
- Lalu ambil tiket yang keluar beserta uang kembalian (bila ada).

Antri di Loket atau Gunakan Online Ticketing Service

Sedangkan untuk pemesanan tiket di loket penjualan ataupun online, yang harus diperhatikan adalah informasi-informasi berikut:

- Nama kereta

Tentu akan menjadi masalah jika Kita tidak memperhatikan nama kereta yang akan kita tumpangi. Karena informasi yang lain akan Kita lihat dari nama kereta tersebut, misalkan data tentang jadwal kereta tersebut.  

- Jumlah penumpang

Mengetahui jumlah penumpang juga sangat penting. Karena dengan mengetahuinya Kita bisa memperkirakan apakah kereta pilihan Kita nanti dalam keadaan longgar atau bersesakan, sehingga Kita usahakan bisa mendapatkan tempat duduk. 

- Tanggal keberangkatan

Kita harus mengetahui secara pasti tanggal keberangkatan kereta Kita. Dan supaya Kita bisa menentukan kereta mana yang sesuai dengan estimasi waktu yang kita rencanakan sebelumnya. Pilihlah kereta yang sesuai dengan waktu yang diinginkan, atau pilihlah yang membuat jadwal kegiatan Kita tidak berantakan karena keterlambatan yang disebabkan salah melihat tanggal keberangkatan. 

- Jam keberangkatan

Begitu pula jam keberangkatan kereta haruslah Kita teliti. Hal ini karena ada jam-jam dimana penumpang membeludak. Untuk menghindari itu, pilihlah jam dimana biasanya orang-orang telah berada di kantor, atau selain jam berangkat dan pulang kerja.

- Stasiun keberangkatan 

Jika Kita tidak memperhatikan stasiun keberangkatan kereta, bagaimana bisa Kita sampai di stasiun tujuan?

- Stasiun tujuan

Satu tiket yang telah Kita pesan adalah dengan maksud bisa sampai di tempat yang dituju. Maka dari itu, perhatikan baik-baik jadwal kereta yang tertera sebelum memutuskan memesan tiket, agar Kita tidak salah naik jurusan.

-       Ketentuan pemesanan (mendapatkan jatah tempat duduk atau tidak)

Demi kenyamanan perjalanan, pesanlah tiket yang masih tersedia jatah tempat duduknya, yang sesuai dengan jadwal dan poin-poin lainnya yang harus diperhatikan diatas.

- Ketentuan boleh merokok atau tidak.

Jika Kita perokok, maka kereta dengan ketentuan boleh merokok akan menjadi surga asap bagi Kita. Namun, jika bukan perokok, maka pilihlah kereta yang non-smoking agar Kita tidak tersiksa oleh asap.


Sistem Ticketing yang Istimewa pada Kereta Peluru (Shinkansen) 

Tiket kereta Shinkansen agak berbeda dengan kereta-kereta biasa. Ada 2 kelas tiket shinkansen, yaitu ordinary dan green car. Untuk kelas ordinary, harga tiketnya lebih murah daripada kelas green car. Tempat duduk, di kelas ordinary ada 3x2 per baris. Sedangkan di kelas green car tempat duduk per barisnya 2x2, sehingga memberi tempat yang lebih lapang untuk pijakan kaki.

Harga tiket Shinkansen bervariasi. Dapat dipesan sesuai keinginan. Bisa 7 hari, 14 hari, ataupun 21 hari masa berlaku (seperti SIM card ada masa aktifnya).

Tipe Green car Ordinary

Durasi Dewasa Anak-anak Dewasa Anak-anak
7 hari ¥37,800 ¥18,900 ¥28,300 ¥14,150
14 hari ¥61,200           ¥30,600 ¥45,100 ¥22,550
21 hari ¥79,600 ¥39,800 ¥57,700 ¥28,850

            *) Sumber: www.japan-guide.com @2011

Diskon Harga Tiket dan Pelayanan Ekstra Kereta Jepang

Japan Rail Pass, tiket dengan syarat pembelian di luar Jepang

Ada beberapa diskon yang diberikan untuk tiket kereta. Kalau ingin tiket kereta dengan masa aktif, JR menyediakan Japan Rail Pass untuk perjalanan satu arah dan bisa digunakan berkali-kali. Japan Rail Pass akan lebih menghemat biaya transportasi. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Jepang dalam waktu singkat juga dapat memanfaatkan fasilitas Japan Rail Pass ini. Namun tiket ini tidak dapat dibeli di Jepang. Untuk membelinya, harus membayar di kantor perwakilan JR di luar Jepang. Setelah tiba di Jepang, nota pembelian Kita akan ditukarkan dengan tiket Japan Rail Pass. 

Harganya bervariasi tergantung perjalanan, durasi, dan tempat duduk yang dipesan. Paling murah, untuk perjalanan 7 hari harganya ¥28,300 dan yang paling mahal, untuk perjalanan 21 hari (kelas superior) harganya ¥79,600.

Kekurangan dari tiket Japan Rail Pass ini, tiket dapat digunakan di seluruh daerah operasi JR termasuk Hokkaido Rail Pass, JR East Pass, JR-West Rail Pass, dan JR-Kyushu Rail Pass, kecuali kereta Shinkansen Nozomi dan Shinkansen Sanyo. 

Pelayanan ekstra tiket musiman

Selain Japan Rail Pass banyak diskon lain yang juga diberikan untuk penumpang kereta, seperti tiket yang disediakan musiman untuk penumpang yang ingin menjelajahi Jepang. Tapi tetap saja ketentuannya, tidak dapat digunakan untuk kereta Shinkansen. Diskon tiket dapat digunakan berkali-kali dan sejauh mungkin perjalanan sesuai keinginan di jaringan nasional JR berdasarkan batas waktu yang diberikan. Tidak ada batasan usia untuk membelinya.

Tiket ini dijual 3 kalidalam satu tahun, yaitu saat musim semi, libur musim panas, dan libur musim dingin. Tiket dapat dibeli di seluruh stasiun JR di Jepang, Midori-no-madoguchi, pusat layanan perjalanan, kantor-kantor perwakilan JR, dan travel agent. Pada tahun 2007 harga tiket ini ¥11,500.

Potongan harga tiket

Diskon tiket 10% kereta Hikari. Dapat digunakan untuk perjalanan menggunakan kereta Hikari yang melewati Tokyo, Yokohama, Nagoya, Kyoto, Osaka, Kobe, dan Himeji. Tiket harus dipesan paling tidak satu minggu sebelum hari keberangkatan.

Diskon tiket 25%. Dapat digunakan untuk kereta Hikari atau Kodama yang melintasi Nagoya dan Osaka. Cara pembelian tiket harus dipesan H-7.

Diskon 25%. Digunakan di kereta Kodama dengan pembelian minimal 1 hari sebelum hari keberangkatan. Diskon tiket ini biasanya dengan ekstrasoft drink, minuman keras, atau kopi.

Dengan sistem ticketing yang begitu apik, perkereta-apian menjadi moda transportasi kebanggaan bagi warga Jepang, bahkan menjadi daya tarik wisata baru bagi dunia internasional, yakni wisata transportasi. Bagaimana dengan di Indonesia?
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 3 Sistem Train Ticketing di Negeri Sakura
3 Sistem Train Ticketing di Negeri Sakura
http://4.bp.blogspot.com/-e1eO4slAOWE/VASfNY1Q10I/AAAAAAAAA9E/Db9gWGGqBYY/s1600/Snap%2B2014-09-01%2Bat%2B23.29.06.png
http://4.bp.blogspot.com/-e1eO4slAOWE/VASfNY1Q10I/AAAAAAAAA9E/Db9gWGGqBYY/s72-c/Snap%2B2014-09-01%2Bat%2B23.29.06.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/3-sistem-train-ticketing-di-negeri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/3-sistem-train-ticketing-di-negeri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy