Artikel Terbaru

5 Barang yang Gratis untuk Mahasiswa

Biaya kuliah semakin hari semakin meningkat. Namun, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka persainganpun semakin ketat. Seseorang diharuskan untuk memiliki pendidikan yang tinggi untuk dapat bersaing di dunia kerja. Hal ini menjadi sebuah masalah. Biaya kuliah meningkat, dan kewajiban kuliah juga semakin mendesak.
Mahasiswa perlu sedikit sadar diri dan membatasi diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Selain itu, mereka juga perlu memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan sesuatu yang gratis untuk meringankan biaya hidup mereka. Berikut beberapa barang yang bisa didapatkan oleh mahasiswa secara gratis, antara lain:



Makan siang dan makan malam

Menghemat uang tidak berarti kamu harus selalu makan diangkringan atau makan mi instan setiap hari. Kamu bisa mendapatkan kesempatan makan siang dan makan malam gratis dengan menu istimewa jika kamu mau mencarinya. Salah satu cara adalah bergabung dalam kepanitian. Dengan bergabung dikepanitiaan suatu acara besar, seperti seminar atau pidato ilmiah, maka kamu ada mendapatkan makan gratis. Seru, bukan?Selain dapat makan gratis, kamu juga dapat teman dan dapat mengikuti seminar dengan gratis pula.


Film

Banyak mahasiswa yang mengisi malam minggunya dengan nonton film di bioskop. Nonton di bioskop perlu biaya yang dapat kamu gunakan untuk makan satu hari. Kamu dapat nonton film yang sama di kos kamu dengan cara mendowload film tersebut secara gratis dan menontonnya bersama teman-teman kamu di kamar kos.


Pelayanan konseling dan manejemen emosi

Di setiap kampus di perguruan tinggi pasti ada kantor pelayanan bimbingan konseling. Petugas di kantor ini atau yang disebut konselor akan mendengarkan keluh kesah kamu dan kemudian memberikan saran dan pengarahan terhadapmu. Kamu juga bisa menceritakan tentang kesulitan keuangan yang kamu alami saat itu. Konselor mungkin akan memberikan jalan keluar yang tepat untuk kamu. Pelayanan ini tentu bisa kamu dapatkan dengan gratis.Konselor tersebut merupakan salah satu karyawan di perguruan tinggi dan digaji oleh perguruan tinggi.


Media sosial

Kamu dapat mengakses media sosial kampus dengan gratis, seperti portal dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Di sana kamu harus mengisi Kartu Rencana Studi (KRS).Kamu juga dapat melihat IP kamu pada semester tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mengakses jadwal online yang disediakan oleh perguruan tinggi. Selain media sosial yang disediakan oleh kampus, kamu juga bebas membaca berita di media online dengan gratis, misalnya di Koran online maupun website lain. Kamu juga dapat membuat akun jejaring sosial dengan gratis dan bisa berhubungan dengan siapapun dan dimanapun mereka berada saat itu.


Ebook gratis

Menjadi seorang mahasiswa tidak lepas dari kegiatan membaca. Untuk itu dosen akan memintamu untuk membeli buku yang mendukung agar kamu dapat mengembangkan teori yang diajarkan. Buku untuk level mahasiswa tentu harganya akan lebih mahal. Alternatif yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari buku di sebut di internet dan mendownload ebook yang sediakan secara gratis. Ebook akan memiliki isi yang sama dengan buku aslinya. Sehingga kamu akan tetap dapat mempelajarinya dengan baik. Jika kamu mau, kamu juga dapat mencetaknya, sehingga akan mempermudah kamu dalam mempelajarinya. Kamu akan mendapatkan ilmu yang kamu inginkan dan kamu bisa tetap menghemat uang dan dapat mengalokasikannya untuk kebutuhan lain.

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top