7 Makanan & Minuman Khas Meksiko

Meksiko terkenal memiliki budaya yang unik. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak sekali jenis makanan dan minuman yang menjadi ciri ...

Meksiko terkenal memiliki budaya yang unik. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak sekali jenis makanan dan minuman yang menjadi ciri khasnya. Bentuk dan rasa yang unik pasti membuat Anda tergoda untuk mencobanya. Beberapa makanan itu sudah dikenal dunia dan menjadi makanan khas yang cita-rasanya tidak bisa ditiru dengan mudah oleh negara lain. Ingin tahu apa saja jenis makanan serta minuman khas dan unik dari negara ini? Berikut uraiannya: 



1. Tacos dan Nachos

Jika Anda berkunjung ke Meksiko tanpa menikmati kudapan yang satu ini, Anda harus kembali kesana dan mencobanya. Anda dapat menemukan kedua kudapan ini hampir di seluruh Amerika bahkan beberapa negara Asia. Hampir di seluruh penjuru Meksiko wisatawan dapat dengan mudah menjumpainya. Kedua kudapan ini berbahan dasar jagung, tetapi masing-masing memiliki ciri khas.

Piedras Negras, adalah kota dimana kedua makanan itu berasal. Tacos terdiri atas gulungan atau lipatan Tortilla yang diisi dengan berbagai macam masakan di dalamnya. Rodolfo De Los Santos membuat kuliner tersebut pada tahun 1943. Salah satu yang paling digemari yaitu menu Breakfast Tacos. Masyarakat Meksiko biasa menyantapnya untuk sarapan. Tacos ini terdiri dari telur dadar dan kombinasi kentang, sosis atau daging babi yang diasapi.

Nachos memiliki bentuk yang lebih sederhana. Nachos terdiri dari keripik Tortilla yang disiram dengan keju cair atau saus Guacamole. Nachos pertama kali dibuat pada tahun 1943 oleh Ignacio Nacho Anaya. Hingga, saat ini banyak perusahaan waralaba yang membuat Nachos dengan variasi rasa lainnya. Dengan tetap memakai keripik Tortilla sebagai bahan dasarnya tetapi variasi topping sayur, buah atau saus yang membedakannya dengan Nachos tradisional. 


2. Temale

Tamale merupakan kudapan yang sudah ada sejak jaman Maya kuno, sekitar 250 tahun sebelum Masehi. Pada masa itu, Tamale merupakan bekal yang biasa dibawa oleh masyarakat Meksiko saat pergi berburu, bepergian bahkan berperang. Kudapan ini dipilih karena pembuatannya yang mudah dan tahan lama.

Makanan tradisional ini terbuat dengan bahan dasar tepung jagung yang di dalamnya diisi dengan daging ayam, daging babi, sayuran, keju dan dibungkus dengan kulit jagung atau daun pisang. Tamale juga biasa dijajakan dari rumah ke rumah di Meksiko.


3. Guacamole

Banyak orang yang suka Alpukat, karena mungkin buah ini disukai karena tekstur lembut dengan cita rasanya yang khas. Teksturnya yang lembut dapat memberikan sensasi yang berbeda saat Anda menyantapnya. Alpukat merupakan buah bernutrisi tinggi. Mengandung karotenoid, Asam Oleic, juga serat dan Folat.

Ada banyak cara mengolah buah tersebut. Pada umumnya Alpukat dipakai untuk salad, isian Sandwich atau jus, namun masyarakat Meksiko biasa mengolahnya menjadi saus yang manis dan gurih. Masyarakat Meksiko biasa membuatnya menjadi saus unik bernama Guacamole.

Guacamole sudah dikenal sejak zaman suku Aztec di abad ke 16. Kuliner tersebut tidak hanya populer di Meksiko saja, tapi juga terkenal ke seluruh dunia. Masyarakat di sana menjadikan saus ini untuk teman makan Nachos dan Tacos, serta hidangan yang di panggang, seperti ikan, ayam, atau daging. Rasanya yang unik memberikan sentuhan rasa gurih asam yang enak dan aroma yang khas pada daging. Jika Anda menyukai rasa pedas dapat menambahkan sedikit cabai Jalapeno ke dalamnya.

Guacamole terbuat dari Alpukat yang dihaluskan dan dicampur dengan air jeruk lemon atau jeruk nipis, untuk dijadikan saus. Beberapa hidangan Meksiko biasanya selalu disandingkan dengan saus tersebut. Di beberapa daerah ada juga yang menambahkan tomat, bawang merah dan daun ketumbar yang dicincang halus. Masyarakat Meksiko biasa menghidangkannya sebagai sajian pembuka.

Salah satu penghasil alpukat terbaik di Meksiko adalah Yucatan. Di sana terdapat banyak perkebunan yang dikelola oleh masyarakat. Nah, jika Anda ingin melihat perkebunan alpukat dan menikmati Guacamole bisa berkunjung ke sana. Kita bisa menggunakan bus El Mexico 180 E dari kota Merida menuju Yucatan.


4. Cokelat

Cokelat juga termasuk makanan yang banyak disukai orang. Cokelat bisa diproses menjadi berbagai macam olahan seperti susu, puding, selai dan lainnya. Cokelat juga menjadi simbol cinta dan kasih sayang. Menurut peneliti, cokelat mengandung zat alkanoid yang dapat memunculkan rasa bahagia.

Asal usul cokelat pertama kalinya ditemukan hampir 4000 tahun yang lalu di Meso Amerika. Terlihat dari bukti-bukti arkeologi yang ditemukan di sepanjang sungai Orinoco. Minuman kakao (cokelat) ternyata sudah ada sejak peradaban Mokaya dan Olmec. Cokelat juga menjadi bahan untuk persembahan untuk para dewa.

Suku Maya mengadopsi kata “kakao” dari suku Olmec. Mereka membudidayakan kakao di halaman rumah. Untuk menikmatinya, biji kakao dihaluskan dan dicampur dengan air, cabai, tepung jagung, dan bahan lainnya. Hasilnya berupa pasta yang dibuat minuman coklat pedas berbusa. Mereka menyebutnya “xocalatl” yang berarti hangat atau cairan pahit. 

Meksiko merupakan salah satu negara penghasil cokelat terbaik di dunia. Cokelat menjadi primadona dan sangat digemari oleh raja-raja Meksiko jaman dulu.Pada abad ke 6, cokelat sempat menjadi simbol status masyarakat Meksiko. Pada waktu itu biji cokelat digunakan sebagai alat pembayaran. Contohnya sekeranjang berisi 8000 biji kakao menggambarkan angka 8000. 

Tobasco merupakan salah satu kawasan yang sering di kunjungi oleh para wisatawan. Daerah tersebut merupakan surga bagi para penggemar cokelat. Selain dapat menikmati olahan cokelat kita juga bisa berjalan-jalan menjelajahi perkebunan kakao yang luas. 


5. Tequila

image credit
Minuman ini berasal dari daerah Tequila, Guadalajara sebelah barat kota Meksiko. Di sana terdapat perkebunan tanaman Agave yang sangat luas. Tanaman tersebut yang akan dipanen sebagai bahan baku utama pembuatan minuman unik ini.

Tequila sudah dikenal oleh masyarakat Meso Amerika ratusan tahun yang lalu. Mereka memanfaatkan tanaman Agave yang banyak tumbuh di Meksiko. Tanaman tersebut masih berkerabat dengan nanas, namun tidak berbuah dan ukurannya yang sangat besar. Nah, bagian yang dimanfaatkan untuk menghasilkan Tequila yaitu bonggolnya. Satu bonggol Agave bisa mencapai berat 50 sampai 100 kg. Untuk menghasilkan satu liter Tequila dibutuhkan 1kg bonggol Agave.


6. Cocktail Margarita

Margarita merupakan salah satu minuman khas dari Meksiko. Rasanya asam dan segar dengan aroma lemon yang sangat kuat. Di beberapa daerah biasanya cocktail Margarita  berwarna biru karena dicampur dengan Blue Curacao. Jika Anda ingin rasa yang segar bisa menambahkan jus buah atau Orange Liqueur, Tequila dan diberi es batu.

Margarita dapat disajikan dalam berbagai macam gelas, terutama gelas Margarita yang terbuat dari stereotip, variasi klasik dari Champagne Coupe, ini terutama digunakan untuK Margarita yang dicampur dengan buah, dan gelas jenis ini juga digunakan untuk hidangan-hidangan seperti Guacamole atau shrimp cocktail. Dalam pengaturan formal, margarita sering disajikan dalam gelas cocktail standar dengan tambahan es. Sedangkan pada situasi informal margarita bisa disajikan dengan gelas kuno.


7. Cabai Jalepano

Cabai jalapeno berbentuk seperti terung berwarna hijau besar. Panjang cabai tersebut sekitar 5 sampai 9 cm. Masyarakat Meksiko biasanya hanya menggunakan dua atau tiga buah dalam masakannya. Rasa cabai ini sangat pedas, lidah Anda seperti terbakar saat memakannya. Anda bisa menikmati pedasnya cabai Jalapeno dalam makanan khas Meksiko seperti Nacho, Tacos, Sea Food dan hidangan lainnya.

Selain menjadi bahan makanan, cabai Jalapeno ternyata juga mememiliki banyak manfaat untuk kesesehatan kita. Masyarakat Meksiko percaya jika mengkonsumi cabai Jalapeno dapat meredakan sinusitis, mengurangi rasa nyeri, mencegah kanker dan memperkuat sistem imun pada manusia.

Perkebunan cabai Jalapeno terbesar di Meksiko terdapat di kawasan lembah sungai Papaloapan sebelah utara Veracruz. Luas perkebunan tersebut mencapai 160 km persegi dan bisa menghasilkan 97 ton cabai Jalapeno sekali panen. Wisatawan dapat melihat langsung proses panen cabai Jalapeno saat panen raya. Pada periode itu kita bisa melihat kesibukan petani setempat yang membawa berkarung-karung cabai di pundak mereka.

Selain itu, cabai Jalapeno juga bisa menjadi oleh – oleh. Kita dapat membeli produk olahan cabai Jalapeno seperti saus pasta atau acar yang dikemas dalam botol. Nah, jika Anda ingin membelinya harga yang ditawarkan sekitar $6.00 per botol. Wisatawan bisa membelinya di seluruh wilayah Meksiko.
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: 7 Makanan & Minuman Khas Meksiko
7 Makanan & Minuman Khas Meksiko
https://1.bp.blogspot.com/-ganPs3inXAw/VAQlprdrdVI/AAAAAAAAA6w/9KaNUU_TiEU/s1600/Snap%2B2014-09-01%2Bat%2B14.50.52.png
https://1.bp.blogspot.com/-ganPs3inXAw/VAQlprdrdVI/AAAAAAAAA6w/9KaNUU_TiEU/s72-c/Snap%2B2014-09-01%2Bat%2B14.50.52.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/7-makanan-minuman-khas-meksiko.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/7-makanan-minuman-khas-meksiko.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy