Artikel Terbaru

Alasan Mahasiswa Bekerja Part Time

Panasnya kota Jogja sungguh membakar kulit saya yang sudah hitam, sehingga bertambah hitam jadi bertambah manis. Ingat iklan kecap, ‘hitam manis yang hitam manis’?
Siang semakin terik dikota pendidikan. Dahulu Jogja digambarkan menjadi kota pendidikan serta budaya, sekarang bertambah satu lagi yaitu “panas”. Namun, dengan panas yang terik di kota Joga ini tentunya tidak mematahkan semangat para pelajar untuk mencari ilmu.



Oke guys, memang materi bukan segalanya, namun materi tetaplah menjadi hal utama untuk berlangsungnya sebuah kehidupan. Tidak hanya para kepala rumah tangga ataupun tulang punggung keluarga yang membutuhkan materi untuk hidup, begitupun dengan para mahasiswa di manapun ia berada. Status mahasiswa yang disandang bukan menjadi penghalang bagi mereka untuk mencari biaya tambahan. Bahkan, dengan status tersebut para mahasiswa merasa bangga jika selama masa studi mereka bisa mencari pekerjaan.

Pekerjaan jenis apa yang banyak digandrungi oleh mahasiswa? Tak lain dan tak bukan pekerjaan part time. Kenapa harus part time? Sebenarnya tidak harus part time, namun karena waktu yang bisa dinego antara instansi dan jam kuliah mahasiswa, hal itu yang menjadi pilihan utama para mahasiswa.
Oke guys, tidak usah berbelit-belit, berikut kami akan memberikan beberapa alasan kenapa mahasiswa memilih bekerja paruh waktu di sela-sela mereka kuliah.


Alasan ke 1: Uang jajan tambahan

Nah, yang ini pasti semua setuju. Agar mendapatkan uang jajan tambahan, para mahasiswa rela menyisihkan waktu mereka untuk bekerja paruh waktu. Mereka bekerja bukan karena uang bulanan yang kurang, tetapi lebih karena hal gengsi atau hanya untuk sekedar mendapatkan rasa bangga jika mereka bisa bekerja disela-sela waktu kuliah.


Alasan ke 2: Cari pengalaman

Selain untuk mendapatkan uang jajan tambahan, para mahasiswa juga bekerja paruh waktu untuk mendapatkan pengalaman baru dalam dunia kerja. Karena menurut pepatah,’pengalaman adalah guru yang paling baik’. Sehingga, para mahasiswa banyak yang mencari pekerjaan paruh waktu demi mendapatkan pengalaman. So, pengalaman apa saja yang mereka dapat? Banyak sekali pengalaman yang akan mereka dapat. Beberapa contohnya adalah pengalaman bersaing dan bersosialisasi dengan lingkungan pekerja.


Alasan ke 3: Mempraktekkan ilmu yang pernah didapat

Tidak dipungkiri bagi beberapa mahasiswa yang pernah bekerja sebelumnya, entah saat SMA atau sebelum masuk ke bangku perkuliahan mereka pernah bekerja. So, setelah menjadi mahasiswa, mereka merasa tertarik untuk terjun kembali kedalam dunia kerja dengan resiko menggunakan sebagian waktu mereka. Terlebih jika mereka lulusan SMK dengan jurusan tertentu mereka dapat menggunakan ilmu yang telah mereka dapat saat di bangku sekolah.


Alasan ke 4: Mencari teman baru

Hal ini sangat umum. Jika kita berdomisili di tempat, baru maka mau tidak mau kita harus mencari teman atau bahkan sahabat baru, tapi banyak juga yang mendapat kekasih yang baru, atau bahasa moderenya “cinlok”. Pasti para sahabat pernah mengalami hal ini, karena penulispun pernah mengalaminya. Dengan mendapatkan teman baru di tempat yang baru, maka kita akan bisa saling bertukar pengalaman, bahkan berbagi cerita suka maupun duka.


Alasan ke 5: Finansial keluarga

Oke guys, bukan hanya karena keinginan hati para mahasiswa bekerja paruh waktu. Terdapat banyak dari mereka rela bekerja paruh waktu dengan alasan finasial keluarga yang kurang mendukung. Dengan kata lain, mereka bekerja karena memang harus memenuhi biaya bulanan mereka sendiri. Karena hanya dengan bekerja paruh waktu mereka bisa memenuhi apa yang mereka inginkan, walaupun dengan banyak resiko yang harus mereka pertaruhkan.


Alasan ke 6 : Menyalurkan hobi

Untuk alasan yang satu ini, hanya orang tertentu yang memiliki jiwa pekerja tinggi. Mereka bekerja bukan karena ikut-ikutan atau tuntutan pribadi, namun lebih ke hal memuaskan hasrat pekerja mereka.


Alasan ke 7: Mengisi waktu luang

Tidak berbeda jauh dengan alasan yang sebelumnya. Bagi beberapa mahasiswa bekerja paruh waktu hanya untuk have fun atau sekedar mengisi waktu luang. Karena mereka berpikir, “daripada waktu terbuang sia-sia, lebih baik mencari hal yang bermanfaat dan dapat menghasilkan uang”. Yups, dan kita bisa tebak guys, bekerja paruh waktu.


Sekian beberapa alasan yang bisa kami himpun. Dari beberapa point di atas, manakah yang menjadi alasan para sobat berkuliah.com untuk bekerja?    

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top