Artikel Terbaru

Cerita Perkuliahan di Turki, Bersama Aditya Putrawan

Turki, sebuah negara yang terletak di dua benua. Negara ini ditandai menjadi batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga disebut sebagai negara transkontinental. Ibukota Turki berada di Ankara, namun kota yang paling terkenal dan sangat ramai, dan sangat penting adalah Istanbul. Bisa kamu bayangkan pastinya, ketika negara yang berada di perbatasan dan letaknya terbagi menjadi dua, satu di barat dan satunya di timur. Bagaimana dengan kebudayaannya? Wah, ini tentunya menjadi hal yang paling menarik yang harus dibahas.



Oke, kali ini tim berkuliah.com akan menampilkan hasil interview dengan salah satu mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Turki. Sekilas dari ceritanya, ia seringkali dikatakan oleh orang-orang di Turki sebagai orang Cina atau orang Jepang, karena wajah Asia yang dimilikinya. Siapakah dia? Kalau kamu ingin tahu cerita selengkapnya, mari kita simak berikut ini.


Halo. Bisa diceritakan tentang profil diri kamu? 

Nama saya Aditya Putrawan dan asal daerah dari Pontianak. Saya saat ini sedang menjalani studi S1 di Yalova University, dan mengambil bidang studi Hubungan Internasional (HI), angkatan 2012.


Ketika merasa rindu dengan Indonesia, entah itu masakannya, orang-orangnya, apa yang biasanya kamu lakukan?

Ketika merasa rindu dengan segala hal yang berbau Indonesia, biasanya saya masak masakan Indonesia di rumah. Lalu, saya juga sering pergi ke kota terdekat yang dihuni oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk bertemu sekalian melepas rindu berbicara bahasa Indonesia.


Apaka kelebihan dari Yalova University, serta jurusan yang kamu ambil? Di mana alamat kampusnya?

Yalova University berlokasi di Bağlarbaşı Mh. 77100 Yalova, Türkiye. Kelebihan dari jurusan saya yaitu tenaga pengajar yang rata-rata merupakan lulusan luar negeri dan memiliki ilmu dan wawasan yang luas. Selain itu, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar sehingga memudahkan para siswa.


Adakah pengalaman unik/menyenangkan/menyebalkan yang kamu temukan ketika di Turki? Entah itu ketika jalan-jalan, di dalam alat transportasi, di tempat makan, di kampus, atau lainnya? 

Saya sering dilihatin orang Turki ketika berada di tempat umum, mereka selalu mengira saya orang Asia Timur, bukan Indonesia. Kadang-kadang ada anak muda yang meneriaki saya "Cina" atau "Jepang" yang membuat saya merasa sedikit terganggu.


Apakah mahasiswa di Turki harus memiliki kartu asuransi kesehatan, kartu mahasiswa, dan tabungan? Jika iya, bagaimana cara membuatnya?

Para mahasiswa di Turki wajib memiliki kartu kesehatan dan kartu mahasiswa. Kalau tabungan tidak wajib. Mengurusnya cukup mudah bagi mahasiswa yang mendapat beasiswa, karena sudah diurus oleh pemerintah Turki. Sedangkan bagi yang non-beasiswa, mengurusnya agak sedikit susah namun dalam prosesnya tidak berbelit-belit.


Apa kelebihan masyarakat Turki, bagaimana sikap mereka/nasionalisme mereka? Apakah ada yang patut dicontoh oleh orang Indonesia?

Kelebihan masyarakat Turki yang paling menonjol adalah jiwa nasionalisme mereka. Contoh simpel, ketika lagu kebangsaan dikumandangkan (biasanya pagi hari dan sore hari), semua orang akan berhenti dan turut menyanyikan lagu tersebut sampai selesai. Saya kira jiwa nasionalisme ini yang belum dimiliki di Indonesia.


Pernahkah menemukan beberapa produk Indonesia di Turki?

Ada. Indomie menjadi produk andalan Indonesia di sini. Selain diincar oleh mahasiswa Indonesia, Indomie juga disukai oleh banyak orang Turki. Dan menurut kabar, sebentar lagi perusahaan Indofood juga akan ekspansi untuk produk-produk saos dan kecap di sini.


Apakah benar seperti yang dinilai oleh kebanyakan orang, bahwa wanita di Turki mengenakan jilbab tertutup rapat atau cadar? Apakah kehidupan di sana seperti di Arab, ataukah di Asia, atau bagaimana? 

Itu tidak benar. Jadi, wanita di Turki di sini yang muslim hanya mengenakan jilbab menutup rambut, seperti di Indonesia. Dan untuk cara kehidupan, mungkin bisa dikatakan bahwa mereka sudah kebarat-baratan.


Menurut kamu, di mana sajakah kota atau daerah yang nyaman dan aman untuk di jadikan tempat tinggal di Turki? Adakah kelebihan lainnya?

Ada banyak sekali kota yang nyaman untuk ditempati di Turki, seperti Istanbul, Ankara dan Izmir. Di kota-kota tersebut, masyarakatnya dimanjakan dengan transportasi umum yang modern dan baik, serta fasilitas-fasilitas umum yang sangat memadai.


Adakah tips yang bisa kamu bagikan, tentang bagaimana cara membaur dengan masyarakat Turki, dan bagaimana cara survive untuk bisa hidup dan sukses kuliah di sana?

Tips dari saya untuk dapat membaur dengan masyarakat luar negeri, tidak hanya di Turki, yaitu pelajari bahasa mereka dan kenali kultur mereka sebaik-baiknya. Dengan begitu, otomatis kita akan menjadi "bagian" dari mereka.



Nah, sobat berkuliah.com, bagaimana perasaan kamu setelah membaca cerita di atas? Apakah rasa penasarannya sudah hilang? Atau, malah kamu semakin tertarik untuk menyimak dan mencari informasi lebih lanjut tentang perkuliahan di Turki? Kamu harus tetap menjaga semangat dan selalu motivasi diri dengan baik. Kuliah di luar negeri bukanlah hal yang mustahil buat kamu. Selalu update informasi dan pantau terus berkuliah.com, ya! Salam sukses dan sampai jumpa!

Baca Ini, Kamu PASTI Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%



Advertisement
Scroll To Top