Febrian Putra: Kita Telusuri Dunia Pendidikan di China!

Tahukah kamu bahwa negara China saat ini mengalami kemajuan dalam bidang ekonominya? Dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yang mencapa...

Tahukah kamu bahwa negara China saat ini mengalami kemajuan dalam bidang ekonominya? Dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yang mencapai angka 2 milyar tentunya membuat pemerintah China benar-benar memutar otak mereka. Pemerintah China berusaha untuk membuat negaranya benar-benar makmur dan tidak ada lagi rakyat yang kekurangan. China yang dikenal sebagai negara komunis menerapkan berbagai peraturan yang dipatuhi oleh pemerintah sampai dengan rakyat kecilnya. Industri teknologi, usaha rumah tangga, pabrik-pabrik dan berbagai macam jenis usaha benar-benar diperhatikan untuk meningkatkan perekonomian China.



Pemerintah China juga sangat memperhatikan pendidikan di negara mereka. Demi terwujudnya suatu negara yang maju, maka pemerintahnya memperkuat sektor pendidikan mereka. Adanya beasiswa dan dibukanya peluang bagi mahasiswa asing untuk belajar ke China merupakan salah satu tujuan untuk memajukan pendidikan di China ini.

Kali ini tim berkuliah.com telah berhasi menginterview salah satu mahasiswa Indonesia yang kuliah di China. Siapakah dia? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini.


Pertama-tama, bisakah memperkenalkan profil singkat tentang diri kamu? Serta apa alasan yang membuat kamu memilih China sebagai tujuan studimu?

Nama saya Febrian Halmi Putra, saya anak sulung dari 3 bersaudara. Saya lahir di Jakarta 5 febuari 1994, dan tinggal di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Saya adalah seorang yatim, ayah saya tutup usia 6 tahun yang lalu pada saat saya masih duduk di bangku SMP. Kini saya sedang menempuh perguruan tinggi S1 semester 5 di fakultas Civil Engineering (Teknik Sipil) di Harbin Institute of Technology (HIT).

Alasan saya memilih untuk studi di China adalah karena adanya peluang dan kesempatan yang diberikan orangtua saya untuk mengambil ilmu di luar negeri. Saya juga berkeinginan untuk belajar hidup mandiri, tidak ingin diawasi lagi oleh orang tua, ingin berjuang sendiri tanpa bantuan orang tua, karena saya yakin bahwa suatu saat nanti kita tidak mungkin hidup terus-terusan bersama orang tua, maka dari itu saya memilih untuk belajar hidup mandiri di negeri ini. 

Kenapa China? Menurut saya, China adalah tempat di mana segala ilmu berasal. Ada sebuah pepatah mengatakan "tuntutlah ilmu hingga ke negeri China", yang berarti dengan negeri Chinalah yang sejak dahulu kala disebut-sebut sebagai negeri yang memiliki sistem pendidikan yang kuat. Itu terbukti karena sekarang negara ini sedang berkembang pesat, mulai dari pembangunan, ekonomi, sosial budaya dan lain-lain. Sekarang hari demi hari orang-orang dari luar negeri, terutama pengusaha-pengusaha besar baik itu Eropa ataupun Amerika semakin tertarik untuk berinvestasi di negeri ini. Maka dari itu, dengan pesatnya perkembangan dan pembangunan di negeri ini, saya berkeinginan untuk ikut serta dalam menggunakan kesempatan emas ini untuk menuntut ilmu di negeri China. Saya juga berharap dengan apa yang saya pelajari di negeri ini dapat berguna bagi kemajuan pembangunan di negara saya sendiri di Indonesia. Selai itu, untuk hidup di China saya rasa juga masih sangat-sangat terjangkau dalam hal biayanya, jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Eropa atau Amerika. Ilmu yg didapat juga tidak kalah dengan negara lainnya di belahan barat.


Bisakah kamu ceritakan tentang profil singkat dari kampus tempat kamu kuliah? Mungkin dalam hal kelebihan dan keunikannya? 

Berdiri pada tahun 1920, HIT telah berkembang menjadi universitas terkemuka di China. Sekolah ini sangat dikenal dalam bidang ilmu pengetahuan, engineering, dan research. Sejak tahun 1954 HIT telah beberapa kali ditunjuk sebagai salah satu universitas utama di China yang telah berhasil melakukan research dalam bidang ‘Space Science’ dan bidang ‘Pertahanan dalam Negeri’. HIT juga merupakan salah satu dari 10 universitas di dunia yang telah berhasil mendesign, merakit, dan meluncurkan satelit mereka sendiri. HIT juga telah banyak berkontribusi dalam berhasilnya peluncuran ‘Senzhou satellite spacecraft’ dan’ Khuaizhou satellite space craft’  pada tahun 1999 dan 2013 kemarin. Pada tahun 2014 Academic Ranking of World Universities telah menetapkan HIT sebagai universitas terbaik di dunia dengan rangking ke-21 mengalahkan Harvard dengan rangking  ke-32 di dunia!

HIT memiliki 3 universitas berbeda yang terdapat di beberapa titik di pusat kota Harbin. Kampus 1, Kampus 2, dan Kampus 3, begitulah kami menyebutnya di sini. 

Dan di HIT ini memiliki beberapa fakultas andalan seperti:
Mechanics #1
Mechanical Engineering #4
Instrument Science and Technology #4
Materials Science and Engineering #4
Power Engineering #5
Electrical Engineering #5
Optical Engineering #4
Information and Communication Engineering #5
Control Science and Engineering #3
Computer Science and Technology #4
Software Engineering #5
Architecture #5
Civil Engineering #2
Urban Planning #6
Landscape #7
Chemical Engineering and Technology #6
Transportation Engineering #6
Aeronautics and Astronautics Science and Technology #4 (Astronautics Science and Technology #1)
Environmental Science and Engineering #2
Angka-angka pada fakultas tersebut menandakan Ranking yang telah diberikan oleh pemerintah pusat dengan universitas lainnya di seluruh China. 

Civil Engineering merupakan fakultas engineering terbaik ke-2 di seluruh universitas China berdasarkan Engineering Programs' National Ranking based on China Academic Degrees & Graduate Education Information evaluation reports (2012). Karena itulah saya memilih jurusan ini untuk belajar dari salah satu yang terbaik di China.

Keunikan HIT menurut saya bukan hanya karena Ranking atau namanya yang baik di mata dunia, tetapi karena lokasinya yang unik. Berlokasi di pusat kota Harbin provinsi Heilongjiang China, berada pada bagian utara belahan bumi, dengan suhu pada musim dingin yang bisa mencapai -30 derajat celcius, dengan jangka waktu musim dingin sekitar 6-7 bulan/per tahun. Yang membuat unik adalah mengapa dengan musim dingin yang begitu panjang dan begitu dingin, pelajar-pelajar di sini masih dapat berhasil melakukan sesuatu yang menggemparkan seluruh China dan mungkin seluruh dunia dengan karya-karya mereka seperti pembuatan satelite, research dan lain-lain. Itulah yang menurut saya sesuatu yang unik dan ingin saya pelajari dari universitas ini.


Apakah dalam kampus Febri ada aturan yang dirasa unik dan berbeda? Mungkin dari cara berpakaian, jam masuk, absensi, atau hal lainnya? 

Di sini peraturan berpakaian, jam masuk dan absensi saya rasa tergolong bebas. Kita bebas berpakaian di kampus, bebas masuk kelas kapan saja kita mau asal jangan bolos, karena jika bolos maka nilai kita dapat dikurangi oleh dosen. Sesuatu yang berbeda dari sini adalah ketika jam pelajaran sekolah selesai, tidak ada yang namanya bell yang berdering menandakan kelas telah berakhir, yang ada hanya kita mengingatkan dosen kalau jam kelas sudah berakhir.

Menurut saya, untuk sekolah di sini  dengan hanya memiliki kepintaran dan kerajinan saja tidak cukup untuk menjadi murid HIT, kamu perlu yang namanya semangat dan tahan banting, karena sekolah  di sini bukan hanya dalam segi akademiknya saja yang berat, tetapi cuacanya juga  yang sangat tidak bersahabat. Hal lainnya yang menurut saya unik adalah di sini kebanyakan para murid-murid China belajar sungguh-sungguh di dalam kelas sampai larut malam, yang saya lihat kehidupan mereka hanyalah belajar, belajar dan belajar. Dan sekolah mengizinkan mereka memakai ruangan kelas untuk belajar sampai larut kira-kira sampai pukul 10:00-11:00 malam. Inilah yang saya rasa unik dan tidak terdapat di kampus-kampus Indonesia.


Bagaimana dengan fasilitas di kampus tersebut, mungkin perpustakaan, pelayanan adminitrasi, fasilitas lab, olahraga, dan lainnya? 

Menurut saya, Kampus saya ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap ya, mulai dari gedung kuliah yang tersebar di beberapa tempat di area sekitar kampus, perpustakaan yang luas yang terdiri dari 5 lantai, fasilitas lab fisika, kimia, dan ruangan menggambar untuk kelas arsitektur. 

Selain itu juga tidak ketinggalan 3 stadion sepak bola dan lapangan basket yang jumlahnya tidak terhitung banyaknya. Semua itu dapat dipakai secara gratis untuk berolahraga kapan saja kita mau. Sekolah juga menyediakan klub-klub bela diri seperti Wushu, Taekwondo, Karate.Di sini juga terdapat kolam renang sekolah yang bisa dipakai dengan hanya membayar 6 Yuan (Rp.12.000) saja per 2 jam dengan kolam yang memiliki luas seperti kolam renang Oliympic size pool, dan air yang bersih dan hangat. Kampus saya juga memberikan fasilitas pembuatan dan perpanjangan visa pelajar di China dengan gratis, di mana kita hanya perlu mengumpulkan data-data seperti surat polisi, hasil medical checkup, bill pembayaran uang sekolah dan passpor asli, maka hanya dengan kurang dari kurun waktu 2 minggu visa kita dapat diurus dan di perpanjang untuk tetap tinggal dan belajar di China. Selain itu, kampus ini juga menyediakan fasilitas dormitory/asrama bertingkat 16, yang bisa ditinggali. Hanya dengan 600 Yuan/bulan (Rp.1,2 juta) dapat fasilitas kamar seluas 3.5m x 4m dan wc umum, dapur, pemanas ruangan, tempat tidur, meja belajar, lemari pakaian dan Tv, 1 kamar dapat di tempati 2 orang, dilengkapi juga dengan lift dan mini market di lobbynya.

Di kampus saya juga tersedia 4 kedai kantin, 3 di antaranya dapat dinikmati pada jam-jam tertentu (6:00, 11:30, 4:30), dan sisanya bisa dinikmati 24 jam sehari. Makanan dan minuman yang disediakan di kantinpun beragam, mulai dari masakan barat seperti steak, fried chicken, burger, masakan asia seperti masakan Korea, China, dan Jepang, semua dapat dibeli dengan harga yang terjangkau (5 -15 Yuan). Kampus juga memberikan fasilitas shuttle bus bagi para pelajar yang ingin berpergian dari kampus 1 ke kampus 2 dengan bis pribadi milik sekolah yang dilengkapi dengan AC dan TV. Fasilitas lab juga bisa dibilang cukup lengkap. Sebagai contoh, pada fakultas Teknik Sipil tersedia ruangan untuk pembuatan concrete, semen, alat untuk mengetes kekuatan concrete dan lain sebagainya.



Bisa dijelaskan  mengenai bagaimana tahapan dan langkah-langkah untuk mendaftar ke kampus HIT, sesuai dengan pengalaman Febrian? 

Pertama kali ke sini, saya dibantu didaftarkan melalui agent yang bernama BLCI, yang berkantor di Mangga Dua Square, Jakarta Pusat. BLCI telah membantu saya dalam pendaftaran dan mengurus keberangkatan dengan pesawat dan juga mengurus untuk pembuatan visa pelajar yang ingin studi di China. Mereka juga membantu saya dalam pembuatan account bank di sini.
Dan jika kamu ingin mendaftar lewat BLCI, bisa berkunjung ke kantornya di Mangga Dua Square Rukan Block G No.7, Jl. Gunung Sahari No.1, Jakarta Utara. Atau bisa mengakses website mereka di www.blci.or.id. 

Jikapun kamu ingin mendaftar tanpa bantuan Agent, kamu bisa menghubungi kontak website resmi HIT (http://en.hit.edu.cn) atau bisa melalui Email mereka: 

president@hit.edu.cniea1@hit.edu.cn (English)
iea2@hit.edu.cn (English/French)
iea3@hit.edu.cn (Russian)
jennyzhai@hit.edu.cn(Japanese)

Tidak perlu takut untuk mendaftar, karena mereka sangat sangat ramah dengan pendatang luar. Jangan khawatir jika kamu tidak mahir dalam berbahasa Mandarin, karena di sini mereka sudah terlatih untuk bicara berbahasa Inggris, Jepang, Russia, dan Korea. 

Jika ingin langsung berkonsultasi dengan HIT, bisa langsung menghubungi guru international student centre yang saya kenal, dan berikut kontaknya:

Lee dong mei : 18246017369
Zhao lin.         : 13936645148


Bagaimana karakteristik masyarakat China terhadap para pendatang?

Menurut saya masyarakat lokal di sini sangat sangat welcome sekali terhadap pendatang. Karena bagi mereka pendatang adalah sesuatu yang baru, sesuatu yang berbeda dari mereka masyarakat lokal, karena di Harbin orang-orang luar yang berkulit hitam, putih, coklat itu termasuk sangat jarang dijumpai di sekitar pedestrian Harbin. Jadi, jika mereka bertemu dengan pendatang, saya lihat mereka sangat-sangat antusias terhadap kami para pendatang dan ingin mengenal lebih dalam tentang kehidupan di negara kami. 


Pada masa awal kuliah, apakah kamu sering menemui masalah dengan kegiatan perkuliahannya? Jika iya, apakah itu dan bagaimana cara kamu mengatasinya?

Iya. Di awal masa kuliah, saya sering berhadapan dengan berbagai macam masalah, mulai dari cuaca yang ekstrim, pelajaran yang sulit, bahasa yang berbeda, jauh dari keluarga, lingkungan yang berbeda, pergaulan yang bebas dan tugas tugas sekolah yang berat. 

Pada saat kita menemui kesulitan mengenai hal akademik, hal pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya, bisa bertanya kepada dosen, senior kelas, maupun teman-teman di kelas, dengan begitu saya pasti akan mengerti pelajaran sekolah sedikit demi sedikit. 

Hal kedua yang saya lakukan adalah berlatih dan berlatih terus sampai kesulitan itu dirasa sudah tidak sulit lagi. Dengan begitu saya dapat mengatasi masalah tersebut dengan tepat dan mudah. Saya tidak takut akan segala kesulitan tersebut karena saya adalah pemuda yang tangguh. Saya sangat suka dengan tantangan tantangan dari dunia ini, -30 derajat saja tidak cukup untuk  merobohkan saya, pelajaran dan tugas sekolah yang berat juga tidak cukup untuk membuat saya mundur dari kenyataan ini, lingkungan yang berbeda dan pergaulan yang bebas di sini tidak membuat saya terpengaruh ke dalam hal-hal yang bersifat negatif.

Tetapi, rasa sayang dan kangen terhadap keluargalah yang menjadikan sumber kekuatan pada diri saya. Saya hanya tidak ingin mengecewakan mereka yang telah mengirim saya jauh-jauh ke sini dengan banyak harapan akan masa depan saya, itulah yang membuat saya tetap tegar dan bersemangat mengatasi segala kesulitan pada saat berkuliah. Saya yakin dengan semakin sayang saya terhadap keluarga, maka semakin hebatlah kita nantinya di masa depan.


Apakah ada beasiswa khusus dari kampus yang diperuntukkan bagi mahasiswa asing? Jika iya, apakah itu dan bagaimana cara applynya?

Terdapat beberapa jenis beasiswa yang saya tahu yang bisa di apply oleh mahasiswa asing secara penuh maupun setengah di HIT.

Yang pertama, adalah CSC scholarship, beasiswa ini berasal dari pemerintah pusat, dalam program beasiswa ini para pelajar yang terdaftar untuk studi di China, baik itu S1/S2/S3 diwajibkan untuk terlebih dahulu mengikuti sekolah bahasa mandarin selama kurang lebih 1 tahun, setelah itu baru bisa mengambil jurusan yang di inginkan. Jurusan yang diinginkan juga diwajibkan mengambil jurusan dengan menggunakan bahasa mandarin. Beasiswa ini akan mengcover semua uang sekolah selama kita kuliah, dan juga akan memberikan uang jajan sebesar 1400-2000 Yuan/bulan (Rp.2,8 jt - Rp.4 jt) dan tiket pulang pergi pesawat pada saat berangkat dan pada saat lulus nanti.

Yang kedua adalah Beasiswa yang berasal dari sekolah (beasiswa HIT), berbeda dengan CSC, beasiswa ini tidak mewajibkan para pelajar untuk mengambil kelas bahasa Mandarin terlebih dahulu. Para pelajar dapat bebas memilih jurusan apapun yang mereka kehendaki, beasiswa ini hanya meng over uang sekolah saja secara full/setengah, sisanya biaya ditanggung sendiri, biaya hidup di sini menurut saya masih tergolong sangat murah dibandingkan di kota-kota bagian selatan (Shanghai, Hangzhou, Guangzhou). Jadi menurut saya untuk biaya hidup bisa berkisar antara 1500-1800/bulan (Rp.3 jt-3,6 jt).


Bagaimana cara mengapply beasiswa tersebut?

Untuk CSC para pendaftar diharuskan untuk mengisi form yang bisa diakses secara online di www.csc.edu.cn/laihua atau www.campuschina.org, lalu click bagian application online for International Students.

Lengkapi formnya, dan kumpulkan secara online dan jangan lupa untuk diprint sebagai bukti kasar pengisian formulirnya. Setelah itu, kamu akan diberikan kabar oleh pemerintahan China berupa email atau surat resmi dari mereka yang berisikan hasil keputusan mereka untuk menerima proposal kamu atau menolaknya untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Untuk beasiswa dari sekolah (HIT Scholarship), para pelajar bisa mengapply beasiswanya dengan cara memberikan script nilai ijazah SMA/SMK atau sejenisnya pada kantor International Student Centre (ISC) di HIT. Setelah itu merekalah yang memutuskan apakah kita pantas dapat beasiswa atau tidak. 


Bagaimana cara penyambutan mahasiswa baru di kampus HIT? Seperti halnya OSPEK di Indonesia?  

Untuk pelajar lokal akan diadakan Ospek selama 2-3 minggu. Mereka akan melakukan kegiatan seperti baris berbaris dengan seragam tentara, membuat formasi kata-kata, dan juga dilatih teknik dasar bela diri.

Untuk pelajar asing, penyambutan mahasiswa baru dilakukan secara sederhana di hall sekolah, di sana para petinggi sekolah akan memberikan speech untuk para mahasiswa baru. Dan mungkin akan diberikan tour singkat di lingkungan sekolah.

Khusus untuk para pelajar Indonesia di HIT, di kota Harbin terdapat organisasi pelajar yang bernama PPIT (Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok) yang bercabang di Harbin. Mereka biasanya akan menyambut dengan hangat para pelajar Indonesia yang berada di Harbin dengan melakukan makan malam bersama. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar para mahasiswa baru dan lama dapat berkumpul, berkenalan dan berbagi pengalaman dari senior ke junior. Di sini para mahasiswa baru juga diajak untuk bergabung dengan organisasi tersebut. PPIT berharap dengan memberikan sambutan hangat kepada mahasiswa baru, mahasiswa baru dapat merasakan rasa kekeluargaan yang terdapat di dalam perhimpunan Indonesia ini.

Jika ingin melihat kegiatan-kegiatan PPIT-Harbin bisa mengakses website resmi mereka (www.ppitharbin.wix.com/ppit).


Bagaimana caranya agar kita mudah dalam bergaul dan berbaur dengan masyarakat China?

Saya mempunyai 3 tips untuk bergaul dan berbaur dengan orang lokal di sini:

Yang pertama, dimulai pada diri kita sendiri. Kita harus perpikiran terbuka atau ‘open minded’, jangan membuat pikiran kita tertutup dan tidak mau menerima orang baru di lingkungan kita berada. Kita harus beradaptasi dengan lingkungan baru kita dengan menerima teman baru / kenalan baru untuk bisa survive di negeri ini.

Yang kedua, menurut saya kita sendiri juga harus aktif mencari kegiatan yang bisa berinteraksi secara langsung bersama masyarakat lokal, agar bisa bersama sama beraktifitais, berinteraksi, berbagi informasi dan berbagi filosofi dengan masyarakat lokal, dengan begitu pergaulan dapat tercipta.

Yang ketiga, adalah diri kita sendiri yang harus ramah dan baik kepada semua orang dan tidak sombong dengan begitu semua masyarakat lokal akan dengan senang hati menerima kamu di lingkungan mereka. Dengan di terimanya kamu di lingkungan mereka kamu sudah berbaur dengan masyarakat lokal. 

Itulah 3 tips dari saya yang menurut saya berguna dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari di negeri tirai bambu ini. 


Adakah pesan dan motivasi spesial dari Febrian untuk para pelajar di Indonesia agar selalu semangat dalam menuntut ilmu sampai negara China?

"Pesan dan motivasi dari saya, jangan mudah menyerah terhadapan kesulitan, hadapi tantangan demi tantangan dengan iman dan harapan. Memotivasi diri itu penting, bisa dilakukan dengan mencontoh kepada orang-orang yang sudah terlebih dahulu sukses. Dengan begitu, secara tidak sadar kita sedikit demi sedikit akan termotivasi untuk menjadi seperti mereka yang telah terlebih dahulu berhasil.

Pesan dari saya adalah jangan sia-siakan masa mudamu dengan hal-hal yang tidak berguna, seperti bermain-main, mabuk-mabukan, buang-buang uang, dan lain-lain. Hidup di sini tidak seperti hidupmu di Indonesia, tidak ada yang mengawasimu dalam pergaulan, tidak ada yang menegurmu jika kamu melakukan kesalahan. Kamu harus pintar-pintar dalam memilih pergaulan, cermat dalam melakukan tindakan dan jangan pernah sekali-kalinya lupa siapa diri kamu sebenarnya, mengapa kamu bisa berada di sini.

Kamu adalah putra/putri Indonesia, duta bangsa yang dikirim orang tuamu ke sini untuk menuntut ilmu,  raihlah ilmu sedalam mungkin karena saya yakin ilmu yang kamu tuntut di negeri ini suatu saat nanti akan sangat-sangat berguna demi kemajuan bangsa kita Indonesia. Tidak peduli apa ilmu yang kamu pelajari, pengalaman apa yang kamu dapat selama studi  di sini kamu tetaplah kebanggaan negara kita Indonesia.

Kamu harus tahu bahwa segala tindakan yang kamu perbuat di sini, segala sesuatu yang telah kamu hadapi pasti akan di pertanggung jawabkan di masa depan nanti. Isilah hidupmu, masa mudamu dengan melakukan hal-hal yang bersifat positif, karena apa yang kamu lakukan saat ini akan berdampak pada masa depanmu nanti.

Satu hal lagi pesan yang saya ingin sampaikan adalah, jangan pernah sekali-kalinya melupakan Tuhan, kamu bisa sekolah di sini pasti karena Tuhan mempunyai rencana untuk hidupmu di masa depan nanti. Tuhanlah yang memberikan kesempatan melalui orang tua mu agar kamu bisa melakukan studi di sini. Berdoalah kepadaNya, ucapkan syukur kepadanya dan berikanlah segala harapan dan mimpi-mimpimu kepadaNya. Saya yakin dengan kerja keras dan beriman kepadaNya serta aktif dalam kegiatan-kegiatan yang positif maka Ia akan memberikan jalan terbaik untuk kita umatNya, tidak peduli agama apa kita, kita tetaplah umat-umat yang dikasihiNya."


 Salam hangat,

   Febrian Halmi Putra
Pelajar S1 teknik sipil
Harbin Institute of Technology



Nah, itu tadi sobat berkuliah.com, sebuah hasil interview dengan salah satu sahabat dari Indonesia yang telah berhasil kuliah di China. Bagaimana dengan semangatmu saat ini untuk kuliah di luar negeri? Tentunya masih banyak bukan? Oke, jika kamu ingin informasi seputar dunia perkuliahan di luar negeri, silahkan pantau terus berkuliah.com. Salam sukses dan sampai jumpa!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Febrian Putra: Kita Telusuri Dunia Pendidikan di China!
Febrian Putra: Kita Telusuri Dunia Pendidikan di China!
http://2.bp.blogspot.com/-l-x3JhpIuXk/VCEueyedjkI/AAAAAAAACa8/Je6KA9qp_QI/s1600/fdg.png
http://2.bp.blogspot.com/-l-x3JhpIuXk/VCEueyedjkI/AAAAAAAACa8/Je6KA9qp_QI/s72-c/fdg.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/febrian-putra-kita-telusuri-dunia.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/febrian-putra-kita-telusuri-dunia.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy