Inggris: Berbagi Pengalaman Kuliah di ‘Bournemouth University’, Bersama Adhitya Kurniahadi

Sistem pendidikan yang baik dan, disertai pelayanan publik yang memuaskan akan membuat seseorang mahasiswa merasa nyaman karena hidupnya ter...

Sistem pendidikan yang baik dan, disertai pelayanan publik yang memuaskan akan membuat seseorang mahasiswa merasa nyaman karena hidupnya terasa dipermudah, dan negara Inggris menyediakan itu semua. Inggris adalah negara dengan kualitas pendidikan yang tentunya sudah tidak diragukan lagi. Beberapa kampus di Inggris termasuk ke dalam urutan teratas kampus terbaik di dunia. Hal ini menjadikan banyak kalangan mahasiswa dari Indonesia beramai-ramai terbang menuju Inggris untuk menjemput segudang ilmu yang ada di negara ini. Inggris memiliki kampus-kampus ternama, seperti Imperial College London, Oxford University, University College London, University of Cambridge, dan banyak lagi. Dan salah satunya akan kita bahas adalah Bournemouth University.



Kali ini kita sebenarnya tidak akan membahas Bournemouth University secara detail, melainkan akan membahas sebuah pengalaman kuliah di universitas tersebut dari salah satu mahasiswa asal Indonesia melalui hasil interview yang dilakukan beberapa waktu lalu. Siapakah dia? Kamu ingin tahu? Mari kita simak cerita lengkapnya berikut ini.


Halo, salam kenal. Bisa diceritakan mengenai profil diri kamu? Serta apa alasan yang membuat kamu memilih Inggris sebagai tujuan studi?

Nama saya Adhitya Kurniahadi, asal dari Jakarta. saat ini saya sedang mengambil kuliah S2 di Bournemouth University, jurusan MSc Marketing in Tourism and Hospitality. Mungkin kamu agak asing mendengarnya, ya? Karena Bournemouth kota pantai kecil, untuk orang UK kota ini cukup terkenal karena pantainya yg bersih dan kota yang unik karena lokasinya berbukit - bukit. saya tertarik mengambil kuliah di sini karena pengajar-pengajar terkenal semuanya ada di sini dalam bidang tourism, terutama e-Tourism yang sedang berkembang dan akan terus berkembang. Kebetulan Prof. Dimitrios Buhalis sangat terkenal di bidang ini. Ada juga Prof. John Fletcher yg cukup dikenal. Selain itu, saya pilih UK karena saya juga ingin mempelajari budaya Inggris yang menurut saya sangat baik dalam menghargai apapun, dan tentu sepakbola karena saya suka sepakbola. Bukan hanya menonton pertandingan, tapi bagaimana kita juga mempelajari sport tourism yang dikelola sangat baik dan bisa menjadi pemasukan untuk negara, mempromosikan suatu negara, dan mengurangi tingkat pengangguran.


Apa kelebihan dari kampus Bournemouth dan jurusan Marketing in Tourism and Hospitality yang kamu ambil? Mungkin dari segi gedung, fasilitas, teman-teman, dosen, dan birokrasinya?

Kelebihan dari Bournemouth University, BU termasuk modern university yang sedang berkembang untuk maju, dan untuk school of Tourism, Media school memiliki peringkat yang cukup baik. Apakah kamu penah menonton film Monster University? Ya, salah satu karma film tersebut dibuat oleh lulusan mahasiswa BU. Kampus ini juga sedang membangun gedung baru dan akan selesai awal tahun 2015. Teman-teman di BU, baik yang international, British asli, maupun beberapa dari Indonesia sangat baik, saling membantu dan sangat kooperatif. Seru pokoknya. Yang paling utama dengan temen - temen internasional, kita bisa belajar budaya baru dan saling memperkenalkan budaya kita kepada mereka. Kebetulan saya hobi masak, saya pernah masak masakan Indonesia untuk mereka dan mereka menyukainya. Birokrasi? Sangat cepat dan mudah. Tidak seperti di Indonesia yang berbelit-belit.


Bagaimana kurikulum pendidikan di Inggris, apakah aturan dan pelaksanaannya ada yang membuatmu kesulitan? Jika iya, lalu bagaimana cara kamu menyelesaikannya?

Kurikulum di UK untuk Master degree di BU sangat bagus. Di samping dosen memberi mata kuliah di kelas, kita juga harus giat membaca dan browsing informasi yg up to date di internet itu kuncinya. Dan jalan-jalan ke kota lain sangat bagus untuk menambah pengalaman dan belajar hal baru. Kesulitan pertama mungkin di awal datang, karena kita masih meraba dan beradaptasi kira-kira sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. Kalau sedang kesulitan, kita harus banyak bertanya dengan teman-teman yang sudah datang sebelumnya untuk belajar di kampus yang sama. Intinya, jangan malu bertanya!



Apa saja makanan khas di sana yang mudah ditemui? Apakah banyak makanan halal? Serta apakah ada tempat-tempat yang murah untuk belanja berbagai macam kebutuhan?

Makanan di sini sangat mudah diperoleh, baik dari lokal sampai Internasional. Bahkan, tempe dan produk-produk Indonesiapun tersedia walapun harganya cukup mahal dibandingkan dengan Indonesia, tapi saya rasa harganya masih terjangkau. Untuk belanja makanan di UK sangat mudah. Ada ASDA, LIEDL, TESCO, dan lainnya(sejenis dengan Carrefour atau Hypermark di Jakarta), dan tentu ada Asian Shop (penyedia bahan makanan dari Asia) karena mahasiswa dari Asia cukup banyak. makanan Halalpun mudah ditemui di sini. Di setiap kota pasti ada penjual makanan halal, jadi tidak terlalu khawatir untuk makanan.


Bagaimana dengan tempat tinggal? Menurutmu di manakah tempat tinggal yang paling nyaman? Menggunakan flat, apartemen, sewa rumah atau bagaimana?

Tempat tinggal? Saya sempat tinggal di Akomodasi dari kampus beberapa bulan. Asik, senang, dapat berinteraksi langsung dengan teman-teman internasional dan lainnya. Akomodasi kampus semua utillity bills sudah termasuk semua, jadi ya pengeluaran lain hanya biaya makan, transportasi dan hiburan saja. Saat ini saya menyewa rumah dengan 4 orang kawan saya. 3 dari Indonesia dan 1 dari India. Ada banyak suka duka saat tinggal bareng, dan tentunya sama serunya dengan di akomodasi kampus. Untuk sewa rumah, kita perlu membayar sewa rumah lalu listrik, air, gas, limbah dan internet kita apply sendiri dan bayar sendiri. Maka dari itu, kita biasanya share pengeluaran biaya-biaya tersebut. Dan sewa rumah/flat itu juga lebih murah.


Apakah mahasiswa Indonesia di Inggris bisa mencari penghasilan tambahan? Jika iya, pekerjaan apa saja yang paling mudah untuk dikerjakan?

Bisa! Karena imigrasi UK memberikan izin untuk kerja part time 20 jam per minggu. Untuk pekerjaan mudah itu di restoran atau toko makanan. Ada banyak mahasiswa yg kerja part time di restoran. Lumayan untuk pemasukan tambahan. Bahkan, ada yang bisa untuk membayar sewa rumah selama 1 bulan.



Apakah kamu pernah mengalami ‘culture shock’? Jika iya, bagaimana cara kamu  menghilangkannya?

Kebetulan saya tidak, karena saya sudah ada pengalaman tinggal di luar negeri 7 tahun sewaktu kecil karena ikut orang tua kerja di luar. Saya juga suka pergi travelling, jadi shock culture bukan hambatan untuk saya, kalaupun iya itu hanya beberapa saat saja. Kalaupun ada yang shock culture, bisa diatasi dengan sering berinteraksi dengan teman-teman, dan membaca sejarah atau mencari informasi budaya di negara tersebut.


Apa hal paling unik dan berkesan yang pernah kamu temui selama di sana? Di Inggris sudah ke mana saja?

Unik? Banyak! Saya sudah hampir keliling UK Southwest UK, Midlands, Highlands, Scotland dan Wales Alhamdulillah, sudah. Sa pernah ke Scotland dan bertemu masyarakat lokal, dan ternyata beliau pernah tinggal di Indonesia 4 tahun dan cukup memahami budaya Indonesia. Kita lalu bertukar alamat email untuk berbagi informasi. Selain itu, mempelajari sejarah dari kota yang berbeda itu sangat menarik, mengendarai kendaraan di jalanan UK yg cukup tertib dan aturan yang sangat ketat, itu pengalaman yg sangat baik untuk di implementasikan di Indonesia nanti. Perjalanan menggunakan kereta sangat menarik, karena bisa melihat pemandangan yang sangat memanjakan mata.


Apakah Adhitya aktif di PPI? Apakah ada event spektakuler yang pernah diadakan oleh PPI di sana?

Untuk saat ini saya sebagai wakil ketua PPI untuk Bournemouth. Saya tidak terlalu aktif di PPI pusat karena mahasiswa di Bournemouth tidak terlalu banyak, biasanya kita berpartisipasi di event tahunan di Indofest atau pemilihan ketua PPI UK, dan beberapa event lainnya.


Bagaimana cara agar kita bisa survive dan menikmati kuliah dan tinggal di Inggris? Apakah ada tips spesial dari Adhitya?

Cara survive dalam kuliah dan kehidupan sehari-hari? Jalani dan nikmati setiap detik langkah kita di UK, karena kesempatan tinggal dan belajar di UK sangat sangat berharga dan istimewa. Bahkan, merupakan kesempatan yang sangat luar biasa. Hidup cuma sekali, bila ada kesempatan luar biasa yang belum pernah kamu ambil, maka alami, dan ambillah! Karena kesempatan kedua mungkin sulit didapat lalu jalani dengan senang hati. Untuk teman-teman yang akan kuliah di UK, ambillah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Tentunya kalian tidak akan menyesal!



Nah, sobat berkuliah.com, itu tadi hasil wawancara kita dengan salah satu mahasiswa yang berhasil menempuh studinya di Bournemouth University, UK. Menarik sekali, bukan? Tentunya cerita di atas membangkitkan motivasi kamu dalam belajar dan meraih mimpi. Oke, tetap semangat untuk selalu update informasi mengenai dunia perkuliahan di luar negeri dan di dalam negeri bersama berkuliah.com. Salam sukses dan sampai jumpa!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,288,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,9,Destinasi,65,Eropa,310,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,85,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,14,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,45,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,14,PPI,6,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,23,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,23,Student Life,146,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,1,Universitas,35,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Inggris: Berbagi Pengalaman Kuliah di ‘Bournemouth University’, Bersama Adhitya Kurniahadi
Inggris: Berbagi Pengalaman Kuliah di ‘Bournemouth University’, Bersama Adhitya Kurniahadi
https://4.bp.blogspot.com/-uvzeORLqk5I/VCUsyskMOSI/AAAAAAAACr4/uIc3EPxjTH0/s1600/erere.png
https://4.bp.blogspot.com/-uvzeORLqk5I/VCUsyskMOSI/AAAAAAAACr4/uIc3EPxjTH0/s72-c/erere.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/inggris-berbagi-pengalaman-kuliah-di.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/inggris-berbagi-pengalaman-kuliah-di.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy