Ingin Tahu Kisah Berkuliah dari ‘Pendiri PPI Finlandia’? Dialah Bimo Bramantyo

Halo, sobat berkuliah.com! Kali ini kita kembali hadir di hadapan kamu dan masih akan membahas tentang dunia perkuliahan di luar negeri, sal...

Halo, sobat berkuliah.com! Kali ini kita kembali hadir di hadapan kamu dan masih akan membahas tentang dunia perkuliahan di luar negeri, salah satunya di Finlandia. Tentunya banyak dari teman-teman yang memiliki impian untuk bisa kuliah di negara yang memiliki sistem dan mutu pendidikan yang benar-benar sudah di akui dunia ini. Finlandia memang selalu menarik untuk dibahas dan tidak akan pernah kehilangan daya tariknya selama dunia masih selalu berputar. Finlandia memangbisa dikatakan memiliki suhu yang lebih dingin daripada Indonesia, namun jangan sampai kamu kalah dan menyerah dengan dingin ini, kemudian mengurungkan diri untuk kuliah di sana. Jangan seperti itu, ya! Kamu semuanya harus tetap semangat, karena kali ini tim berkuliah.com kembali akan menampilkan hasil interview dengan salah satu mahasiswa yang paling menginspirasi dan aktif di dunia perkuliahan ataupun organisasi PPI Finlandia. Siapakah dia? Penasaran? Mari kita simak bersama cerita pengalaman dirinya di Finlandia berikut ini.



Halo, salam kenal. Bisa diceritakan tentang profil diri kamu?

Baiklah. Pekenalkan, saya Bimo Bramantyo Murti, lahir dan besar di Jakarta. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S2 dengan biaya sendiri di jurusan Industrial Management di University of Vaasa di kota Vaasa, Finlandia. Saya adalah salah satu dari 13 orang yang ikut mendirikan PPI Finlandia pada tahun 2008 (saat itu masih menempuh S1 di Arcada Polytechnic di ibukota Helsinki), dan menjadi Wakil Ketua periode pertama 2008-2010, lalu kemudian mendapat amanah untuk menjabat sebagai ketua di periode berikutnya tahun 2010-2012.


Apa yang ada dalam pikiran kamu tentang Finlandia sebelum datang, dan alasan yang memotivasimu untuk datang ke Finlandia ini?

Saya termasuk salah satu orang yang beruntung karena pada saat lulus SMA, tante saya sedang mendapat amanah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Finlandia. Dari situ, saya mendapat ajakan dari beliau (dan dukungan dari orang tua) untuk berangkat ke Finlandia menempuh pendidikan S1. Awalnya saya tidak tahu apa-apa tentang Finlandia, dan bahkan sempat menolak karena saat itu saya sudah diterima di beberapa Universitas di Jakarta, dan siap untuk melanjutkan kuliah di sana. Tapi, dukungan dan saran dari keluargalah yang akhirnya membuat saya membuka pikiran dan berani mencoba hal baru dengan berangkat ke Finlandia.
(Note: Pada tahun 2004, Finlandia belum terkenal layaknya hari ini dan masih merupakan negeri yang sangat asing terdengar di obrolan sehari-hari di Indonesia. PPI belum tercipta, dan hampir tidak ada informasi apapun tentang berkuliah di Finlandia, serta mahasiswa yang ada pun masih kurang dari hitungan jari).


Apa kelebihan dari University of Vaasa, serta jurusan Industrial Management yang kamu ambil saat ini? Mungkin bisa disebutkan 5 jurusan paling favorit di kampus tersebut?

Sejak SMA, saya cenderung menyukai hal-hal yang menyangkut teknologi dan manajemen. Oleh karena itu, pilihan untuk menempuh jurusan Industrial Management dari sejak S1 hingga S2 merupakan pilihan yang paling cocok untuk saya, karena menurut saya itu merupakan jurusan cross-border antara teknik, teknologi dan manajemen (3 hal yang sangat relevan untuk kemajuan industri sebuah negara).

Universitas saya hanya mempunyai 6 jurusan S2 yang berbahasa Inggris, jadi mungkin saya sebutkan 3 saja yg paling banyak peminatnya: Finance, International Business, dan Industrial Management. Kelebihan Universitas of Vaasa menurut saya adalah lingkungannya yang sangat internasional, lokasi kampus yang indah dibangun tepat di pinggir laut, fasilitas belajar dan laboratori yang sangat lengkap, dan akses kerjasama yang kuat dengan berbagai perusahaan lokal maupun internasional di kota Vaasa.


Bagaimana karakter masyarakat Finlandia terhadap mahasiswa asing?

Secara umum, masyarakat Finlandia sudah cukup terbiasa dengan mahasiswa asing. Terutama yang generasi muda, pola pikirnya sangat internasional dan open-minded dalam kehidupan sosial dan pergaulan dengan mahasiswa asing terbilang sangat baik.


Bagaimana akses trasportasi di Finlandia? Dan di mana saja tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi mahasiswa Indonesia agar bertambah wawasannya?

Transportasi di Finlandia merupakan sistem yang sangat maju. Ketepatan waktunya terbilang sangat akurat dan moda transportasi yang ada sangat menjangkau seluruh penjuru negara. Finlandia sangat terkenal dengan ketenangan dan juga alamnya, oleh karena itu tempat yang wajib dikunjungi menurut saya adalah sauna dan wisata alamnya (hutan, danau, dan laut).


Bagaimana kegiatan PPI di Finlandia? Apa saja event yang paling sering diadakan, dan di manakah letak sekretariatnya?

PPI Finlandia merupakan sebuah organisasi pelajar yang kecil, tapi sangat dinamik dan aktif. Berbasis di Helsinki, organisasi ini telah berhasil menaungi semua mahasiswa yang datang dari tahun ke tahun, dan berfungsi sebagai platform yang sangat baik dan berguna untuk berkomunikasi, sharing ide dan info untuk seluruh mahasiswa, baik yang sudah datang maupun yang akan datang.

Kegiatan yang dilakukan sangat banyak, mulai dari pembentukan tim bola dan pembagian kaos bola PPI Finlandia secara gratis, partisipasi budaya dengan menari di berbagai acara budaya, kunjungan ke berbagai museum di Finlandia, forum seminar berbagi ilmu, penyelenggaraan kelas tari bali, acara gathering dengan mahasiswa baru dan lama, dan masih banyak lagi. Laporan lengkap seluruh acara kita bisa diakses di (http://ppifinland-kegiatan.blogspot.fi/)


Apa saja syarat untuk masuk menjadi anggota PPI Finlandia? 

Cukup dengan menjadi mahasiswa di Finlandia.



Apakah mahasiswa Indonesia yang ada di Finlandia bisa mendapatkan pekerjaan part time di Finlandia? Jika iya, apa saja jenis pekerjaan tersebut?

Pekerjaan part time terkadang dilakukan oleh beberapa teman-teman PPI Finlandia. Di Finlandia, mahasiswa diperbolehkan bekerja selama 25 jam/minggu. Jenis pekerjaan yang biasa didapat adalah newspaper delivery, pekerjaan di restoran/bar, ataupun pekerjaan kantor seperti translasi, software testing, dan menjadi thesis worker di sebuah perusahaan.


Selama di Finlandia, apakah kamu pernah menemui kesulitan dalam suatu hal, baik itu dari diri kamu sendiri, atau teman Indonesia yang lain? jika iya, lalu bagaimana cara mengatasinya, dan di manakah harus menyelesaikan masalahnya?

Mungkin beberapa masalah yang cukup sering terdengar di kalangan mahasiswa adalah homesick, adaptasi terhadap cuaca musim dingin di mana itu bisa mencapai -30 derajat celcius, atau terkadang juga sulitnya melakukan manajemen waktu antara kuliah dan bekerja paruh-waktu, sehingga seringkali berdampak negatif pada kelanjutan kuliahnya. Dan terakhir adalah terkait dengan kurang berkembangnya pasar tenaga kerja di Finlandia yang membuat lapangan kerja cukup sulit untuk para mahasiswa internasional yang fresh-graduates.

Beberapa tips & trik yang mungkin bisa diberikan adalah untuk tetap fokus kepada pendidikan kita, dan tetap lebih menjunjung tinggi pendidikan kita dibandingkan pekerjaan paruh-waktu agar pendidikan kita bisa terselesaikan dengan baik. Homesick biasanya bisa sedikit terobati dengan menjadi pro-aktif untuk join dan berteman dengan masyarakat Indonesia di berbagai komunitas yang aktif dikembangkan oleh KBRI Helsinki (untuk mahasiswa tentunya sangat dianjurkan untuk bergabung ke PPI Finlandia). Dan terkait pasar tenaga kerja, mahasiswa harus aktif membina hubungan baik dan bersosialisasi dengan banyak pihak, sekaligus membangun jaringan kerja, serta fokus terhadap pembangunan karakter dan pembangunan professional (professional development), baik melalui kelas di Universitas maupun pelatihan-pelatihan lainnya.


Adakah tips-tips yang bisa kamu bagikan untuk para pelajar Indonesia yang akan melanjutkan kuliah di Finlandia? Motivasi dan persiapan apa saja yang benar-benar harus dilakukan?

Rajin mencari informasi melalui internet, telaah dalam membaca dan mencerna informasi, dan tidak mudah menyerah. Motivasi yang kita bisa berikan ke diri kita adalah untuk menjadikan pendidikan berkualitas tinggi sebagai tujuan kita. Karena kita sadar, bahwa pendidikan berkualitas tinggi adalah salah satu kunci sukses untuk kehidupan yang sejahtera dan bahagia di masa depan. Langkah konkrit pertama yang harus dilakukan, kunjungi blog PPI Finlandia untuk info lengkap berkuliah di Finlandia (http://ppifinland.blogspot.fi), dan jangan ragu untuk mengirim email (ppi.finland@gmail.com) untuk bertanya pada PPI Finlandia.

Mungkin sekian dulu, saya harap ini bisa memberi cukup info untuk pertanyaan interviewnya, dan bisa memberi manfaat untuk teman-teman yang mengunjungi berkuliah.com. Hope to keep in touch and all the best untuk berkuliah.com!



Nah, itu tadi sobat berkuliah.com sebuah cerita dari sahabat kita Bimo Bramantyo yang sudah berhasil menginjakkan kakinya dan memulai lembaran kehidupannya di negara Finlandia. Jika kamu juga tertarik dan ingin mengikuti jejaknya menjadi orang yang hebat, sebaiknya jangan hanya dipendam saja impianmu itu! Berusahalah untuk mewujudkannya, karena ada seribu jalan membentang di depan sana. Pantau terus berkuliah.com, salam sukses dan sampai jumpa!
Nama

Afrika,26,Amerika,67,Amerika Serikat,80,Arab Saudi,13,Asia,236,Australia,75,Austria,12,Beasiswa,292,Beasiswa Amerika,4,Beasiswa Arab Saudi,5,Beasiswa Australia,14,Beasiswa Austria,2,Beasiswa Belanda,10,Beasiswa Belgia,1,Beasiswa Brunei Darussalam,2,Beasiswa Cina,10,Beasiswa Denmark,1,Beasiswa Filipina,3,Beasiswa Finlandia,1,Beasiswa Hongkong,1,Beasiswa Hungaria,1,Beasiswa India,2,Beasiswa Indonesia,3,Beasiswa Inggris,28,Beasiswa Irlandia,1,Beasiswa Jepang,13,Beasiswa Jerman,5,Beasiswa Kamboja,1,Beasiswa Kanada,3,Beasiswa Korea,2,Beasiswa Korea Selatan,5,Beasiswa Malaysia,6,Beasiswa Myanmar,1,Beasiswa New Zealand,3,Beasiswa Perancis,4,Beasiswa Polandia,1,Beasiswa Rumania,1,Beasiswa Selandia Baru,1,Beasiswa Sidney,1,Beasiswa Singapura,3,Beasiswa Skotlandia,1,Beasiswa Slovakia,1,Beasiswa Spanyol,1,Beasiswa Swedia,2,Beasiswa Swiss,3,Beasiswa Taiwan,1,Beasiswa Thailand,3,Beasiswa Tiongkok,1,Beasiswa Turki,5,Beasiswa Uni Emirat Arab,1,Beasiswa Uni Eropa,2,Beasiswa Vietnam,1,Belanda,35,Belgia,10,Brazil,2,Brunei Darussalam,7,Bulgaria,3,Ceko,3,Chili,3,Cina,30,Denmark,10,Destinasi,65,Eropa,312,Event,5,Exchange,26,Fakta Unik,82,Festival Indonesia,2,Filipina,8,Finlandia,16,Hong Kong,6,Hungaria,4,IELTS,6,India,37,Indonesia,113,Info Beasiswa,64,Info Jurusan,12,Info Universitas,34,Inggris,86,Interview,441,Interview di Amerika,13,Interview di Arab Saudi,5,Interview di Australia,23,Interview di Austria,4,Interview di Belanda,12,Interview di Belgia,8,Interview di Ceko,3,Interview di Cina,12,Interview di Damaskus,1,Interview di Denmark,4,Interview di Filipina,3,Interview di Finlandia,10,interview di Hungaria,1,Interview di India,9,Interview di Indonesia,4,Interview di Inggris,32,Interview di Irlandia,1,Interview di Italia,11,Interview di Jepang,20,Interview di Jerman,20,Interview di Kanada,8,Interview di Korea Selatan,28,Interview di Malaysia,1,Interview di Maroko,6,Interview di Meksiko,1,Interview di Mesir,8,Interview di New Zealand,16,Interview di Perancis,25,Interview di Polandia,12,Interview di Portugal,11,Interview di Rusia,2,Interview di Selandia Baru,4,Interview di Singapura,6,Interview di Skotlandia,2,Interview di Spanyol,16,Interview di Swedia,2,Interview di Swiss,2,Interview di Taiwan,5,Interview di Thailand,8,Interview di Tiongkok,9,Interview di Turki,9,Interview di Yaman,1,Interview di Yordania,5,Irlandia,10,Islandia,1,Italia,16,Jakarta,1,Jamaika,1,Jepang,56,Jerman,46,Kanada,26,Karir,13,Kazakhstan,1,Kolombia,4,Korea Selatan,44,Kuliner,21,kuliner khas daerah,7,Kuliner Mancanegara,14,Launching Buku,1,Lebanon,3,Lithuania,1,LPDP,3,Malaysia,26,Maroko,9,Media,249,Meksiko,7,Mesir,19,motivasi,2,New York,1,New Zealand,15,News,3,Norwegia,2,Paraguay,1,Perancis,48,Polandia,14,Portugal,15,PPI,6,Prancis,1,Press Release,1,Prestasi,1,Profil PPI,7,Profil Universitas,51,Qatar,2,Rekomendasi,1,Rumania,2,Rusia,12,Selandia Baru,24,Sidney,1,Simposium Internasional PPI Dunia 2016,6,Singapura,30,Skotlandia,4,Slovakia,1,Spanyol,24,Student Life,149,Studenthack,348,Surabaya,2,Swedia,19,Swiss,15,Taiwan,9,Thailand,13,Tiongkok,18,Tips,7,Tips Beasiswa,15,Tips Belajar Bahasa Inggris,9,Tips Kuliah ke Luar Negeri,89,Tips Travelling,5,Tips Umum Kuliah di Luar Negeri,104,Tips Umum Kuliah Di Negeri Sendiri,47,TOEFL,12,Tokoh Dunia,2,Tokoh Indonesia,20,Traveling,6,Turki,20,Uni Emirat Arab,1,Uni Eropa,2,Universitas,36,Universitas Terbaik,56,Uruguay,2,Vietnam,1,Yaman,1,Yogyakarta,3,Yordania,5,Yunani,3,
ltr
item
Berkuliah.com: Ingin Tahu Kisah Berkuliah dari ‘Pendiri PPI Finlandia’? Dialah Bimo Bramantyo
Ingin Tahu Kisah Berkuliah dari ‘Pendiri PPI Finlandia’? Dialah Bimo Bramantyo
http://2.bp.blogspot.com/-VVuN6gEfsKo/VCK4MTELIwI/AAAAAAAAChU/tifYKdsqgbo/s1600/bimm.png
http://2.bp.blogspot.com/-VVuN6gEfsKo/VCK4MTELIwI/AAAAAAAAChU/tifYKdsqgbo/s72-c/bimm.png
Berkuliah.com
http://www.berkuliah.com/2014/09/ingin-tahu-kisah-berkuliah-dari-pendiri.html
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/
http://www.berkuliah.com/2014/09/ingin-tahu-kisah-berkuliah-dari-pendiri.html
true
6823463133590324440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy